Saturday, July 1, 2017

Deretan Pantai Bengkunat, Tempat Wisata Terindah di Pesisir Barat Lampung

author photo
Jumanto.Com - Deretan Pantai Bengkunat, Tempat Wisata Terindah di Pesisir Barat Lampung. Pantai mana sih yang paling bagus di Pesisir Barat Lampung? Banyak orang yang bilang Pulau Pisang, atau Pantai Tanjung Setia, atau mungkin Pantai Labuhan Jukung adalah yang paling menarik di Pesisir Barat.

pantai bengkunat

Tapi, sebenarnya ada satu kawasan pantai yang cantiknya luar biasa, bersih pula, dengan hamparan pasir halus tanpa karang yang membentang di sepanjang pantai dan keindahannya akan membuat siapa saja yang datang ke sana jatuh hati.

Pantai tersebut adalah Pantai Bengkunat Belimbing, yaitu deretan pantai yang memanjang di sepanjang Kecamatan Bengkunat Belimbing, Pesisir Barat Lampung.

Keindahan pasir pantainya lebih keren dari Pantai Karang Bolong Tanggamus.

Keistimewaan Pantai Bengkunat Belimbing


Banyak sekali keunggulan pantai-pantai di Bengkunat Belimbing ini. Yang pertama, pantai-pantai di sini benar-benar masih alami, belum banyak dikunjungi wisatawan, sehingga pantainya masih bersih. Jarang kita jumpai sampah-sampah berserakan di deretan Pantai Bengkunat ini.

pantai bengkunat belimbing

Kalau pun ada sampah, biasanya sampah-sampah tersebut berupa sampah-sampah kayu kering, dedaunan, atapun batok kelapa yang memang merupakan sampah alami dari pepohonan di sekitar pantai.

Yang kedua, Pantai Bengkunat Belimbing ini istimewa karena pasir putih kecoklatannya yang halus banget, membentang lebar sepanjang garis pantai, tanpa ada bebatuan karang di hamparan pasirnya. Kaki telanjang pun nyaman banget saat berlari-lari di atas hamparan Pasir Pantai Bengkunat Belimbing.

pantai sumber sari bengkunat

Yang ketiga, ombaknya asyik banget buat main-main. Meskipun pantai-pantai di Bengkunat Belimbing ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, tapi gak seram kok ombaknya, asal jangan main ke tengah-tengah ya, cukup di pinggiran saja.

Yang keempat, karena pantai ini masih dibiarkan alami, belum dikelola menjadi tempat wisata komersil, pantai ini masih gratis dan bebas dikunjungi siapa saja. Cuma, pesan saya, jangan membuang sampah sembarangan ya. Bawalah pulang sampah yang kalian bawa, demi kelestarian pantai cantik di Bengkunat ini.

Yang terakhir, lokasinya gak terlalu jauh sebenarnya dari Bandar Lampung. Sekitar 4-5 jam perjalanan. Naik motor pun makin asyik saja. Saya juga kemarin naik motor. Dan enaknya sepanjang perjalanan dapat bonus hijaunya Taman Nasional Bukit Barisan Selatan yang sejuk banget.

Menemukan Lokasi Pantai Bengkunat Yang Keren Banget



Dari awal sebenarnya gak ada niat mau main ke Pantai Bengkunat di Pekon Tanjung Rejo (kalau gak salah), kilometer 16, Bengkunat, Pesisir Barat.

Hari Rabu malam saya bersama keluarga istri berangkat ke Bengkunat untuk silaturahim ke rumah lilik (adik ibu mertua) selepas lebaran.

Kami menyewa satu mobil beserta sopirnya di Gisting Tanggamus. Saya naik motor bersama adik ipar saya dan keluarga yang lain berangkat naik mobil ke Bengkunat.

Esok paginya, kami berencana jalan-jalan ke Pantai Melasti, Pantai Tanjung Setia, dan terakhir jalan-jalan ke Pantai Labuhan Jukung Krui.

Sekitar jam 7 pagi, daripada bengong menunggu orang-orang beres-beres buat ke pantai, saya bersama Alya, Santo (adik ipar), dan Faris (keponakan) pergi ke Pantai yang katanya terletak 1 km dari rumah lilik.

Setelah bertanya rute menuju Pantai Bengkunat di km 16 Pekon Tanjung Rejo ini, kami berempat pun berangkat menuju pantai, melewati jalan di seberang rumah lilik, lurus terus sampai ketemu jembatan, lalu belok kanan setelah jembatan.

Setelah itu, kami ambil arah kanan lagi, baru belok kiri, sesuai arah yang jalan yang kami terima.

Ternyata arah yang ditunjukkan sama kami gak benar, sehingga kami pun nyasar dan akhirnya balik lagi ke rumah lilik :D

Akhirnya, kami berangkat lagi dengan dipandu Mas Bambang (kakak ipar saya), yang dulu sudah pernah main ke sini.

Dari Jembatan yang tadi, kalau tadi kami ambil kanan, kali ini sama Mas Bambang ambil arah keri. Ternyata, nyasar lagi, melewati kubangan air yang menguras tenaga banget buat dilewatin motor. Lebih parah dari nyasar yang pertama tadi.

Kami pun balik lagi, lalu kembali ambil yang arah kanan dari jembatan, setelah itu belok kiri, jalan terus melewati perkebunan kelapa sawit sampai akhirnya terdengar suara ombak dan sampailah kami ke lokasi Pantai Bengkunat Pesisir Barat ini.

pantai pesisir barat

Tempat Wisata di Pesisir Barat Lampung yang Potensial Banget


Kawasan pantai di daerah Bengkunat ini merupakan tempat wisata yang potensial banget jika dikelola secara profesional. Keindahan pantainya luar biasa, hamparan pasir halusnya memukau, dan ombaknya juga pas banget buat wisatawan mancanegara bermain surfing.

Hanya saja, ada sisi negatifnya jika kawasan ini dijadikan tempat wisata komersil. Seperti kebanyakan pantai-pantai lainnya yang sudah dijadikan tempat wisata komersil, pantai berubah menjadi kumuh dengan tumpukan sampah di mana-mana, seperti Pantai Labuhan Jukung, Mutun, dan Sari Ringgung.

Kebiasaan wisatawan yang suka membuang sampah sembarangan membuat alam yang tadinya indah menjadi kumuh.

Kalau saya pribadi, saya lebih senang jika pantai ini tetap dibiarkan alami. Jika pengunjung semakin banyak, bisa dikembangkan menjadi wisata komersil, dengan konsekwensi harus menjaga betul kebersihan pantainya.

Pantai Bengkunat Belimbing ini mesti dijaga banget, karena pantai ini benar-benar membuat saya jatuh hati pada kunjungan yang pertama. Mau jalan bareng ke Pantai Bengkunat? Motoran yuk hehehe.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post