Sunday, July 2, 2017

Pantai Melasti Pesisir Barat, Tempat Wisata Ala Bali di Lampung

author photo
Jumanto.Com - Pantai Melasti Pesisir Barat, Tempat Wisata Ala Bali di Lampung. Ada cukup banyak masyarakat Bali yang kini tinggal di Lampung. Orang Bali di Lampung ini tersebar di berbagai wilayah di Lampung, dari Lampung Selatan, Lampung Tengah, sampai Pesisir Barat dan Way Kanan.

pantai melasti pesisir barat

Jika kita datang ke Lampung lewat jalur darat dan laut, di Kalianda, kita pasti akan mendapatkan rumah-rumah ala Bali di pinggiran jalan lintas Sumatera. Mereka hidup berkelompok karena dulunya memang berasal dari program transmigrasi pemerintah.

Pun halnya dengan di daerah lain, banyak juga kita jumpai kompleks perkampungan Bali di Lampung yang sudah tersebar meluas di seluruh penjuru.

Bali dengan agama Hindunya memiliki upacara khusus saat beribadah dan menyambut hari raya keagamaannya. Di Pesisir Barat Lampung, jika kalian ingin berkunjung ke pantai dengan nuansa Bali, maka datanglah ke Pantai Melasti, yang merupakan pantai di tengah kawasan penduduk Bali Lampung.

Di saat acara keagamaan tertentu, kalian dapat menjumpai upacara ritual di pantai ini seperti saat akan perayaan Nyepi.

Dari namanya saja sebenarnya sudah ketahuan, Pantai Melasti Pesisir Barat, kelihatan benar nama Balinya.

Lokasi Pantai Melasti Pesisir Barat


pantai melasti pesisir barat lampung

Seperti pada tulisan-tulisan saya yang lain, saya selalu menuliskan lokasi tempat wisata yang saya tulis, tujuannya untuk mempermudah siapa saja yang pengin dateng.

Nah, alamat Pantai Melasti Pesisir Barat sendiri terletak di Pekon Marang, Kecamatan Pesisir Selatan, Pesisir Barat, Lampung.

Dari arah Bandar Lampung, setelah melewati Kecamatan Ngambur, akan masuk ke Kecamatan Pesisir Selatan.

Setelah masuk kecamatan Pesisir Selatan ini, di sebelah kiri jalan, nanti akan ada tulisan Pantai Melasti.

Dari jalan utama Bandar Lampung - Krui ini, cuma masuk sekitar 200 meter saja ke kiri dan sampailah kita di Pantai Melasti Pesisir Barat Lampung.

Gampang banget buat menemukan lokasi Pantai Melasti di Lampung ini.

Tiket Masuk Pantai Melasti


pasir pantai melasti

Saat jalan-jalan ke Pantai Melasti kemarin setelah paginya jalan-jalan ke Pantai Bengkunat, kami langsung masuk-masuk saja ke Pantai Melasti Pesisir Barat ini. Pas masuk pantai, gak ada yang menjaga pintu masuk atau petugas parkir.

Semua orang bebas mau masuk sesukanya, tanpa dikenakan biaya tiket masuk dan biaya parkir sepeserpun. Enak banget ya masih bisa dapat pantai gratis di Lampung, padahal pantai ini sudah terkenal banget.

Kalau di tempat lain seperti di Bandar Lampung dan Pesawaran, pasti sudah kena tiket masuk minimal 10 ribu rupiah, padahal belum tentu pantainya sebagus pantai di Pesisir Barat Lampung ini.

Oh iya, di pinggiran Pantai Melasti Pesisir Barat ini sudah ada tulisan "dilarang mandi", karena ombaknya memang terbilang besar dan sudah beberapa kali menelan korban.

Kalau mau basah-basahan, cukup menunggu ombak di pinggir pantai saja, jadi aman juga buat kita dan keluarga :D

Tempat Mancing di Pesisir Barat


Selain dijadikan tempat wisata, Pantai Melasti Pesisir Barat Lampung juga dijadikan sebagai tempat mancing bagi masyarakat setempat. Kemarin juga saya jumpai beberapa orang lagi mancing di tempat ini.

Entah banyak gak ikannya, saya kurang tahu hehehe. Buat kalian yang hobi mancing, boleh juga nih main ke Pantai Melasti sekalian bawa alat pancing :D

Oh iya, Pantai Melasti juga cukup bagus lho buat foto-foto, terutama di bagian sebelah kanan yang banyak bebatuan membentuk goa mini juga.

foto pantai melasti

Pasir pantainya halus juga, lembut, dan saat berdiri di atas pasirnya, kita pasti akan basah juga terkena ombak yang datang ke pinggir bergulung-gulung dan mengguyur tubuh kita.

Pantai Melasti Pesisir Barat, selain sebagai tempat wisata, cakep juga buat dijadikan tempat hunting foto, selain tempat mancing juga tentunya. Monggo dicoba ya :D

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post