Wednesday, March 29, 2017

Cara Mengajukan Pengembalian Dana dari Shopee dan Membatalkan Pesanan

author photo
Jumanto.Com - Cara Mengajukan Pengembalian Dana Shopee dan Membatalkan Pesanan. Pernah punya pengalaman belanja di shopee id? Apakah barang yang kalian pesan di shopee dikirim sampai ke alamat kalian? Belanja di Shopee benar-benar gratis ongkir?

Saya juga punya pengalaman belanja di Shopee, baik itu yang mengecewakan sampai bikin saya emosi, maupun yang memuaskan karena pengiriman shopee cepat, harga murah, barang bagus, meskipun gak free ongkir juga.

Nah, kalau kalian sudah membaca tulisan saya yang ini: "Belanja di Shopee Gratis Ongkir? Amankah? Ini Review Saya", kalian tentunya sudah tahu kalau saya pernah membatalkan pesanan di shopee karena kekecewaan saya pada seller yang tiba-tiba meminta harga lebih saat barang mau dikirim.

Berdasarkan pengalaman saya itu, saya ingin berbagi pengalaman sama kalian di tulisan saya kali ini, siapa tahu kalian juga mengalami masalah yang sama dengan saya, dan harus membatalkan pesanan karena ketidakcocokan dengan penjual sebelum barang dikirim.
Baca Juga: Pengalaman Belanja di Blibli.Com yang Bikin Kapok

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee


cara membatalkan pesanan di shopee

Cara membatalkan pesanan di shopee sebenarnya mudah, gak susah. Tapi sebelum membatalkan pesanan kalian, apalagi kalau barang sudah dibayar atau kalian sudah transfer untuk membayar invoice, kalian harus ngomong dulu sama si penjual. Takutnya penjual atau seller di shopee gak mau membatalkan pesanan dan mau gak mau pesanan pun akan diproses dan dilanjutkan, lalu pesanan pun gak bisa dibatalkan.

Nah, kalau kalian sudah memastikan bahwa kalian deal sama penjual mau membatalkan pesanan, baru lakukan langkah-langkah berikut:
  • log in dulu ke akun shopee kalian, baik menggunakan nomor hp atau menggunakan email.
  • masuk ke akun kalian, lalu klik "belanjaanku".
  • klik "belum dibayar/belum dikirimkan", tergantung status pesanan kalian.
  • di bawahnya akan ada tombol "batalkan pesanan", silakan batalkan pesanan, ikuti prosesnya, dan nanti dana dari shopee akan masuk ke "Dompet Shopee" kalian.
  • Untuk pengembalian dananya, tinggal proses transfer dari Dompet Shopee ke rekening kalian.

Jika proses pembatalan pesanan disetujui, maka kalian akan dapat email dari shopee dan ada notifikasi juga di akun shopee kalian.

Cara Mengajukan Pengembalian Dana dari Shopee ke Rekening Bank


Setelah membatalkan pesanan, dan uang kita sudah dikembalikan lalu masuk ke Dompet Shopee, langkah selanjutnya adalah memproses uang kita dari Dompet Shopee untuk ditransfer ke rekening bank kita.

Berikut ini langkah-langkah pengembalian dana shopee ke rekening bank kita:
  • Download dulu aplikasi Shopee lewat Playstore atau Appstore dan install.
  • buka aplikasi Shopee dan masuk menggunakan email/no hp kalian.
  • klik menu "saya", lalu klik "akun saya", pilih "rekening bank", dan masukkan nomor rekening bank kalian secara lengkap.
    pengembalian dana shopee
    cara pengembalian dana shopee
  • setelah itu kembali lagi ke menu "saya" dan pilih "Dompet Shopee" lalu pilih "Tarik Dana", masukkan jumlah dana yang akan kalian tarik ke rekening.
    tarik dana shopee ke rekening
  • setelah itu, kalian akan dapat notifikasi pengembalian dana shopee kalian, tinggal nunggu deh dana atau uang masuk ke rekening kalian dari shopee?

Berapa lama proses pengembalian dana di shopee?

pengembalian dana shopee membutuhkan waktu selama kurang lebih 2 hari. Proses pengembalian dananya hanya diproses di hari Senin, Rabu, dan Jumat.

Berikut ini contoh notifikasi pengembalian dana shopee saya:

transfer dari dompet shopee ke rekening

Dan proses penarikan dana saya dari Dompet Shopee ke rekening bank saya ternyata tidak sampai berhari-hari lamanya. Saya mengajukan penarikan dana dari shopee tanggal 29-3-2017 dan masuk ke rekening BRI saya pada tanggal 29-3-2017 juga. Ini screenshot transfer dari shopee yang saya cek lewat internet banking:

transfer dari shopee

Uang dikembalikan secara utuh oleh shopee tanpa ada potongan.

Demikian sharing pengalaman saya mengenai "Cara Membatalkan Pesanan di Shopee" dan "Cara Mengajukan Pengembalian Dana dari Shopee", mudah-mudahan bermanfaat.

This post have 67 komentar

avatar
Efri Sonia delete April 7, 2017 at 9:41 PM

hai mas, trims atas reviewnya di atas, sangat membantu:)
oh iya saya mau tanya. itu kan setelah mengajukan pengembalian dana apa uangnya langsung dimasukkan ke dompet shopee kita? soalnya isi dompet shopee saya masih Rp.0, atau perlu bbrp hari proses pengiriman ke dompet shopeenya?
mohon bantuannya, thankyou:)

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete April 8, 2017 at 2:26 AM

setelah pihak penjual setuju untuk cancel pesanan, maka kita dapat notifikasi bahwa penarikan dana disetujui dan masuk ke dompet shopee kita. Langsung masuk ke dompet shopee kok kalau penjual deal untuk cancel pesanan.

Reply
avatar
Anonymous delete April 12, 2017 at 3:36 AM

hi mas, mau tanya. Gimana cara nya Uang di dompet shopee bisa untuk belanja lagi tanpa harus di tarik dana?

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete April 12, 2017 at 6:14 PM

wah, kalau yang ini saya kurang tahu, belum pernah nyoba soalnya hehehe. Tapi coba pas belanja, terakhir kan ada pilihan pembayaran. Coba pilih pembayaran pakai Dompet Shopee ada gak.

Reply
avatar
indri rahmawati delete April 16, 2017 at 9:22 AM

hy mas mau nanya nih,saat penjualnya sudah menyetujui pengembalian dana dan uang saya sudah masuk ke rek shopee, kemana saya harus mengembalikan barang seller?? biaya pengembaliannya bagaimana??

Reply
avatar
indri rahmawati delete April 16, 2017 at 9:27 AM

hi mas mau nanya,setelah penjual menyetujui pengembalian dana dan uangnya telah masuk ke rek.shopee kita, lalu ke alamat mana kita harus mengirimkan barangnya mas???

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete April 16, 2017 at 6:15 PM

untuk pengembalian barang seller, langsung kontak aja/chat sama sellernya di shopee mba Indri

Reply
avatar
Siti Fatonah delete April 29, 2017 at 10:44 AM

Cara input data rekening yg detail dan benar gimana ? Soalnya saya coba input berkali2 tp selalu gagal . Terima kasih .

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete April 29, 2017 at 3:31 PM

Biasa aja kok mba cara isinya. Tambahkan rekening, lalu verifikasi dengan nomor yang dikirimkaln lewat sms, setelah itu tambahkan nomor rekening dan simpan. Mungkin lagi gangguan server kali mba makanya gagal

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete April 29, 2017 at 3:32 PM

Langsung kontak sama sellernya aja mba, biasanya sih ke alamat seller langsung

Reply
avatar
Anonymous delete May 5, 2017 at 5:06 AM

Gan gimana klw melakukan pembatalan pesanan karena saya belum terima barangnya, namun sellernya tidak mau. Apa proses pengembalian akan tetap diproses?

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete May 5, 2017 at 4:13 PM

kalau sellernya gak mau ya gak bisa pengembalian dana, pesanan tetap diproses dan barang akan dikirimkan ke rumah anda

Reply
avatar
Anonymous delete May 12, 2017 at 2:51 AM

Bisa dilakukan kalau saya sudah transfer tapi tapi kurang dengan jumlah yang seharusnya, jadi saya ingin batalkan

Reply
avatar
cho's empire delete May 13, 2017 at 3:30 AM

Mas saya mau nanya, kmren saya belanja di shopee trus masuk ke keranjangku, jumlah yg harus dibayar itu 202.974 tp berhubung sdh malam jd saya tfnya besoknya gtu kn batas tf 24jam dri pihak shopee, lalu mas saya tf 202.974 pas mau kirim bukti tf taunya jumlahnya uangnya malah berubh jd 203.950 pdhl saya udh trlnjur tf jumlah awal itu gmn ya mas ? Apa bsa diproses pihak shopee atau kita batalkn aja dg persetujuan pihak seller ? Terima kasih mas

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete May 13, 2017 at 3:49 AM

langsung chat sama sellernya aja gan, proses kelanjutannya gimana, sambil sertakan bukti transfernya.

status pesanan gimana, apakah diproses atau dibatalkan di akun agan

Reply
avatar
fajar delete May 19, 2017 at 11:13 PM

jadi tetap tergantung sellernya ya mas.. kalo kasus saya awalnya sy tanya warna maroon ada tp stlah bayar warna kosong adanya warna lain.. nah kalo sellernya g mau batalin gmn tuh mas? apa ada kebijakan dari shopee terkait kasus seperti itu?

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete May 20, 2017 at 5:56 AM

iya bener tergantung seller mau batalin pesanan gak. nah kalau masalah warna biasanya ada keterangan di seller, misalkan: warna jika gak ada diganti dengan warna lain". Nah kita mesti teliti sebelum membeli, jika ada keterangan ini berarti memang seller memang bisa mengganti.

Tapi kalau gak ada keterangan, harusnya sih seller mau batalin pesanan dan uang kita dikembalikan

Reply
avatar
Muhamad ardan delete May 20, 2017 at 7:44 PM

Maaf mas mau tanya. Knpa jika kita mau isi data rekening dan muncul note "data rekening bank yang dimasukkan bukan bentuk angka". Mohon penjelasannya. Terima kasih

Reply
avatar
farah rahimah delete May 21, 2017 at 3:32 AM

bagaimana kalau pas mau buka dompet shopee tbtb minta pin, dan harus verifikasi nomor hp dulu? sedangkan saya sudah ganti nomor hp. tolong dong yang tau

Reply
avatar
Unknown delete May 22, 2017 at 5:24 AM

Kalau barang dikemas sudah 4hari blm dikirim sama reseller nya gmn ya?udh d transfer trs di chat ga dibls terus nih parah bkin bingung..batas seller mengirim brg itu hari ini, masalahnya uang saya bisa balik lgi ga ya?jgn kan mnta pengembalian dana..saya nanya reseller nya brg sudah dkirim apa blm jga ga dbls terus

Reply
avatar
Mailani mey delete May 24, 2017 at 2:24 AM

punya sya jg barang'y lum dikirim" dah mau 4 hr,seller'y di chat g blz". jd bte. mau d batalin takut d cuekin

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete May 24, 2017 at 6:20 AM

cobain aja dibatalin mba, siapa tahu bisa

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete May 24, 2017 at 6:45 AM

kebangeten banget dichat gak dibales bales tuh seller

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete May 24, 2017 at 6:49 AM

maaf mas kurang tahu kalau jawabannya kayak gitu, soalnya saya masukkan rekening lancar lancar aja sih. coba cek siapa tahu ada spasi atau apa pas masukkan rekening mas

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete May 24, 2017 at 6:52 AM

coba di setting profil, bisa ganti nomor hp gak mba

Reply
avatar
DarkWolf Gt delete May 28, 2017 at 6:49 PM

Abis penarikan dibuat, gimana cara tau kalo udah masuk rekening atau belum, tanpa harus cek ke rekening kita?? Tolong min

Reply
avatar
Sansani delete May 29, 2017 at 2:17 AM

Mas saya mau nnya, kl saya ajuin penarikan dana hari senin jam 15:14 hari itu jg langsung masuk ga uang nya? Atau harus tunggu brp lama?

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete May 29, 2017 at 8:06 AM

kalau mau tahu sudah masuk rekening atau belum mau gak mau harus ngecek ke rekening gan, bisa cetak buku tabungan atau internet banking

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete May 29, 2017 at 8:10 AM

kalau pengalaman saya kemarin ngajuin pagi siang sudah masuk rekening. Untuk kasus mba, ditunggu saja hari berikutnya atau 2 hari. Insya Alloh udah masuk rekening

Reply
avatar
Unknown delete May 31, 2017 at 12:20 AM

mas saya tadi baru mengajukan pengembalian tapi uang saya dimasukkan ke dompet shopee, trus pas saya mau ng check dompet shopee saya mreka minta verifikasi nomor hp. tapi karena hp saya yang satu lg hilang jadi ga bisa konfirmasi.. itu ganti nomornya gimana ya mas

Reply
avatar
Yuriantin delete June 4, 2017 at 3:32 AM

Mas saya kan mau penarikan uang ya,saya waktu memasukan rekening saya malah, data rekening bank bukan dalam angka. Itu kenapa yg salah nya?

Reply
avatar
Thommy AluDiN bAhaR delete June 5, 2017 at 10:45 PM

tidak ada pilihan pembayaran lewat dompet shopeee

Reply
avatar
DOEZTER delete June 9, 2017 at 8:15 AM

mas kalau uang udah di kirim , terus barang x gk ada sampai waktunya gmna itu ya mas?
dan jika saya ingin mengemblikan dana dan seller tidak menyetujui gmna mas?

Reply
avatar
DOEZTER delete June 9, 2017 at 8:21 AM

mas saya mau nanya,gmna jika barangnya gk d kirim sesuai jadwal yg tertera atau yg d catumkan? dan jika kita ingin cancel,apakah harus ad persetujuan dari seller(baru bisa cancel)atau gmna? dan bgaimna jika seller tsb gk mau menyetujuinya, apa uangnya tetap di terkirim atau gmna?

Reply
avatar
DOEZTER delete June 9, 2017 at 8:23 AM

bgaimna jika tidak di setujui oleh seller?

Reply
avatar
DOEZTER delete June 9, 2017 at 8:30 AM

bgaimna jika tidak di setujui oleh seller?

Reply
avatar
Ashadi Banjari delete June 9, 2017 at 9:51 PM

Permintaan pengembalian dana saya ngga direspon penjual
Udah dihubungi.. Katanya nggapapa kalau mau cancel
Hari ini batas terakhir penjual merespon tapi di chat dari tadi malam ngga dibalas
Itu apa tetap nanti dianggap cancel gan?

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete June 10, 2017 at 9:30 PM

kurang tahu juga gan kalau cara ganti nomor, tapi mungkin bisa masuk ke menu profil, coba cek ada gak menunya

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete June 10, 2017 at 9:31 PM

kok bisa ya, belum tahu nih mba penyelesaiannya

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete June 10, 2017 at 9:33 PM

iya, sesuai ketentuan shopee, memang harus dengan persetujuan seller, itu dia yang cukup memberatkan, kalau sellernya gak mau. mau gak mau nunggu barangnya dikirim meskipun telat

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete June 10, 2017 at 9:33 PM

coba aja diajukan pengembalian dananya gan

Reply
avatar
Whendry Satria Purnama delete June 12, 2017 at 12:38 AM

Mas cabang sama kotanya itu di isi apa yaa???

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete June 12, 2017 at 12:42 AM

sesuai dengan tabungan kita buka di cabang mana kota mana

Reply
avatar
Whendry Satria Purnama delete June 12, 2017 at 12:43 AM

Mas cabang sama kotanya di isi apa ya???

Reply
avatar
myla erwin delete June 13, 2017 at 11:13 PM

Saya kemarin beli sesuatu di shopee tapi si penjual membatalkan karna size nya abis... Nah yg mau saya pertanyakan kenapa tidak ada pengembalian dana itu dari shopee... Di Akun Saya... Ada baca nya Dana dikirim √ tapi saya cek saldo di atm tidak ada sepeser pun dana yang dikembalikan sama pihak shopee.. Saya buka menu Akun Saya tidak ada menu DompetShopee?? Ini bagaimna yah mas... Tolong saran dan bantuannya... Makasih.. Salam..

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete June 13, 2017 at 11:33 PM

Ajukan dulu pengembalian dana Mba, nanti setelah proses pengembalian dana disetujui, akan masuk ke dompet shopee, baru deh tarik ke rekening mba

Reply
avatar
Amran Alun delete June 14, 2017 at 5:33 AM

Mas mau nanya uangx kemana shoope sudah kirim ke dompet tp sy lupa tarik didompet shopee,cek saldo direkening tidak tertambat dan cek juga di dompet sdh tidak ada saldonya .

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete June 14, 2017 at 8:21 PM

kok bisa ya. sebelumnya sudah pernah ada saldonya gak dompet shopeenya setelah mengajukan pengembalian dana shopee

Reply
avatar
Sintia Dwip delete June 14, 2017 at 10:46 PM

Mas kalau sudah saya sdh melakukan penarikan dana didompet shopee hari ini kira" dana bisa sampai kerekening hari ini ga atau paling lambat itu kira berapa hari ? Atau bisa berbulan ya mas ?

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete June 14, 2017 at 11:41 PM

hari ini bisa masuk juga mba, saya juga kemarin langsung masuk. Paling lambat 3 hari harusnya.

Reply
avatar
abyan ahmad321 delete June 16, 2017 at 2:32 PM

Om bukanya di ketentuan shopie apa bila barang dalam 3 hri tidak dikirim uang bkal di kembaliiin ya. Bener engga itu om??

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete June 16, 2017 at 8:34 PM

wah malah saya baru denger tuh mas. Tapi saya 3 hari barang gak dikirim dulu mesti mengajukan pengembalian dana sendiri ke shopee

Reply
avatar
Riska Wahyuni delete June 17, 2017 at 12:09 AM

Mba, permasalahannya sama seperti saya. Sekarang gimana mba apa bisa buka dompet shopee nya ?

Reply
avatar
Dewi Sawitri delete June 18, 2017 at 4:59 AM

Min gmna ya aku mau masukin uang ke rek aku tp disuruh konfir kode lwt no hp , sedangkan no hp saya yg itu udh gak dipake lagi? Tolong bantuannya ya min :(

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete June 18, 2017 at 6:52 AM

iya bener banget, shopee memang selalu minta konfirmasi nomor hp. Saya juga belum tahu nih mba, belum ngalami soalnya, saya pake nomor hp aktif buat daftar kemarin.

Reply
avatar
Vikar Ryandi delete June 19, 2017 at 3:37 AM

Bro gw pny masalah nih.
Jd gw pesan barang di shopee sabtu kmaren, gw pkir bsa sampai sebelum lbaran,tp sellernya blg estimasinya lama bsa sehabis lebaran. Masalahnya setelah lebaran saya sudah tdak d alamat itu lagi, pesanan di 2 seller, 1 sttusnya udah masuk pengiriman.
2 statusnya masih pengemasan.
Mohon solusinya. Ya.

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete June 19, 2017 at 7:13 AM

langsung kirim pesan/chatting sama sellernya aja gan, supaya diganti alamat pengirimannya

Reply
avatar
Unknown delete June 19, 2017 at 10:58 AM

Mau nanya mas
Saya mau tarik dana dari dompet shopee saya
Semua udah saya isi lengkap tapi knpa ya pas saya lanjut muncul kata data rek yg di masukkan bukan berupa angka gt

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete June 19, 2017 at 6:01 PM

banyak juga yang masukin no rekening keluar gini ya. Coba jangan pakai spasi pas ngetik angkanya gan

Reply
avatar
Unknown delete June 20, 2017 at 2:35 PM

Mas aku mau nanya, kalau mau belanja lagi terus cara pembayarannya pake saldo yg di shopee gimana caranya ya? Biar gaperlu ke atm atm lagi

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete June 20, 2017 at 5:54 PM

belum tahu juga nih caranya gan, belum pernah nyoba :D

Reply
avatar
Iffan Sya'bani delete June 22, 2017 at 11:38 PM

Gan... Kok saya nggak bisa menarik uang dari dompet shopee ke rekening ane yah ?

Reply
avatar
Yunita Kusuma delete June 23, 2017 at 9:16 PM

Ka gmna sih cara masukin no rekening? Ko pas saya masukin katanya data rekening yg dimasukin bukan berupa angka. Mohon di bantu

Reply
avatar
Yunita Kusuma delete June 23, 2017 at 9:17 PM

Apakah kaka sudah bisa mengatasinya? Klau sudah saya minta bantuannya dong saya juga bingung di bagian ini. Terimakasih

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete June 24, 2017 at 3:55 PM

kalau saya kemarin gampang banget, sesuai yang saya tuliskan. Lancar-lancar saja. Masukkin no rekening tanpa spasi tanpa tanda -, semua angka. gitu aja sih mba

Reply


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post