Tuesday, April 4, 2017

Biaya Pembuatan KK di Pesawaran Gratis, Bagaimana dengan Akte Kelahiran dan KTP Elektronik?

author photo
Jumanto.Com - Biaya Pembuatan KK di Pesawaran Gratis, Bagaimana dengan Akte Kelahiran dan KTP Elektronik?. Hari Senin 3 April 2017 kemarin, setelah nganterin mama kontrol di Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin, saya pun kemudian mengambil Kartu Keluarga atau KK yang saya bikin di pertengahan Januari 2017 lalu.

Saat itu, dijanjikan KK akan selesai dua hari. Namun, satu minggu kemudian saya ambil, KK saya belum jadi juga, alasannya printer rusak. Silakan baca selengkapnya: Membuat KK di Disdukcapil Pesawaran (tidak) Lambat, Alasannya Printer Rusak.

Karena Disdukcapil Pesawaran hanya buka di Hari Senin-Jumat, berbeda dengan Disdukcapil Purbalingga yang buka sampai hari Sabtu, akhirnya saya pun belum punya waktu untuk mengambil Kartu Keluarga di Disdukcapil Pesawaran.

Senin-Jumat saya juga kerja. Karena Disducapil tidak buka di hari Sabtu, terpaksa saya menunda pengambilan Kartu Keluarga saya di Kabupaten Pesawaran.

Awal April 2017, saya baru punya waktu untuk kembali datang ke Disdukcapil Pesawaran, mengambil KK yang telah saya buat sejak Januari 2017, setelah ijin tidak masuk kerja di hari itu, dengan konsekwensi dipotong gaji tentunya hehehe.

biaya pembuatan kk

Biaya Pembuatan KK di Pesawaran


Selepas sholat dzuhur di Masjid Kurungan Nyawa, saya langsung cabut menuju Disdukcapil Pesawaran di Kompleks Pemda Pesawaran.

Pukul 1 siang lewat, saya sudah sampai di Disdukcapil Pesawaran. Saat sampai di sana, ternyata pegawainya gak ada yang stand by. Mereka sedang (masih) istirahat. Setahu saya sih jam istirahatnya cuma sampai jam 1, tapi sudah jam satu lewat masih belum buka juga.

Lagi-lagi saya bandingkan dengan Disdukcapil Purbalingga. Disdukcapil Purbalingga layak menjadi contoh Disdukcapil di Provinsi Lampung. Pengalaman saya mengurus data di Disdukcapil Purbalingga, mereka sistem kerjanya seperti bank. Tidak ada jam istirahat. Jadi petugasnya istirahatnya gantian sehingga di jam 12 siang sampai jam 1, mereka tetap melayani masyarakat.

Sudah gitu, di hari Sabtu juga mereka tetap buka sehingga memudahkan pekerja yang hari kerjanya Senin-Jumat seperti saya.

Andai saja pelayanan Disdukcapil di Lampung ini seperti Disdukcapil Purbalingga, tentunya pelayanan kependudukan di Lampung ini kian menjadi pelayanan yang memudahkan dan memuaskan masyarakat. Ah, cuma impian saja.

Kembali ke Disdukcapil Pesawaran, setelah menunggu cukup lama, akhirnya datanglah petugasnya, dan saya ambil KK saya sama ibu yang dulu melayani saya juga. Alhamdulillah, sudah jadi Kartu Keluarga saya, meskipun data ibu saya masih salah hehehe.

Berapa biaya pembuatan kartu keluarga di Kabupaten Pesawaran?


Gratis.

Alhamdulillah, saya tidak dimintai uang sepeserpun. Kalau sampai saya dimintai duit, berarti mereka bersiap-siap dipenjara selama 6 tahun.

Kok bisa?

Iya, kata UU kan emang gitu, siapa yang memungut biaya pembuatan dokumen kependudukan, dipenjara maksimal 6 tahun. Ngeri gak tuh?

Selengkapnya, silakan baca: Biaya Pembuatan EKTP Gratis?

Biaya pembuatan Akta Kelahiran dan KTP Elektronik berapa di Kabupaten Pesawaran?


Sama, harusnya sih gratis, sesuai amanat UU Administrasi Kependudukan. Kalau suruh bayar, sanksinya juga sama bagi si penarik pungutan liar ini, dipenjara 6 tahun.

Nah, untuk biaya pembuatan Akte Kelahiran dan KTP Elektronik di Kabupaten Pesawaran ini saya belum membuktikan gratis atau gaknya, karena belum punya pengalaman membuat Akte Kelahiran dan E-KTP.

Kemarin mau cetak E-KTP, eh blangkonya belum ada juga, entah sampai kapan blangko E-KTP ini ada lagi. Orang proyeknya dikorupsi setengahnya. Gila kan.

Untuk ketentuan mengenai syarat pembuatan kk baru nikah, berapa lama pembuatan kk baru, cara membuat kartu keluarga yang hilang, serta cara mengurus kk penambahan anggota keluarga baru ada di tulisan saya: Membuat KK di Disdukcapil Pesawaran.

Untuk informasi mengenai cara membuat kartu keluarga online sampai saat ini saya belum tahu, apakah bisa atau gak. Enak kali yah kalau bisa membuat kartu keluarga secara online. Kan sudah jamannya online sekarang, jadi yang kayak gini harusnya online juga ya, kayak SIM online hehehe.

Nah, gimana pengalaman kalian dengan biaya pembuatan KK, akte kelahiran, dan EKTP? Pernah dimintain duit sama petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil?

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post