Sunday, February 26, 2017

Pecel Paling Enak di Lampung, Di Sinilah Tempatnya

author photo
Jumanto.Com - Pecel Paling Enak di Lampung, Di Sinilah Tempatnya. Siapa sih yang gak kenal sama pecel? Makanan khas orang Jawa berupa sayuran dengan bumbu utama berupa sambal kacang ini selalu menggoda lidah saya.

Kalau ngeliat pecel, apalagi ada gorengan, lidah saya langsung ngiler pengin mencicipinya.

Pecel bukan cuma kepunyaan orang Jawa. Kuliner pecel telah menyebar ke seluruh penjuru nusantara, dengan berbagai variasi olahannya.

Kalau saya dulu di Purbalingga sana, di Desa Pelumutan, biasanya kalau siang atau sore hari, suka beli pecel juga di warung deket rumah. Bedanya, dengan pecel di Lampung yang ini, kalau di warung deket rumah dulu, pecelnya berupa pecel siram. Jadi bumbu pecelnya sudah dibuat, lalu disiram air sampai cair kental, lalu disiramkan ke sayuran.

Kalau di Lampung, dan saya yakin di tempat-tempat lain juga, bumbu pecelnya baru dibuat pas ada pembeli yang memesan. Si penjual "nguleg" sambal pecelnya pas ada pesanan saja. Jadi bukan pecel siram.

Pecel Paling Enak di Lampung: Warung Pecel Teh Yuni


pecel paling enak di lampung

Nah, kalau Anda berada di Lampung, dan hobi juga dengan kuliner yang bernama pecel ini, di Lampung juga ada warung pecel yang menurut saya enak banget rasanya. Beberapa kali mencoba pecel di berbagai warung makan, Pecel Teh Yuni inilah yang menurut saya paling enak.

Rasa kacangnya terasa banget, tidak gosong, pas di lidah, manisnya juga pas. Untuk level kepedasan bisa pesan sama si penjualnya, Teh Yuni. Kalau saya sih pilih sedang saja. Perkara yang paling baik itu tengah-tengahnya, gak terlalu pedas, dan gak terlalu hambar hehehe.

Saya pernah juga pesen pecel di warung makan deket kantor, ternyata kacangnya gosong, jadi pecelnya berasa pahit. Kecewa banget makan di warung pecel itu.

Pecel paling enak juga kalau bumbunya kental, tidak encer. Nah, di warung pecel Teh Yuni ini juga bumbu pecelnya kental, dan maknyus benar rasanya.

Selain berjualan pecel, Teh Yuni juga berjualan nasi, nasi uduk, gorengan, karedok, dan soto ayam. Namun, yang paling enak buat saya adalah pecelnya, apalagi kalau makannya pakai gorengan yang baru mateng, wah, tambah tinggi tuh selera makan saya hehehe.

Lokasi Warung Pecel Teh Yuni


Bagi Anda yang ingin mencicipi Pecel Teh Yuni, pecel paling enak di Lampung, bisa datang ke daerah Palapa, Bandar Lampung, Jalan P Emir M Noer. Letaknya tidak jauh dari Pondok Palapa, penginapan murah di Lampung.

Kalau dari arah Pasar Tamin, jalan lurus ke arah Teluk, nanti akan masuk ke jalur dua di Jalan P Emir M Noer. Nah, nanti akan ketemu tanjakan, yang di sebelah kanannya ada Pom Bensin Palapa. Persis setelah tanjakan, di sebelah kiri jalan, ada tulisan "War-Cel Teh Yuni", di sinilah letak Warung Pecel Teh Yuni.

Lokasi warung pecelnya ada di samping rental PS dan tempat jualan helm. Pokoknya persis tanjakan habis, di kiri jalan, saya yakin akan kelihatan warung makannya.

Warung makannya memang terlihat sederhana banget.

Sebelum berjualan di daerah Palapa ini, Teh Yuni berjualan di Jalan Rasuna Said, persis sebelum pertigaan menuju Jalan Diponegoro, tidak jauh dari Masjid Al Furqon.

Pas masih jualan di Jalan Rasuna Said, Warung Pecel Teh Yuni ramai banget sama pelanggan. Apalagi pas jam makan siang. Antri untuk mendapatkan sepiring pecelnya panjang banget.

Namun, karena tempat untuk berjualan (karena beliau ngontrak) mau dijual atau gimana, akhirnya Teh Yuni ini pindah jualan ke daerah Palapa.

Warung Pecelnya memang tidak seramai dulu, tapi soal rasa, tetap mantap, tidak berubah. Beberapa pelanggan pun masih tetap setia berdatangan ke warung pecel yang baru di daerah Palapa.

Harga Satu Porsi Pecel Lontong


Awal beli pecel di Warung Teh Yuni dulu, harga pecelnya masih murah banget. Satu porsi pecel lontong masih 7 ribu rupiah. Gorengannya masih dua ribu dapat tiga.

Sekarang, satu porsi pecel lontong Teh Yuni dihargai Rp10.000,-. Gorengannya per biji seribu rupiah. Sebanding lah dengan rasanya yang luar biasa.

Kalau saya perhatikan, sepertinya tiap tahun Teh Yuni menaikkan harga pecelnya 1000 rupiah per tahun. Yah, asal rasanya masih enak, soal harga tidak terlalu menjadi masalah. Harganya pun masih wajar juga, tidak mahal.

Gimana, pengin nyobain pecel paling enak di Lampung? Silakan datang ke Warung Pecel Teh Yuni Bandar Lampung, Pecel di Lampung yang paling enak menurut saya. Semoga bisa menjadi salah satu alternatif makan siang Anda di Lampung. Selamat mencoba.

This post have 4 komentar

avatar
Nino Artikel delete February 27, 2017 at 2:54 AM

Wah mantap pecel nya mas, kebetulan bgt nih, saya juga di daerah Lampung soalnya. Hehe..

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete February 27, 2017 at 9:56 PM

Ayo jalan jalan bareng mas Nino :). Kapan kita ke mana hehehe

Reply
avatar
Arif Setiadi delete April 18, 2017 at 6:07 PM

kalo pecel (dan coto) di gang Duane gimana mas? kalo seleraku kok maknyus juga, boleh dicoba..

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete April 19, 2017 at 9:49 PM

wah bisa dicoba tuh kapan kapan. belum nyoba soalnya ^_^

Reply


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post