Wednesday, March 29, 2017

Belanja di Shopee Gratis Ongkir? Amankah? Ini Review Saya

author photo
Jumanto.Com - Belanja di Shopee Gratis Ongkir? Amankah? Ini Review Saya. Kalian pastinya sudah nonton iklan di TV dong yang katanya belanja online di shopee gratis ongkir. Itu loh yang iklannya seorang cewek ngomong "shopee, shopee, shopee" dan barangnya langsung "ting, ting, ting" pada nongol semua di badan dan di sekelilingnya.

shopee gratis ongkir

Saya sendiri sebenarnya gak kepengaruh sih sama iklan di tv itu, karena saya jarang belanja online juga, dan saya baru punya pengalaman belanja online di dua market place, yaitu belanja di Lazada dan belanja di blibli.com.

Selain kedua marketplace tersebut, saya belum pernah berbelanja online lewat situs-situs lainnya. Biasanya sih saya beli jersey Liverpool atau kaos Liverpool secara online lewat media sosial.

Minggu lalu, akhirnya saya penasaran juga untuk berbelanja di Shopee, karena cerita dari kawan kantor saya yang katanya enak belanja di shopee. Jadilah saya dua kali belanja di Shopee dengan dua kali pengalaman yang berbeda pula.
Baca juga artikel ini: Pengalaman Belanja Online di Blibli.Com yang Bikin Kapok

Shopee id Penipu, Shopee Gratis Ongkir Tetap Ada SKB (*)


Ada gak sih iklan yang jujur? Gak ada hehehe. Kalau kita lihat iklan di tv, semuanya menipu. Katanya minum obat langsung sembuh, pakai kosmetik langsung putih, kendaraan terdepan mutunya tiada tandingannya, dan berbagai kalimat manis lainnya.

Tak terkecuali dengan Shopee. Iklan Shopee Free Ongkir atau gratis ongkir juga sebenarnya kalimat pemanis saja supaya si penonton iklan tergoda untuk berbelanja secara online di Shopee. Faktanya, berbelanja online di shopee tidak benar-benar gratis, dan tetap ada biaya kirim.

Gak percaya?

Silakan saja buka shopee id dan lihat saja pasti akan ada syarat dan ketentuan supaya belanja di Shopee gratis ongkir.

Berikut ini contohnya:

shopee free ongkir
Saat berbelanja, kalian harus memperhatikan yang saya kasih kotak merah. Di sini, ada ketentuan, shopee gratis ongkir jika kalian belanja lebih dari 120 ribu di toko yang sama. Kalau belanjanya lebih dari 120.000 tapi tidak di toko yang sama, si penjual akan mengenakan ongkos kirim alias gak free ongkir lagi, seperti pengalaman saya.

Nah, jadi jangan tergoda dengan iklan shopee free ongkir ya, perhatikan juga syarat dan ketentuan yang berlaku. Semua iklan pasti cuma manis kata-katanya saja, dan di belakangnya akan selalu ada SKB.

Jadi, Shopee id penipu? Menurut saya, iklannya menipu hehehe.

Pengalaman belanja di Shopee yang pertama, tiba-tiba disuruh transfer biaya ongkir sama si penjual


Nah, pengalaman saya berbelanja online di shopee Indonesia yang pertama adalah saat saya merasa butuh banget sama kaca mata anti radiasi layar komputer. Saya beberapa hari mengalami sakit mata saat melihat komputer dalam waktu yang lama, tapi begitu pinjam kaca mata anti radiasi dari kawan, sakit mata jadi hilang dan tahan lama-lama di depan komputer.

Karena gak mau pinjam terus, saya pun memutuskan untuk berbelanja kaca mata anti radiasi di shopee, dan pilihan saya jatuh ke seller/penjual yang satu ini: tokopixel1.

Saya beberapa kali belanja di Lazada dan blibli.com, selama ini begitu invoice keluar, segitu juga lah yang harus saya bayar tanpa biaya tambahan. Selama ini juga saya langsung pesan saja tanpa chatting dulu sama si penjual.

Nah, waktu belanja di shopee Indonesia ini, dengan penjual dari tokopixel1, saya benar-benar dibikin kesal dan dongkol banget berbelanja di shopee.

Bagaimana gak kesel, tiga hari pesan, barang belum dikirim-kirim juga. Begitu deadline barang harus dikirim, tiba-tiba saya dapat pesan gini:
paggi ka, kmi informasikan untuk kluar plau jawa kena tmbahan biaya ongkir
shopee penipu

Nah, baca chat dari tokopixel1 darah saya langsung mendidih. Kesel bener. Sudah transfer duit, deal harga, tiba-tiba disuruh transfer ongkos kirim 15 ribu rupiah. Dah gitu transfernya ke rekening BCA lagi.

Baru kali ini saya ngerasain gini. Biasanya, namanya belanja online, sebelum dibayar, sudah diinformasikan dulu harga barang sekian dan ongkos kirim sekian. Eh ini, belanja di shopee, invoice sudah diterbitkan, sudah saya bayar, tiba-tiba penjualnya minta ditransfer ongkos kirim. Gila.

Saya benar-benar emosi, dan pesanan pun kemudian saya cancel. Saya minta uang saya dikembalikan, dan pengembalian dana dari shopee pun saya proses.

Pengalaman kedua belanja di shopee id, masih gak gratis ongkir juga


Satu hari setelah pesan kaca mata anti radiasi di shopee, saya kemudian memesan kaca mata HD Vision (kaca mata anti silau) di shopee id, rekomendasi dari teman kantor juga.

pengalaman belanja di shopee id

Setelah mencari barang dengan harga yang murah, pilihan saya jatuh ke seller: deasy_1612.

Harga satu buah kaca mata HD Vision cuma 20.500 saja dan isinya ada dua, warna hitam sama warna kekuningan.

Supaya gratis ongkir, maka saya pesan ramai-ramai, dan jadilah pesanan saya untuk 9 orang, dalam toko yang sama.

Gratis ongkir di shopee setelah belanja Rp120.000?


Ternyata, meskipun belanja sudah di atas 120.000, saya masih belum dapat free ongkir juga dari shopee. Slogan shopee gratis ongkir masih menipu saja.

Seharusnya, harga barang tanpa ongkir adalah 20.500 x 9 = Rp184.500. Tapi masih kena ongkos kirim ke Lampung sebesar 8 ribu rupiah sehingga total invoice Rp192.500,-.

Meskipun belanja di shopee yang kedua ini gak free ongkir, tapi saya gak kecewa seperti pengalaman yang pertama tadi. Karena, di awal transaksi, sebelum terbit invoice, sudah dikasih tahu terlebih dahulu, ada biaya kirim sebesar Rp8.000,-.

Setelah saya setuju dengan biaya kirim 8 ribu rupiah, barulah saya pesan dan terbit invoice, lalu saya bayar (temen saya sih yang bayar hehehe).

Saya pun puas dengan pengalaman pertama saya belanja pada seller deasy_1612 di shopee id, karena barangnya cukup bagus, murah, dan pengirimannya pun cepat. Kaca matanya juga benar-benar isi 2, murah banget dengan harga 20.500,-.

Belanja di Shopee Aman?


Kalau soal penipuan belanja di Shopee, alhamdulillah belum pernah punya pengalaman ditipu sama shopee atau sama seller, paling ya tadi, tiba-tiba diminta ongkos kirim, atau shopee free ongkir cuma di iklan saja.

Selebihnya, untuk transaksi belanja di shopee cukup aman kok. Belanja kaca mata anti radiasi saya yang pertama, yang saya ajukan pengembalian dana dari shopee, diproses juga sama shopee, dan mudah-mudahan dua hari lagi mendarat di rekening saya.

Tips berbelanja di Shopee Biar Aman


Berikut ini tips berbelanja di shopee biar lebih aman:
  • Chat atau hubungi dulu penjual, tanyakan ongkos kirim dan ketersediaan barang, sebelum memesan dan membayar invoice.
  • Baca penilaian dari pembeli sebelumnya supaya tahu kualitas barang yang akan dibeli.
  • Bandingkan barang dari berbagai jenis penjual/seller dan dapatkan harga yang paling murah dengan kualitas barang yang asli.
  • Jika barang tidak dikirim atau dicancel oleh seller, ajukan pengembalian dana pada shopee.
  • Selalu cek proses shipping/pengiriman barang.

Untuk memudahkan transaksi, sebaiknya download juga aplikasi shopee di android atau HP kalian, karena berdasarkan pengalaman saya, penarikan dana dari shopee ke rekening cuma bisa dilakukan lewat aplikasi Shopee.

Demikian review belanja di shopee dari saya, pengalaman bahwa shopee gratis ongkir tidak sepenuhnya benar. Pernah punya pengalaman yang sama dengan saya saat berbelanja di shopee id?

This post have 16 komentar

avatar
Cerita Nadia delete May 4, 2017 at 7:22 AM

Wah... Sya belanja di shopee aman2 aja dan memuaskan. Mungkin nasib aja kali ya yg beda. Temen2 sya banyak yg jual barang ke shopee dan sejauh ini g ada masalah. Tp g tahu juga sih.

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete May 4, 2017 at 6:33 PM

kalau masalah aman, memang aman, Uang saya juga sudah dikembalikan. Cuma kritik saya, masa setelah deal dan keluar invoice, tiba tiba diminta ongkos kirim suruh kirim ke rekening si seller. Berbeda banget saat belanja di Lazada, Blibli atau toko online lainnya. Kalau sudah terbit invoice ya artinya harga dan biaya kirim sudah deal, gak diminta biaya tambahan lain.


Artinya, masih ada yang perlu diperbaiki di sistemnya. Jika harus ada ongkir, langsung saja ditambahkan diinvoice jadinya pembeli kan sudah tahu kalau harga sudah termasuk ongkos kirim, jangan ujug ujug di belakang di suruh bayar ongkos kirim lagi

Reply
avatar
Naf Fisah delete May 6, 2017 at 1:31 AM

Saya beberapa kali sudah belanja di Shopee sejak tahun lalu. Dan untungnya selalu lancar. Memang di Shopee, free ongkirnya ga sepenuhnya ditanggung. Kalau lebih jeli, di bagian "Ongkos Kirim" bisa diketahui berapa rupiah ongkir yang di tanggung Shopee. Mungkin sosialisasi dari Shopee atau dari seller sendiri kurang, jadi ga semua orang tahu kalau Shopee cuma nanggung Rp 30.000 untuk free ongkir tersebut ya. Tapi setahu saya semua seller Shopee pasti tahu ketentuan itu kok. Makanya iklan Shopee terlihat seperti nipu. Gitu sih :)

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete May 6, 2017 at 6:39 AM

Saran saya buat shopee sih langsung saja pas mau terbit invoice dipastikan harganya berapa plus ongkir kalau ada, jadi pelanggan gak merasa ditipu.


Soal iklan, menurut saya menipu, karena gak menjelaskan di iklan bahwa gratis ongkir kalau minimal pembelian 120.000 di satu toko dan maksimal 30.000, kalau biaya kirim lebih dari 30.000 kena biaya ongkir sebesar selisihnya.

Informasi yang seperti ini harusnya dijelasin di iklan, jangan cuma ngomong shopee gratis ongkir.

Reply
avatar
drianapazion delete May 9, 2017 at 1:36 AM

hahhhaha iyah gan saya belanja dishopee sh selalu gratis ongkir karena emang harus dibaca baik2 syarat dan ketentuanya untuk dpt promo tersebut, dan hanya toko bertanda khusus juga yg dpt promo ongkir, saran saya kalo diminta transfer diluar rekening shopee jgn mau dh soalnya shopee ga bertanggung jawab atas itu.

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete May 9, 2017 at 5:58 AM

yang penting jujur aja sih, pas mau terbit invoice, pakai ongkir atau gak. baru di shopee ini lah nemuin udah terbit invoice dan dibayar eh suruh transfer ongkir ke rekening seller, ada ada aja :)

Reply
avatar
Unknown delete June 4, 2017 at 12:29 AM

Permisi mas mau nanya, saya sudah transfer ke shopee tapi kok tulisan di akunku belum dibayar ya?

Reply
avatar
Unknown delete June 4, 2017 at 12:29 AM

Permisi mas mau nanya, saya sudah transfer ke shopee tapi kok tulisan di akunku belum dibayar ya?

Reply
avatar
Batik Tenun Etnic Nusantara delete June 5, 2017 at 12:39 PM

Ente aja bos yang pelit...hari gini mau gratisan terus..

Reply
avatar
Anonymous delete June 6, 2017 at 4:21 AM

Pembelian ke dua itu kayaknya ongkirnya lebih dari 30.000 deh. Soalnya Shopee hanya menjamin free ongkir maksimal 30.000, selebihnya dimasukkan pada menu check out. Kalo yang pertama itu, berdasarkan review yg saya baca juga, selisih free ongkir tadi banyak yg tidak samapai ke seller. Jadi seller ada yg nombok. Mungkin itu alasan kenapa diminta transfer lagi di luar shopee. Sellernya gamau rugi. Cmiiw

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete June 10, 2017 at 9:37 PM

saya juga pernah pas belanja di blibli. langsung kontak shopee aja gan

Reply
avatar
Anonymous delete June 11, 2017 at 4:47 PM

Apakah ada kuota free ongkir dalam beberapa transaksi dihari yg sama mas? Maksudnya kita bs dpt free ongkir 30.000 dalam satu toko atau bisa dapat free ongkir lg dgn toko yg lain dgn transaksi2 dilakukan pada hari yg sama ga sih?

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete June 12, 2017 at 12:07 AM

kurang tahu juga ongkirnya berapa. Yang penting ada konfirmasi dulu tentang biaya ongkirnya sih, jadi pembeli gak merasa tertipu.

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete June 12, 2017 at 12:09 AM

kayaknya free ongkirnya ini per toko per transaksi gan.

Reply
avatar
Joshua Febrianantha delete June 23, 2017 at 9:04 AM

Bangkalo beli dishoope bisa bayar ditempat gk saya mau coba belanja dishoope

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete June 23, 2017 at 7:15 PM

kemarin nyari barang yang COD/bayar ditempat dari shopee belum nemu gan.

Reply


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post