Saturday, January 14, 2017

Masjid Muhammad Cheng Hoo Purbalingga, Unik dan Langka

author photo
jumanto.com - Masjid Muhammad Cheng Hoo Purbalingga. Setelah jalan-jalan ke Desa Wisata Panusupan, kita memutuskan untuk mampir sebentar ke Masjid Cheng Hoo Purbalingga, yang kita lewati saat berangkat. Karena berangkat ke Desa Panusupan sudah kesiangan, jadi kita memutuskan untuk mampir di Masjid Cheng Hoo Purbalingga pas pulangnya saja.

masjid muhammad cheng hoo purbalingga

Sepanjang perjalanan, Alya dan Fiqih tidur. Begitu sampai Masjid Cheng Hoo, Fiqih langsung terbangun, sedangkan Alya masih lelah kecapekan dan masih tidur saja. Padahal, biasanya mah langsung bangun kalau motor berhenti.

Di areal masjid Cheng Hoo Purbalingga ini, ada beberapa penjual makanan dan minuman. Karena laper dan haus, kita pun memesan dua gelas es dawet serta tiga porsi batagor. Duh, betapa nikmatnya. Alhamdulillah.

Alamat Masjid Muhammad Cheng Hoo Purbalingga


Masjid Muhammad Cheng Hoo Purbalingga terletak di Desa Selaganggeng, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah dengan alamat GPS: -7.31775, 109.36236.

Masjid Cheng Hoo Purbalingga ini tidak terlalu jauh dari Pusat Kota Purbalingga, sekitar 12 km saja ke arah utara, melalui jalan utama Purbalingga-Bobotsari.

Kalau dari arah Purbalingga, letak Masjid Cheng Hoo Purbalingga ada di sebelah kiri jalan. Kalau sampai ke simpang Serayu yang mau ke Kampung Kurcaci Purbalingga Desa Serang, kita masih lurus lagi ke depan. Tidak jauh dari Simpang Serayu ini, akan kita temukan Masjid Unik dan Cantik yang menjadi salah satu tempat wisata religi di Purbalingga.

Di Depan Masjid ada tulisannya kok "Masjid Jami' PITI Muhammad Cheng Hoo Selaganggeng, Mrebet Kab. Purbalingga".



Kalau punya GPS lebih gampang lagi, tinggal searching saja pasti ketemu, karena lokasi Masjid Cheng Hoo Purbalingga sudah ditag di Google Maps.

Sejarah Masjid Cheng Hoo Purbalingga


Keberadaan Masjid Muhammad Cheng Hoo Purbalingga terbilang masih baru, belum lama. Masjid ini baru diresmikan pada tahun 2011 lalu, tepatnya pada tanggal 5 Juli 2011 yang bertepatan dengan tanggal 3 Sya'ban 1432 H.

Masjid PITI Muhammad Cheng Hoo Purbalingga diresmikan oleh H. A. Zaky Arslan Junaid selaku Ketua Umum Koperasi Simpan Pinjam (Kospin) JASA.

sejarah masjid cheng hoo purbalingga
Peresmian Masjid Cheng Hoo Purbalingga

Pembangunan Masjid PITI Muhammad Cheng Hoo Purbalingga sendiri sebenarnya sudah mulai digagas di tahun 2004 oleh seorang muallaf keturunan Tiongkok, Thio Hawa Kong atau Heri Susatyo, bersama warga sekitar.

Lalu, di tahun 2005, masjid ini mulai dibangun. Tahun 2006, pembangunan masjid terhenti selama 4 tahun. Tahun 2010, pembangunan pun dilanjutkan kembali, dan akhirnya diresmikan di tahun 2011.

Masjid PITI Muhammad Cheng Hoo Purbalingga dengan Dominasi Warna Merah Seperti Klenteng


Masjid Muhammad Cheng Hoo Purbalingga memang tergolong unik, karena masjid ini tidak seperti kebanyakan masjid lainnya di Indonesia. Masjid-masjid selama ini mempunyai ciri khas berupa kubah, dan jarang sekali yang menggunakan warna merah.

Masjid Cheng Hoo Purbalingga justru sebaliknya, tidak ada kubah di sana, bangunannya pun lebih menyerupai klenteng, dengan dominasi warna merah, dihiasi dengan lampion-lampion cantik, yang menarik untuk dikunjungi di malam hari.

lampion masjid muhammad cheng hoo purbalingga

Masjid Cheng Hoo Purbalingga ini memiliki bentuk luar yang hampir sama dengan Masjid Cheng Hoo Surabaya, dengan atap tumpang tiga. Yang membedakan adalah pilar serta ornamen lubang hawa pada dindingnya.

Masjid Cheng Hoo Purbalingga juga menggunakan warna yang lebih berani dibandingkan dengan yang ada di Surabaya, dengan warna kalem.

Selain Masjid Cheng Hoo Surabaya, masih ada satu lagi masjid Cheng Hoo di Indonesia, yaitu Masjid Cheng Hoo Palembang.

Saat kita memasuki ruang tempat ibadah utama Masjid Cheng Hoo Purbalingga, kita akan menjumpai lampu gantung susun di tengah langit-langit ruang utama Masjid. Di langit-langitnya juga ada segi delapan dengan tulisan arab “Allah”.

ruang utama masjid cheng hoo purbalingga

Di luar masjid, disediakan air galon gratis bagi pengunjung yang kehausan, lengkap dengan gelasnya. Tempat parkir saya lihat tidak terlalu luas, tidak bisa menampung parkir mobil terlalu banyak. Petugas parkirnya ada, yang selalu mengarahkan pengunjung yang mau masuk ke masjid.

Penutup...


Masjid Cheng Hoo Purbalingga merupakan salah satu tempat wisata religi di Purbalingga yang wajib Anda kunjungi kalau Anda seorang Muslim.

Bentuk bangunannya unik, langka, dan lebih menyerupai klenteng dibandingkan masjid, dengan dominasi warna merah.

Masjid Muhammad Cheng Hoo adalah simbol keindahan dari toleransi serta akulturasi budaya Jawa dan Tionghoa.

Masjid Muhammad Cheng Hoo Purbalingga, unik dan langka.

This post have 2 komentar

avatar
Zainal MuttaQien delete January 14, 2017 at 9:21 AM

Saya dulu sering bolak balik purbalingga malah belum pernah mampir ke situ

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete January 14, 2017 at 2:18 PM

Padahal deke ya mas dari Rumah Mas Zainal hehehe. Mampir geh mas sekali kali :)

Reply


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post