Sunday, February 26, 2017

Nasi Jamblang Di Lampung yang Bikin Ketagihan

author photo
Jumanto.Com - Nasi Jamblang Di Lampung yang Bikin Ketagihan. Pernah nyobain nasi jamblang? Hmmm, kuliner khas Cirebon ini memang enak gila. Enak banget. Maknyus. Rasanya gak ketulungan. Bikin ketagihan. Candu. Bikin siapa saja yang pernah mencicipi bengin balik lagi dan makan lagi.

nasi jamblang di lampung

Saya, yang pertama kali mencicipi nasi jamblang di Lampung, karena belum pernah jalan-jalan ke Cirebon, langsung ketagihan dengan rasanya yang top markotop.

Dominasi rasa manis di masakannya, cocok banget buat lidah saya, yang notabene merupakan lidah jawa banget yang suka masakan rasa manis.

Bukan berarti saya gak doyan makanan berasa asin lho ya. Kayaknya semua makanan doyan, kecuali gak enak hehehe.

Nasi Jamblang di Lampung yang Enak


Nasi jamblang atau sega jamblang benar-benar kuliner yang recommended banget buat dicoba. Jelajah kuliner Anda tidak akan lengkap kalau belum pernah mencoba nikmatnya makan nasi jamblang.

Nasi Jamblang ini adalah kuliner khas masyarakat Cirebon.

Jamblang sendiri merupakan nama sebuah desa di daerah Cirebon di bagian barat. Mungkin karena asal muasal nasi tersebut berasal dari Desa Jamblang kali ya, sehingga dinamakan dengan nasi jamblang. Orang Cirebon bisa ngasih saya referensi nih kenapa dinamakan nasi jamblang :)

Kalau menurut data wikipedia, nasi jamblang ini awalnya dikonsumsi oleh para pekerja paksa yang sedang membangun jalan raya Daendels dari Anyer ke Panarukan.

Benar atau tidaknya, orang Cirebon silakan dikomentari:)

Nah, meskipun nasi jamblang atau sega jamblang ini merupakan kuliner khas Cirebon, bukan berarti di tempat lain selain Cirebon, kita tidak bisa menemukan nasi Jamblang.

Di Lampung pun ternyata kita bisa menemukan nasi jamblang yang super enak, yang rasanya bikin ketagihan. Nasi jamblang di Lampung yang enak yaitu Nasi Jamblang Mbak Yanti yang beralamat di Jalan Gajah Mada, Bandar Lampung.

nasi jamblang mbak yanti lampung
Warung tenda nasi jamblang Mbak Yanti

Lokasi Nasi Jamblang Mbak Yanti di Lampung ini berada dekat dengan fly over Gajah Mada yang baru selesai di bangun di akhir 2016 lalu.

Kalau dari arah Stadion Pahoman, menyeberang dulu fly over Pahoman, menuju Jalan Gajah Mada. Di Jalan Gajah Mada, nanti akan ada fly over lagi, yaitu Fly Over Gajah Mada.

Letak Nasi Jamblang Mbak Yanti di Lampung ini ada di sebelah kanan jalan dari arah Stadion Pahoman, sebelum fly over Gajah Mada, setelah Rumah Sakit Graha Husada.

Saya yakin Nasi Jamblang di Lampung punya Mbak Yanti ini bakalan mudah ditemukan. Tempat makannya berupa tenda-tenda di depan ruko. Saat saya berkunjung ke sini, di sampingnya ada Kantor Biro Jasa Primkoppol dan ada juga Indomaret di sampingnya lagi.

Harga Nasi Jamblang Mbak Yanti Lampung


Sebelumnya, saya pernah mencari-cari lokasi Nasi Jamblang Mbak Yanti di Lampung, tapi gak ketemu-ketemu. Ternyata, saat saya cari, kuliner khas Cirebon di Lampung ini sedang tutup alias lagi gak jualan. Oalah. Pantas gak ketemu-ketemu.

Beberapa minggu yang lalu, setelah jalan-jalan ke Muncak Tirtayasa (Muncak Teropong Laut), Marines Eco Park, dan Pantai Batu Mandi, akhirnya saya bisa menemukan juga Nasi Jamblang Mbak Yanti ini di tengah-tengah derasnya hujan yang masih mengguyur Kota Bandar Lampung.

Saat sampai di lokasi, Warung Nasi Jamblang Mbak Yanti sedang diserbu pengunjung. Tempat duduk penuh. Kami yang baru sampai, merasa pesimis mau makan di situ karena penuhnya pengunjung.

Mama pun sempat merasa ragu mau makan di situ. Akhirnya, karena sudah pengin benar mencicipi nasi jamblang di Lampung, kami pun memutuskan untuk parkir kendaraan dan menunggu pengunjung yang lain selesai makan.

Untungnya, tidak lama kami menunggu, banyak pengunjung yang sudah selesai makan dan segera kabur hehehe. Inilah pesanan makanan saya dan mama di Warung Nasi Jamblang Mbak Yanti:


Karena sudah laper banget, saya langsung pesan tiga bungkus nasi jamblang, lalu mengambil lauk urap, semur tahu dua biji, dan telor dadar.

Mama pesan tiga bungkus nasi jamblang juga, dengan lauk urap, semur jengkol, dua sambal, dua tusuk sate telor puyuh, serta semur cumi.

Untuk minumnya, mama saja yang pesan, satu gelas teh manis panas.

Total yang harus kami bayar untuk nasi jamblang yang kami pesan beserta minum satu gelas teh manis panas cuma Rp39.500,- saja. Murah kan? Rasanya juga menggugah selera banget :)

Oiya, kenapa saya pesan tiga bungkus nasi jamblang? Soalnya, satu bungkus nasi jamblang tu isinya dikit, kayak nasi kucing hehehe.

Nasi jamblang ini memiliki kekhasan, yaitu dibungkusnya menggunakan daun jati. Daun jati ini memiliki pori-pori yang membantu nasi dapat tahan lama. Berbeda dengan daun pisang. Saat makan nasi jamblang ini, kita juga menggunakan daun jati sebagai alasnya.

Gimana, pengin mencicipi juga nasi jamblang di Lampung milik Mbak Yanti yang rasanya wow ini? Silakan datang saja ke Jalan Gajah Mada, dekat Fly Over. Kalau mau pesan, bisa menghubungi nomor telepon Warung Nasi Jamblang Mbak Yanti: 0852 2432 9923.

Selamat mencoba.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post