Tuesday, March 28, 2017

Pengalaman Naik Timbel Car, Taksi Online Di Lampung 24 Jam

author photo
Jumanto.Com - Pengalaman Naik Timbel Car, Taksi Online Di Lampung 24 Jam. Jika kota lain sudah saking mudahnya kalau mau pesan taksi online, di Lampung keberadaan taksi online ini baru mulai jalan. Grab di lampung, Uber lampung, Taxi Blue Bird Bandar Lampung juga belum dapat kita jumpai. Namun, setidaknya, sekarang sudah ada Timbel Car, taksi online di Lampung yang memudahkan kita kalau mau ada perlu atau mau jalan-jalan ke tempat wisata di Lampung.

timbel car lampung
gambar dari instagram @timbel.id

Timbel Car sebagai alat transportasi Taksi Online di Lampung saya rasakan benar manfaatnya, karena saya belum punya mobil sendiri. Saat saya ada keperluan yang harus menggunakan mobil, saya bisa memesan Timbel Taksi kapan pun dan di manapun dengan tarif taksi Bandar Lampung yang cukup murah dan tanpa tipuan.

Taksi di Lampung Yang Selama Ini Ada


Beberapa armada taksi di Lampung memang sudah ada, hanya saja untuk taksi online di Lampung memang baru-baru ini berkembang. Mungkin karena jumlah penumpangnya tidak sebanyak di kota-kota besar lain, sehingga keberadaan taksi online di Bandar Lampung tidak sepesat perkembangan taksi online di kota lain.

Grab taksi, Uber Taksi, Gojek, dan alat transportasi online lainnya di Lampung belum dapat kita jumpai. Sedangkan untuk keberadaan Ojek Onlinenya, sudah ada terlebih dahulu, seperti MasOjek Lampung, Otojek Lampung, dan ada juga OjeKuliner untuk pemesanan makanan via online di Bandar Lampung.
Update: Sekarang Sudah ada Gojek di Lampung. Silakan cobain yaaaa.
Untuk taksi di Bandar Lampung sendiri yang beroperasi secara offline, selama ini telah ada Taksi Puspa, yang konon merupakan satu-satunya taksi resmi di Bandar Lampung (berdasarkan informasi dari situs taksipuspa). Di situs resmi Taksi Puspa ini, operasi Taksi Puspa masih belum 24 jam, hanya dari jam 06.00-21.00 saja.

Jika mau keliling-keliling Kota Bandar Lampung atau mau ke destinasi tertentu di Lampung, bisa memesan Taksi Puspa ini yang keberadaannya mirip seperti Taksi Blue Bird atau taksi offline lainnya di Jakarta.

Sayangnya, untuk informasi taxi lampung 24 jam sampai saat ini saya belum dapat informasinya, kapan-kapan akan saya update tulisan ini jika sudah dapat informasi taksi di Bandar Lampung yang beroperasi 24 jam.

Pengalaman Pertama Naik Timbel Car, Taksi Online Pertama di Lampung


Ceritanya, hari Sabtu, 25 Maret 2017 kemarin saya mengantarkan mama ke Puskesmas Kemiling naik motor, untuk cek darah. Sudah sejak Senin malam, mama demam dan belum sembuh juga sampai Sabtu Pagi.

Setelah menunggu hasil cek darah selama dua jam, ternyata hasilnya menunjukkan kalau mama positif kena penyakit tipes. Dokter pun memberi obat, kemudian menyuruh mama untuk istirahat di rumah. Jika obatnya habis, tapi belum sembuh, disurut rawat inap.

Baru beberapa meter jalan, membonceng mama di belakang, pas di lampu merah, mama sudah berasa gak kuat lagi. Saya pun lalu minggir.

Motor belum berhenti, tiba-tiba mama pingsan, lalu jatuh dari motor. Untung jatuh pas sudah minggir, dan motor sudah mau berhenti juga, jadi saya sempat memegang tangan mama dan jatuhnya pun tidak keras.

Saya langsung teriak minta tolong, lalu sekerumunan orang berdatangan, menolong mama yang jatuh dari motor, dan kembali saya bawa ke puskesmas Kemiling.

Pesan Taksi MasOjek

Singkat cerita, karena dokter sudah pulang, sehingga rawat inap di Puskesmas juga sudah gak bisa lagi, dan mama gak kuat bonceng motor, akhirnya saya searching taksi online di Lampung. Sebenarnya sudah pernah denger Timbel Car Lampung, hanya saja belum download aplikasinya.

Setelah googling, eh yang muncul adalah taksi online dari MasOjek, ada nomor teleponnya juga. Saya pun langsung telepon nomor tersebut.

"Halo, selamat siang, dengan MasOjek, ada yang bisa kami bantu", laki-laki yang sepertinya operator MasOjek langsung menyapa saya saat telepon terhubung.

"MasOjek yah mas", tanya saya.

"Iya benar".

"Mas, mau pesan taksi, bisa gak ya?".

"Mohon maaf, untuk tujuan ke mana ya?"

"Mau ke Rumah Sakit Bintang Amin Mas, dari Puskesmas Kemiling"

"Mohon maaf, taksi MasOjek sementara hanya melayani tujuan Bandara".

"Saya lagi buru-buru nih mas, bisa gak pesen taksinya sekarang, pakai tarif ke Bandara juga gapapa. Buru-buru banget soalnya".

"Sebentar yah Pak, saya kirimi nomor Timbel Taksi saja yah".

Mendengar Timbel Taksi disebut, saya pun langsung mengiyakan, sambil mengucapkan terima kasih kepada operator MasOjek. Baik banget mau membantu, dan saya benar-benar mengucapkan terima kasih tidak lama kemudian nomor Timbel Car Lampung sudah masuk ke Inbox HP saya.

Pesan Timbel Taksi Menggunakan Nomor Telepon

Begitu dapat nomor telepon Timbel Car Lampung, langsung saya hubungi nomor tersebut, dan dijawab oleh operator perempuan.

"Selamat siang Pak, dari Timbel Car, ada yang bisa kami bantu?"

"Mau pesan taksi, bisa mbak?".

"Mohon maaf, penjemputan di mana dan mau ke mana Pak?"

"Jemput di Puskesmas Kemiling, mau Ke Rumah Sakit Bintang Amin Mba".

"OK Pak, akan kami hubungi driver yang terdekat. Nanti akan ada informasi lebih lanjut".

"Baik mba, terima kasih".

Tidak lama kemudian, saya dapat SMS dari Timbel Car yang menginformasikan Nomor Mobil, Pengemudi Mobil, beserta kontak pengemudi serta tarif yang harus saya bayar.

pesan taksi online di lampung
pesan timbel taksi

Sekitar 5 menit kemudian, pengemudi Timbel Car Lampung menelepon saya, saat sudah dekat Puskesmas, dan kemudian pengemudi pun sampai di Puskesmas Kemiling.

Tarif Timbel Car Lampung

Tarif Timbel Car Lampung dihitung per km, yaitu 5 ribu per km dengan pembayaran minimum Rp30.000,-. Tarif taksi online di Bandar Lampung ini masih cukup murah, dan cukup terjangkau.

Untuk perjalanan saya dari Puskesmas Kemiling ke Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin (Universitas Malahayati) ini, tarifnya Rp30.000,- dan dapat diskon 20% sehingga cukup membayar Rp24.000,- saja. Saya gak pakai aplikasi Timbel dan gak buka Google Maps juga sehingga kurang tahu jarak tempuhnya berapa km. Kalau dari SMS yang saya terima, jarak tempuhnya katanya 2,5 km.

Nomor Telepon Timbel Car Lampung

Untuk memesan taksi online Timbel Car, sebenarnya bisa juga lewat WA, selain lewat telepon dan Aplikasi Timbel. Nah, untuk WA dan Telepon, kalian bisa menghubungi kontak Timbel Car di Nomor Berikut:
  • 0853 7100 5353
  • 0858 3816 5688

Pengalaman Kedua Pesan Taksi Online Timbel Taksi Lampung


Tiga hari dirawat di Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin, akhirnya mama sudah baikan dan sudah diperbolehkan pulang. Untuk pulang ke rumah, saya tidak mau mengambil risiko dengan membonceng motor lagi. Saya pun kembali memesan Timbel Taksi Lampung.

Karena pengin tahu cara memesan Timbel Taksi menggunakan aplikasi, saya pun mendownload Aplikasi Timbel di Playstore dan langsung registrasi.

Cara Pesan Taksi Online Timbel Car Lampung Lewat Aplikasi

Cara pesan taksi online Timbel Car Lampung mudah banget, bisa dengan menelepon langsung seperti saya, dan bisa juga menggunakan aplikasi Timbel.

Secara umum, gak jauh beda lah cara pesan Timbel dengan Uber Taksi di Jakarta, atau Uber Taxi di Bandung. Intinya, isi lokasi penjemputan dan lokasi yang dituju.

pesan timbel taksi lewat aplikasi

Setelah saya isi lokasi penjemputan dan lokasi tujuan, ternyata beberapa kali saya coba, mungkin sudah sampai 10 kali, pesan yang muncul selalu "location driver not found".

pesan timbel car lewat aplikasi

Entah jumlah pengemudinya yang masih sedikit atau memang aplikasinya masih belum mendukung, sehingga pesan yang muncul tetap driver not found dan saya pun gak bisa memesan Timbel Car secara Online.

Akhirnya, saya pun kembali memesan secara manual, dengan menelepon nomor telepon kemarin yang saya dapat dari MasOjek, dan langsung dilayani serta dicarikan driver.

Anehnya, gak lama dari saya telpon, driver sudah sampai di depan Rumah Sakit, setelah sempat menelepon saya juga sebelumnya. Saya agak heran juga sih, driver not found, tapi begitu pesan lewat telepon, pengemudi Timbel Car Lampung begitu cepat sampai di lokasi penjemputan.

Saya juga kembali menerima SMS dari Timbel yang menginformasikan mengenai pengemudi, kontak, mobil yang digunakan, serta tarif yang harus saya bayar.

tarif timbel car lampung

Timbel Taksi Lampung 24 Jam?


Kemarin saya sempat tanya juga ke Timbel Taksi di Facebook resminya, saya tanya apakah Timbel Taksi buka 24 jam?

Admin Timbel Taksinya menjawab, "Aplikasi aktif selama 24 jam. Untuk layanan taksinya, tergantung kesediaan drivernya, apakah mau melayani 24 jam atau tidak".

Nah, kalau malam-malam kita buka aplikasi Timbel dan ternyata ada drivernya, berarti pengemudinya siap siaga selama 24 jam :).

Kesimpulan Saat Menggunakan Taksi Online Lampung Timbel Car


Saya pribadi, merasa terbantu benar dengan adanya Taksi Online di Lampung ini, karena memudahkan kalau saya mau pergi ke mana-mana, dan tarifnya juga jelas, tidak ada tipu-menipu.

Sayangnya, saat saya mencoba memesesan Timbel Car lewat aplikasi, saya gak bisa mendapatkan order saya, sehingga akhirnya harus memesan secara manual.

Selain itu, ada perbedaan tarif. Saat saya memesan lewat aplikasi, tarif dari RS Pertamina Bintang Amin ke rumah saya (Sukabanjar) Rp37.500,-, tapi begitu pesan Timbel lewat telepon tarifnya berubah menjadi Rp50.000,-.

Nah, kalian gimana, sudah pernah punya pengalaman naik Taksi Online di Lampung? Pernah naik Timbel Car Lampung? Silakan dicoba dan share pengalaman kalian di sini ya hehehe.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post