Sunday, March 5, 2017

Penangkaran Rusa Tahura WAR, Dulu Gratis Kini Berbayar

author photo
Jumanto.Com - Penangkaran Rusa Tahura WAR, Dulu Gratis Kini Berbayar. Gak usah jauh-jauh dari Kota Bandar Lampung, kalau mau mengajak jalan-jalan anak di Lampung, Bandar Lampung juga beberapa tempat keren untuk bermain anak sekalian mengenalkan alam, biar ia makin cinta dan peduli pada lingkungan.

Selain Taman Kupu-kupu Gita Persada, Wira Garden, Camp 91 Kedaung, Lembah Hijau, Alam Wawai, dan Taman Wisata Bumi Kedaton, ada satu tempat lagi yang sebenarnya friendly banget buat wisata keluarga bersama si kecil, yaitu Penangkaran Rusa Tahura WAR atau Penangkaran Rusa Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman.

penangkaran rusa tahura war
Rumah burung Penangkaran Rusa Tahura WAR

Lokasi Penangkaran Rusa Tahura WAR


Kalau kita melihat namanya, Penangkaran Rusa Tahura WAR, pastinya kita bakal mengira kalau tempat ini terletak di Kompleks Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman.

Yap, ternyata tepat banget, berdasarkan informasi dari pemilik akun Facebook Djangkaru Larasati, Penangkaran Rusa Tahura WAR ini memang masuk ke dalam kompleks Tahura WAR..

Secara administratif, Penangkaran Rusa Taman Hutan Raya Wan Abdur Rahman terletak di Kelurahan Sumber Agung, Kemiling, Bandar Lampung.

Lokasinya berada persis sebelum Taman Kupu-kupu Gita Persada. Cuma berjarak sekitar 200 meter saja.

Penangkaran Rusa Tahura WAR bisa ditempuh lewat Kemiling, Camp 91 Kedaung, atau bisa juga lewat jalur Wira Garden, Bumi Kedaton Resort, dan Kawasan Wisata Batuputu.

Untuk rute paling mudah, yang jalannya bagus dan mulus, ambil rute lewat Kemiling.

Gampang banget kok menemukan Penangkaran Rusa Tahura WAR.

Dari jalur dua kemiling, lurus terus sampai ketemu SMA 7 Bandar Lampung/SLB Kemiling. Setelah SMA 7, akan ada persimpangan, ke kiri menuju Perumahan Bhayangkara, lurus menuju perumahan Green Kemiling, kalau ke kanan akan menuju Sumber Agung/Kawasan Wisata Batuputu.

Ambil arah ke kanan, lalu 100 meter kemudian ambil jalan yang ke kiri, ikuti terus jalan aspal, belok kiri lagi, sampai masuk ke Kelurahan Sumber Agung.

Dari SMA 7 Bandar Lampung, jarak Penangkaran Rusa Sumber Agung ini sekitar 2-3 km saja. Cukup dekat.

Penangkaran Rusa Tahura WAR ada di sebelah kiri jalan, tepat sebelum Taman Kupu-kupu Gita Persada. Kalau agak bingung, jangan lupa untuk bertanya ya.

Kemarin, pas pulang, kami mencoba rute baru, tidak lewat Kemiling, dan tidak lewat Batu Putu juga. Kami mencoba rute baru lewat Kedaung. Ternyata, jalannya tembus juga ke Camp 91 Kedaung, melewati kebun-kebun hijau yang masih rimbun, dan sama sekali tidak menggambarkan suasana perkotaan.

Serasa tidak berada di Kota Bandar Lampung saja saat melewati rute Penangkaran Rusa Tahura WAR-Camp 91 Kedaung.

Hanya saja, kalau yang belum tahu jalan, kurang direkomendasikan untuk mengambil rute Camp 91 Kedaung ke Penangkaran Rusa Sumber Agung, takut nyasar saja.

Biaya Masuk Penangkaran Rusa Tahura WAR



Bulan Maret Tahun lalu (2016) adalah pertama kalinya saya datang ke Penangkaran Rusa Tahura WAR, tidak sengaja mampir saat mau jalan-jalan keliling Bandar Lampung.

Waktu itu, biaya masuk Penangkaran Rusa Tahura WAR masih gratis. Tidak ada biaya parkir. Kita bebas untuk menikmati tempat wisata di Lampung yang satu ini.

Tepat satu tahun kemudian, 4 Maret 2017, kami (saya, mama, dan Alya), untuk ketiga kalinya datang ke Penangkaran Rusa Tahura WAR, dan suasananya sudah jauh berubah, lebih cantik, lebih kece, dan lebih friendly buat wisata keluarga, terutama barang anak-anak.

Oh iya, yang dulunya gratis, kini biaya masuk Penangkaran Rusa Sumber Agung ini tidak gratis lagi.

Kemarin, pas kami sampai di lokasi parkir, datang pemuda yang menghampiri kami, lalu menyerahkan selembar tiket masuk.

"Berapa mas?", tanya saya.

"5 ribu per orang mas", jawabnya.

"Jadi total berapa mas", tanya saya lagi, karena mau tahu apakah Alya (umur 4 tahun) dihitung suruh bayar atau tidak.

"Sama anak kecil itu ya mas", saya mengangguk menjawab pertanyaan pemuda tadi. Si pemuda kemudian melanjutkan, "10 ribu saja mas".

Biaya tiket masuk penangkaran rusa yang harus kami bayar cukup 10 ribu rupiah saja. Untuk dua orang. Alya gak dihitung.

Biaya tiket masuk sudah termasuk biaya parkir, jadi gak perlu bayar parkir lagi.

Buat saya, gak masalah sih sekarang harus membayar tiket masuk, itung-itung buat biaya pemeliharaan dan penambahan fasilitas yang ada di Penangkaran Rusa Tahura WAR. Lagian, tiket masuknya masih murah kok, dan masuk akal.

Penangkaran Rusa Tahura WAR: Tempat Bermain Anak di Bandar Lampung


Keberadaan Penangkaran Rusa Tahura WAR yang kian cantik dan makin ramah buat wisatawan saya sambut dengan baik.

Itu artinya, saya punya banyak pilihan saat mau mengajak Alya jalan-jalan menikmati alam.

Nah, di Penangkaran Rusa Tahura WAR ini, disediakan banyak tempat untuk duduk-duduk dari kayu, selain ada juga ayunan buat bermain anak. Asyik banget bermain di sini, duduk-duduk sore hari, sambil bercanda sama anak.

duduk duduk di penangkaran rusa sumberagung
Cerianya Alya bermain di Penangkaran Rusa Sumber Agung

Pondokan-pondokan atau gazebo dari bambu juga membuat suasana Penangkaran Rusa Tahura WAR makin cantik. Kita dapat duduk-duduk sambil makan siang di sini bersama keluarga, sambil mendengarkan gemericik air dan suara rusa yang sedang bermain.

Ada juga rumah pohon, di bawah pohon kolang-kaling, yang buah hijaunya semakin menambah keindahan tempat ini buat berfoto-foto.

rumah pohon penangkaran rusa tahura war


Dan yang tambah menarik tentu saja keberadaan rumah burung serta Canopy Bridge yang membentang di atas rusa-rusa bermain, mandi di sungai, dan mencari makan.

Canopy bridgenya berbentuk seperti jembatan gantung, dengan sling dari baja, dan alasnya menggunakan kayu yang kokoh.

canopy bridge penangkaran rusa tahura wan abdul rahman
Mama ikut foto di Canopy Bridge

Saat jalan, tentunya goyang-goyang, dan perlu diperhatikan juga, batas maksimal orang yang boleh naik ke canopy bridge ini ya.

Nah, kalau kita lapar saat datang ke sini, atau kehausan, tidak perlu khawatir, karena ada warung di Penangkaran Rusa Tahura WAR.

Kalau kita mau sholat juga tidak perlu bingung, ada mushola berbentuk gazebo yang cantik, yang membuat ibadah kita kian nyaman saat jalan-jalan ke Penangkaran Rusa Tahura WAR.

Nah, itulah cerita kunjungan kita yang ke-3 ke Penangkaran Rusa Tahura WAR? Kapan Anda mau berkunjung?

This post have 4 komentar

avatar
Fahmi (catperku.com) delete March 5, 2017 at 8:32 PM

bayarnya cuma 5 ribu ya? masih lumayan murah sih ya :)

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete March 5, 2017 at 10:25 PM

Iya, murah mas, gak ada bayar parkir pula hehehe

Reply


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post