Wednesday, February 15, 2017

Muncak Teropong Laut Yang Bikin Saya Takjub, Inilah Surganya Wisata Pesawaran Lampung

author photo
Jumanto.Com - Muncak Teropong Laut Yang Bikin Saya Takjub, Inilah Surganya Wisata Pesawaran Lampung. Hari Rabu, 15 Februari 2017, di saat sebagian masyarakat Indonesia asyik dengan pesta pilkada serentak, saya menikmati liburan sehari saya bersama keluarga dengan jalan-jalan keliling Lampung :)

Dari rumah, Alya sudah berkali-kali ngomel, minta ke kolam renang, karena sudah beberapa minggu ini kita janjikan mau ke kolam renang.

Niat awalnya sih mau ke Citra Garden Waterpark, tetapi di pertengahan jalan saya tawarin Alya untuk berenang di tempat lain saja. Setelah merayu sebentar, akhirnya Alya bilang "Iya".

Muncak Teropong Laut atau Muncak Tirtayasa


muncak teropong laut pesawaran
pemandangan aslinya jauh lebih indah daripada foto hp ini

Tujuan utama saya sebenarnya pengin jalan-jalan ke Marines Eco Park di Piabung, pengin tahu saja. Sudah lama merencanakan datang ke sana, tapi gagal terus.

Usaha terakhir menuju Marines Eco Park, setelah jalan-jalan ke Pantai Dewi Mandapa, sudah sampai ke Yonif dekat Pantai Batu Mandi, gagal di pertengahan jalan, karena kehujanan, kesorean, dan tidak bisa menemukan lokasi hehehe.

Saking penasarannya, hari Rabu kemarin, meskipun hujan deras, tetap kita paksakan, mau tidak mau, harus sampai ke Marines Eco Park ^_^.

Sebelum ke Marines Eco Park, kita pun mampir dulu ke tempat wisata di Lampung yang sedang ngehits, Muncak Teropong Laut atau Muncak Tirtayasa, Pesawaran.

Dari rumah, kita berkendara ke arah Kemiling, masuk jalur dua, di Palang Besi ambil arah kiri menuju Lembah Hijau, Citraland, Sumur Putri, lalu jalan terus lewat belakang perumahan Citra Garden sampai ketemu simpang Pom Bensin Keteguhan di Jalan RE Martadinata.

Berhubung perut sudah lapar, sebelum foto-foto cantik di Muncak Teropong Laut, kita memutuskan untuk menikmati kuliner favorit saya, Soto Sokaraja di Lampung. Duh, nikmatnya.

Rute Menuju Muncak Teropong Laut Pesawaran


Rute menuju Muncak Teropong Laut Pesawaran mudah banget ditemukan. Setelah makan sroto Sokaraja di RM Barokah, kita jalan lagi ke arah Pom Bensin, lalu belok kiri menyusuri Jalan RE Martadinata, satu jalur menuju Pantai Mutun, Pantai Dewi Mandapa, Pulau Pahawang, dll.

Dari Pom Bensin di pertigaan Jalan RE Martadinata ini, lokasi Muncak Teropong Laut tidak terlalu jauh.

Setelah melewati Pantai Duta Wisata, lalu jalan lagi ke depan, sekitar 2 km sebelum PPI Lempassing, di sebelah kanan jalan, setelah melihat papan penunjuk arah menuju Muncak Teropong Laut, kita pun langsung ambil jalan belok arah kanan.

rute menuju muncak tirtayasa
foto ini saya ambil pas pulang dari muncak tirtayasa

Dari papan penunjuk arah ini, kita mesti jalan sekitar 1,5 km lagi dengan medan jalan beragam, dari aspal cukup halus, aspal mengelupas, jalan onderlagh.

Overall, jalannya masih cukup mudah dilewati baik oleh mobil maupun motor.

Papan penunjuk jalan banyak kita jumpai sepanjang jalan sehingga kita pun dapat menjangkau Muncak Teropong Laut ini dengan mudah. Tidak nyasar.

pintu masuk muncak teropong laut
pintu masuk muncak tirtayasa

Setelah perjalanan beberapa menit, kita pun akhirnya sampai di Muncak Teropong Laut Pesawaran.

MuncaPas Dulu, Sebelum Masuk Muncak Teropong Laut


Selain papan penunjuk arah menuju Muncak Teropong Laut, di sepanjang perjalanan juga kita jumpai papan penunjuk arah menuju MuncaPas dengan tulisan "MuncaPas 5 km".

Karena penasaran, kita pun memutuskan untuk jalan dulu menuju MuncaPas, yang harus kita tempuh sekitar 3 km lagi dari Muncak Teropong Laut.

Gak sia-sia, kita jalan dulu ke MuncaPas. Kalau kita cuma mentok di Muncak Teropong Laut, kita tidak tahu kalau ternyata pemandangan indahnya teluk Lampung tidak cuma berhenti di Muncak Teropong Laut.

Di sekitaran Muncak Teropong Laut, sebenarnya ada banyak sekali tempat yang bisa kita jadikan spot foto-foto, tapi harus bayar 3 ribu rupiah per spotnya.

Kalau mau puas foto-foto dengan banyak spot, langsung masuk saja ke Muncak Teropong Laut, cuma bayar 5 ribu rupiah, dapat banyak spot foto-foto.

Nah, kita memutuskan jalan ke depan lagi, menuju MuncaPas.

Ternyata, masih banyak sekali spot di sepanjang perjalanan, yang cantik-cantik, untuk menikmati keindahan Teluk Lampung dari ketinggian, selain Muncak Teropong Laut.

Jika Muncak Teropong Laut cuma bisa menikmati Teluk Lampung di pantai-pantai Pesawaran, yang ada di sebelah kiri jalan, kita bisa menikmati juga pemandangan Teluk Lampung di Pantai-pantai Teluk Betung serta pemandangan kota Bandar Lampung dari ketinggian, di sebelah kanan jalan, saat kita jalan lurus lagi menuju MuncaPas.

Di sebelah kanan, ada tempat wisatanya juga, untuk spot foto-foto khusus pemandangan kota Bandar Lampung dan pemandangan Teluk Lampung di Bandar Lampung.

Persis di tanjakan sebelum tempat wisata yang satu ini, di sebelah kiri jalan, pemandangan Teluk Lampung di Pesawaran juga tidak kalah indahnya.

Ini dia foto kita (sayangnya pakai kamera HP, kalau pakai kamera digital akan lebih bagus lagi. Pemandangan aslinya jauh lebih bagus dari yang di foto):

pemandangan arah muncapas
pemandangan Teluk Lampung dan pulau-pulaunya

Saat kita mentok, sampai ke MuncaPas, kelihatannya tempat ini belum selesai dibangun. Jalan masih tanah, dan masih ada alat berat beroperasi.

Kita pun akhirnya memutuskan untuk kembali ke Muncak Teropong Laut.

Inilah Muncak Teropong Laut yang Bikin Takjub


Setelah puas menikmati pemandangan yang menakjubkan sepanjang perjalanan menuju MuncaPas, kita pun mampir ke Muncak Teropong Laut, membayar tiket 5 ribu rupiah per orang, lalu segera saja berfoto-foto di tempat ini.

Cukup dengan 5 rupiah, kita bisa menikmati banyak spot foto, gak rugi kan.

Pengunjungnya cukup ramai, meskipun hari sedang terik-teriknya. Pengunjungnya juga bukan cuma anak muda saja, anak-anak kecil, ibu-ibu, dan pasangan remaja, semua ada.

Rumah Pohon Muncak Teropong Laut


muncak teropong laut
foto di rumah pohon

Spot foto yang pertama ada rumah pohon dengan tulisan "Muncak" di bawahnya. Tempat ini favorit banget lho buat pengunjung.

Satu rumah pohon memiliki kapasitas maksimal 2 orang, jadi jangan sampai berlebih untuk keselamatan bersama.

Saat naik ke sini, rasanya agak serem-serem gimana gitu, agak goyang sedikit, dan kalau melihat ke bawah, langsung deg deg ser perasaannya :)

Rumah pohon di Muncak Teropong Laut Pesawaran ini sangat tidak recommended bagi yang takut ketinggian.

Kita sih kemarin melebihi kapasitas, bertiga: saya, mama, Alya. Tapi karena sama anak kecil, jadi ya gapapa kali ya hehehe.

Spot Foto Muncak Teropong Laut Paling Atas


spot foto muncak teropong laut paling atas

Spot foto paling atas juga harus Anda coba saat berkunjung ke Muncak Teropong Laut. Dari spot ini, pemandangan laut Teluk Lampung akan terlihat lebih lebar dan lebih jelas.

Sama dengan rumah pohon tadi, kapasitas maksimal juga 2 orang, dan jangan lupa gantian dengan pengunjung lain kalau pengunjung sedang ramai.

Kalau lagi sepi pengunjung sih boleh seharian foto-foto di situ hehehe.

Spot Papan Berbentuk Lingkaran


spot foto muncak teropong laut berbentuk lingkaran

Mau di mana spot yang dipilih, semuanya cantik-cantik. Latar belakang pemandangannya memang menakjubkan, dan Anda baru bisa betul-betul merasakan keindahannya kalau sudah pernah datang ke sini.

Pertama kali saya lihat foto di instagram, kelihatannya juga tidak terlalu wah. Tapi pas sampai di sini, ternyata wah banget pemandangannya. Wonderful. Ajib. Edan. Kata apa lagi yang bisa menggambarkan kekaguman yang sangat :)

Spot Foto Lainnnya


Masih banyak sih spot foto lainnya di Muncak Teropong Laut Pesawaran. Kalau mau tahu lengkapnya, datang langsung aja yah ke sini, soalnya gak akan ngerasakan indahnya kalau gak dateng langsung sih hehehe.

Ini dia spot foto lainnya:

muncak tirtayasa
maksimal 6 orang ya
pohon kelapa muncak teropong laut
rindang banget ngadem di sini
tempat foto di muncak teropong laut
masih banyak spot foto yang belum bisa saya upload :)

Total Biaya Masuk Teropong Laut Pesawaran


Biaya yang saya keluarkan saat jalan-jalan ke Muncak Teropong Laut:
  • Tiket Masuk 3 orang: Rp15.000,-
  • Parkir Motor: Rp3.000,-
  • Jajan Alya beli Es Teh Manis: Rp7.000,-
  • Total: Rp25.000,-

Di dalam Muncak Teropong Laut ada warung yang berjualan. Ada juga toilet dan mushola,

Gimana, tertarik untuk berkunjung ke Muncak Teropong Laut Pesawaran?

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post