Friday, June 16, 2017

Oleh-oleh Khas Jambi yang Mesti Kalian Bawa Sepulang dari Tanah Pilih Pesako Betuah

author photo
Jumanto.Com - Oleh-oleh Khas Jambi yang Mesti Kalian Bawa Sepulang dari Tanah Pilih Pesako Betuah. Jalan-jalan ke suatu tempat lalu pulangnya gak bawa oleh-oleh pasti rasanya garing banget ya. Apalagi kalau punya anak, keluarga, atau tetangga yang akrab sama kita, hmmm, rasanya gimana gitu kalau pulang dengan tangan kosong.

Oleh karena itu, kalau jalan-jalan ke suatu tempat, salah satu hal yang kita pengin tahu biasanya adalah oleh-oleh khas daerah tersebut, di samping tempat wisata serta tempat belanja atau mall :D

Nah, kalau kalian lagi jalan-jalan di kota Jambi nih, lalu bingung mau nyari oleh-oleh khas Jambi, pada kesempatan kali ini saya mau kasih tahu oleh-oleh yang bisa kalian bawa dari Kota Jambi. Tapi beli ya, masa mau ngrampok hehehe.

Oleh-oleh Khas Jambi, Gak Jauh dengan Kota Lain di Sumatera


Saat saya dateng ke Jambi, saya perhatikan, kuliner dan oleh-oleh khas Jambi tidak terlalu jauh berbeda dengan kota-kota lain di Sumatera, terutama dengan Palembang dan Lampung. Ketiga kota ini memiliki beberapa kemiripan dalam hal kuliner dan oleh-oleh khas.

Untuk urusan kuliner, ketiga kota ini (Jambi, Palembang, Lampung) sama-sama suka dengan pindang. Gak heran, banyak kuliner pindang yang dapat kita jumpai di ketiga kota ini.

Untuk urusan oleh2 khas Jambi, Lampung, dan Palembang, ketiganya juga agak mirip. Olahan durian, pempek, kerupuk, dan kopi juga masih mendominasi.

Berikut ini Oleh-oleh khas Jambi selengkpnya buat referensi kalian yang mau bawa oleh-oleh dari Kota Jambi:

1. Pempek, oleh-oleh khas Jambi yang banyak kita jumpai


oleh oleh khas jambi

Oleh2 khas Jambi yang pertama ada Pempek yang dapat dengan mudah kita dapatkan di Kota Jambi. Untuk pempek yang terkenal, ada Pempek Asiong, Pempek Nony 168, dan Pempek Selamat.

Kalau saya yang disuruh nyicip, semua pempek sih rasanya sama saja, baik pempek Palembang, Pempek Lampung, maupun pempek Jambi.

Tapi, katanya sih beda lho ketiga pempek ini, terutama cuka pempeknya. Cuka pempek Palembang katanya merusak gigi, sedangkan cuka pempek Jambi gak. Entahlah bener apa gak, buktikan sendiri aja ya hehehe.

2. Kopi Bubuk Cap AAA


Oleh-oleh Khas Jambi selanjutnya ada kopi bubuk cap AAA yang biasanya dijual juga bersamaan dengan jualan pempek. Saat saya beli oleh-oleh Pempek Nony 168, ada juga kopi bubuk AAA Jambi yang dijual di sana.

Kemasan kopi bubuk Cap AAA Jambi ini berukuran kecil, seukuran bungkus rokok. Untuk urusan rasa, saya belum pernah nyicip, bukan pencinta kopi juga soalnya hehehe.

3. Lempok Durian Jambi


lempok durian jambi

Buat kalian pencinta durian, bisa juga nih bawa oleh-oleh khas Jambi dengan bahan dasar durian, yaitu Lempok Durian Jambi.

Oleh2 khas kota Jambi ini bisa kalian dapatkan bareng saat beli pempek dan kopi bubuk cap AAA.

4. Tempoyak Durian Jambi


Selain Lempok Durian, kalian juga bisa mencoba olahan lainnya dari bahan durian, yaitu Tempoyak. Sampai-sampai ada tempat oleh-oleh di Jambi yang menggunakan nama "Temphoyac" :D

Mirip banget sama Lampung nih. Di Lampung juga banyak dijual tempoyak mengingat Lampung merupakan salah satu kota penghasil durian.

5. Kerupuk kemplang dan kerupuk lainnya


Di pusat oleh-oleh Jambi juga kita bisa membeli kerupuk kemplang serta kerupuk lainnya yang merupakan khas dari Jambi seperti kembang goyang, rengginang, kerupuk kulit ikan, dan abon patin. Agak mirip-mirip dengan Palembang memang.

6. Batik Jambi


Untuk souvenir khas Jambi, kalian bisa membeli Batik Jambi dengan berbagai pilihan harga. Batik Jambi ini cocok buat dijadikan oleh-oleh khas Jambi untuk kalian hadiahkan kepada orang lain.

Biar kelihatan pernah ke Jambi, bisa juga beli souvenir kaos khas Jambi yang ada tulisan Jambinya, jadi kan ketahuan nih pas kalian make kaos ini, orang akan tahu kalau kalian pernah main ke Jambi dari kaos yang kalian pakai hehehe.

Batik Jambi dapat kalian temukan dengan mudah di toko-toko pinggiran jalan, terutama di daerah Simpang Pulai - Kebon Jeruk.

Untuk kaos, bisa beli di Jembatan Gentala Arasy.

Baca juga: Jembatan Gentala Arasy Jambi, Sang Ikonik yang Mesti Kalian Kunjungi

7. Dodol Nanas


Dodol nanas juga bisa menjadi salah satu alternatif oleh-oleh kalian dari Jambi, terutama kalau lagi berkunjung ke Muaro Jambi. Jambi memang banyak menghasilkan buah nanas yang kemudian dijadikan juga sebagai oleh-oleh khas Jambi.

Nah, itulah 7 Oleh-oleh Khas Jambi yang bisa kalian coba saat jalan-jalan ke Jambi. Jangan lupa kirim ke saya juga ya hehehe.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post