Tuesday, December 13, 2016

Cara Mengganti Buku Tabungan Mandiri Yang Hilang Dan Biayanya

author photo
jumanto.com - Cara Mengganti Buku Tabungan Mandiri Yang Hilang Dan Biayanya. Pernah punya pengalamana kehilangan buku tabungan Mandiri? Atau pernah kehilangan buku tabungan yang lain? Saya rasa, baik buku tabungan Mandi, BRI, BCA, BTN, BNI, Muamalat, Danamon, atau bank-bank yang lain, prosedur penggantian buku tabungannya hampir sama.

ganti buku tabungan mandiri yang hilang
antri untuk mengganti buku tabungan mandiri Cut Mutia

Saya juga punya pengalaman kehilangan buku tabungan Mandiri nih dan belum lama ini saya urus proses penggantiannya. Gak tahu juga hilangnya di mana, entah di rumah, entah di kantor, entah saat mudik ke Purbalingga dulu.

Buku tabungan mandiri saya hilang sudah satu tahunan lebih. Sebenarnya males banget sih ngurus buku tabungan yang hilang. Males harus ribet bikin surat keterangan kehilangan dari kepolisian.

Selain itu, buku tabungan mandiri saya juga jarang saya pakai. Tiap hari sudah pakai internet banking, jadi gak terlalu peduli sama buku tabungan.

Gara-garanya sih mau mendaftarkan BPJS orang tua dan mertua, supaya bisa pakai autodebet. BPJS sendiri baru bisa menggunakan autodebet Bank Mandiri dan BNI (kalau tidak salah).

Persyaratan Mengganti Buku Tabungan Mandiri Yang Hilang


Nah, berdasarkan pengalaman saya saat mengganti buku tabungan mandiri yang hilang di Bank Mandiri Cabang Cut Mutia Bandar Lampung, berikut ini syarat-syarat yang diminta:

Selain mempersiapkan dokumen-dokumen di atas, ada beberapa hal juga yang harus kita ingat terkait akun bank kita, karena ini akan ditanyakan oleh petugas bank.

Beberapa hal yang ditanyakan terkait dengan akun kita saat mengganti buku tabungan mandiri yang hilang adalah:
  • nama ibu kandung kita.
  • hari dan tanggal transaksi terakhir kita.
  • kalau tidak ingat hari dan tanggal transaksi terakhir, ingatlah jenis transaksi terakhir dan nominalnya (misal ambil tunai kira-kira 500an ribu).
  • saldo bank kita.
  • karena KTP saya berbeda alamat dengan alamat yang dulu didaftarkan di bank (saya pindah alamat), maka ditanyakan juga alamat yang dulu.
  • ditanyakan juga tempat tanggal lahir kita.

Cara Mengganti Buku Tabungan Mandiri yang Hilang


Setelah berkas-berkas lengkap, kita serahkan ke petugas customer service, setelah dipanggil antrian kita tentunya. Jangan suka nyerobot ya hehehe. Budayakan antri. Saya paling sebel sama orang Indonesia yang suka nyerobot antrian.

Setelah berkas-berkas kita kasih sama petugas customer service, customer service akan memproses berkas kita dan menanyakan data-data di atas kepada kita.

Proses waktunya tidak terlalu lama sih sebenarnya, sekitar 5-10 menit sudah jadi. Sangat mudah memproses buku tabungan mandiri yang hilang. Yang paling penting siapkan berkas-berkas yang diminta. Yang agak ribet paling ya bikin surat keterangan kehilangan dari kepolisian.

Di customer service ini juga kita akan disuruh untuk mengisi form yang isinya nama, alamat, tempat tanggal lahir, no hp, no ktp, no rekening kita, nama ibu kandung, dan terakhir tanda tangan.

form penggantian buku tabungan mandiri yang hilang
Isi form dulu ya :)

Setelah semua lengkap dan kita mengisi form yang telah diberikan, maka kita pun akan mendapatkan buku tabungan mandiri baru untuk menggantikan buku tabungan mandiri yang hilang.

Horeee. Aman sudah buku tabungan mandiri saya. Selanjutnya tinggal ngurus pendaftaran BPJS Kesehatan orang tua dan mertua saya hehehe.

Biaya Penggantian Buku Tabungan Mandiri Yang Hilang


Oiya, satu hal lagi yang penting, untuk biaya penggantian buku tabungan mandiri yang hilang tidak gratis lho ya. Saat saya menerima buku tabungan yang baru, ternyata di situ langsung dicetak transaksi bulan terakhir oleh customer service yang melayani saya.

Dari transaksi di buku tabungan tersebut, saya lihat ada transaksi senilai 15 ribu rupiah. Saya pun awalnya bingung, itu transaksi apaan.

Karena gak tahu, saya tanya saja sama petugas bank.

"Mba, ini uang 15 ribu apaan ya? Biaya bulanan ya?"

Petugas banknya bilang, "oh, itu biaya penggantian buku tabungan mas, karena buku tabungan hilang. Kalau buku tabungan rusak, biaya penggantiannya 5 ribu rupiah, kalau buku tabungannya habis lembarannya karena penuh, penggantiannya gratis tanpa biaya".

Oh, ternyata gitu ya. Jadi kalau kita simpulkan, biaya penggantian buku tabungan mandiri sebagai berikut:
  • Rp15.000,- untuk proses penggantian buku tabungan mandiri karena buku tabungan lama hilang.
  • Rp5.000,- untuk biaya proses penggantian buku tabungan mandiri karena buku tabungan lama rusak.
  • GRATIS untuk ganti buku tabungan mandiri kalau buku tabungan lama sudah penuh halamannya.

Biaya penggantian buku tabungan langsung dipotong dari saldo tabungan kita, jadi kita tidak perlu membayar tunai.

Untuk penggantian buku tabungan mandiri karena buku tersebut rusak atau sudah penuh, selain membawa KTP, kita juga harus membawa buku tabungan yang lama (yang rusak atau yang penuh). Jangan lupa juga bawa ATM, siapa tahu diminta.

Demikian pengalaman saya: Cara Mengganti Buku Tabungan Mandiri yang Hilang serta biaya yang harus dikeluarkan. Semoga bermanfaat.

This post have 2 komentar

avatar
Ahmad delete December 26, 2016 at 3:10 AM

ribet juga ya Mas mengurus kartu tabungan mandiri yang hilang , harus pakai surat keterangan dari Kepolisian lagi ........ :)

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete December 26, 2016 at 8:46 PM

Iya, surat kehilangan dari polisi itu yang bikin males

Reply


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post