Friday, May 5, 2017

Pengalaman Belanja di Blibli dan Review: Ini Dia Yang Bikin Kapok

author photo
Jumanto.Com - Pengalaman Belanja di Blibli dan Review: Ini Dia Yang Bikin Kapok. Sudah pernah belanja di Blibli.com? Tentunya sudah pada kenal dong dengan toko online yang satu ini. Kalau kalian suka nonton bulutangkis atau badminton, pasti tahu lah sama blibli ini, itu lho yang suka terpampang nyata di kaos-kaos atlet bulutangkis kita ^_^

pengalaman belanja di blibli

Awalnya sebenarnya saya gak pernah belanja online lewat situs belanja online macam Lazada, blibli, shopee, dan situs ecommerce lainnya. Karena kenal sama temen yang hobi belanja online, akhirnya tertarik juga untuk belanja di toko online yang ada di Indonesia, salah satunya adalah pengalaman belanja di blibli.com.

Apakah Situs Blibli.Com Terpercaya?


Siapa sih yang gak ingin berbelanja online di situs toko online terpercaya di Indonesia? Tentunya kita gak mau dong berbelanja di toko online penipu, toko online abal-abal yang memakai nama mirip-mirip dengan toko online terpercaya.

Kalau mau mengecek toko online terpercaya atau gak, setidaknya kita lihat dulu apakah toko online tersebut memakai domain gratisan atau gak. Kalau toko online tersebut memakai domain berbayar, apalagi hosting berbayar juga, maka kemungkinan besar toko online tersebut adalah toko online terpercaya yang gak menipu pelanggannya.

Meskipun domain dan hosting berbayar gak menjamin toko online pasti bukan penipu, tetapi lebih dapat dipercaya dibandingkan dengan toko online yang menggunakan hosting dan domain gratisan.

Masih banyak faktor-faktor lain juga sebenarnya yang perlu dilihat apakah toko online tersebut terpercaya atau gak.

Untuk Toko Online Blibli.com sendiri, menurut saya ecommerce ini merupakan toko online terpercaya yang ada di Indonesia berdasarkan pengalaman saya belanja di Blibli.

Segala hal mengenai syarat belanja di blibli com, panduan belanja di blibli com, cara belanja di blibli dengan cicilan, cara pembayaran blibli, cara membatalkan pesanan di blibli, live chat blibli, blibli.com promo, serta berbagai informasi penting lainnya sudah ada di blibli.com sehingga layak kalau situ belanja online ini dimasukkan ke salah satu Toko Online Terpercaya di Indonesia yang tidak menipu pelanggannya.

Pengalaman Belanja di Blibli yang Bikin Kapok: Ini Dia Review Saya


Saya punya dua pengalaman belanja di blibli.com, dan pengalaman kedua saya lah bikin kecewa banget, karena lama pengiriman pesananan saya di blibli.com sampai 4 bulan. Sebenarnya gak sepenuhnya salah blibli, saya juga di sini pengin komplain dengan pelayanan pengaduan dari Bank Mandiri Cut Mutia yang sangat mengecewakan.

Mari kita ulas review pengalaman belanja di blibli saya satu per satu:

Pengalaman pertama belanja di blibli.com


pengalaman pertama belanja di blibli

Karena punya voucher belanja 100 ribu di blibli.com, saya pun akhirnya menggunakan kode voucher tersebut untuk belanja di blibli.com.

Voucher belanja blibli.com ini saya pakai untuk membeli mukena dan tas buat mama, yang memang pengin pesan mukena baru.

Kedua pesanan saya berasal dari toko yang berbeda, dan dua-duanya bebas ongkir dari blibli.com. Alhamdulillah, pengalaman belanja di blibli.com saya yang pertama berjalan lancar tanpa halangan suatu apapun.

Kualitas barang sesuai dengan harga, pengiriman barang tepat waktu, gak terlalu lama, gak sampai 1 minggu sudah terkirim. Overall aman-aman saja belanja di blibli.com yang pertama.

Pengalaman kedua belanja di blibli.com yang mengecewakan


pengalaman belanja di blibli kedua

Gara-gara harbolnas, dan punya kode voucher belanja blibli senilai 100 ribu, akhirnya saya belanja lagi di Blibli.com dan juga di Lazada secara bersamaan.

Pengalaman belanja online di blibli.com yang kedua ini saya beli dua buah kemeja lengan pendek, rencananya sih buat pakaian kerja kalau berangkat ke kantor di hari Selasa atau Rabu.

Sayangnya, sejak pesanan saya bayar di tanggal 15 Desember 2016 sampai dengan April 2017 kemarin, barang yang saya pesan belum juga dikirim.

#Transfer saya ke blibli.com tidak masuk sistem, duh sistem pembayaran blibli kacau


Firasat saya langsung aneh sesaat setelah melakukan transfer ke rekening blibli yang tertera di dalam invoice. Setelah uang saya transfer, saya cek ke daftar pesanan. Ternyata bukannya berstatus "sudah dibayar", status pesanan saya justru "dibatalkan".

pesanan di blibli dibatalkan

Kalau dibatalkan, berarti pembayaran saya dianggap tidak masuk, padahal saya sudah mengikuti tata cara pembayaran di atm sesuai dengan instruksi.

Karena status pesanan saya di blibli terasa aneh banget, saya pun langsung email ke customer service blibli dan langsung mengadukan permasalahan saya.

#Ditelepon, katanya uang transfer saya tidak masuk ke rekening blibli


Akhir Desember 2016, saya mudik ke Purbalingga. Saat sedang jalan-jalan ke Purbasari Pancuran Mas, tiba-tiba saya menerima telepon dari blibli yang intinya, uang transfer saya tidak masuk dan saya disuruh menghubungi bank untuk komplain ke bank.

#Mengajukan pengaduan ke Bank Mandiri KCP Cut Mutia Bandar Lampung


Tanggal 27 Desember 2016, saya langsung mengajukan pengaduan ke Bank Mandiri Cabang Cut Mutia Bandar Lampung. Waktu itu pengaduan saya diterima sama Mba Erna.

pengaduan ke bank mandiri cut mutia

Setelah memproses pengaduan, mbak Erna bilang, uang akan ditransfer ke rekening saya dalam waktu maksimal 14 hari kerja.

#Uang transfer blibli ternyata gak masuk juga ke rekening Mandiri saya


Setelah menunggu selama 14 hari kerja, ternyata uang saya belum masuk ke rekening saya. Hmmm, akhirnya saya datang lagi ke kantor Bank Mandiri Cut Mutia Bandar Lampung untuk menanyakan pengaduan saya.

Begitu saya tanya lagi sama Mba Erna, dia bilang: Oh iya maaf pak belum diproses.

What?

Selama 14 hari kerja pengaduan saya belum juga diproses? Dimana janji manismu Mbaaaaaa? Huaaaaa kesel gak karuan.

Lalu saya dijanjiin lagi, 14 hari kerja suruh nunggu dan uang akan ditransfer ke rekening saya.

#Bank Mandiri Cut Mutia Bandar Lampung bener-bener bikin kesel


Setelah kedatangan saya yang kedua ke Bank Mandiri Cut Mutia, saya pun menunggu lagi selama 14 hari, sesuai dengan yang dijanjikan, katanya duit akan ditransfer ke rekening Mandiri saya.

Hasilnya?

Ternyata setelah menunggu 14 hari lebih saya pantau di internet banking, eh uang belum masuk juga ke rekening saya. Makin kacau saja nih mengurus gagal transaksi pembelian blibli.com dan bikin ribet banget.

#Datang ke Mandiri Cut Mutia lagi, belum ada titik temu


Akhirnya saya datang lagi ke Bank Mandiri Cut Mutia Bandar Lampung, sayangnya kali ini gak ketemu Mba Erna, tapi dilayani sama petugas yang lain. Petugas ini juga gak tahu penyelesaiannya, akhirnya saya tinggalkan nomor HP.

Beberapa hari kemudian saya menerima telepon dari Bank Mandiri, sayangnya saya lagi ngurus istri saya yang sakit sehingga gak keangkat tuh telepon.

#Ternyata duit sudah masuk ke rekening Blibli


Sekitar 2 minggu kemudian, saya datang lagi ke Bank Mandiri Cut Mutia, untuk mempertanyakan pengaduan saya. Kali ini ketemu langsung sama Mba Erna.

Begitu saya tanya status pengaduan saya, Mba Erna gak bisa langsung menjawab, tapi mencari dulu file tindak lanjutnya.

Menunggu lumayan lama, akhirnya datang juga yang ditunggu.

Hasilnya: uang transfer saya ke blibli.com ternyata sudah masuk.

Dulu bilang katanya uang mau ditransfer ke rekening saya, eh sekarang bilang duit sudah masuk ke rekening blibli. Kacau.

Duh, nambah gawe lagi nih. Akhirnya saya minta bukti bahwa uang sudah masuk ke rekening blibli.

Memproses Pesanan Di Blibli yang Dibatalkan


Setelah menerima kabar dari Bank Mandiri bahwa uang transfer saya saat belanja online di Blibli pada tanggal 15 Desember 2016 ternyata sudah masuk ke rekening Blibli, saya pun langsung mengajukan pengaduan ke blibli.

Saya tempuh tiga pengaduan sekaligus biar cepat prosesnya.

Pertama, saya kirim email ke customer servicenya beserta bukti-bukti transfer dan bukti pengaduan ke Bank Mandiri.

Kedua, saya chating dengan customer service lewat websitenya yang saya buka di komputer dan saya kasih juga bukti-bukti pendukung.

Ketiga, saya chatting juga lewat facebook untuk mengadukan pesanan saya di blibli.com yang sudah 4 bulan gak dikirim kirim juga. Bukti pendukung juga saya kirim lewat chat fb ini.

Tanggapan customer Service Blibli cukup responsif


Dari ketiga pengaduan tersebut, cara pengaduan paling cepat responsnya adalah chating, baik lewat website ataupun lewat facebook.

Jadi saran saya, kalau kalian ada masalah dengan belanja di blibli langsung saja selesaikan dengan chating biar cepat. Email juga bisa kalian tempuh untuk dokumentasi.

Begitu chating, pengaduan saya langsung direspon oleh customer service blibli dan pengajuan pun disampaikan ke pihak yang berkenaan.

Untuk customer service saya rasa cukup OK pelayanannya.

Barang akhirnya dikirim, sayangnya kecewa banget


Setelah proses pengaduan saya, akhirnya barang pun kemudian dikirim ke alamat saya dan saya menerima email pemberitahuan juga dari customer servicenya.

Awalnya sih saya pikir akan dikembalikan dalam bentuk uang, ternyata tetap dikirim dalam bentuk barang pesanan saya.

Sayangnya, saya kecewa banget dengan barang yang saya terima.

Saya pesan baju/kemeja di blibli ukuran L, ternyata pesanan yang datang KECILNYA MINTA AMPUN. Baru kali ini saya lihat ada baju ukuran L, tapi sama saja dengan baju ukuran S. Sangat kekecilan di badan saya. Padahal selama ini saya selalu pesan ukuran L dan ukurannya standar.

Ah, entahlah, akhirnya, dua buah kemeja pesanan saya, yang 4 bulan baru dikirim sama blibli, ternyata saat saya terima amat sangat kekecilan. Gak bisa saya pakai. Bisa dikembalikan gak ya?

Kesimpulan: Kenapa Saya Kecewa dengan Pengalaman Belanja di Blibli.com


Berikut ini alasan mengapa saya kecewa dengan pengalaman belanja di blibli:
  1. Sistemnya masih perlu diperbaiki. Uang yang seharusnya sudah masuk ke rekening dibilang belum masuk ke rekening, akibatnya pesanan di blibli dibatalkan.
  2. Barang yang saya terima sangat mengecewakan, ukurannya gak standar.
  3. Ribet banget jadinya ngurus kasus sudah transfer tapi pesanan dicancel.
  4. Blibli kurang aktif koordinasi dengan pihak bank, sehingga uang yang sebenarnya sudah masuk dibilang belum masuk.

Selain itu, saya juga kecewa banget sama Bank Mandiri Cabang Cut Mutia, berkali-kali datang ke bank dan ternyata pengaduan saya gak diproses. Pelayanan Bank Mandiri Cabang Cut Mutia Bandar Lampung sangat mengecewakan.

Nah, itulah pengalaman belanja di blibli.com serta review singkat saya, mudah-mudahan kalian gak ngalamin kejadian seperti saya yah. Repot banget deh, 4 bulan baru kelar. Kalau saya ditanya, mau belanja online di blibli lagi? Jawaban saya: masih mikir 1000 kali kalau mau belanja di blibli.com.

This post have 4 komentar

avatar
Muhamad Hadi delete July 4, 2017 at 7:01 AM

Saya baru order barang, semoga tidak lama ya sampenya gan.

Reply
avatar
Fira Youanita G delete July 15, 2017 at 11:04 PM

Haduh saya mau order sepatu tapi pas liat ulasan tentang blibli jadi waswas gini😑

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete July 16, 2017 at 3:57 PM

aamiin mudah-mudahan aman gan

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete July 16, 2017 at 3:59 PM

mudah-mudahan aman mba, pengalaman saya yang pertama aman, tapi yang kedua ada masalah gara-gara sistem blibli. saya sudah bayar dianggap belum bayar, lalu proses ngurusnya sampai 4 bulan, udah gitu pas barang dateng malah kekecilan padahal ukuran L.

Reply


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post