Saturday, January 14, 2017

Alun Alun Bandung Sekarang di Malam Hari

author photo
jumanto.com - Alun Alun Bandung Sekarang di Malam Hari. Seperti halnya kota-kota lain di Pulau Jawa, akan selalu ada ruang terbuka hijau yang biasa digunakan masyarakat untuk berkumpul dan menggelar berbagai acara, yang letaknya persis ada di pusat kota dan pusat pemerintahan.

Iya, Bandung, sebagai salah satu kota di Pulau Jawa, juga memiliki Alun-alun yang ternyata kece banget buat dikunjungi. Alun alun Kota Bandung ini cocok banget dijadikan tempata wisata keluarga yang asyik banget dan murah meriah.

alun alun bandung sekarang
keramaian alun alun bandung di sore hari

Jika sedang berkunjung ke Bandung, jangan melewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan Alun alun Bandung sekarang di malam hari, karena suasananya seru dan asyik.

Pertama kali saya datang ke Alun alun Bandung, saya pun langsung terpesona, tidak sesuai dengan bayangan awal. Keberadaan Alun alun Bandung sekarang ternyata melebihi ekspektasi saya yang muncul di pikiran sebelum sampai di Alun alun kota Bandung.

Alamat Alun Alun Bandung


Kalau saya lihat di Google Maps, Alun alun Bandung ini beralamat di Jalan Asia Afrika, Balonggede, Regol, Kota Bandung.

Yang jelas, kalau kita mau ke Alun alun Bandung ini, mudah banget, karena letaknya begitu strategis, berada di pusat kota.

Di sebelah utara dari alun alun Bandung, ada sebuah halte yang menjadi tempat naik turunnya penumpang ke dan dari berbagai tujuan.

Kalau mau gampang, tinggal pesan uber taxi, uber motor, grab car, atau bisa juga memesan Gojek. Transportasi di Kota Bandung cukup lengkap yang memudahkan kita mau jalan-jalan ke mana. Sewa motor juga banyak, seperti di Kota Jogja.

Saya sendiri datang ke Alun alun Kota Bandung naik uber motor dari West Point Hotel dan cukup membayar 10.500 rupiah saja. Kalau naik Gojek kayaknya lebih murah.

Kuliner Dekat Alun Alun Bandung


Di bawah Alun alun Bandung persis merupakan basement yang digunakan sebagai tempat parkir kendaraan pengunjung serta sentra kuliner Alun Alun Bandung.

kuliner alun alun bandung
penunjuk arah menuju sentra kuliner di basement

Banyak sekali penjual aneka makanan dan minuman yang berjualan di sentra kuliner Alun alun Bandung ini, tinggal pilih saja.

Kamar kecil juga ada di bagian basement.

Sayangnya, kalau saya lihat, keadaannya memang terlihat kumuh. Kurang bersih. Jadinya, pengunjung mungkin agak segan untuk makan di sentra kuliner ini.

Saya sendiri karena sudah kelaperan, akhirnya memesan batagor dan minumnya teh botol sos*o saja :).

Selain itu, saya perhatikan, banyak juga yang berjualan sosis goreng dan sejenisnya di sebelah barat alun alun Bandung, persis di sebelah kiri Masjid Raya Bandung, berada di antara pusat perbelanjaan dan masjid agung.

kuliner dengan alun alun bandung
tempat kuliner di dalem kaum, samping masjid agung Bandung

Di tempat ini disediakan banyak tempat duduk outdoor, keren banget deh suasananya, mirip dengan suasana di luar negeri :).

Kalau mau jalan lagi, katanya ada kuliner enak yang tidak jauh dari Alun alun Bandung, yaitu Mie Linggarjati (Rumah Makan Linggarjati, ada baksonya juga), yang berada di Jalan Balonggede Nomor 1, Bandung. Tempat kuliner di Bandung dekat alun alun ini konon laris banget dan harus antri kalau mau menikmati lezatnya kuliner di Bandung ini.

Selain itu, saya baca lagi, ada Lemang yang berada di samping kantor PLN (Alun alun Bandung), tepatnya di Jalan Cikapundung. Kuliner di Bandung yang satu ini merupakan makanan khas Padang.

Tempat Wisata Dekat Alun-alun Bandung


Banyak tempat wisata sejarah dan belanja yang dapat kita kunjungi di dekat Alun-alun Kota Bandung. Bandung sendiri kalau saya perhatikan, menyimpan banyak sekali bangunan-bangunan peninggalan Belanda, yang masih terpelihara sampai dengan saat ini.

Saya sangat suka dengan bangunan-bangunan Belanda yang masih terjaga dengan baik, dan mengingatkan saya akan keberadaan Kota Jogja yang penuh dengan budaya dan sejarahnya juga.

Nah, kalau kita jalan-jalan ke Alun alun Bandung, kita bisa menikmati wisata belanja di Dalem Kaum. Komplek Dalem Kaum ini berada di Jalan Dalem Kaum, persis di sebelah kiri Masjid Raya Bandung.

dalem kaum bandung
pusat perbelanjaan dekat alun alun Bandung

Berbagai barang dengan berbagai harga dapat kita temukan di Dalem Kaum ini dan suasanya benar-benar lain dari pusat perbelanjaan yang pernah ada. Saya merasakan seolah-olah sedang jalan-jalan ke luar negeri (padahal belum pernah jalan jalan ke luar negeri hehehe).

Di kompleks Dalem Kaum ini juga kita akan menemukan makam Bupati Raden Adipati Wiranatakusumah II, yang merupakan Bupati Kabupaten Bandung ke-6 yang berjasa mendirikan Kota Bandung.

Selanjutnya, kita bisa jalan-jalan ke Jalan Asia Afrika, lalu menuju tempat wisata di dekat Alun-alun Bandung lainnya seperti Warung Kopi Purnama, Penjara Soekarno, Masjid berarsitek Tionghoa seperti Masjid Cheng Hoo Purbalingga, Cikapundung Riverspot, Jalan Braga yang banyak turisnya, Gedung Merdeka, dan Tugu Titik Nol Bandung.

Bandung memang selalu menarik untuk dikunjungi bagi pencinta budaya, layaknya kota Jogja.

Alun alun Bandung Rumput Sintetis


alun alun bandung rumput sintetis

Salah satu ciri khas dari Alun-alun Kota Bandung adalah keberadaan rumput sintetis ini. Jarang banget ada alun alun yang memakai rumput sintetis, dan Bandung ini mungkin merupakan satu-satunya.

Maklum, sang walikota kan memang seorang arsitek, jadi ada saja deh ide untuk mempercantik alun-alun Kota Bandung yang direnovasi pada tahun 2014 lalu.

Keberadaan Alun alun Bandung dengan rumput sintetisnya benar-benar membuat tempat ini menjadi tempat wisata keluarga yang sangat ramah di Bandung. Rumput sintetis juga membuat alun-alun Bandung menjadi lebih indah.

Setiap sore, sepertinya tempat ini ramai dengan anak-anak yang bermain bersama keluarga. Ada yang main bola, ada yang sekedar duduk-duduk, ada yang sekedar ngobrol sama pacar juga, bermacam-macam aktivitas bisa dilakukan di Alun alun Bandung.

Selain rumput sintetis, di sebelah selatannya juga ada taman bunga yang membentuk labirin-labirin cantik, bagus dijadikan tempat foto selfie dan instagramable deh pokoknya.

taman bunga alun alun bandung

Di sebelah timur alun-alun, ada tulisan besar BANDUNG yang menunjukkan kepada kita bahwa inilah kota Bandung.

Alun-alun Bandung sekarang telah menjadi salah satu destinasi liburan dan hiburan warga kota Bandung. Enaknya lagi, lokasinya yang berada di belakang Masjid Raya membuat tempat ini makin asyik dikunjungi. Selain refreshing, kita juga bisa menikmati wisata religi di kota Bandung.

Alun alun Bandung Sekarang VS Dulu


Alun alun Bandung sekarang tentunya jauh lebih rapi dibandingkan dengan alun alun Bandung dulu. Dulu, landscape utama dari Alun alun Bandung adalah keberadaan air mancurnya.

Alun alun Bandung tempo dulu juga terlihat kumuh, penjual tidak rapi, berjualan di mana-mana. Selain itu, konon, alun alun Bandung dulu juga dijadikan tempat mangkal para PSK.

Jaman sudah berubah lebih maju, dengan perkembangan di segala bidang. Termasuk Alun-alun Kota Bandung yang dipercantik menjadi Alun-alun Bandung sekarang.

Warga kota Bandung harus bersyukur karena punya ruang terbuka di pusat kota yang bisa dinikmati siapa saja.

Warga Bandung tidak perlu jauh-jauh untuk menghabiskan sore di akhir pekan, karena Alun-alun Bandung pun dapat menjadi alternatif tempat wisata dan refreshing yang murah di Kota Bandung.

Alun alun Bandung juga ramah sekali buat anak-anak, selain keberadaan lapangan dengan rumput sintetis, di Alun alun Bandung juga ada arena khusus bermain anak yang di dalamnya ada ayunan, perosotan, jungkat jungkit, dan permainan anak lainnya.

area bermain alun alun bandung
area bermain anak

Di belakang halte, merupakan tempat favorit untuk nongkrong bersama teman. Tempat duduk banyak sekali, pohonnya sudah mulai rindang, dan suasananya nyaman.

tempat nongkrong di bandung
nongkrong di alun alun bandung, belakang halte

Di Alun alun Bandung juga ada perpustakaan yang bisa menambah pengetahuan kita. Refreshing, bermain, sambil belajar di Alun alun Bandung. Seru bukan?

Penutup: Alun-alun Bandung Wajib Dikunjungi


Sebagai penutup tulisan saya kali ini, saya merekomendasikan banget kalau Anda mau wisata keluarga ke Kota Bandung, maka wajib banget datang ke Alun alun Bandung ini.

Anak-anak pasti seneng banget main-main di atas rumput sintetisnya.

Kita juga bisa berkeliling jalan kaki menuju Jalan Asia Afrika dan menikmati berbagai wisata sejarah dengan bangunan-bangunannya yang masih terpelihara.

Kesimpulannya: Alun alun Bandung sekarang benar-benar cantik, apalagi kalau sore hari hingga malam hari, tambah cantik. Yuk datang ke Alun alun Bandung.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post