Friday, August 18, 2017

Pantai Kuta Bali, Bukan Sekadar Bikini dan Turis Seksi

author photo
Jumanto.Com - Wisata Pantai Kuta Bali, pantai di Bali yang selalu ramai dikunjungi turis asing. Dilengkapi dengan hotel di Pantai Kuta Bali, menjadikan kawasan ini makin favorit buat para bule. Dengan mudah kita jumpai hotel di Jl Pantai Kuta Bali. Pun halnya dengan bule-bule hot berbikini nan seksi. Tapi indahnya Pantai Kuta Bali bukan sekadar bikini dan bule seksi.

Jika tujuan kalian jalan-jalan ke Bali cuma buat melihat sumur (tahu kan singkatannya hehehe) atau cuma mau ngelihat bule berbikini yang seksi, ngapain jauh-jauh ke Bali :D

Tapi kalau kalian mau lihat betapa indahnya pantai-pantai di Bali beserta pengelolaannya yang bagus, datanglah ke pantai-pantai cantik di Bali.

Gak salah jika turis-turis suka banget sama pantai-pantai di Bali, termasuk pantai di Pura Tanah Lot dan Pantai Kuta Bali.

Deskripsi Pantai Kuta Bali


Lokasi Pantai Kuta Bali


pantai kuta bali

Pantai Kuta merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang terletak Kecamatan Kuta. Lokasi Pantai Kuta Bali ada di sebelah selatan Kota Denpasar, Bali, Indonesia.

Alamat Pantai Kuta Bali tidak jauh dari Bandara Internasiona I Ngurah Rai Bali.

Hanya saja, jalanan yang macet terutama di daerah Legian membuat waktu tempuh jadi sedikit lama. Kalau lancar, sekitar 10 menit saja sudah sampai dari Bandara I Ngurah Rai.

Saat jalan-jalan ke Pantai Kuta kemarin sebelum ke Tanah Lot, kami pun terjebak kemacetan di daerah Legian, daerah dengan sekumpulan turis-turis asing di sepanjang jalan.

Sejarah Pantai Kuta Bali


Tahukah kalian kalau Pantai Kuta Bali dulunya merupakan pelabuhan dagang?

Yap, sebelum menjadi tempat wisata yang terkenal seperti sekarang ini, Pantai Kuta dulunya ternyata merupakan sebuah pelabuhan dagang yang yang memperdagangkan hasil produk setempat.

Hasil-hasil bumi masyarakat Bali diperjualbelikan dengan pembeli dari luar di Pantai Kuta ini.

Konon dibukanya Pantai Kuta sebagai pelabuhan ini ada peran dari Patih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit, yang sekitar abad ke-14 berlabuh di Tuban (bagian selatan Pantai Kuta).

Setelah itu, karena tempat ini dirasa cocok untuk berlabuh kapal-kapal, lambat laun Pantai Kuta Bali menjadi sebuah pelabuhan kecil dan warga menyebutnya dengan Pantai Perahu.

Pada abad ke-19, Pedagang asal Denmark yang bernama Mads Lange, datang ke Bali untuk kemudian menetap dan mendirikan basis perdagangan di daerah Kuta.

Mads Lange sukses menjadi seorang pedagang yang menjalin relasi dagang dengan pulau-pulau tetangga serta kapal-kapal dari Eropa.

Dengan keahlian negosiasinya, Mads Lange juga sukses menjadi perantara perdagangan antara raja-raja di Bali dengan Belanja, yang menjadikannya kian populer.

Selanjutnya, berkat ajakan untuk penyiapan fasilitas wisata di buku "Praise to Kuta" karya Hugh Mahbett, masyarakat mulai membangun penginapan, tempat kuliner/restoran, dan tempat-tempat hiburan yang akhirnya bertambah banyak dan tersebar di mana-mana.

Akhirnya, berkat saran dari berbagai pemerhati dan pelaku wisata di Bali, Pantai Kuta kemudian direferensikan menjadi pusat pariwisata di Bali.

Pada tahun 1965-an dan 1970-an, Pantai Kuta ini masih sepi wisatawan. Apalagi di malam hari, karena penduduk setempat menganggap Pantai Kuta Bali ini angker.

Wisatawan asing pun belum terlalu banyak.

Kini, turis asing selalu membanjiri Pantai Kuta Bali setiap harinya.

Hotel-hotel dekat Pantai Kuta Bali pun semakin banyak bermunculan, disertai restoran-restoran, bar-bar, dan tempat-tempat turis hangout atau dugem.

Keindahan Pantai Kuta


keindahan pantai kuta bali

Pantai Kuta Bali mulai menjadi andalan pariwisata Bali sejak tahun 1970-an. Pantai Kuta pun mulai menjadi tujuan wisata turis asing hingga kini.

Sebelum tahun 1970-an, masih banyak dijumpai turis-turis asing yang bertelanjang di Pantai Kuta Bali ini.

Namun, sejak tahun 1970-an, turis Pantai Kuta Bali dilarang untuk bertelanjang. So, jangan ngarepin turis telanjang di Pantai Kuta ya hehehe. Kalau yang berbikini mah banyak :D

Keindahan Pantai Kuta Bali yang menjadikan turis-turis selalu ramai berdatangan ke tempat wisata di Bali ini adalah ombaknya yang tinggi dan bagus buat olah raga selancar.

turis pantai kuta bali

Gak heran turis-turis asing seneng banget dateng ke sini buat main selancar, apalagi peselancar pemula.

Pagi siang sore selalu ramai turis yang bermain selancar di Pantai Kuta.

Selain keindahan ombaknya yang menarik, Pantai Kuta juga merupakan salah satu spot menarik buat menikmati sunset, kebalikan dari Pantai Sanur yang lebih pas buat menikmati pemandangan sunrise.

Pasir pantainya pun tak kalah cantiknya. Hamparan pasir halus yang membentang lebar membuat suasana pantai jadi kian enak buat berjemur, dilengkapi dengan payung-payung pantai favorit para turis.

Untuk urusan kebersihan, pengalaman saya saat jalan-jalan ke Pantai Kuta ini, sangat terjaga, gak ada sampah berserakan layaknya pantai-pantai di Lampung.

Katanya sih ada petugas khusus yang selalu membersihkan Pantai Kuta ini. Selain itu, pengunjung juga lebih sadar untuk gak buang sampah sembarangan. Secara, turis asing gitu lho :D

Tiket Masuk Pantai Kuta Bali


Harga tiket masuk Pantai Kuta gratis. Kita tinggal masuk-masuk saja dan bebas berenang di Pantai Kuta ini. Enak banget kan wisata gratis di Bali.

Fasilitas Pantai Kuta


Fasilitas yang ada di Pantai Kuta Bali di antaranya:
  • tempat parkir di sepanjang pantai,
  • kamar mandi umum,
  • payung pantai,
  • kios makanan dan minuman,
  • tempat penyewaan papan selancar,
  • hotel maupun penginapan dekat pantai Kuta,
  • restoran,
  • toko kelontong,
  • pedagang kaki lima,
  • bar dekat pantai Kuta.

Hotel dekat Pantai Kuta Bali


Banyak banget hotel dan penginapan di dekat Pantai Kuta Bali, tinggal menyesuaikan dengan budget, dari yang berbintang sampai yang murah.
Baca Juga: Melipir ke Pantai Pandawa Bali
Gak pengin main ke Pantai Kuta Bali?

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post