Sunday, March 5, 2017

Talang Air Pajaresuk Gak Lagi Mblusuk

author photo
Jumanto.Com - Talang Air Pajaresuk Gak Lagi Mblusuk. Ini adalah kunjungan saya yang kedua kali ke Talang Air Pajaresuk Pringsewu. Awalnya, sebenarnya gak niat mau ke sini, cuma mau menemani Alya saja berenang di Kolam Renang Paris. Namun, selepas mandi, ternyata pengin juga main ke Bukit Pangonan Pringsewu.

Nah, kalau mau ke Bukit Pangonan, mau gak mau kan parkir kendaraan di samping Talang Air Pajaresuk, dan menyeberang Jembatan Talang Air 1 Pajaresuk untuk sampai ke lokasi Bukit Pangonan Pringsewu.

Saat sampai di Talang Air 1 Pajaresuk Pringsewu, saya cukup kaget, ternyata tempatnya sudah jauh banget perubahannya dibandingkan dengan kunjungan saya yang pertama.

Berbagai wahana wisata telah dibangun dan disediakan oleh pengelola, yang membuat tempat ini kini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Pringsewu Lampung.
Untuk melihat kondisi Talang Air Pajaresuk Pringsewu sebelumnya, silakan baca: Talang Air Pringsewu, Eksotisme Bangunan Irigasi Peninggalan Belanda

Spot-spot Foto di Talang Air Pajaresuk Pringsewu



Talang Air di Pajaresuk ini ada beberapa, setahu saya sih ada dua. Nah, yang saat ini dikembangkan menjadi tempat wisata adalah Talang Air I, sedangkan Talang Air 2 saat saya ke sana masih ngeri keadaannya.

Namun, di bawah Talang Air 2 ini juga sedang dibangun kolam renang, dan saya yakin suatu saat pas saya datang ke sini lagi, keadaannya akan lebih cantik lagi.

Kalau dulu pas datang ke Talang Air Pajaresuk, kami cuma bisa foto-foto di atas jembatan. Kemarin, di kedatangan kami yang kedua, kami bisa foto-foto juga di kursi gantung warna putih dengan background pemandangan Jembatan Talang Air Pajaresuk.

Untuk foto di kursi gantung putih ini gak gratis lho ya, per orangnya bayar 3 ribu rupiah. Foto kami bertiga di atas, harganya 9 ribu rupiah, per orangnya bayar 3 ribu. Bukan foto gratisan yah, foto yang saya upload di instagram tersebut :)

Di samping kursi gantung warna putih, ada rumah-rumahan yang biasa digunakan juga sebagai tempat foto-foto pengunjung.

Menyeberang ke Jembatan Talang Air Pajaresuk, sebelum masuk ke Bukit Pangonan, ada spot-spot foto lainnya seperti spot foto di Muncak Teropong Laut, dan harus bayar juga 3 ribu rupiah per orangnya.

talang air pajaresuk
spot foto di Talang Air Pajaresuk

Saat mau menuju Talang Air 2 Pajaresuk, ada juga penjual warung yang menyediakan spot foto berupa bunga-bunga yang diikatkan pada bambu yang melengkung. Di spot foto ini, tiap pengunjung harus bayar 2 ribu rupiah.

spot foto talang air pajaresuk

Jadi kalau foto-foto di spot yang telah disediakan harus mbayar ya, yang gratis kalau mau foto di Jembatan Talang Airnya hehehe.

Dan inilah foto keadaan Jembatan Talang Air 2 Fajaresuk saat saya datang ke sini.

jembatan talang air 2 fajaresuk
Kondisi Talang Air 2

Pembangunan kolam renang di bawah Talang Air 2 Fajaresuk belum selesai. Kondisi jembatan talang air 2 masih memprihatinkan, dan serem juga kalau mau lewat.

Untuk kondisi jalan menuju Talang Air Pajaresuk kini sudah jauh lebih bagus dibandingkan di awal-awal dulu. Jalan aspal halus sudah menjangkau ke tempat parkir Talang Air Pajaresuk, jika masuk lewat jalan sebelum kuburan.

Naik Kuda di Talang Air Pajaresuk Pringsewu


Salah satu wahana wisata baru di Talang Air Pajaresuk adalah wahana berkuda atau sekedar foto selfie duduk di atas kuda.

Setelah kami foto-foto di kursi gantung putih, kami langsung melirik ke dekat lapangan Hutan Kota, dan ternyata di sampingnya sudah ada dua ekor kuda.

Kami pun mendekat, dan melihat serta bertanya-tanya tarif untuk naik kuda dan foto selfie bareng kuda.

Tarif naik kuda: Rp20.000,-.
Tarif selfie bareng kuda: Rp10.000,-.

Daripada cuma selfie bareng kuda, duduk doang di atas kuda, lalu foto, akhirnya mama memutuskan untuk naik kuda bareng Alya. Alya yang biasanya takut kalau naik binatang, kali ini sama sekali gak takut, malah antusias.


Saat naik kuda, si pawang kudanya akan mengawal dan menarik si kuda, untuk berkeliling mengitari rute yang sudah ditentukan. Gak lama juga sih naik kudanya, 5 menit pun entah ada atau enggak.

Selain naik kuda, di Talang Air Pajaresuk juga ada wahana permainan anak lainnya seperti mancing memakai magnet, outbound anak-anak, serta mandi bola di aliran air irigasi Talang Air 1 Pajaresuk.

wahana permainan anak talang air pajaresuk
Tempat bermain anak

Untuk masuk arena outbound anak-anak, biaya masuknya 5 ribu rupiah per anak. Bayar dulu, baru bisa masuk ke arena outbound.

Turun ke bawah, kita bisa mengajak anak kita bermain perahu atau sepeda air. Masyarakat sekitar memang memanfaatkan betul keadaan alam untuk mendulang rejeki. Perahu dan sepeda air kini dapat kita nikmati di bawah Talang Air 1 Pringsewu.

Tidak jauh dari lokasi Talang Air 1, di bawah lagi, sebenarnya juga ada wahana lain, berupa kolam untuk bermain bebek-bebekan air seperti di Pantai Kahai Kalianda.

Untuk remaja dan orang dewasa yang suka memacu adrenalin, Wahana Flying Fox juga kini telah hadir di Talang Air 1 Pajaresuk membuat tempat ini makin asyik untuk dikunjungi.

Talang Air Pajaresuk memang telah bertransformasi menjadi tempat wisata di Pringsewu Lampung yang kian digemari, apalagi lokasinya berjejeran dengan Bukit Pangonan Pringsewu, membuat tempat ini kian menjadi tempat favorit warga Pringsewu dan sekitarnya untuk berlibur.

Oh iya, satu lagi yang berubah, warung-warung di Talang Air Pajaresuk kini kian bertambah dan makin mudah kalau kelaperan hehehe.

Demikian jalan-jalan saya kali ini saat dateng kedua kalinya ke Talang Air Pajaresuk Pringsewu. Silakan berkunjung bagi Anda yang belum pernah berkunjung. Bawa anak Anda juga ya, tapi jangan bawa lari anak orang, dicariin polisi nanti hehehe.

This post have 4 komentar

avatar
Haryadi Yansyah delete March 6, 2017 at 2:07 AM

Aku pernah ke Talang Air yang ada di dekat Tanggamus. Dan kayaknya ini tempatnya sama deh, walaupun sekarang udah jauh banget bedanya. Banyak atraksi wisatanya. Kece banget!

omnduut.com

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete March 6, 2017 at 3:02 PM

Hehehe, mungkin ini tempat yang Mas Yayan kunjungi. Dari Tanggamus masih 1 jam perjalanan lagi :)

Kapan-kapan main ke Lampung lagi mas sekalian sharing ilmunya :)

Reply
avatar
Yopie Pangkey delete May 15, 2017 at 2:37 AM

Yang aku tau, ada 5 talang air buatan Belanda di Pringsewu.
Baru satu yang sudah dikunjungi. Masih ada 4 yg belum.
Ayok mas kita jalan bareng :D

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete May 15, 2017 at 6:03 PM

Saya baru dua Om, di bawah Talang Air kedua ini kemarin lagi bikin kolam renang. Ayok Om ajakin kawan Tapis Blogger :)

Reply


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post