Saturday, May 13, 2017

Cara Menulis Arab di Word 2007, 2010, 2013 dst Yang Paling Mudah

author photo
Jumanto.Com - Cara Menulis Arab di Word 2007, 2010, 2013 dst Yang Paling Mudah. Sebelumnya saya telah membuat tulisan Merubah Tulisan Latin ke Arab Online dan Menulis Arab Online. Pada kesempatan kali ini, masih terkait dengan cara menulis huruf arab atau tulisan arab, kita akan belajar Cara membuat tulisan arab di microsoft word 2007, 2010, 2013, maupun 2016.

Kalau mengetik huruf arab online, sepertinya gak terlalu susah ya, karena kita tinggal klik saja di arabic keyboard online atau mengetikkan tulisan latinnya saja dan otomatis sudah tertulis huruf arab di situs menulis arab online.

Nah, untuk menulis arab di Word baik 2007 maupun yang lebih tinggi apakah bisa juga seperti online?


Ternyata bisa saudara. Kita juga ternyata bisa membuat tulisan arab di microsoft word sama seperti kita merubah tulisan latin ke arab secara online.

Jadi tekniknya sama, kita tinggal mengetikkan huruf latin di microsoft word nanti akan muncul otomatis huruf arabnya dan tinggal kita pilih mana yang paling sesuai dengan tulisan arab yang benar.

Di sini kita masih perlu untuk mengetahui cara menulis huruf arab yang benar.

Cara Menulis Arab di Word Paling Mudah: Gunakan Microsoft Maren


Kelebihan menulis arab di word menggunakan bantuan Microsoft Maren ini dibandingkan menulis arab di word yang biasa adalah, kita tidak perlu menghafal letak-letak huruf arab di keyboard karena prosesnya kita cuma mengetikkan huruf latin dari huruf arab yang akan kita tulis.

Sebagai contoh, saya mau menulis tulisan arab bismillah ( بسم الله الرحمن الرحيم ) maka cara membuat tulisan bismillah di microsoft word 2007 yaitu dengan menulis huruf latin: bism Alloh alrohman alrohim dan hasilnya pun bisa dilihat seperti gambar di bawah ini:

cara menulis arab di word

Baiklah, untuk lebih jelasnya silakan ikuti langkah Cara menulis Arab di Word paling mudah berikut ini:

1. Download Aplikasi Menulis Arab di Komputer: Microsoft Maren


Pertama-tama download terlebih dahulu Aplikasi Microsoft Maren, silakan download di situs resimnya: Microsoft.

Setelah download silakan install Microsoft Maren sampai selesai.

2. Setting Bahasa Penulisan Menjadi Arabic


Langkah selanjutnya untuk menulis arab di microsoft word adalah setting bahasa menjadi Arabic. Silakan Cari di Taskbar (bisa di bawah/kanan tergantung settingan komputer kalian, kalau komputer saya ada di sebelah kanan layar), dan ubah IN menjadi AR seperti gambar berikut:

menulis arab di word

Di microsoft word setting juga bahasa inputnya menjadi Arabic (AR) seperti gambar berikut ini:

menulis arab di word 2007

3. Menulis huruf arab di microsoft word kini Mudah Banget dan Gak Pakai Ribet


Setelah mendownload Microsoft Maren, Install, dan kemudian setting bahasa input, selanjutnya tinggal menulis huruf arab di Word saja. Caranya pun gampang banget, karena tinggal menuliskan saja huruf latinnya, lalu di bawahnya akan keluar huruf arabnya.

Nah tinggal pilih saja mana huruf arab yang paling tepat sesuai dengan tulisan latin yang kita tulis.

Sebagai contoh lagi, misalkan kita mau membuat Tulisan Arab Assalamualaikum. Maka ketikkan saja di Microsoft word huruf latin berikut: Assalam alaikum (pakai spasi ya) dan hasilnya pun akan keluar di Microsoft Word huruf berikut: السلام عليكم .

Atau kita mau membuat tulisan arab Alhamdulillah, maka tulis saja di word alhamd lillah dan hasilnya pun keluar: الحمد لله .

Mau membuat tulisan arab assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh, tulisan arab muhammad, tulisan arab Allah, tulisan arab kun fayakun, tulisan arab syahadat, tulisan arab syukron, dan sebagainya?

Silakan langsung saja dipraktekkan Cara Menulis Arab di Word menggunakan Microsoft Waren ini ya,  ان شاء الله  berhasil seperti saya menulis tulisan arab Insya Alloh ini hehehe.

Gimana, mudah banget kan "cara menulis arab di word"?. Menurut saya, cara ini adalah cara yang paling mudah dibandingkan harus menghafal huruf arab di keyboard. Selamat mencoba dan berlatih yaaa.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post