Saturday, May 13, 2017

Cara Menulis Arab Online Mudah Tanpa Ribet

author photo
Jumanto.Com - Cara Menulis Arab Online Mudah Tanpa Ribet. Karena kita terbiasa menulis huruf latin di keyboard baik di komputer maupun di android, kita jadi kesulitan saat mau menuliskan huruf-huruf arab.

Padahal, huruf arab bagi orang Islam sudah sangat familiar dan untuk membuat tulisan arab, terutama bagi para mahasiswa di IAIN/UIN atau para ustadz, sering merasa kesulitan karena tidak terbiasa menuliskan huruf arab di word di mana keyboardnya masih menggunakan huruf latin.

Cukup sulit juga mengingat huruf per huruf di keyboard untuk menulis huruf arab di komputer. Oleh karena itu, para praktisi internet telah berkreasi untuk memudahkan kita menulis arab secara online.

Cara menulis arab online ini terbilang lebih mudah dibandingkan kita menulis arab di word atau menggunakan keyboard

Cara Menulis Arab Online Gundul maupun Pakai Harokat


Dunia internet memang memudahkan banget buat kita semua. Dengan adanya internet, perkembangan ilmu pengetahuan semakin berkembang dan segala sesuatu pun jadi lebih mudah. Termasuk dalam hal menulis bahasa arab atau huruf arab.

Situs-situs yang mendukung kita untuk mempermudah menulis huruf arab online telah bermunculan, bahkan google sendiri telah menyedian tools juga buat kita yang mau menulis huruf arab secara online.

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini cara menulis arab online yang harus kita ketahui:

1. Cara Menulis Arab Online lewat situs dengan keyboard arab


cara menulis arab online

Cara menulis arab online yang pertama adalah dengan memanfaatkan keyboard huruf arab yang disediakan oleh situs-situs arabic keyboard. Arabic Keyboard Online ini memudahkan banget bagi siapa saja yang mau menulis huruf arab secara online.

Untuk menulis huruf arab online lewat situs arabic keyboard online ini, kita cukup menggunakan mouse kita lalu kita arahkan ke keyboard semacam keyboard virtual. Jadi kita tidak mengetik lewat keyboard yang ada di komputer atau laptop kita.

Kita cukup mengklik setiap huruf yang ada di keyboard online. Kelebihan dari Keyboard online ini, kita bisa menulis arab gundul maupun menulis arab berharokat dengan mudah, karena kita tinggal mengklik saja harokatnya baik fathah, kasroh, dhommah, fathah tanwin, kasroh tanwin, dhommah tanwin, tasydid, dan sukun.

Nah, buat kalian yang mau mencoba menulis arab online melalui situs-situs arabic keyboard online silakan langsung saja buka situs-situs berikut:
  1. lexilogos.com, jangan lupa setting bahasanya ya.
  2. branah.com, silakan coba menulis arab online di sini.
  3. arabic-keyboard.org, mudah banget nulis bahasa arab online di situs ini.

Dan masih banyak lagi situs-situs arabic keyboard online lain selanjutnya. Situs-situs tersebut juga biasanya tidak hanya menyediakan layanan penulisan huruf arab online tetapi juga huruf-huruf lainnya seperti cina, jepang, dan lain-lain.

2. Menulis Huruf Arab Online lewat translate dari huruf latin ke huruf arab.


Cara yang kedua ini menurut saya lebih mudah dibandingkan cara yang pertama. Cara menulis huruf arab online dengan menulis huruf latinnya di situs pentranslate ke huruf arab ini lebih cepat, sayangnya memang yang ditulis masih berupa huruf arab gundul.

Cara menulisnya seperti kita menulis huruf latin biasa, misalkan menulis alhamdu lillahi robbi alaalamin alrohman alrohim maliki yaumi aldin maka nanti secara otomatis tulisan latin ini akan diubah menjadi huruf arab oleh situs online tersebut.

Untuk cara selengkapnya, silakan baca: Cara Merubah Tulisan Latin ke Arab Online.

Nah demikianlah informasi singkat mengenai "Cara Menulis Arab Online Mudah Tanpa Ribet" mudah-mudahan dapat mempermudah pekerjaan kita saat mau menulis huruf arab di komputer.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post