Sunday, April 9, 2017

Taman Cibiah Batu Putu, Gak Mandi Gak Seru

author photo
Jumanto.Com - Taman Cibiah Batu Putu, Gak Mandi Gak Seru. Makin banyak saja nih alternatif wisata akhir pekan di Kota Bandar Lampung, dengan munculnya berbagai tempat wisata baru di Bandar Lampung. Sebelumnya, telah ada Puncak Mas Sukadanaham, Camp 91 Kedaung, lalu muncul pula Villa Gardenia Lempasing, dan di kawasan wisata Batu Putu ada Taman Pemandian Cibiah.

taman cibiah batu putu
Alya mandi di Taman Cibiah

Minggu, 9 April 2017 kemarin, kami baru saja jalan-jalan ngetrip gitu ke Taman Cibiah Batu Putu, dan ternyata lokasinya pernah saya kunjungi tahun 2012 lalu saat penugasan Audit Bantuan Buku Kementerian Agama di Pondok Pesantren Madarijul Ulum.

Berangkat dari rumah pukul 11 siang, mampir di tengah jalan beli es kacang merah, lalu melanjutkan perjalanan ke Taman Pemandian Cibiah Batu Putu dan sampai di lokasi tepat saat adzan dzuhur. Tanpa kesulitan kami dapat menemukan lokasi tempat pemandingan dan tempat pemancingan di Bandar Lampung ini.

Lokasi Taman Cibiah Batu Putu


Taman Pemandian Cibiah terletak di daerah Batu Putu, tidak jauh dari Bumi Kedaton Resort dan Wira Garden Bandar Lampung.

Sebagai acuan kalau kalian mau main ke Taman Cibiah ini, dari Bumi Kedaton Resort, jalan lagi sekitar 300 meter, sampai ketemu papan/plang penunjuk arah di sebelah kanan jalan bertuliskan "Taman Cibiah" berjejeran dengan plang penunjuk arah "Pondok Pesantren Madarijul Ulum" dan "Pondok Pesantren Darul Falah".

Setelah ketemu papan penunjuk arah ini, ambil jalan masuk ke kiri (sesuai penunjuk arah), dan jalan turun sekitar 100-200 meter, lalu masuk ke arah kanan mengikuti penunjuk arah Taman Cibiah.

Deket kok lokasinya, mudah banget ditemukan. Taman Cibiah ini terletak sebelum Pondok Pesantren Madarijul Ulum.

Harga Tiket Masuk Taman Cibiah Batu Putu


Tiket masuk Taman Pemandian Cibiah gak gratis, alias bayar. Berikut ini harga tiket masuk Taman Pemandian Cibiah Bandar Lampung:
  • Dewasa: Rp10.000,-
  • Anak-anak: Rp5.000,-

Kemarin saat kami main-main ke Taman Pemandian Cibiah, kami disuruh bayar 20 ribu rupiah saja buat masuk saya, mama, dan Alya.

Tiket Masuk Pemancingan Cibiah Batu Putu


Oh iya, di Taman Cibiah Batu Putu ini ada kolam pemancingannya juga, yang dibuka untuk masyarakat umum. Saat ngobrol-ngobrol sama yang jaga kemarin, kalau mancing di Taman Cibiah ini, per kg ikan gurameh yang didapat, cukup bayar 45 ribu rupiah saja.

Kalau mau terima mateng, per kg cukup bayar 65 ribu rupiah. Mau mancing di Taman Cibiah Bandar Lampung?

Ngapain Aja di Taman Cibiah Bandar Lampung?


Sesampai di Taman Cibiah Batu Putu, kami keliling-keliling dulu, menjelajahi setiap jengkal tanah yang ada di tempat wisata alternatif di Bandar Lampung ini hehehe.

Kesimpulan kami saat mengelilingi kompleks Taman Cibiah: masih minim fasilitas tempat wisatanya.

Yap, dateng ke Taman Cibiah ini memang bener-bener gak seru kalau gak mandi, karena fasilitas utama dari Taman Cibiah memang kolam pemandiannya. Di Taman Pemandian Cibiah ada 4 buah kolam yang terpisah di dua lokasi.

Dua kolam yang pertama dengan kedalaman 120 cm dan 60 cm berada di bawah air terjun buatan yang lebih tinggi, di sinilah biasanya pengunjung berfoto-foto cantik dengan background air terjun buatan yang bertingkat-tingkat dihiasi dengan patung burung pelikan.


Kolam selanjutnya berada di pinggir sebelah kiri, berbentuk persegi panjang dengan kedalaman 120 cm, dan di bawahnya ada kolam renang juga dengan ukuran lebih kecil dan kedalaman yang lebih cocok buat anak-anak.

Alya, yang awalnya sudah kami bilang gak usah mandi, karena akan mandi di Pantai Queen Artha, akhirnya gak tahan sama godaan air di Taman Cibiah ini. Alya pun akhirnya mandi di sini, dan saya cuma bisa menemani sambil mengawasi dari tempat duduk di pinggir taman pemandian.

Nah, kalau kalian mau dateng ke Taman Cibiah ini, jangan lupa bawa ganti, karena rugi banget kalau datang cuma buat foto-foto. Gak banyak yang bisa kalian explore. Taman seluas 3 hektar ini, masih didominasi kebun-kebun.

So, gak akan seru, kalau dateng ke sini tapi gak mandi.

Urusan kamar bilas, gak perlu khawatir juga. Kamar bilas sudah disediakan di Taman Cibiah ini.

Taman Cibiah juga dilengkapi dengan mushola, kantin, dan tempat-tempat duduk pengunjung. Oh iya, ada juga dua ekor siamang/binatang primata seperti monyet, yang dipelihara di Taman Cibiah, serta burung merak.

Bagi kalian yang mau wisata di Kota Bandar Lampung saja, Taman Cibiah Batu Putu ini dapat menjadi alternatif kalian. Selamat berkunjung ya.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post