Sunday, June 11, 2017

Jambi Paradise, Tempat Wisata di Kota Jambi yang Asyik Banget buat Piknik Keluarga

author photo
Jumanto.com - Jambi Paradise, Tempat Wisata di Kota Jambi yang Asyik Banget buat Piknik Keluarga. Mumpung lagi di Jambi, rasanya sayang banget kalau cuma "ndekem" di kamar. So, Minggu sore itu, sebelum ashar, saya langsung pesan gojek, dari Hotel Luminor menuju Jambi Paradise.

jambi paradise

Mumpung ujian masih 2 minggu lagi, jadi lumayan lah masih ada waktu senggang di hari libur buat menikmati tempat wisata yang ada di Kota Jambi.

Karena enggan mau ngajakin kawan sekamar buat jalan-jalan ke Jambi Paradise, sore itu saya jalan sendiri saja, sekalian pulangnya dari Jambi Paradise mampir ke Gentala Arasy.

Jarak dari Hotel Luminor ke Jambi Paradise lumayan jauh juga, sekitar 12-13 kilometer, dengan ongkos Gojek sebesar Rp26.000,- sekali jalan.

Lokasi Jambi Paradise


Jambi Paradise terletak di Simpang Acai, Kb. IX, Sungai Gelam, Kota Jambi. Dari jalan utama, saya harus masuk sekitar 2,5 kilometer menuju lokasi Jambi Paradise.

Untuk jalan masuk relatif sudah bagus, sudah aspal, masuk ke daerah perkampungan.

Waktu itu perjalanan saya lancar-lancar saja, gak macet. Tapi, kalau lebaran, katanya jalan masuk menuju Jambi Paradise ini macet parah, karena saking banyaknya pengunjung yang mau liburan atau piknik ke Jambi Paradise.

Kalau mau dateng ke Taman Wisata Air Jambi Paradise, baiknya memang jangan di hari lebaran, karena pastinya kurang puas, waktunya habis terjebak kemacetan di jalan.

Oh iya, saat saya berkunjung ke Jambi Paradise, belum ada angkutan umum menuju Jambi Paradise. Yang ada paling ojek atau kalau mau gampang bawa kendaraan pribadi.

Tips juga nih, buat kalian yang mau ke Jambi Paradise naik Gojek, simpen baik-baik ya nomor si pengemudi Gojeknya, karena pas mau balik, susah banget pesen Gojeknya, driver not found terus, karena lokasinya memang jauh dari kota Jambi.

Jadi, kalau kalian mau pulang, kalian bisa telepon tuh si pengemudi Gojek buat njemput kalian. Saya juga kemarin gitu, pas mau pulang eh driver Gojek not found terus, akhirnya ya telepon balik si pengemudi tadi.

Atau kalau gak, bilang sama pengemudi Gojeknya buat nungguin kalian di situ, biar pas mau pulang gak bingung-bingung nyari angkutan.

Di sekitar Jambi Paradise gak ada ojek pangkalan juga soalnya. Jangan sampai bisa berangkat tapi gak bisa balik, gak lucu kan hahaha.

Tiket Masuk Jambi Paradise


denah jambi paradise

Setelah sampai di Jambi Paradise dan saya bayar ongkos Gojek, saya pun langsung menuju penjualan tiket masuk.

Biaya masuk Jambi Paradise per orangnya 20 ribu rupiah. Setelah bayar 20 ribu rupiah ke penjaga tiket, saya dikasih selembar tiket, yang sudah langsung disobek.

Oh iya, sebelumnya pernah saya baca, katanya pengunjung setelah bayar tiket masuk Jambi Paradise dikasih pelet juga buat makan ikan, tapi saya kok gak dikasih ya, apa memang sudah gak ada lagi peletnya hehehe.

Yang jelas, saya bayar tiket masuk segitu gak dikasih apa-apa, cuma selembar tiket saja, gak ada pelet :D

Sore itu pengunjung yang masuk sepi sekali, mungkin cuma saya aja yang masuk, karena sudah kesorean kali yah, ditambah bulan puasa juga.

Tapi begitu masuk ke dalam, masih cukup banyak pengunjung juga, meskipun gak terlalu ramai juga, terbilang sepi menurut saya untuk ukuran tempat wisata yang begitu luas ini.

Wahana Wisata Jambi Paradise


wahana wisata jambi paradise

Pertama kali masuk, saya sudah disambut dengan lorong dari tumbuhan merambat dengan burung dan ayam yang dipelihara di sisi kanan dan kirinya. Lorong ini merupakan salah satu tempat yang instagramable banget di Jambi Paradise.

Jambi Paradise ini memiliki wahana wisata utama berupa wisata air yang cukup luas, dengan desain utama berupa danau kecil yang mengelilingi daratan di tengahnya.

Konon dulunya tempat ini merupakan hutan berburu, dan kini sudah disulap menjadi tempat wisata di Kota Jambi yang layak banget buat kalian kunjungi di akhir pekan maupun hari-hari biasa.

Jambi Paradise ini memang cocok banget dijadikan tempat wisata keluarga. Gak seru deh kalau cuma jalan-jalan berdua, apalagi sendirian kayak saya hehehe.

Untuk wahana wisata yang ada di Jambi Paradise ini, berikut ini beberapa wahana yang bisa kalian coba:

1. Flying Fox terpanjang di Jambi, ada di Jambi Paradise ini


flying fox

Wahana wisata di Jambi Paradise yang pertama adalah Flying Fox, yang katanya merupakan flying fox terpanjang yang ada di Jambi saat ini.

Setelah masuk ke Jambi Paradise sekitar 100 meter, di sebelah kanan akan terlihat dengan jelas flying fox yang cukup panjang dengan jembatan gantung di bawahnya, melintasi danau juga di bawahnya.

Pohon-pohon kelapa sawit yang sedang berbuah membuat pemandangan kian cantik saja.

Untuk menikmati fasilitas Flying Fox ini, kita harus merogoh kocek sebesar Rp30.000 per orangnya. Berminat buat main flying fox di Jambi Paradise?

2. Jembatan Gantung


Wahana wisata di Jambi Paradise yang kedua ada Jembatan Gantung yang berada persis di bawah Flying Fox. Seru juga dong jalan di ketinggian, melewati jembatan gantung, dengan pemandangan di bawah berupa danau, hmmmm, pastinya bakal memacu adrenalin banget.

Berani coba? Cukup dengan membayar tiket Rp20.000,- per orang kita sudah bisa menikmati wahana Jembatan Gantung di Jambi Paradise ini.

3. Boat dan Perahu di Jambi Paradise


perahu di jambi paradise

Biar lebih seru lagi, mesti coba juga nih naik perahu ramai-ramai bareng keluarga di Jambi Paradise. Kalau cuma berdua atau sendirian pastinya gak seru kan hehehe.

Tiket buat naik perahu di Jambi Paradise ini dibandrol:
  • boat Rp10.000,- per orang.
  • perahu kecil Rp20.000 per jam (2 orang).
  • perahu sedang Rp30.000 per jam (3 orang).
  • perahu besar Rp45.000 per jam (5 orang).

4.  Sepeda air


Sepeda air atau bebek-bebekan juga ada di Jambi Paradise, yang menjadikan tempat wisata di Jambi ini memang lagi-lagi cocok banget buat wisata keluarga menurut saya.

Bakal puas banget deh main sepeda air di Jambi Paradise mengingat luasnya danau yang berbentuk melingkar mengelilingi "pulau" di tengahnya.

Untuk menikmati sepeda air di Jambi Paradise, kita harus merogoh kocek Rp50.000,- per 30 menit.

5. Balon


balon jambi paradise

Masih berupa wahana wisata air, kita juga bisa bermain balon air nih. Jadi kita masuk ke dalam balon yang mengambang di atas air, dan kita bisa seru-seruan bermain di dalamnya bersama keluarga. Wah asyik banget yah main balon di Jambi Paradise.

Tiket masuk balon ini dibandrol Rp20.000 per orang per 10 menit.

6. Sewa sepeda dan motor ATV


Buat yang ingin olah raga, bisa juga sewa sepeda di Jambi Paradise untuk berkeliling-keliling areal tempat wisata di Jambi ini.

Jika ingin lebih seru, bisa juga sewa motor ATV yang lokasinya tidak jauh dari pintu masuk Jambi Paradise.

7. Labirin


labirin jambi paradise

Ada juga wahana labirin di tengah-tengah Jambi Paradise. Sayangnya, wahana ini kurang terawat, tanahnya becek, saat saya berkunjung ke Jambi Paradise, dengan genangan air yang membuat pengunjung enggan masuk ke dalamnya.

8. Wahana-wahana lain yang gak kalah serunya


Masih banyak juga wahana-wahana lain yang jadi tempat foto-foto ambil gambar di Jambi Paradise dan juga tempat bermain untuk anak-anak.

bagian tengah jambi paradise

Untuk fasilitas, ada toilet, foodcourt, mushola, serta gazebo atau pondokan-pondokan.

Jam Buka Jambi Paradise


Jambi Paradise buka dari pukul 08.00 pagi s.d. 18.00. Kunjungan terbaik menurut saya di sore hari, karena hari sudah gak terlalu panas.

Jika berkunjung di siang hari, cuaca akan terasa panas banget karena belum banyak pohon yang tinggi. Pepohonon di Jambi Paradise didominasi oleh Pohon sawit dan pohon entah apa itu namanya yang daunnya warnanya cantik :)

Kesimpulan


Jika ingin menikmati berbagai wahana yang ada di Jambi Paradise, kita memang mesti merogoh kocek cukup banyak. So, persiapkan uang lebih ya.

Tapi overall, tempat ini asyik banget buat dijadikan tempat kumpul keluarga, makan bareng, menghabiskan sore, sekalian refreshing setelah satu minggu berkutat dengan kerjaan kantor.

Gimana, kapan mau liburan keluarga ke Jambi Paradise?

Baca Juga: Asyiknya Wisata ke Candi Muaro Jambi.

This post have 2 komentar

avatar
Pungky Sudrajat delete June 11, 2017 at 7:38 AM

Kalo boleh tau ini jam berapa ya? Kok sepi banget? :D

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete June 12, 2017 at 12:11 AM

itu sekitar jam setengah 5 sore Mas, di awal bulan Puasa juga, jadi mungkin orang masih males jalan-jalan hehehe, atau mungkin udah pada pulang karena saya datang kesorean :D

Reply


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post