Wednesday, April 26, 2017

Inilah Pantai Karang Bolong Tanggamus, Salah Satu Yang Terindah Di Lampung

author photo
Jumanto.Com - Inilah Pantai Karang Bolong Tanggamus, Salah Satu Yang Terindah Di Lampung. Lampung bukan sekedar Pulau Pisang, Pulau Pahawang, atau Pantai Karang Gigi Hiu. Pantai-pantai di Lampung sebenarnya masih banyak banget yang cantik-cantik dan masih alami. Salah satu Pantai Cantik di Lampung adalah Pantai Karang Bolong Tanggamus ini.

pantai karang bolong tanggamus
bertiga di Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong sendiri buat saya sebenarnya gak asing. Semasa saya kecil, saya sudah biasa mendengar nama Pantai Karang Bolong dan Pantai Ayah. Hanya saja, Pantai Karang Bolong yang saya tahu itu adanya di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Pantai Karang Bolong yang akan saya ceritakan di sini bukan Pantai Karang Bolong Kebumen, melainkan Pantai Karang Bolong di Kecamatan Limau, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Ya, Lampung juga ternyata mempunyai pantai yang bernama Pantai Karang Bolong.
Baca Juga: 50+ Tempat Wisata di Lampung yang Pernah Saya Kunjungi

Awal Mula Tahu Pantai Karang Bolong Tanggamus


Karena sering membuka akun instagram, akhirnya suatu saat saya melihat postingan pengguna instagram yang sedang foto-foto di Pantai Karang Bolong Tanggamus.


Sesuai dengan namanya, Pantai Karang Bolong ini memang merupakan sebuah pantai yang memiliki sekumpulan batu karang raksasa, dan salah satu batu karangnya bolong di tengahnya, sehingga dinamakan Pantai Karang Bolong.

Awalnya saya pikir Pantai Karang Bolong Tanggamus ini berada di Cukuh Balak, eh ternyata bukan. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Gisting, membuat saya tertarik untuk jalan-jalan ke pantai ini.

Selain itu, Om Yopie dan keluarga juga sebelumnya sudah jalan-jalan ke Pantai Karang Bolong Tanggamus terlebih dahulu sehingga makin menguatkan keinginan saya untuk datang ke Pantai Karang Bolong di Teluk Semaka menuju Cukuh Balak ini.

Jalan-jalan ke Pantai Karang Bolong Limau Tanggamus


Punggung saya sebenarnya masih pegal-pegal, karena di hari Minggunya, saya baru saja trip bareng anak-anak T3ampaal, naik turun bukit menuju Air Terjun Way Jelay di Kota Agung, jalan kaki selama 4 jam pulang pergi.

Yang pegal-pegal bukan kaki saya, tapi punggung saya, karena menggendong tas berisi air minum, pakaian, dan mantel hujan yang akhirnya kepakai juga karena sebelum sampai air terjun sudah dihadang hujan duluan.

Namun, karena sudah janji sama mama mau ngajakin ke pantai di hari Seninnya, mau gak mau saya harus melupakan pegal-pegal di punggung.

Kami berangkat dari rumah orang tua di Tegal Sari, Pekon Kutadalom, Gisting, Tanggamus. Berangkatnya sudah siang, sekitar jam 11, karena asyik nonton film di Trans TV ^_^

Pengin menyelesaikan film sampai selesai, eh mama sudah buru-buru ngajakin berangkat ke Pantai Karang Bolong Tanggamus. Jadilah kami berangkat menuju Kota Agung, dan masih menyisakan pertanyaan, ending filmnya seperti apa ya hehehe.

Rute menuju Pantai Karang Bolong Tanggamus


Dari Gisting, kami mengarahkan kendaraan menuju Kota Agung melewati Gisting Atas, Batu Keramat, Air Terjun Way Lalaan, kemudian mampir sebentar di Indomaret persis setelah Air Terjun Way Lalaan.

Setelah membeli minuman dan makanan ringan, kami melanjutkan perjalanan menuju Kota Agung.

Persis sebelum Makam Pahlawan Kota Agung Tanggamus, kami ambil arah ke kiri, menuju Pantai Batu Kerbau, Dermaga Ketapang, dan Pantai Karang Bolong Tanggamus.

Sebenarnya mudah banget untuk menjangkau Pantai Karang Bolong Tanggamus ini. Untuk urusan jalan, tinggal lurus terus mengikuti jalan utama sepanjang pantai dari Teluk Semaka sampai Cukuh Balak.

pantai karang bolong
seru-seru di Pantai Karang Bolong

Jalanan juga relatif bagus, gak jelek-jelek amat, cuma di beberapa titik saja terdapat genangan air yang memenuhi jalan sehingga gak kelihatan seberapa dalam genangan air tersebut. Kerusakan jalan yang kami lewati gak terlalu parah, lebih banyak jalan aspal yang bagus malahan.

Karena kami belum tahu lokasi Pantai Karang Bolong Tanggamus persisnya, maka di pertengahan jalan pun kami tiga kali bertanya kepada warga Tanggamus.

Sebagai acuan buat kalian yang mau dateng ke Pantai Karang Bolong di Kecamatan Limau ini, dari Pantai Batu Kerbau masih lurus terus sampai ke Dermaga Ketapang, Kecamatan Limau.

Nah, dari Dermaga Ketapang ini, masih jalan lurus lagi, kurang lebih akan menemui/melewati 5 jembatan baik besar maupun kecil. (Saya lupa entah 4,5, atau 6 jembatan yang saya lewati).

Setelah jembatan terakhir, masuk ke Pekon Tegineneng, Kecamatan Limau, beberapa meter di jembatan itu ada Jalan masuk ke kanan, nah tinggal masuk ke kanan, melewati jalan tanah dan paving sekitar 100 meter saja.

Sampai deh di Pantai Karang Bolong Tanggamus. Mudah banget kok, dan jangan malu juga untuk bertanya. Saya sendiri sempat sholat dzuhur di masjid Pekon Tegineneng, dekat dengan Pantai Karang Bolong ini. Awalnya, saya pikir lokasi Pantai Karang Bolong gak ada di pekon ini.

Ternyata, setelah saya jalan lagi dan bertanya kepada warga yang saya temui, Pantai Karang Bolong ini lokasinya dekat dengan masjid tempat saya sholat tadi. Hmmm, kelabasen ^_^

Makan murah meriah sebelum Pantai Karang Bolong


Sebelum sampai ke Pantai Karang Bolong, kami mampir dulu di sebuah warung, kalau gak salah di Pekon Celulu, untuk isi bensin dan makan siang.

Saya pesan soto ayam, sedangkan mama pesan bakso barengan sama Alya. Rasa soto ayam dan baksonya lumayan enak, gak nyangka juga kalau di perkampungan ada menu masakan seperti ini.

Dan pas bayar saya lebih kaget lagi.

"Berapa mba semuanya?"

"Bakso sama soto 14 ribu, jajannya seribu", jawab si mba penjual warung.

14 ribu? Saya kaget banget. Bakso sama soto 14 ribu? Saya pun tanya lagi, "ini bakso sama sotonya sudah dihitung mba?".

"Sudah mas".

Wah, murah amat, 14 ribu bakso sama soto. Berarti bakso 7 ribu dan soto 7 ribu. Padahal pakai telor ayam bulet lho bakso sama sotonya. Murah amaaaaat.

Selain murah, rasanya juga gak mengecewakan. Hmmm, mudah-mudahan rejekinya lancar deh tuh penjual warung hehehe.

Keindahan Pantai Karang Bolong Lampung


Begitu sampai di Pantai Karang Bolong Lampung, saya langsung memarkir kendaraan di dekat rumah warga. Waktu itu ada warga yang mau hajatan, jadi saya agak rikuh juga mau lewat ^_^.

Tapi alhamdulillah, warga setempat ramah-ramah.

Saat saya tanya, "Mas, Pantai Karang Bolong di mana ya?".

Salah seorang dari mereka menjawab sambil tersenyum, "Oh, di situ mas", sambil menunjukkan pantai yang sudah terlihat oleh mata.

Setelah memarkir motor, kami langsung jalan kaki menuju bebatuan karang yang bolong di tengahnya. Namun, alangkah kagetnya saya, pasir pantainya ternyata halus banget. Jejak-jejak kaki yang membentuk di pasir, kembali terhapus oleh ombak yang cukup besar dan membentuk hamparan pasir yang rata dan halus, sangat indah dipandang mata.

pasir pantai karang bolong tanggamus
hamparan pasir halus kecoklatan

Pasir pantainya lebih halus dibandingkan dengan pasir Pantai Bagoes Kalianda. Hamparan pasirnya juga bersih, murni, gak ada sekumpulan kerikil atau batu-batu karang kecil yang beserakan di atas pasir pantai.

Sampah-sampah berupa kayu-kayu dan batok kelapa juga gak ada yang berserakan di atas pasir pantai Karang Bolong. Sampah-sampah tersebut sudah terbawa ombak ke pinggiran, sehingga sampah-sampah ini hanya berada di pinggiran pantai.

Namun, Pantai Karang Bolong Tanggamus ini gak hanya berpasir halus, di dekat karang bolongnya justru terhampar sekumpulan batu-batu kecil, memisah dari hamparan pasir pantai.

Kumpulan batu-batu ini wajar, mengingat di sebelah karang bolong ini memang terdapat muara sungai, yang sekitarnya dikelilingi oleh batu-batu kerikil.

Foto-foto asyik di atas batu karang


Selain foto di depan karang bolongnya, pengunjung juga biasanya foto-foto di atas batu karang di Pantai Karang Bolong Tanggamus ini. Namun, hati-hati yah saat naik batu karang :)

pantai karang bolong lampung
main ombak

Saat saya dan mama asyik foto-foto di batu karang, Alya justru asyik bermain dengan air laut. Senang sekali Alya kejar-kejaran dengan ombak. Saat air laut membasahi kaki Alya, Alya langsung cekikikan dan loncat-loncat kegirangan.

Duh bahagia banget lihat tingkah anak seperi ini. Pengin lihat anak bahagia juga? Ajakin liburan geh hehehe.


Sebenarnya, Pantai Karang Bolong Tanggamus dengan ombaknya yang gak tenang dan gak terlalu besar, serta pasir pantainya yang ciamik, menggoda banget siapa saja yang berkunjung ke pantai ini.

Hanya saja, karena kami gak melihat ada kamar bilas dan warga juga sedang sibuk mempersiapkan hajatan tetangganya, jadinya kami cuma jalan-jalan dan foto-foto saja di Pantai Karang Bolong ini. Untuk berenang, kami putuskan untuk mandi di Pantai Batu Kerbau Tanggamus.

Sekitar pukul 13.45, kami pun kembali ke arah Kota Agung, menuju tujuan kami bermain-main dengan air, Pantai Batu Kibau atau Batu Kerbau.

Duh, asyik banget bermain-main di Pantai Karang Bolong Tanggamus dan cantiknya kayak kamu, iya kamu hehehe.

Alamat Pantai Karang Bolong Tanggamus


Sebagai penutup, kembali saya ringkaskan alamat Pantai Karang Bolong ini, yaitu berada di Pekon Tegineneng, Kecamatan Limau, Tanggamus.

Dari Makam Pahlawan, ambil arah kiri (kalau dari Bandar Lampung), ikutin jalan utama, melewati Dermaga Ketapang, dan kemudian carilah jembatan ke 5 (atau ke-4 dan ke-6) dari Dermaga Ketapang. Di situlah lokasi Pantai Karang Bolong Tanggamus.

Untuk tiket masuk Pantai Karang Bolong Tanggamus, saat kami main ke sana kemarin gratis. Pantai ini masih alami banget, belum dikelola secara profesional.

Nah, itulah cerita singkat jalan2 kami ke Pantai Karang Bolong. Selamat jalan2 ke Pantai Karang Bolong Tanggamus juga ya, mudah-mudahan pengunjung tetap menjaga kebersihan pantai, dan pemerintah juga memberikan fasilitas untuk tempat wisata ini.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post