Wednesday, September 6, 2017

Bayar Pajak Motor Online di Lampung Kapan Mulai Berlaku?

author photo
Jumanto.Com - Bayar Pajak Motor Online di Lampung? Hmmm, masih belum terbayang. Kapan layanan bayar pajak kendaraan online di Lampung ini bisa terealisasi layaknya pembayaran pajak online di Provinsi-provinsi lain? Mau bayar pajak kok susah? Bayar pajak masih manual? Apa kata dunia?

Kalau ngelihat layanan pembayaran pajak motor di kota-kota lain, rasanya iri banget. Mereka sudah bisa menerapkan layanan bayar pajak motor online, bayar bisa lewat ATM atau internet banking, kemudian tinggal datang ke loket setelah bayar tanpa ada biaya pungutan tambahan.

Ah, kapankah layanan bayar pajak motor online di Lampung terealisasi? Nunggu gaji polisi naik? Nunggu gaji pegawai Dispenda naik? Atau gak akan pernah ada layanan bayar pajak online di Lampung?

Bayar Pajak Kendaraan Online di Beberapa Provinsi di Indonesia


Tercatat sudah ada beberapa Provinsi di Indonesia yang menerapkan sistem pembayaran pajak secara online baik pajak mobil maupun motor.

bayar pajak motor online di Lampung

Provinsi yang sudah menerapkan sistem pembayaran pajak motor secara online di antaranya:

  • bayar pajak motor online Jawa Barat.
  • Pajak motor online Jatim (Jawa Timur).
  • Pajak motor online Jawa Tengah.
  • Bayar pajak motor online DKI Jakarta.
  • Bayar pajak kendaraan online Nangroe Aceh Darussalam.
Belum ada nama Lampung :D

Cara bayar pajak motor lewat ATM yang memudahkan dan mengurangi risiko pungli


Dengan adanya program bayar pajak kendaraan bermotor secara online lewat e-samsat di beberapa provinsi, cara bayar pajak kendaraannya semakin mudah karena bisa dilakukan lewat ATM maupun lewat internet banking.

Sebelum bayar pajak kendaraan di ATM, terlebih dahulu kita mesti mengisi data kendaraan dan memilih kota tempat pengambilan nota pajak di situs e-samsat.

Setelah semua data terisi kemudian langkah selanjutnya tinggal bayar pajak motor secara online baik lewat ATM maupun internet banking.

Untuk cara bayar pajak motor lewat ATM:

  • Masukkan kartu ATM dan PIN.
  • Pilih menu bayar → Multi Payment → Pilih Samsat sesuai dengan tempat tinggal kita.
  • Masukkan kode pembayaran (yang kita dapat dari pendaftaran di e-samsat) di kolom bawah. Klik Lanjutkan.
  • Simpan print out bukti pembayaran yang masa berlakunya ditentukan (ada yang 7 hari ada yang 14 hari tergantung daerah)
Selain mendaftar pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online lewat website e-samsat, ada juga yang menerapkan pendaftaran pembayaran pajak kendaraan secara online lewat aplikasi android seperti pembayaran pajak online di Jawa Tengah.

Print out bukti pembayaran yang telah didapat tadi, selanjutnya dibawa ke Samsat untuk mengambil nota pajak dengan membawa berkas tambahan KTP asli dan STNK asli.

Kalau ngelihat cara pembayaran pajak motor secara online dan lewat ATM yang telah berjalan di beberapa provinsi, sepertinya memudahkan banget buat warga yang mau bayar pajak kendaraan.

Selain memudahkan, tentunya juga meminimalisir kemungkinan risiko praktik pungli yang selama ini terjadi dengan adanya praktik bayar pajak motor nembak KTP dan sebagainya.

Lalu Kapan Bayar Pajak Motor Online di Lampung Terealisasi?


Ngurus berkas-berkas di Lampung memang agak susah, termasuk saat mau bayar pajak motor online di Lampung.

Pengalaman membuat surat pindah di Lampung (Tanggamus), butuh waktu 1 minggu baru jadi, tapi alhamdulillah saat itu sama sekali gak ada pungli.

Padahal waktu bikin surat pindah di Purbalingga cuma 10 menit saja sudah selesai di Disdukcapil.

Termasuk layanan yang kurang memuaskan di tempat saya tinggal sekarang ini adalah layanan bayar pajak motor online di Lampung yang sampai saat ini belum pernah saya nikmati.

Karena bertabrakan dengan hari kerja, selama ini saya selalu bayar pajak motor lewat biro jasa dan parahnya lagi plat nomor motor saya sampai sekarang belum turun, sudah mau 2 tahun :D

Terkadang kalau mau dipikir heran juga sih, kita mau menyumbang ke daerah/negara kok dipersulit. Mau bayar pajak kok susah? Harus antri lama, padahal kita kan perlu kerja juga.

Solusi yang paling tepat adalah dengan menciptakan sistem pembayaran pajak motor online di Lampung. So, kapan mau terealisasi?

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post