Saturday, February 11, 2017

Soto Sokaraja di Lampung, Di Sinilah Tempatnya ....

author photo
Jumanto.Com - Soto Sokaraja di Lampung, Di Sinilah Tempatnya. Sebagai warga asli Banyumas, yang sekarang sedang merantau di Lampung, atau sudah pindah ke Lampung, baik karena transmigrasi atau karena tuntutan pekerjaan, akan selalu ada makanan khas Banyumas, Sokaraja, Purbalingga, Cilacap, Purwokerto, dan sekitarnya yang tidak akan pernah bisa dilupakan rasanya. Makanan khas tersebut salah satunya adalah Sroto atau Soto Sokaraja.

Sroto Sokaraja adalah makanan khas masyarakat eks Karesidenan Banyumas, dengan bumbu khasnya berupa sambal kacang. Inilah yang membedakan Soto Sokaraja dengan soto-soto lainnya di Indonesia.

A photo posted by Jumanto (@jumantodiary) on

Sroto sendiri memiliki rasa manis dan gurih kacang, diisi dengan irisan daging ayam, lalu ditambahkan kerupuk, mie bihun, kecambah, ketupat, dan ditaburi dengan daun bawang mentah, lalu disiram dengan kuah panas yang nikmat. Duh, membayangkan saja, saya sudah langsung ngiler :)

Buat saya, tidak ada makanan seenak Sroto Purbalingga atau Sroto Sokaraja, sehingga di manapun akan selalu saya cari. Apalagi kalau mudik ke Purbalingga, Sroto adalah makanan wajib buat saya.

Nah, sayangnya, di Lampung ini, saya belum bisa menemukan Sroto Purbalingga atau Sroto Sokaraja dengan rasa yang original, yang seenak sroto di Purbalingga sana.

Namun, setidaknya, ada satu warung Sroto Sokaraja yang bisa Anda coba, saat Anda berada di Lampung, atau kalau saat ini tinggal di Lampung.

Soto Sokaraja di Lampung


Ya, ada satu warung Soto Sokaraja di Lampung yang bisa sedikit mengobati rasa kangen kita pada kuliner khas Banyumas ini, yaitu Warung Sroto Mas Budi, yang berada di daerah Teluk Betung. Tepatnya berada di daerah Keteguhan.

Letaknya persis ada di pinggir jalan raya yang mau ke Pantai Mutun dan sekitarnya. Kalau lewat sini, pasti akan kelihatan di kiri jalan bertuliskan Soto Sokaraja.

soto sokaraja di lampung
Warung Sroto di Lampung

Nama warungnya sebenarnya bukan Warung Mas Budi, tapi RM Barokah. Di warung makan inilah kita bisa menikmati kuliner Soto Sokaraja di Lampung.

Untuk pilihan dagingnya ada pilihan daging ayam atau daging sapi. Pas saya dateng ke sini, saya pilih daging sapi, mengikuti kedua kawan saya yang memesan daging sapi.

Saya tahu ada warung sroto ini dari kawan sekantor saya, Pak Tiono dan Pak Wondo, yang sama-sama berasal dari Purbalingga.

Ini dia dua kawan saya yang mengajak saya makan sroto di Warung Makan Barokah di Keteguhan:

A photo posted by Jumanto (@jumantodiary) on

Sama-sama berasal dari satu kampung halaman, sehingga cita rasa kami terhadap kuliner Khas Purbalingga ini pun sama.

Mendapatkan menu sroto di Lampung ini cukup susah, dan belum pernah saya dapatkan menu yang benar-benar pas di lidah.

Saya sudah beberapa kali melihat warung makan yang menjual sroto, namun rasanya jauh banget dari harapan.

Sroto di RM Barokah di Keteguhan, Teluk Betung ini, cukup lumayanlah untuk mengobati rasa kangen pada sroto Purbalingga, meskipun soal rasa tentunya masih belum bisa menyamai sroto yang ada di Purbalingga.

Kata kawan saya, kalau yang masak Mas Budi ini, memang rasanya kurang pas. Tapi sewaktu mertua Mas Budi yang masak, katanya enak banget.

Maklum, mertua Mas Budi ini asli dari Cilacap, sedangkan Mas Budi baru belajar dari mertuanya. Belum terserap semua ilmunya hehehe.

Bagi Anda yang kangen sama sroto, boleh lah mampir ke Warung Mas Budi ini. Bisa sedikit mengobati rasa kangen Anda.

Demikian info mengenai Soto Sokaraja di Lampung, mudah-mudahan para sedulur Panginyongan dapat mencicipi makanan favorit kita ini hehehe. Selamat mencoba.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post