Saturday, December 31, 2016

Taman Pemandian Way Bekhak Tanggamus, Duh Mempesona Banget. Gak Percaya???

author photo
jumanto.com - Taman Pemandian Way Bekhak Tanggamus, Duh Mempesona Banget. Gak Percaya???. Bermula dari iseng-iseng lihat-lihat instagram orang lain, tiba-tiba saya melihat ada seorang traveler yang memposting foto jernihnya air di Taman Pemandian Way Bekhak/Way Behak/Wai Bekhak.

taman pemandian way bekhak
foto saya mandi di air terjun Way Bekhak

Saya baca-baca sekilas postingan tersebut, dan lokasinya ternyata ada di dekat rumah mertua saya. Wah, Januari 2012 menikah dan Desember 2016 baru tahu ada lokasi seindah ini? Hmmm, begitu ada libur panjang tahun baru selama 3 hari, saya pun langsung cabut ke Taman Pemandian Way Bekhak sekalian sowan ke rumah mertua.

Rute ke Taman Pemandian Way Bekhak


Taman Pemandian Way Bekhak terletak di Pekon Sukaraja, Kecamatan Gunung Alip, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Lokasinya tidak terlalu jauh dari Pasar Gisting, sekitar 1-2 km saja. Kalau dari Kota Bandar Lampung, Taman Pemandian Way Bekhak ini terletak sebelum Pasar Gisting dan sebelum Pom Bensin Gisting juga.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Taman Pemandian Way Bekhak, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau naik angkutan umum bus Rajabasa-Kota Agung.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil, silakan arahkan kendaraan Anda ke Jalan Lintas Barat Sumatera, melewati Kabupaten Pesawaran, Pringsewu, Talang Padang.

Lewat Pasar Talang Padang, masih lurus lagi ke arah Gisting/Kota Agung. Anda pun akan melewati MTs Negeri 2 Tanggamus/MTs Negeri Talang Padang yang ada di sebelah kanan jalan.

Nah, kalau sudah sampai di MTs N 2 Tanggamus ini, tinggal jalan sekitar 1-2 km lagi ke arah Tanggamus/Gisting.

Jangan terlalu ngebut setelah melewati MTs N 2 Tanggamus ya. Lihat-lihat di sebelah kanan jalan sampai Anda menemukan Gapura ini:

gerbang taman pemandian way bekhak
gapura masuk way bekhak

Jika sudah menemukan gapura dengan tulisan "Taman Pemandian Wai Bekhak", arahkan kendaraan Anda masuk ke jalan ini. Tinggal jalan sekitar 300 meter saja, dan sampailah Anda di Way Behak. Sangat mudah dijangkau bukan?

Kendaraan baik motor maupun mobil dapat masuk ke sini, jadi gak perlu khawatir bagi yang membawa mobil.

Jika menggunakan kendaraan umum, sama mudahnya dengan menggunakan kendaraan pribadi. Dari Rajabasa/Bandar Lampung, naik bus jurusan Kota Agung, lalu minta diturunkan di Taman Pemandian Way Bekhak Tanggamus di Pekon Sukaraja/Gunung Alip. Minta diberhentiin di depan gapuranya ya.

Setelah turun, tinggal nyeberang jalan, lalu jalan kaki sebentar, sampai deh di tempat yang akan membuat Anda terkagum-kagum ini :)

Mudah banget bukan menemukan lokasi Taman Pemandian Way Bekhak?

Tiket Masuk Way Bekhak


Taman Pemandian Way Bekhak sebenarnya merupakan jaringan irigasi, tetapi sama masyarakat setempat, karena melihat jernihnya air yang keluar dari mata air dan banyak orang yang mandi, akhirnya dibuatkan taman pemandian.

Taman Pemandian Way Behak pun akhirnya dijadikan tempat wisata di Lampung. Saat musim liburan atau hari libur, tempat ini ramai juga dikunjungi wisatawan. Ada juga traveler dari Sulawesi sengaja datang ke tempat ini.

Nah, untuk masuk ke Way Behak, kita harus membayar tiket masuk. Harga tiket masuk Way Bekhak cukup murah kok:
  • orang: Rp2.000,-
  • motor: Rp8.000,-
  • mobil: Rp25.000,-

kendaraan motor dapat dibawa masuk sampai depan tempat pemandian.

Air Terjun Way Bekhak, Airnya Keluar dari Akar Pohon


Spot favorit dan paling menakjubkan buat saya saat jalan-jalan ke Way Behak adalah air terjun mininya. Untuk menuju Air Terjun Way Bekhak, kita tidak perlu jalan jauh kok. Cuma jalan kaki sekitar 10 meter saja dari Taman Pemandian, dan langsung kita temukan air terjun mini yang cantik, deras, dan menakjubkan banget.

Mengapa menakjubkan?


Pertama, air di Air Terjun Way Bekhak ini sangat jernih


jernihnya air terjun way bekhak
turun menuju air terjun Way Bekhak

Iya, air di Air Terjun Way Behak sangat jernih, yang alirannya akan menuju ke Taman Pemandian Way Bekhak. Penduduk sekitar juga bilang, mereka biasa meminum langsung air dari air terjun ini. Bersih banget dan jernih banget. Saya yakin Anda juga akan terkagum-kagum.

Kedua, Air Terjunnya Cantik dan Deras


air terjun way bekhak yang cantik
cantiknya Air Terjun Way Bekhak

Air terjunnya, meskipun mini, cukup cantik dan debit aliran airnya deras. Seger banget panas-panas mandi di sini. Katanya, sering juga anak-anak bolos sekolah, terutama dari Pringsewu, lalu main di sini lho. Wah, jangan suka bolos ya dek hehehe.

Ketiga, Sumber Air Berasal dari Akar-akar Pohon


sumber air pemandian way bekhak
air keluar dari akar pohon

Karena saya penasaran, dari mana asalnya air di air terjun ini, saya pun memanjat sampai ke atasnya. Dan saya pun kaget juga.

mengapa?

Ternyata DI ATAS AIR TERJUN WAY BEKHAK, TIDAK ADA ALIRAN SUNGAI. Lalu dari mana sumber airnya?

Setelah saya lihat-lihat lagi, air yang mengalir di air terjun ini ternyata adalah mata air asli, benar-benar alami, dan bisa menghasilkan debit air yang begitu banyak.

Di atas air terjun ini ada pohon yang besar dan tua. Saya lihat, dari akar-akar pohon inilah keluar mata air yang sangat jernih dan alami banget. Jernih tiada tara.

Air di sumber mata air ini akan mengalir ke dua arah, pertama ke arah air terjun dan yang kedua akan mengalir ke persawahan.

Menakjubkan banget deh tempat ini. Benar-benar sumber air murni yang mengalir membentuk air terjun. Wajib dateng ke sini deh bagi Anda yang suka dengan wisata alam. Recommended banget.

Mandi di Pemandian Way Bekhak


Setelah puas menikmati air terjunnya, kita pun menuju tempat pemandiannya. Untuk menghangatkan badan, saya makan gorengan dulu di warung pinggir taman pemandian.

Setelah itu, saya menemani Alya berenang di Taman Pemandian. Sejak bisa menyelam di dalam air, Alya sekarang tambah hobi renang. Kalau lihat kolam renang, penginnya langsung nyemplung saja.

mandi di way bekhak
menemani Alya mandi di Way Bekhak

Melihat air jernih di Taman Pemandian Way Bekhak, Alya pun juga langsung minta berenang di taman pemandian ini.

Beberapa orang terlihat sedang asyik mandi juga. Tidak terlalu ramai, karena kita orang datang ke sini sudah sore, selepas Ashar.

Pengunjung biasanya datang ke sini siang hari.

Aliran Air Jernih di Sawah Samping Way Bekhak


Melimpahnya sumber air jernih membuat aliran air dari sumber mata air Way Bekhak terbelah menjadi dua.

Pertama, aliran air turun ke air terjun lalu mengalir ke Taman Pemandian Way Bekhak.

Yang kedua, aliran air turun ke tempat lain, dan akhirnya mengalir membentuk sungai mini di pertengahan areal persawahan. Cantik juga pemandangannya.

sungai mini way bekhak
aliran sungai mini di way bekhak

Di pinggiran aliran sungai mini diletakkan batu-batu yang memanjang sepanjang aliran sungai mini. Biasanya, ada penduduk setempat yang mencuci di sungai ini.

Airnya sama jernihnya dengan taman pemandian, karena berasal dari tempat yang sama. Karena selalu terisi dengan air, tempat ini jadinya kosong tanpa tanaman, karena tidak bisa ditanami padi mengingat airnya selalu menggenangi areal lahan.

Nah, itulah cerita singkat saya saat berkunjung ke Taman Pemandian Way Bekhak. Saya kasih rate 4,5/5 deh untuk tempat wisata di Tanggamus yang satu ini. Menakjubkan buat saya. Gimana, mau berkunjung ke Taman Pemandian Way Bekhak Tanggamus?

This post have 4 komentar

avatar
Keliling Lampung delete April 6, 2017 at 8:33 PM

Airnya jernih ya oom. Berkali2 liat postingan kawan di IG, tapi belum ada kesempatan untuk datang ke way bekhak. Ajak anak2 asik banget :)

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete April 6, 2017 at 9:18 PM

Bener banget Om Yo, abis dzuhur cocok banget, air jernih sekali, dan benar-benar alami. Asyik main ke sini :)

Reply
avatar
Creative Design MMA delete July 9, 2017 at 9:09 PM

Woy cool banget, tunggu saya Insya Allah segera datang. Meskipun harus menyeberang Selat Sunda.

Reply


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post