Saturday, October 8, 2016

Sambal Lalap Lampung Ramai Pengunjung

jumanto.com - Sobat Lampung sudah pernah ke Sambal Lalap Lampung belum? Tak disangka, ternyata rumah makan yang satu ini sangat ramai pengunjung lho. Benar-benar ramai, kalau pas lagi padat-padatnya pengunjung, sering juga gak kebagian tempat duduk.

sambal lalap lampung
Sambal Lalap Lampung di Jalan Diponegoro

Saya sendiri sebenarnya kurang perhatian sama kuliner. Biasanya sih milih makanan yang penting murah, mengenyangkan, dan enak (penginnya) hehehe.

Nah, kunjungan saya bersama mama dan Alya ke Sambal Lalap Lampung sebenarnya gak disengaja. Awalnya, sepulang dari Pantai Dewi Mandapa Pesawaran, kami cuma mau nyari makan saja di sekitaran Stadion Pahoman. Perut sudah lapar benar.

Saat melewati Jalan Diponegoro, ternyata kami melihat di sebelah kanan jalan ada tempat makan yang ramai banget dengan tulisan "Paket Lele Terbang Plus Es Teh Manis Rp11.500,-".

Karena belum pernah mampir di tempat makan ini, dan kami lihat juga ramai banget, penuh tempat duduknya, kami pun terus saja melanjutkan perjalanan menuju Stadion Pahoman.

Tepat sampai stadion, adzan Isya berkumandang. Kami pun mampir sholat dulu di masjid dekat stadion. Selepas sholat, kami kembali mencari tempat makan, ternyata tidak ada yang cocok.

Akhirnya kami memutuskan kembali lagi ke Jalan Diponegoro dan mampir ke tempat kuliner dengan menu andalan Lele Terbang ini.

Rumah Makan Sambal Lalap


Alasan utama saya ingin mampir ke Sambal Lalap sebenarnya karena saat melintas sekilas tadi, saya melihat ada tulisan Angkringan. Jadi saya pikir tempat ini seperti angkringan yang ada di Jogja, hanya saja tempatnya di ruko, bukan di kaki lima.

Saya sendiri merupakan pencinta makanan angkringan, di samping murah, rasa masakannya juga sesuai dengan lidah jawa saya.

Sesampai di lokasi, dugaaan saya ternyata salah. Kuliner yang satu ini ternyata bukan angkringan, tapi kuliner biasa seperti halnya tempat makan lainnya.

Sekilas, saya pikir nama rumah makannya juga Angkringan. Ternyata salah. Nama tempat kuliner ini ternyata Sambal Lalap.

Untungnya, saat kami mampir, masih ada beberapa meja yang kosong, meskipun banyak juga yang antri sedang memesan makanan.

meja makan sambal lalap
Masih ada meja kosong selepas Isya kami berkunjung

Mama kemudian langsung memesan makanan, dan kami diberikan nomor meja 1.

Menunggu sekitar 10 menit, akhirnya makanan yang kami pesan pun datang.

Ini Dia Menu Makanan Sambal Lalap Lampung


Saya memesan menu yang dipajang besar-besar, yaitu Lele Krispi dengan es teh manis jumbo seharga Rp11.500,-. Awal tahun 2016 harganya masih Rp10.500, eh belum 1 tahun sudah naik jadi Rp11.500,-, cepet amat naikin harganya ya hehehe.

lelel krispi sambal lalap lampung
Menu Hemat andalan Sambal Lalap, Lele Terbang Rp11.500,-

Pesen saya buat pemilik Sambal Lalap Lampung, jangan sering-sering naikin harga ya om, baru ramai, sudah naikin harga, nanti lama-lama ditinggal pelanggan lho :).

Tapi makanan kalau rasanya sudah enak, biar pun mahal, biasanya tetap dicari sih. Kalau saya mah tetap lihat-lihat harga hahaha.

Paket hemat Lele Terbang pesanan saya, terdiri atas satu buah lele krispi, sambal yang pedasnya sedang-sedang saja, tempe orek, tahu goreng kecil, lalapan berupa timun, kobis, dan daun kemangi. Tak lupa juga sesuai dengan spanduknya, saya dikasih segelas es teh manis jumbo.

Dengan harga Rp11.500,- rasanya cukup murah lah untuk ukuran kuliner di Bandar Lampung. Sudah dapat es teh manis pula.

Selanjutnya, mama memesan 1 nasi plus ayam bakar, harganya Rp20.000,- per porsinya.

ayam bakar sambal lalap lampung
Ayam bakar pesanan mama

Awalnya sih satu porsi mau dimakan berdua bareng Alya. Giliran dimakan, ternyata kurang banyak, karena sudah kelaperan. Mama kelaperan, Alya juga kelaperan. Jadi sama-sama makan banyak.

Mama pun akhirnya memesan 1 porsi lagi, nasi plus ayam bakar.

Minumnya mama memesan 2 gelas jeruk hangat, satu gelas harganya Rp10.000,-

Total harga makanan dan minuman yang kami pesan beserta parkir:
  • Lele terbang: Rp11.500,-
  • 2 Porsi ayam bakar: Rp40.000,-
  • 2 gelas jeruk panas: Rp20.000,-
  • Parkir: Rp2.000,-
                 Total: Rp73.500,-

Untuk rasa, lumayan enak menurut saya, baik lele maupun ayamnya. Recommended lah bagi yang ingin mencicipi makanan di sini.

Harga juga gak mahal-mahal amat, dan murah untuk paket lelenya.

Oiya, untuk menu-menu lainnya macam-macam. Ada makanan rumahan, cah kangkung, aneka gorengan, paket ikan gurame, paket nasi uduk, dan beberapa menu lainnya.

menu sambal lalap lampung
Aneka menu sambal Lalap lampung

Penasaran? Silakan coba sendiri ya.

Alamat


Rumah Makan Sambal Lalap Lampung berada di Jalan Diponegoro Nomor 192, Teluk Betung Bandar Lampung 0721-487591,

Kalau dari Masjid Al Furqon Bandar Lampung, jalan lurus ke arah Teluk, nanti akan melewati Pom Bensin, jalan lagi ke depan, tidak jauh, akan ketemu di sebelah kiri jalan dengan tulisan besar Lele Krispi dan Sambal Lalap.

Lokasinya sebelum pertigaan yang mau ke Pusat Pempek Lampung.

Parkir cukup luas.

Untuk makanan, bisa dimakan ditempat atau dibungkus/paket nasi kotak.

Yah, demikian cerita saya kali ini saat mencoba makanan di Sambal Lalap Lampung. Mudah-mudahan harganya gak naik-naik ya hehehe.

Seorang PNS yang sedang belajar menulis. Mohon kritik dan sarannya. Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Mohon maaf atas segala kekurangan.

2 komentar

Dua kali mampir di sini, rame terus.
Pecel lele & ayam bakarnya top.


EmoticonEmoticon