Sunday, January 1, 2017

Purbasari Pancuran Mas Purbalingga Yang Makin Kece, Buktikan Sendiri Kalau Gak Percaya

author photo
jumanto.com - Purbasari Pancuran Mas Purbalingga Yang Makin Kece, Buktikan Sendiri Kalau Gak Percaya. Cuti selama lima hari, lalu pulang kampung ke Desa Pelumutan, Purbalingga, membuat saya bisa menjelajahi Purbalingga, meskipun sebenarnya masih kurang puas liburannya :)

Padahal sudah ditambah cuti bersama natal, rasanya pengin liburan seumur hidup deh saya ini hehehe.

Siapa sih yang gak suka liburan, jalan-jalan, bersenang-senang, berfoto-foto, dan makan-makan?

Paling-paling, pas pulang, tinggal meriang, karena isi dompet ternyata kosong, tinggal kertas tiket dan kertas saldo rekening setelah ambil duit di ATM hahahaha.

purbasari pancuran mas
Mama, Alya, dan Fiqih di Planet Aquarium Toyoshuka, Purbasari Pancuran Mas

Ya, pada liburan saya di Purbalingga kali ini, saya mengajak mama, Alya, dan Fiqih ke Purbasari Pancuran Mas. Terakhir kali berkunjung ke Purbasari Pancuran Mas saat Alya masih usia satu tahun, atau sekitar 3 tahun yang lalu.

Setelah 3 tahun tidak berkunjung, ternyata sudah banyak sekali perubahan yang terjadi pada tempat wisata di Purbalingga yang satu ini. Hmmm, seneng banget deh berkunjung ke Purbasari Pancuran Mas, dengan fasilitas yang lebih banyak, meskipun harga tiket masuk sudah naik dibandingkan tahun 2013 lalu :)

Beberapa hari sebelumnya, kita berkunjung juga ke Kampung Kurcaci Purbalingga, Curug Lawang dan Rest Area Serang Purbalingga.

Lokasi Purbasari Pancuran Mas Purbalingga


Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas Purbalingga terletak di Desa Purbayasa, RT 03 RW 02, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Lokasinya ada di pinggir jalan raya sehingga sangat mudah ditemukan.

Rute menuju Purbasari Pancuran Mas, dari Kota Purbalingga, jalan lurus melewati SMA N 1 Purbalingga, lampu merah Karang Sentul, jalan lurus terus ke arah Purwokerto, sampai ketemu Pasar Padamara.

Dari Pasar Padamara, ambil arah ke kanan. Jalan sebentar dari Pasar Padamara, di sebelah kanan jalan, akan kita temukan Gerbang Masuk Purbasari Pancuran Mas Purbalingga.

Kalau dari arah Purwokerto, rutenya bisa melalui jalan Purwokerto-Padamara-Purbalingga. Setiba di Pasar Padamara, ambil arah belok kiri lalu ketemu deh Purbasari Pancuran Mas di sebelah kanan jalan.


Atau kalau punya Google Maps, tinggal masukkan saja Purbasari Pancuran Mas dan ikutin deh rute jalannya. Sangat mudah menemukan alamat Purbasari Pancuran Mas.

Harga Tiket Masuk Purbasari Pancuran Mas


Tahun 2013 lalu, saat berkunjung ke Purbasari Pancuran Mas ramai-ramai bareng keluarga, harga tiket masuk Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas masih Rp10.000,- per orangnya.

Kemarin, akhir Desember 2016, saat mengunjungi lagi Purbasari Pancuran Mas, harga tiketnya sudah berubah.

Harga tiket masuk Purbasari Pancuran Mas yang harus kita bayar Rp18.000,- per orangnya, atau naik 8 ribu rupiah.

Namun, karena saya membawa dua anak kecil usia 4 dan 5 tahun (Alya dan Fiqih), kita disuruh bayar satu buah tiket saja untuk dua anak, sehingga kita pun cuma beli tiga buah tiket buat saya, mama, Alya dan Fiqih.

Harga tiket tersebut menurut saya masih murah banget sih dibandingkan tempat wisata di Lampung. Dengan harga segitu, kita dapat menikmati berbagai wahana wisata yang ada di Purbasari Pancuran Mas.
Yang dikenakan tiket masuk adalah anak umur 3 tahun ke atas. Di bawah 3 tahun tidak dikenakan tiket masuk.

Ada Apa Saja Sih di Purbasari Pancuran Mas?


Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas (PPM) dibuka pada pertama kali pada tahun 2001 oleh bupati Purbalingga saat itu, yaitu Bapak Triyono Budi Sasongko. Berarti sudah berumur sekitar 15 tahun ya, di tahun 2016 ini.

Pada awal dibukanya Purbasari Pancuran Mas, tempat ini masih berupa River World yang berisikan koleksi ikan-ikan air tawar dari berbagai belahan dunia, dan yang paling terkenal adalah ikan Arapaima Gigas. Ikan ini masih bisa kita jumpai sampai sekarang.

Dalam perkembangan waktu selama lebih dari 15 tahun ini, Purbasari Pancuran Mas telah berkembang pesat dengan membuat berbagai wahana wisata baru selain River World. Adapun Wahana Wisata yang ada di Purbasari Pancuran Mas di antaranya sebagai berikut:

#1. River World


river world purbasari pancuran mas
gak tahu nih mau gaya apa, gak bisa gaya soalnya wkwkwk

River World merupakan wahana wisata berupa aquarium raksasa yang mengoleksi berbagai jenis ikan dari berbagai belahan dunia. Konon, ada sekitar 200 jenis ikan air tawar yang ada di River World ini. Wah, banyak bener ya.

River World ini cocok banget sebagai tempat wisata edukasi di Purbalingga karena pengunjung yang datang ke sini bisa mengenal berbagai jenis ikan dari belahan dunia.

Ikan-ikan yang ada di River World ini di antaranya ada Arapaima Gigas, Piranha, Aba-aba Amazone, yang ketiganya merupakan jenis ikan yang mengagumkan, baik ukuran maupun bentuknya.

#2. Planet Aquarium Toyoshuka


A photo posted by Jumanto (@jumantodiary) on

Saat saya lewat di bawah aquarium besar di Toyoshuka Planet Aquarium ini, saya seperti lewat di bawah pintu masuk Taman Pintar Jogja. Saat masuk Taman Pintar Jogja, ada juga aquarium seperti ini, dengan ikan-ikannya yang besar, dan bisa kita lihat di samping kanan, kiri, dan dari atas kita.

Toyoshuka Aquarium planet juga menyimpan berbagai koleksi ikan, serta beberapa bangunan terkenal di dunia yang berbentuk mini.

#3. Tangkap Ikan


tangkap ikan di purbasari pancuran mas
area tangkap ikan

Area tangkap ikan ini berupa aliran sungai kecil, seperti saluran irigasi, yang di dalamnya berisi berbagai jenis ikan. Ujung dari aliran sungai kecil ini mengarah ke wahana wisata praon atau wisata air bebek-bebekan dan perahu.

#4. Konservasi Rusa


konservasi rusa purbasari pancuran mas
konservasi rusa yang kian cantik

Di konservasi rusa ini kita dapat melihat rusa-rusa yang cantik sedang bermain di kandangnya. Di dekat konservasi rusa ini ada taman yang cantik untuk foto-foto, persawahan di belakangnya, dan ada juga kebun buah naga.

#5. Wisata Air Terminal Praon


terminal praon purbasari pancuran mas
wisata air

Semua wahana di Purbasari Panncuran Mas gratis, sudah masuk ke dalam harga tiket masuk, kecuali Tempat Wisata Praon dan Theater 3D.

Nah, di Terminal Praon ini, kita bisa menyewa bebek-bebekan air atau beramai-ramai naik perahu keliling perairan kolam yang cukup besar.

Cukup dengan menyewa pelampung pengaman, kita dapat menikmati perahu wisata dan sepeda air secara gratis.

Biaya sewanya 3 ribu per orang untuk perahu wisata dan 10 ribu rupiah per sepeda air.

Anak-anak paling hobi nih disuruh bermain di sini.

#6. Cinema 3 D


Bagi yang suka nonton film 3 dimensi, dapat juga masuk ke Theater 3 D di Purbasari Pancuran Mas, dengan membayar tiket masuk terlebih dahulu.

Lokasi Cinema 3 D ini berada di depan mushola dekat dengan pintu keluar dan Wisata Praon. Yang masuk ke Theater 3 D biasanya anak-anak muda atau anak-anak sekolah yang suka nonton film.

#7. Kolam Renang dan Waterboom


waterboom di purbasari pancuran mas
kolam renang dan waterboom

Yang jadi incaran pengunjang juga nih, terutama anak-anak, yaitu kolam renang dan waterboom di Purbasari Pancuran Mas.

Pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk lagi ke waterboom ini, karena sudah masuk ke harga tiket masuk Purbasari Pancuran Mas.

Saat melihat kolam renang ini, Alya dan Fiqih juga langsung minta turun dan berenang di kolam renang anak-anak.

Sepenglihatan saya, ada 4 buah kolam renang di sini, dengan 1 slide dan 3 waterboom. Seru banget ngelihat mereka bermain air, dan saya cuma bisa nonton, gak bawa baju ganti soalnya hehehe.

#8. Bird Park


bird park purbasari pancuran mas
taman burung Purbasari Pancuran Mas

Bird Park ini berbentuk sebuah taman, ada tempat untuk duduk-duduk santai, dan isinya berupa koleksi burung-burung yang dikandangkan di sangkar burung yang besar.

Jika ingin melihat burung onta, kita dapat berkunjung ke Taman Burung ini. Tempatnya enak banget buat wisata keluarga dan wisata pendidikan.

#9. Istana Burung


istana burung purbasari pancuran mas
lihat burung di istana burung dan foto-foto

Jika di Bird Park kita melihat koleksi berbagai jenis burung di taman terbuka, di Istana Burung ini, kita akan memasuki ruangan seperti kandang burung raksasa.

Saat keluar dari kolam renang dan waterboom, pengunjung diharuskan untuk keluar lewat istana burung ini.

Di istana burung, kita bisa menyaksikan burung-burung terbang di atas kepala kita dan di sekeliling kita, selain beberapa koleksi burung yang ditaruh di kandang juga.

#9. Kebon Buah Naga


kebun buah naga
kebun buah naga Purbasari Pancuran Mas

Kebun buah naga ini terletak di sebelah konservasi rusa. Kebun buah naganya memang tidak terlalu luas, tapi pohon buah naganya sangat banyak.

Sayangnya, saat kita berkunjung ke sini buah naganya gak lagi buah. Kalau buah semua, tentunya lebih cantik lagi, bisa ambil juga kali ya hehehe.

Jalan sebentar dari kebun buah naga, ada jembatan cinta, kita bisa foto-foto di sini nih :)

jembatan cinta purbasari pancuran mas
foto di jembatan cinta

Di bawah jembatan ini ada kuda nil dengan ukuran besar yang mengapung, bukan kuda nil beneran ya, tapi kuda nil buatan :)

#10. Taman Bermain


taman bermain purbasari pancuran mas
taman bermain


#11. Diorama Satwa


diorama satwa
diorama satwa

Wahana wisata diorama satwa berupa aneka macam binatang yang telah diawetkan sehingga pengunjung dapat mengamati binatang dengan lebih bebas.

Binatang-binatang yang diawetkan ini adalah koleksi binatang di Purbasari Pancuran Mas yang telah mati karena tua, sakit, atau sebab lain serta ada juga koleksi binatang yang diawetkan hasil dari hibah masyarakat.

Nah, itulah wahana-wahana wisata yang ada di Purbasari Pancuran Mas. Tahun-tahun mendatang, saya yakin wahana wisata yang ada di sini semakin bertambah dan semakin lengkap. Silakan tambahkan di kolom komentar ya jika ada yang kurang.

Untuk fasilitasnya, Purbasari Pancuran Mas memiliki ruang pertemuan, terapi pijit ikan, tempat-tempat foto selfie menarik, mushola, toilet, warung-warung makan, area parkir yang luas, gazebo, dan tempat-tempat penjualan souvenir.

Demikian cerita liburan kita di Purbasari Pancuran Mas Purbalingga. Mudah-mudahan pariwisata Purbalingga makin maju.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post