Monday, January 30, 2017

Lampung Horti Park Bagus, Tapi Kurang Terurus

author photo
Jumanto.Com - Lampung Horti Park Bagus, Tapi Kurang Terurus. Di akhir Januari 2017 ini, saya, mama dan Alya, akhirnya punya waktu juga untuk berkunjung ke Taman Horti Lampung. BTW, udah pernah denger belum Lampung Horti Park?

lampung horti park

Lampung Horti Park atau Taman Horti Lampung adalah kebun PKK Provinsi Lampung yang mulai dibangun pada tahun 2014, tapi baru diresmikan pada tanggal 17 Februari 2015 oleh Bapak Ridho Ficardo, selaku Gubernur Lampung.

Lampung Horti Park dibangun oleh Dinas Pertanian Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung di atas tanah seluas sekitar 7,72 hektar. Luas banget bukan?

Keberadaan Taman Horti Lampung ini telah menjadi salah satu wahana edukasi sekaligus tempat wisata alam yang berada di Lampung.
Baca tulisan ini juga ya: 50+ Objek Wisata di Lampung yang Bagus buat Dikunjungi

Lokasi Lampung Horti Park (Taman Horti Lampung)


taman horti lampung

Lampung Horti Park terletak di Desa Sabah Balau, Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.

Meskipun terletak di Lampung Selatan, secara geografis, lokasi Taman Horti Lampung ini lebih dekat kok dengan pusat Kota Bandar Lampung.


Perjalanan dari kota Bandar Lampung membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja.

Rute menuju Taman Horti Lampung paling mudah dapat Anda tempuh lewat Jalan Urip Sumoharjo, melewati Lampung Walk, Rumah Sakit Urip, lurus terus lalu menyeberang Jalan Soekarno Hatta (By Pass).

Selanjutnya, setelah menyeberang by pas, terus saja susuri jalan Endro Suratmin, melewati IAIN Raden Intan, lurus lagi mentok sampai Padang Golf Sukarame.

Ambil jalan yang gak buntu. Persis sebelum Padang Golf, belok kiri sedikit, lalu ambil jalan ke kanan, lurus terus sampai ketemu Tugu Perahu atau Tugu Putri Sabah Balau.

tugu perahu lampung
Tugu Putri Sabah Balau

Nah, dari Tugu Sabah Balau ini, ambil jalan ke kanan, melewati kebun karet di pinggir jalan, jalan beberapa ratus meter dari tugu ini, di sebelah kanan jalan, akan ketemu deh letak Lampung Horti Park.

kebun karet sabah balau

Pintu masuknya memang tidak berada di pinggir jalan raya, tapi nanti di ujung taman, kita ambil belok kanan lagi, masuk melalui jalan yang belum diaspal.

Ada Apa Saja Sih di Horti Park Lampung?



Sesuai dengan namanya, Horti Park Lampung berisi beraneka ragam tanaman, dari sayuran, buah-buahan, tanaman obat-obatan, serta berbagai macam pembelajaran bercocok tanam secara hidroponik dan pembibitan serta pembuatan pupuk organik.

tanaman di horti park lampung

Dengan lahan seluas hampir 8 hektar, membuat kebun di horti park Lampung ini bisa ditanami banyak sekali jenis sayuran, buah-buahan, dan aneka macam tanaman lainnya.

Untuk jenis sayurannya, kita bisa menjumpai kangkung, bayam, dan sayuran lain yang ditanam secara tradisional, di tanah perkebunan.

media bekas untuk tanaman
bunga cantik dan sayuran

Lalu ada juga sawi, kangkung, bayam, dan aneka macam sayuran lainnya yang ditanam di pot dari bekas botol air mineral, bekas ban, bekas toples, bambu, dan media tanam bekas lainnya.

Kemudian, sebagian sayuran lainnya ditanam secara hidroponik dalam ruangan tersendiri.

Bunga-bunga cantik, dari mawar, bunga matahari, dan berbagai macam bunga lainnya juga menemani tour keliling kita di kebun Lampung Horti Park ini. Asyik benar mengajak Alya bermain di tanah lapang, berlari ke sana ke mari.

bunga mawar taman horti lampung

Alya terlihat ceria banget kita ajakin bermain di sini. Bermain sambil belajar mengenalkan alam dan cocok tanam kepada anak.

Sayangnya, Lampung Horti Park Terkesan Kurang Terurus


Beberapa tanaman di kebun Horti Park Lampung terlihat layu, seperti tanaman bunga yang berikut ini:

tanaman layu horti park lampung
bunga layu, paling depan

Saat kita tour keliling kebun, kita menjumpai beberapa tanaman layu, kekurangan air. Daunnya sudah lemas, kelihatan benar belum disiram atau belum terkena air hujan.

Buah labu yang kita jumpai, daunnya berguguran, entah kena penyakit, atau entah kurang terurus. Padahal buahnya cukup banyak, tapi daunnya terlihat tidak subur. Banyak yang rontok dan mengering.

labu kurang terurus


Bergeser sedikit, menuju area yang lebih luas, tempat ditanamnya buah-buahan seperti pepaya, sawo, belimbing, alpukat, buah naga, salak, dan buah lainnya, terlihat masih luas lahan kosong dengan rumput tinggi, tidak ada tanaman yang ditanam.

tanah tanpa tanaman
masih banyak tanah yang belum dioptimalkan

Rerumputan yang tinggi dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk mencari rumput buat makan hewan ternak. Untuk masih ada warga yang mau ngarit di sini ya, jadi ketinggian rumput bisa berkurang karena dipotong sama pencari rumput :).

Ada juga tempat buat menaruh bibit tanaman yang bocor nih, bolong atasnya hehehe.

tempat bibit bolong


Pas kita masuk ke tempat ini, kita juga bingung, ini tempat buat apa, isinya gak ada hehehe. Cuma ada beberapa sisa bibit, dan juga berisi tempat air besar.

Kesimpulan


Overall, buat saya, Taman Horti Park keberadaannya patut diapresiasi, sebagai sarana belajar seputar dunia pertanian.

Recommended banget buat dikunjungi anak-anak sekolah.

Sayangnya, Lampung Horti Park Lampung memang terlihat kurang baik pengelolaannya. Masih perlu banyak yang perlu dibenahi, dan masih banyak ruang untuk mempercantik taman ini.

Ke depannya, saya berharap banget agar Lampung Horti Park ini makin cantik, makin kaya akan tanaman, dan makin bermanfaat untuk dunia pendidikan. Saya dukung selalu Lampung Horti Park untuk terus maju dan menjadi Tempat Wisata Di Lampung unggulan.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post