Monday, December 5, 2016

Naik Damri dari Lampung ke Bandung Royal Class dan Eksekutif

author photo
jumanto.com - Naik Damri dari Lampung ke Bandung Royal Class dan Eksekutif. Minggu, 27 November 2016, saya ada penugasan ke Bandung. Sebenarnya, saya merasa agak berat sih pergi ke luar kota, harus meninggalkan keluarga. Tapi apa mau di kata, si bos sudah menginstruksikan saya harus ikut, mau gak mau ikut juga :)

Sudah berusaha ngomomg sama si bos agar saya tetap jaga kantor, menyiapkan pembayaran Honor PPNPN yang harus saya ajukan tanggal 1 ke KPPN, eh masih tidak tembus juga negosiasi saya. Saya memang kurang bakat masalah negosiasi hehehe.

Kegiatannya sebenarnya baru mulai hari Selasa. Namun, karena kita orang naik Damri, mau gak mau saya berangkat bersama dua kawan saya di hari Minggu, supaya sampai Bandung Senen pagi dan hari Selasanya kita sudah fresh untuk mengikuti kegiatan.

Pesan Tiket Damri Lampung-Bandung di Pahoman


Hari Jumat sebelum keberangkatan, saya pun hunting tiket Damri. Sempat bingung mau berangkat hari Minggu atau hari Senin, karena harus mengurus MPHL-BJS Hibah dulu ke KPPN. Setelah ditunggu-tunggu sampai hari Jumat, ternyata SP3HL dan register Hibah belum turun juga dari Kantor Pusat. Ya sudahlah, mantapkan hati, luruskan niat hehehe, akhirnya kita putuskan untuk berangkat naik Damri di hari Minggu.

Hari Jumat ternyata sedang ada aksi demo di Bundaran Gajah, masih terkait dengan kasus dugaan penistaan agama oleh Ahok. Daripada harus bermacet ria kalau saya beli tiket damri di Stasiun Tanjung Karang, saya pun tanya sama kawan yang biasa naik Damri Lampung-Bandung, dan dikasih tahulah kita kalau Tiket Damri Lampung-Bandung atau Lampung-Jakarta juga bisa dibeli di Pahoman.

Dimana lokasi penjualan tiket Damri di Pahoman?


Kalau kamu belum tahu nih, saya kasih tahu ya hehehe. Dari Stadion Pahoman, lurus ke arah Antasari/Gajah Mada. Tapi jangan lewat fly over, lewat bawah. Di lampu merah, belok kanan. Sekitar 200 meter, ada pom bensin di sebelah kanan, dan di sebelah kiri ada masjid. Jalan sedikit lagi ke depan, nah di situlah kita bisa membeli tiket Damri Lampung Bandung atau Lampung Jakarta dan dari situ juga kita bisa naik Damrinya. Letaknya habis masjid pokoknya, cuma beberapa meter aja.

Kalau kita mau naik Damri Eksekutif, ternyata tidak bisa lho naik lewat Stasiun Tanjung Karang atau Pahoman ini. Tapi kalau mau naik Royal Damri atau bisnis, bisa lewat Stasiun dan Pahoman.

Sebenarnya saya mau naik eksekutif saja dibandingkan Royal, tapi karena Damri Eksekutif Lampung - Bandung tidak bisa naik lewat Pahoman, akhirnya saya putuskan untuk naik Royal Damri saja.

Harga Tiket Damri Lampung-Bandung


harga tiket damri lampung bandung
Tarif Bus Damri Lampung-Bandung

Saat saya beli tiket ini (akhir November 2016) harga tiket Damri Lampung-Bandung sebagai berikut:
  • Damri Lampung Bandung Royal Class (dari Tanjung Karang): Rp260.000,-
  • Damri Lampung Bandung Eksekutif Class (dari Tanjung Karang): Rp225.000,-
  • Damri Lampung Bandung Bisnis Class (dari Tanjung Karang): Rp190.000,-
  • Damri Metro-Bandung Executive Class: Rp240.000,-
  • Damri Pringsewu-Bandung Royal Class: Rp270.000,-
  • Damri Talang Padang-Bandung Royal Class: Rp280.000,-

*) Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu.

Harga Tiket Damri dari Lampung ke Bandung antar kelas hanya berbeda 35 ribu rupiah saja. So, mau naik Damri kelas yang mana?

Jadwal Keberangkatan Bus Damri Lampung-Bandung


Bus Damri dari Lampung ke Bandung dan dari Bandung ke Lampung cuma ada satu jadwal keberangkatan setiap harinya yaitu:
  • Bus Damri dari Stasiun Tanjung Karang ke Bandung berangkat pukul 20.00 WIB,
  • Bus Damri dari Bandung ke Lampung berangkat pukul 19.00 WIB.

Untuk keberangkatan dari Pringsewu, Talang Padang, dan Metro bisa diperkirakan sesuai jadwal di atas.

Pengalaman saya saat naik Damri dari Lampung Ke Bandung, berangkat dari Pahoman pukul 20.00 dan sampai di Bandung pukul 06.00 pagi.

Lalu, pulangnya, berangkat dari Bandung pukul 19.00 malam dan sampai Tanjung Karang pukul 05.00 pagi.

Oiya, untuk tempat pemberhentian Damri di Bandung, Damri ini berhenti di Pool Damri Bandung yang letaknya persis di depan Stasiun Bandung. Strategis banget, turun langsung naik kereta, atau kalau mau keliling bandung bisa naik angkot, Uber Taksi, Uber Motor, Grab Taksi, atau bisa juga naik Gojek.

Turun dari Damri di Bandung, tidak perlu bingung, karena angkutan umum banyak banget hehehe.

Enakan Mana, Damri Royal Class atau Eksekutif Class?


Kita berangkat ke Bandung dari Lampung naik Damri Royal Class. Baru jalan sebentar saja, kepala saya langsung pusing, dan kepala juga langsung panas dingin. Perut mual-mual, tersiksa sekali rasanya. Untungnya kawan bawa permen, sehingga tidak sampai mabuk kendaraan. Malu kan ya kalau sampai mabok hehehe.

Ini pengalaman kedua saya naik Damri Royal Class dengan rasa mual-mual. Sebenarnya saya sudah pernah naik Royal 4 atau 5 kali sih, tapi kedua kalinya mengalami mual-mual kayak gini. Sebelumnya, pas naik Royal Damri dari Gisting, saya mengalami hal seperti ini juga.

Bus Royal Damri ini menurut saya terlalu tinggi sehingga goyangannnya terasa banget dan bikin pusing. Tempat duduknya enak sih, nyaman, tebel, empuk, lebar, dan bisa selonjor sepuasnya, bisa tiduran juga, cuma ya itu, terlalu tinggi sehingga bikin pusing.

Untungnya, setelah naik kapal, perjalanan Damri dari Merak ke Bandung lancar dan sudah tidak mual lagi.

Pulangnya, saya naik Eksekutif Class saja karena bus ini ternyata lewat Tanjung Karang juga.

damri eksekutif class
Kursi bus Damri eksekutif Class

Naik Eksekutif Class Damri ternyata lebih nyaman buat saya, karena lebih rendah. Sepanjang perjalanan saya bisa tidur, karena penumpangnya ternyata tidak banyak sehingga dua kursi bisa saya kuasai hehehe. Enaknya Damri kan, berapa pun penumpangnya pasti tetap berangkat, meskipun cuma 3 atau 4 orang penumpang.

Kesimpulannya, buat saya, saya lebih suka naik Damri Kelas Eksekutif atau Bisnis dibandingkan kelas Royal. Kalau kamu?

Yap, itulah sharing singkat saya saat naik Damri dari Lampung ke Bandung dan dari Bandung ke Lampung. Angkutan ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang mau jalan-jalan ke Bandung dari Lampung atau mau piknik ke Lampung dari Bandung :)

This post have 2 komentar

avatar
Rika D'Laiqa delete December 5, 2016 at 9:14 PM

imho, kalau naik bus yang air suspension (suspensi udara) hindari duduk di bagian depan, bunyi enceeess-enceeess terus, jadi agak susah kalau mau istirahat. (atau aku yang ndeso yah? hehehehe.) ^,^

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete December 6, 2016 at 5:05 AM

kalau saya biasanya milih duduk di tengah mba hehehe. Sebaik-baik perkara adalah yang di tengah :)

emang bunyi ences apa tuh mba, kok saya gak pernah denger ya hihihi

Reply


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post