Friday, May 12, 2017

Cara Merubah Tulisan Latin ke Arab Online, Mudah Banget Deh

author photo
Jumanto.Com - Cara Merubah Tulisan Latin ke Arab Online, Mudah Banget Deh. Cocok banget bagi para Ustadz atau guru ngaji yang gak terbiasa menggunakan keyboard untuk menulis tulisan arab, karena kita ternyata bisa merubah tulisan latin ke arab secara online.

Dengan fasilitas merubah tulisan latin ke arab secara online ini, kita cuma perlu mengetikkan tulisan latin seperti biasa, lalu otomatis di situs penyedia translate tulisan huruf latin ke huruf arab ini, tulisan latin yang kita ketik akan berubah menjadi tulisan arab.

Sebagai contoh, kalau kita menulis latin : Subhana Alloh maka di situs tersebut akan ditranslate menjadi tulisan arab  سبحان الله

Gimana, memudahkan banget kan buat kita yang mau menulis arab tanpa harus menghafalkan huruf-huruf hijaiyah yang ada di keyboard untuk font arabic?

3 Cara Merubah Tulisan Latin ke Arab Online Yang Mudah Banget


Buat kalian yang mau mencoba mengubah tulisan latin ke arab secara online, caranya mudah banget. Di sini, kita bisa menggunakan dua cara untuk mengubah tulisan huruf latin menjadi tulisan Arab baik mau mengubah nama ke tulisan arab, menulis Quran latin agar menjadi tulisan arab, tulisan hadis, dan keperluan lainnya.

Berikut ini cara merubah tulisan huruf Latin menjadi tulisan Arab selengkapnya:

#1. Merubah Tulisan Latin ke Arab Online lewat situs yamli.com


cara merubah tulisan latin ke arab online

Cara yang pertama untuk merubah tulisan latin ke arab secara online adalah lewat situs yamli.com. Untuk mencobanya, silakan ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Langsung saja buka situs translate tulisan latin ke arab online di www.yamli.com atau klik link tersebut.
  2. Ketikkan huruf latin yang mau kalian ubah ke huruf arab, otomatis situs akan mengubah atau translate tulisan huruf latin kalian ke huruf arab.
  3. Tips: dalam menulis huruf latin, kalian harus menuliskannya kata per kata sesuai dengan bahasa arabnya. Contoh: سبحان الله  itu terdiri atas dua kata yaitu subhana dan Alloh maka saat menulis huruf latinnya kita harus menulis subhana dan Alloh jangan subhanalloh langsung. Atau الرحمن الرحيم kita harus mengetikkan tulisan latin Arrohman dan arrohiim atau alrohman dan alrohiim sesuai dengan huruf aslinya tanpa diidghomkan terlebih dahulu.

Untuk mendapatkan hasil tulisan huruf arab yang benar dari translate tulisan latin kita, memang masih diperlukan kemampuan untuk menulis huruf arab secara manual, karena kalau masih awam banget tata cara menulis huruf arab, saya yakin hasil translate huruf latin ke arabnya menjadi kacau dan salah secara tulisan.

Di yamli ini, setelah kita menulis latin akan muncul berbagai pilihan huruf arabnya dan tinggal kita pilih mana yang benar sesuai dengan kaidah penulisan huruf arab, sehingga di sini memang sangat diperlukan pengetahuan tata cara menulis arab yang baik dan benar.

Untuk latihan, coba kalian tuliskan huruf latin dari surat Al Fatihah berikut hingga menjadi tulisan huruf arab yang benar. Silakan dilanjutkan yaaaa
alhamdu lillahi robbi alaalamin alrohman alrohiim .......................

Note: untuk menambahkan harakat ke huruf arab hasil translate latin ini saya belum menemukan caranya, silakan ditambahkan di komentar kalau kalian tahu caranya ya. Silakan berbagi ilmu mudah-mudahan mendapatkan pahala dari-Nya.

#2. Google Input Tools memudahkan kita menulis tulisan arab dengan menggunakan tulisan latin


Selain menggunakan situs online yamli, kita juga dapat memanfaatkan fasilitas dari Google, yaitu Google Input Tools, untuk merubah tulisan latin ke arab online.

Cara mengubah tulisan latin ke arab secara online melalui Google Input Tools yaitu:
  1. Silakan buka Google Input Tools lalu setting pilihan input bahasa menjadi Arabic seperti gambar berikut:
    merubah tulisan latin ke arab online
  2. Tuliskan huruf latin kata per kata sesuai dengan aslinya dalam bahasa arab seperti cara menggunakan situs yamli untuk merubah tulisan latin ke arab online. Contohnya: alhamdu lillahi robbi alaalamin alrohman alrohim maliki yaumi aldin dan seterusnya ...... dan hasilnya adalah الحمد لله رب العالمين الرحمن الرحيم مالك يوم الدين  .
  3. Tinggal copy paste saja ke mana tulisan arab dari tulisan latin ini mau kalian gunakan. Mudah banget bukan?

#3. Cara Menulis Huruf Arab online lewat listenarabic.com


Cara merubah tulisan latin ke arab online yang ketiga ini sama saja dengan kedua cara di atas, hanya saja kali ini kita memakai situs listenarabic.com. Caranya ya sama, tinggal masukkan latinnya dan nanti akan keluar huruf arab dari situs ini.

Selain menulis huruf latin, di listenarabic.com ini juga kita dapat langsung menulis arabnya lewat menu arabic keyboard tanpa menuliskan huruf latinnya. Kalau memakai keyboard ini, kita tinggal klik huruf-huruf arab yang ada di keyboard arabic online.

Di situs ini juga ada terjemahan yang bisa membantu kita belajar bahasa arab online.

Kesimpulan: Menulis Arab dari Tulisan Latin Ternyata Mudah Banget


Setelah mencoba cara merubah tulisan latin ke arab online, saya yakin pikiran kita sekarang berubah bahwa menulis Arab ternyata gak sesulit yang dibayangkan bagi kita yang belum hafal keyboard untuk menulis tulisan arab.

Tinggal ketikkan tulisan latinnya dan tulisan arabnya pun akan muncul. Cara ini mudah dan tidak terlalu menguras otak.

Nah demikian info singkat mengenai "Cara Merubah Tulisan Latin ke Arab Online" mudah-mudahan bermanfaat. Silakan berbagi ilmu ya.

Baca Juga: Cara Menulis Huruf Arab Online dengan Mudah Tanpa Ribet..

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post