Monday, January 2, 2017

Jembatan Cinta Purbalingga, Para Jomblo Boleh Datang Kok :)

author photo
jumanto.com - Jembatan Cinta Purbalingga, Para Jomblo Boleh Datang Kok :). Hai sahabat traveler, terutama bagi Anda yang ingin berwisata ke Kabupaten Purbalingga. Nah, kali ini saya mau berbagi pengalaman saya saat jalan-jalan ke Jembatan Cinta Panusupan, yang berada di Desa Panusupan, Rembang, Purbalingga.

jembatan cinta purbalingga
Jembatan Cinta Purbalingga di Desa Panusupan

Tempat-tempat wisata di Purbalingga memang keren-keren banget, dan makin ke sini makin maju saja. Purbalingga juga termasuk salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang perkembangan pariwisatanya berkembang pesat.

Tahun 2016 lalu, lagi ngehits banget nih Desa Wisata Panusupan dengan wisata andalannya berupa Puncak Igir Wringin dengan rumah pohonnya yang cantik, lalu Puncak Sendaren dengan Jembatan Selfienya, Curug Pesantren dengan air tejunnya yang mempesona, serta Jembatan Cinta Pringwulung dengan jembatan uniknya dari bambu.

Pokoknya, gak rugi banget deh kalau mau jalan-jalan ke Purbalingga, tempat wisatanya kece-kece, tiket masuknya murah, dan air terjun atau curug di Purbalingga juga banyak banget sehingga Purbalingga dijuluki juga kota seribu curug.

Lokasi Jembatan Cinta di Purbalingga


Alamat Jembatan Cinta Purbalingga atau Jembatan Cinta Pringwulung Panusupan yang ngehits ini terletak di Desa Wisata Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga.

Rute ntuk menuju tempat wisata ini dari Purbalingga atau Purwokerto dapat ditempuh melalui dua jalur. Yang pertama bisa lewat Purbalingga-Kaligondang-Rembang-Desa Wisata Panusupan dan yang kedua bisa melalui rute Purbalingga-Bobotsari-Karang Anyar-Karang Moncol-Desa Wisata Panusupan.

Rute terdekat kalau dari Kota Purbalingga atau dari Purwokerto adalah rute yang kedua, yaitu lewat Bobotsari.

Cara menuju Jembatan cinta selengkapnya silakan baca di artikel Desa Wisata Panusupan Purbalingga.

Makan Siang di Kantin Jembatan Cinta Panusupan Purbalingga


Setelah sempat nyasar sedikit, dan isi bensin di Pom Bensin dekat pasar di dekat SMP N 1 Karang Moncol (kalau gak salah), akhirnya sampailah kita di Jembatan Cinta Desa Panusupan Purbalingga. Jalannya lumayan juga, naik terus dari simpang Desa Panusupan-Rembang :)

Awal-awal masuk Desa Panusupan, terlihat jelas kebun-kebun salak di kiri jalan. Lalu, di kanan jalan ada langsung terlihat daerah-daerah di bawah Desa Wisata Panusupan.

Tepat siang hari, kita sampai di Jembatan Cinta Pringwulung, parkir motor bersama dengan motor pengunjung lainnya yang sudah cukup banyak, lalu langsung menuju kantin karena perut sudah kelaperan.

Berikut ini daftar menu makanan dan minuman yang ada di Kantin Jembatan Cinta Pringwulung Desa Panusupan Purbalingga:

menu makanan di kantin jembatan cinta purbalingga
menu makanan dan harga di Jembatan Cinta Panusupan
menu minuman di kantin jembatan cinta panusupan
menu minuman dan rokok di kantin jembatan cinta Panusupan

Daftar menu makanan yang ada di kantin Jembatan Cinta Panusupan ada bakso, aneka mie instan, pop mie, mendoan, dan ada juga CIMPLUNG.

Tahu cimplung gak?

Kalau gak tahu, ini gambar cimplung goreng yang kita pesan di kantin Jembatan Cinta Panusupan Purbalingga:

cimplung purbalingga
cimplung desa panusupan

Cimplung adalah makanan yang direbus dengan menggunakan rebusan nira (nira=air untuk membuat gula merah yang diambil dari bunga kelapa). Karena direbus menggunakan nira (orang Purbalingga menyebut nira = badheg), maka cimplung memiliki rasa manis.

Biasanya yang dibuat cimplung adalah umbi-umbian macam singkong, ubi jalar, talas, atau pisang dan terkadang kelapa juga.

Kalau pengin digoreng, hasil rebusan tadi bisa digoreng, namanya cimplung goreng, seperti cimplung singkong goreng pesanan kita.

Satu porsi cimplung goreng dihargai 5 ribu rupiah saja di kantin Jembatan Cintan, sama seperti satu porsi mendoan yang isinya 6 buah mendoan.

Adapun Menu lengkap yang kita pesan di Jembatan Cinta:

  • Dua buah bakso untuk saya dan mama masing-masing Rp10.000,-.
  • Dua buah Pop Mie untuk Alya dan Fiqih masing-masing Rp7.000,-.
  • Satu porsi mendoan R5.000,-
  • Satu porsi cimplung goreng Rp5.000,-
  • Dua butir kelapa muda masing-masing Rp7.000

Total semuanya habis 58 ribu rupiah. Masih cukup murah kan?

Harga Tiket Masuk Jembatan Cinta Purbalingga


Setelah kenyang makan siang di Kantin Jembatan Cinta Purbalingga, dan dengan susah payah menghabiskan cimplung dan kelapa muda yang ujung-ujungnya kita minta dibungkus saja, kita pun segera menuju tempat masuk Jembatan Cinta Purbalingga di Desa Panusupan ini.

Alya dan Fiqih, seperti biasa, jalan duluan, dan langsung lari-lari masuk ke Jembatan Cinta Pringwulung.

loket penjualan tiket jembatan cinta pringwulung
loket masuk penjualan tiket

Kita pun menuju loket penjualan tiket. Harga tiket masuk Jembatan Cinta Panusupan cuma 5 ribu rupiah saja per orangnya. Alya dan Fiqih dihitung satu orang. Lalu biaya parkir 2 ribu rupiah. Total kita harus membayar tiket masuk dan biaya parkir sebesar 17 ribu rupiah.

Setelah masuk ke Jembatan Cinta Panusupan, kita pun berfoto-foto. Yang paling banyak jadi foto modelnya ya Alya dan Fiqih.

foto jembatan cinta purbalingga
foto di depan mushola Jembatan Cinta

Kita pun juga sebenarnya gak mau kalah foto-foto selfie sama pengunjung lainnya. Ini salah satu hasil foto selfie kita menggunakan kamera depan Mi4i saya hehehe.

foto selfie di jembatan cinta pringwulung
foto di jembatan cinta pringwulung

Alya sama Fiqih seneng banget lari-lari di sini, keliling-keliling kolam air mancur, lari-lari tanpa rasa lelah. Untungnya cuaca gak panas-panas amat, agak mendung, sehingga rasanya sejuk.

Di belakang jembatan cinta ini, mengalir sebuah sungai yang airnya jernih banget. Seger banget rasanya kalau bisa mandi di sungai ini. Saya sih berharap agar ke depannya, ada jembatan yang mengantarkan pengunjung menuju sungai ini. Seru lah bisa sekalian mandi di sungai.

Sebelum saya mengakhiri tulisan saya tentang Jemabatan Cinta Purbalingga atau Jembatan Cinta Panusupan atau Jembatan Cinta Pringwulung, saya mau bagi-bagi foto cantik ini dulu ya hehehe.

foto cantik jembatan cinta purbalingga
foto cantik jembatan cinta
bonus foto jembatan cinta pringwulung
bonus foto :)

Gimana, cantik-cantik kan fotonya hehehe. Namanya juga Jembatan Cinta, tentunya banyak tanda LOVE dong di tempat foto-foto selfie di Purbalingga ini.

Pengin foto-foto di sini juga? Yuk datang ke Jembatan Cinta Purbalingga atau  Jembatan Cinta Panusupan. Mudah-mudahan ke depannya makin banyak kreativitas lagi yang di tempat ini. Hidup Pariwisata Purbalingga. #VisitPurbalingga.

This post have 2 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post