Monday, May 8, 2017

50+ Tempat Wisata Di Lampung yang Bagus, Kece dan Pernah Saya Kunjungi

author photo
jumanto.com - 50+ Tempat Wisata Di Lampung yang Bagus, Kece dan Pernah Saya Kunjungi. Tempata Wisata di Lampung mana saja yang sudah pernah anda kunjungi? Kalau anda warga Lampung, jangan sampai bilang belum pernah jalan-jalan ke mana-mana yah. Masa orang Lampung hobinya cuma plesiran ke Bali, Bandung, Jogja, atau tempat-tempat lainnya, tapi gak kenal sama daerah sendiri.

Kalau anda bingung mau jalan-jalan ke tempat wisata di Lampung, ada banyak komunitas kok di Lampung yang hobi jalan-jalan atau ngetrip bareng.

Kalau anda suka dengan tempat wisata alam yang ada di Lampung, dan pengin mengunjungi tempat-tempat wisata baru di Lampung yang belum banyak dikunjungi orang, anda bisa bergabung dengan Backpacker Lampung. Mereka tiap minggu jalan-jalan menjelajah tempat-tempat wisata tersembunyi yang ada di Lampung.




Atau bisa juga bergabung dengan T3ampaal, Tim Pencinta Alam Adventure Lampung, yang secara rutin mengunjungi tempat-tempat wisata di Lampung. Dua minggu sekali, mereka merencanakan agenda untuk menjelajahi objek wisata yang ada di Lampung.


Ada juga Lemes Traveler, sekumpulan anak muda yang digawangi Mas Teguh, Mas Fajrin (Traveler Gadungan) dkk, yang selalu mengeksplore Lampung dari ujung sampai ujung. Seru banget kalau melihat perjalanan mereka selama ini.

Tidak kalah juga, My Trip My Advantere (MTMA) Lampung juga ada, siap mengakomodasi anda yang ingin jalan-jalan ke tempat wisata di Lampung.

Terakhir, kalau mau tahu informasi tempat wisata di Lampung lebih lengkap, anda bisa bertanya kepada Om Yopie, si pemilik akun @kelilinglampung_ yang sudah jalan-jalan keliling Lampung mempromosikan berbagai tempat wisata yang ada di Lampung.

Tempat Wisata di Lampung yang Bagus, Kece dan Menarik


Nah, terkait dengan "tempat wisata di Lampung", sebenarnya destinasi wisata di Lampung ini cukup lengkap lho, mulai dari Pantai, Waterboom, Naik Gunung, Air Terjun, Wisata Alam, Taman, Rumah Pohon, Kebun Binatang, Taman Nasional, Museum, Sejarah, dan berbagai wisata lainnya.

Kontur geografis Lampung berupa pegunungan, dataran rendah, dan pesisir laut membuat "objek wisata yang ada di Lampung" cukup beragam.

Dari sekian banyak Objek Wisata di Lampung, berikut ini tempat-tempat wisata yang pernah saya kunjungi selama saya tinggal di  Lampung dari Desember 2010:

1. Pantai Klara, tempat wisata pantai di lampung yang sudah terkenal di mana-mana


Tempat Wisata di Lampung yang pertama adalah Pantai Klara. Pantai Klara atau Pantai Klapa Rapat merupakan pantai yang pertama kali saya kunjungi selama saya ada di Lampung.

Awal-awal datang ke Lampung, kakak kelas saya yang sama-sama penempatan di BPKP, mengajak jalan-jalan ke Pantai Klara ini, lalu kami pun membawa ikan untuk bakar-bakar di sana.

Waktu itu terasa nikmat sekali, ramai-ramai bakar-bakar ikan, setelah matang makan bareng sambil menikmati semilir angin di tepian pantai.

tempat wisata di lampung: pantai klara
Mba Qonit, Lina, Sofi, dan Arki di Pantai Klara

Beberapa orang di antara kami ada yang mandi, sedangkan saya, karena tidak membawa ganti, jadi cuma bisa menyaksikan dari pinggiran pantai.

Sebenarnya, sudah beberapa kali saya berkunjung ke Pantai Klara, mungkin sudah 4 kali. Pernah berkunjung bersama teman kos, pernah juga bareng istri.

Tempatnya yang tidak terlalu jauh dari Bandar Lampung membuat tempat ini sangat mudah dikunjungi.

2. Lembah Hijau, ada kebun binatangnya (Taman Satwa)


lembah hijau lampung
Bersama orang tua, mertua, dan keluarga ke Lembah Hijau

Sudah tidak terhitung, berapa kali saya main ke Lembah Hijau ini, baik bersama orang-orang kantor maupun bersama keluarga.

Pertama kali berkunjung ke Lembah Hijau sih saat ada acara Family Gathering kantor, di akhir tahun 2010 lalu.

Beberapa alasan mengapa saya sering mengunjungi Lembah Hijau adalah karena saya suka dengan alam, dan suka sekali mengajak anak bermain di alam dengan tanah lapang yang lebar.

Anak bisa lari-lari bebas, menikmati udara sejuk, bermain perosotan, dan pokoknya penuh dengan keceriaan.

Selain itu, di Lembah Hijau ini juga memiliki berbagai koleksi hewan, yang bisa dijadikan tempat pembelajaran anak mengenal flora dan fauna.

Apalagi sekarang sudah ada Taman Satwa, dengan koleksi burungnya yang luar biasa banyaknya di Taman Burung.

Tidak hanya menikmati wisata alam, di Lembah Hijau kita juga bisa berkunjung ke Waterboomnya, bisa juga bermain flying fox, atau menguji keberanian dengan masuk ke wahana "Rumah Hantu".

Lembah Hijau merupakan tempat wisata alam dan tempat bermain anak di Bandar Lampung yang harus anda kunjungi.

3. Pantai Terbaya, pantai dengan batu-batu kecil yang menggoda


pantai terbaya
Ombak pantai terbaya

Karena mertua tinggal di Gisting, jadi main-main ke Kota Agung juga bukan hal yang jarang bagi saya. Pada saat main ke Kota Agung, beberapa kali juga saya mampir ke Pantai Terbaya yang terletak di pusat Kota Agung ini.

Pantai Terbaya yang letaknya sangat dekat dengan jalan raya membuat tempat ini sangat mudah dijangkau. Tempatnya juga asyik buat mandi.

Ombaknya lumayan, tidak setenang ombak pantai Teluk Lampung. Dan yang paling membedakan dengan pantai lainnya, Pantai Terbaya ini tidak berpasir, tapi berkerikil, batu-batu kecil dengan warna coklat kehitaman.

Pasirnya hanya dapat dirasakan setelah kita menginjakan kaki kita saat berenang agak ke tengah.

4. Taman Kota Agung, makin cantik saja


taman kota agung

Taman yang berada di tengah-tengah Ibu Kota Kabupaten Tanggamus ini merupakan tempat bermain anak yang cukup asyik. Tanahnya lapang, banyak pohon yang teduh juga, dan tentunya memang disediakan arena bermain anak.

Menunggu buka puasa di Taman ini terasa cukup asyik, dan taman ini juga biasa dijadikan tempat menggelar acara-acara tertentu.

Taman Kota Agung merupakan salah satu jantung kota, dengan menyediakan ruang terbuka hijau, yang tentunya harus terus dipelihara oleh pemerintah dan masyarakat.

5. Air Terjun Way Lalaan, paling populer di Tanggamus


way lalaan

Masih di daerah Kota Agung, ada tempat wisata yang sudah cukup terkenal dari jaman orang-orang tua kita, yaitu Air Terjun Way Lalaan, yang berada di Kota Agung Timur, tidak terlalu jauh dari Kompleks Pemda Tanggamus.

Sama dengan Pantai Terbaya, Air Terjun Way Lalaan juga sangat mudah diakses karena lokasinya yang tidak jauh dari jalan raya.

Air Terjun Way Lalaan sangat cocok dijadikan tempat wisata keluarga, friendly buat anak-anak, dan tiket masuknya pun tidak mahal.

6. Air Terjun Talang Ogan, air terjun di Lampung yang sungguh menawan



Sempat nyasar-nyasar saat mencari Air Terjun Talang Ogan, sampai motor mati di tengah jalan, tapi akhirnya sampai juga saya di Air Terjun yang indah ini.

Begitu sampai di bawah air terjun, dinginnya langsung brrrr. Sejuk sekali, dan air terjunnya cantik.

Sama sekali gak nyesel nyasar-nyasar mencari air terjun Talang Ogan, terbayar saat merasakan uap air yang terbawa angin menyapa tubuh kita.

Tips untuk piknik ke Air Terjun Talang Ogan: rajin-rajin bertanya dan datanglah ramai-ramai, jangan sendirian.

7. Air Terjun Lembah Pelangi, potensi wisata Lampung dengan aliran air yang bikin kagum



Pengalaman pertama kali ke Ulubelu, sangat berkesan. Tidak pernah menyangka, kalau Ulu Belu itu ternyata begitu indah, masih alami, dan pemandangan alamnya begitu asri.

Sepanjang perjalanan kami ditemani dengan bau harum dari bunga-bunga kopi yang sedang bermekaran. Ulubelu memang terkenal sebagai penghasil kopi sehingga tidak heran pohon-pohon kopi tumbuh ratusan bahkan mungkin ribuan hektar di kecamatan ini.

Rute menuju Air Terjun Lembah Pelangi di Ulubelu pun ternyata sangat mudah, jalannya lurus terus dari Talang padang lewat jalan utama, dan setelah sambai di Pekon Ngarip jangan sungkan untuk bertanya.

Air Terjunnya ada dua, yang satu tingginya katanya sekitar 100 meter. Sedangkan air terjun di bawahnya, tidak kalah cantiknya, berbentuk dua buah aliran air terjun yang terpisah, sehingga orang menyebutnya air terjun kembar.

8. Danau Hijau Tanggamus, objek wisata di Lampung yang dulunya tertutup ilalang


danau hijau ulubelu

Sebelum mencapai Air Terjun Lembah Pelangi, setelah PGE Ulubelu, kami juga mampir dulu ke Danau Hijau yang ada di Kecamatan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus.

Beberapa orang juga terlihat sedang duduk-duduk di pinggiran danau, di dalam pondokan bersama kawan-kawannya.

Air di danau ini memang terlihat berwarna hijau, sehingga wajar kalau dinamakan Danau Hijau.

Di danau ini saya berjumpa dengan dua orang pengunjung dari Pringsewu, mereka sengaja datang ke Ulubelu cuma untuk melihat Danau Tanggamus lho.

9. Dam Gisting Bawah, tempat bermain air di Lampung peninggalan jaman Belanda


dam gisting bawah

Masyarakat Gisting pasti sudah sangat familiar dengan Dam peninggalan jaman Belanda yang satu ini. Tempat ini memang merupakan wahana bermain anak yang cukup murah, cuma bayar 10 ribu bisa naik bebek-bebekan air sepuasnya.

Tapi itu kalau lagi sepi, kalau lagi ramai cuma dua putaran saja.

Alya dan sepupunya, Mas Zaki, suka banget main bebek air di Dam Gisting Bawah ini. Kalau sudah denger dam, pasti langsung mengajak main ke sana.

Selain dijadikan tempat wisata air, Dam ini juga biasa digunakan warga sekitar untuk mandi dan juga mencuci pakaian.

Ada satu buah kolam renang anak-anak di samping dam.

10. Kolam Renang Butterfly, salah satu kolam renang tematik di Lampung


butterfly gisting

Kolam renang Butterfly merupakan kolam renang terbesar yang ada di Kabupaten Tanggamus. Letaknya ada di Pekon Gisting Atas.

Dari jalan raya masuk sekitar 1 km, sehingga harus naik kendaraan pribadi atau naik ojek.

Kolam renang yang diresmikan oleh Bupati Tanggamus ini sangat cocok dijadikan tempat bermain anak terutama daerah Gisting dan sekitarnya.

Ada waterboom mini yang sangat bersahabat untuk anak-anak, dan ada juga kolam renang khusus anak sekitar umur 4 tahunan.

Sayangnya, saat saya berkunjung ke kolam renang ini sepertinya kolam renang ini kurang terpelihara, banyak cat-cat yang sudah kumuh sehingga kurang menarik di mata pengunjung.

11. Talang Air Pringsewu, tempat wisata yang kini makin kaya fasilitas permainan



Bangunan irigasi peninggalan Belanda ini masih kokoh berdiri sampai sekarang. Tidak hanya berfungsi sebagai saluran irigasi, tempat ini pun telah menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi masyarakata Lampung.

Apalagi pengunjung yang hobi dengan fotografi, tempat ini sangat cocok dijadikan bahan foto prewedding maupun foto lainnya.

Pemandangan alamnya masih didominasi dengan pohon-pohonan bambu, sebuah sungai yang mengalir di bawah talang air, serta sawah-sawah yang membentang lebar.

Pemerintah Kabupaten Pringsewu juga beberapa kali menggelar kegiatan di Talang Air ini karena ada sebuah lapangan di samping Talang Air yang dapat menampung banyak sekali orang.

12. Taman Kupu-kupu Gita Persada, teduh dan asyik main di rumah pohonnya


taman kupu gita persada

Taman penangkaran Kupu-kupu di Kelurahan Sumber Agung Kemiling ini sangat asyik buat dijadikan tempat bermain anak.

Selain bisa menyaksikan penangkaran kupu-kupu, kita juga bisa naik rumah pohon dari bambu yang jumlahnya lebih dari 5.

Pengunjungnya ternyata buka cuma anak-anak kecil lho, malahan banyak anak-anak muda yang suka foto-foto selfie di taman ini.

Tidak jarang juga pasangan muda-mudi yang datang ke sini sekedar untuk duduk-duduk ngobrol bersama pasangan di rumah pohon.

Kita juga bisa mengunjungi museum kupu-kupu di sebelah kiri tempat parkir motor.

Orang Lampung, kalau belum pernah datang ke Taman Kupu-kupu Gita Persada, kayaknya gimana gitu, makanya segera berkunjung ya.

13. Alam Wawai Eco Park, tempat melihat Bandar Lampung dari ketinggian


alam wawai lampung

Dari Alam Wawai ini, kita bisa melihat pemandangan kota Bandar Lampung dari ketinggian. Jika cuaca sedang cerah, terlihat dengan jelas birunya laut di Teluk Lampung, dan benar-benar indah/

Di Alam Wawai ini juga ada amphitheatre yang biasa digunakan untuk acara pertunjukan seperti pertunjukan musik pada saat perayaan tahun baru.

Fotografer juga banyak yang datang ke Alam Wawai karena memang alamnya yang indah sehingga tidak jarang pula pasangan yang akan menikah mengambil foto Prewedding di Alam Wawai ini.

Pengunjung yang ingin camping, disediakan tenda-tenda camping. Tapi Camping di sini harus rombongan, tidak bisa cuma beberapa orang.

Letak alam Wawai ada di seberang Summit Bistro, tidak jauh dari Lembah Hijau Lampung di Sukadanaham. Pada saat perayaan tahun baru, tempat ini sangat ramai.

14. Bumi Kedaton Resort, dulu masih ada gajahnya


bumi kedaton

Saat pertama kali datang ke Bumi Kedaton Resort, fasilitasnya masih lumayan lengkap, masih ada kano, masih ada gajah, masih ada arena permainan lainnya, masih ada buaya, kuda, dan berbagai jenis binatang lainnya di kebun binatang mininya.

Sayangnya, pada saat kunjungan saya yang kedua, suasananya sudah jauh berbeda. Koleksi hewan di kebun binatangnya juga jauh berkurang, konon karena kurang terurus.

Kita juga sudah tidak bisa melihat gajah lagi, buaya juga sudah tidak ada.

Beberapa wahana wisata sudah rusak tidak terurus, sangat disayangkan. Padahal, kompleks Bumi Kedaton Resort ini cukup luas dan kalau dikelola lebih bagus lagi sebenarnya cukup menarik.

Saya berharap, ke depannya, akan ada perbaikan pengelolaan tempat wisata di Batu Putu ini.

15. Wira Garden, biasa buat camping anak sekolah


wira garden

Wira Garden yang tidak jauh dari Bumi Kedaton Resort, tempatnya mirip-mirip dengan Bumi Kedaton Resort, hanya saja di sini pondokannya lebih banyak.

Wira Garden merupakan sebuah tempat wisata alam buatan, yang menyediakan juga penginapan seperti halnya Lembah Hijau dan Bumi Kedaton Resort.

Lebih cocok datang ke sini bersama keluarga, lalu duduk-duduk di pinggiran sungai, menggelar tikar, dan makan bareng-bareng.

Wira Garden juga sering dijadikan tempat untuk berkemah anak-anak sekolah. Ada lokasi tersendiri yang disewakan untuk berkemah, di seberang sungai Wira Garden.

16. Bendungan Batu Tegi, mirip Danau Toba mini ^_^


bendungan batu tegi

Bendungan yang katanya merupakan Bendungan Terbesar di Asia Tenggara ini benar-benar memukau. Bangunannya masih kokoh, luas, dan saat saya berkunjung airnya bersih dari enceng gondok.

Di Bendungan Batutegi ini, saya paling suka di Dermaga Jettinya. Tempat ini asyik buat berkumpul bersama keluarga, duduk-duduk ngobrol-ngobrol sambil melihat pamandangan air yang begitu luas. Kita juga bisa menyewa perahu untuk menjelajah perairan bendungan.

Kalau Anda berada di Lampung, harus berkunjung nih ke bendungan yang satu ini.

17. Slanik Waterpark, waterboom paling keren di Lampung



Waterpark terbesar di Lampung, dengan fasilitas yang cukup lengkap, dan lokasinya tidak begitu jauh dari Kota Bandar Lampung.

Seru banget liburan di Waterpark ini, bisa merasakan sensasi naik waterboom atau slide dengan ketinggian yang memacu adrenalin.

Untuk wisata bareng anak-anak, Slanik Waterpark merupakan pilihan pertama saya dibandingkan waterpark lainnya yang ada di Lampung.

18. Pulau/Pantai Pahawang Lampung, the hidden paradise


pulau pahawang
Pulau Pahawang Lampung

Pulau Pahawang Lampung masuk dalam nominasi The Hidden Paradise untuk anugerah pariwisata tingkat nasional. Pulau ini menyimpan potensi wisata yang sangat indah untuk dinikmati.

Seharian berada di Pulau Pahawang saja rasanya kurang puas.

Saat berkunjung ke Pulau Pahawang, bukan Pulau Pahawang saja yang dapat kita kunjungi. Ada beberapa pulau lain yang tidak kalah cantik seperti Pulau Kelagian, Pulau Mahitam, Pulau Balak, Pulau Tanjung Putus, dan Cukuh Bedil.

19. Pantai Kahai Krakatau Beach, tempat wisata di Kalianda Lampung Selatan yang penuh dengan permainan anak


20. Pantai Karang Bolong Tanggamus, tempat wisata di Tanggamus dengan pasir pantainya yang halus banget



Tanggamus ternyata memiliki pantai-pantai yang sangat cantik, memanjang dari Teluk Semaka sampai ke Kelumbayan. Keindahan pantai-pantai di Tanggamus wajib dieksplore nih.

Salah satu pantai cantik di Tanggamus dengan pasir pantainya yang lembut adalah Pantai Karang Bolong. Akses menuju tempat wisata di Tanggamus Lampung ini terbilang mudah dan jalan relatif bagus.

21. Pantai Embe Kalianda, tempat foto kekinian banget buat anak muda


22. Taman Pemandian Cibiah Batu Putu, tempat nongkrong di Bandar Lampung sambil mancing dan mandi



Tidak jauh dari Taman Wisata Bumi Kedaton, ada sebuah taman pemandian yang mulai ramai pengunjung, Taman Pemandian Cibiah Batu Putu. Di sini kita bisa mandi di kolam pemandian dengan air alami dari sungai.

Selain taman pemandian, tempat wisata di Lampung ini juga menyediakan kolam pemancingan ikan. Asyik juga kan nongkrong di Bandar Lampung sambil mancing di sini.

23. Air Terjun Batu Putu, tempat nostalgia dengan kenangan masa kecil warga Bandar Lampung



Warga Bandar Lampung seumuran saya atau lebih tua tentunya bakal nostalgia banget kalau berkunjung ke Air Terjun Batu Putu.

Dulunya, air terjun ini merupakan tempat wisata favorit masyarakat Bandar Lampung.

24. Pantai Bagoes Kalianda, tempat wisata di Kalianda yang menggoda


Salah satu dari sekian banyak pantai yang ada di Merak Belantung, Kalianda. Pantai Bagoes ini adalah pantai pertama yang kita jumpai saat lewat di jalanan menuju Grand Elty Krakatoa.

25. Pantai Batu Mandi, pantai yang gak cocok buat mandi


Pantai Batu Mandi yang sebelumnya bernama Pantai Klaura sebenarnya cukup cantik. Sayangnya, tempat ini memang lebih bagus buat foto-foto, tau sewa perahu lalu diving di tengah laut.

Pinggiran pantainya kurang cocok buat mandi, karena pantainya justru berlumpur dan ombaknya tenang banget. Maklum, di dekat pantai ini merupakan muara sungai, jadi pantainya berlumpur.

26. Pantai Ketang Kalianda, pantai di Lampung Selatan yang mirip parangtritis di Jogja


Pantai Ketang Kalianda yang biasa dikenal juga dengan Pantai Batu Ramai, kabarnya sudah disulap oleh pemerintah setempat. Sampah-sampah yang dulunya berserakan sudah dibersihkan sehingga keberadaan katanya mirip Pantai Parangtritis di Jogja.

Dulu saat saya berkunjung, pantai ini memang terlihat cantik dengan kumpulan batu-batu karangnya yang eksotis.

27. Pantai Queen Artha, gak nyangka asyik juga



Pantai yang sudah sering banget saya lewatin tapi gak pernah berniat untuk mampir. Sampai suatu saat, melihat artikel milik mas Tri Sujarwo, dan ternyata cukup asyik juga main sore hari ke Pantai Queen Artha ini.

Sayangnya, di beberapa tempat, pantainya berlumpur sehingga kurang cocok buat mandi.

28. Pantai Marines Eco Park, tempat wisata di Pesawaran Lampung yang dulunya bernama Pantai Lembing


Saya belum bisa mencicipi mandi di Pantai Marines Eco Park ini. Datang ke sini saat sedang hujan deras, setelah jalan-jalan ke Muncak Teropong Laut.

Waktu itu terlihat sepi pengunjung, pantainya juga sepertinya sedang pasang, jadi kurang menarik buat dilihat dan dikunjungi.

29. Pantai Canti Kalianda, wisata pantai di Lampung yang asyik buat main bola


Pantai terakhir yang saya kunjungi saat trip 2 hari dari Pesawaran ke Lampung Selatan. Asyik banget main ombak di Pantai Canti Kalianda. Pasirnya halus meskipun berwarna coklat kehitaman. Bahkan di beberapa titik, warna pasirnya memang kehitaman, tapi lembut banget.

Gak heran, banyak pengunjung yang main bola di pantai ini. Salah satu pantai cantik di Lampung selatan dan recommended buat tempat wisata tujuan anda.

30. Pantai Pasir Putih Lampung, bisa menyeberang ke Pulau Condong



Pantai yang sebenarnya terletak di Lampung Selatan tapi lebih dekat dengan Kota Bandar Lampung ini biasa menjadi langganan pemudik atau pengendara yang ingin istirahat di jalan lintas Sumatera.

Pantai Pasir Putih Lampung memang terletak persis di pinggir jalan lintas Sumatera menjadikan tempat wisata di Lampung ini tetap ramai pengunjung.

31. Camp 91 Kedaung Kemiling, tempat hunting yang bagus di Bandar Lampung



Outbound Camp 91 Kedaung merupakan salah tempat hunting yang bagus di bandar lampung, selain digunakan sebagai tempat outbound pengunjung.

Latar belakang tempat wisata di Lampung ini mirip-mirip dengan tempat wisata di Bandung, cantik dengan pemandangan pegunungan dan hijaunya pepohonan di perbukitan.

32. Pantai Batu Kerbau, pantai di pesisir Teluk Semaka, mandi asyik di muara sungainya



Setelah pulang dari Pantai Karang Bolong di Kecamatan Limau, kami mampir dulu di Pantai Batau Kibau atau Batu Kerbau.

Meskipun main ke pantai, tapi pengunjung malah pada keasyikan mandi di muara sungainya. Saya dan Alya pun tergoda juga buat mandi di muara sungai Pantai Batu Kerbau ini.

33. Air Terjun Way Jelay, air terjun di kota agung yang tersembunyi tapi indahnya tiada tara



Butuh perjuangan ekstra untuk dapat menikmati tempat wisata di Lampung yang satu ini. Jalan kaki 4 jam PP dari tempat penitipan motor di rumah warga, melewati perkebunan coklat dan naik turun bukit.

Meskipun harus jalan kaki selama 4 jam, gak keras capeknya karena jalan rame-rame. Asyik banget jalan-jalan ke Air Terjun Way Jelay, sehat dan menyegarkan.

34. Air Terjun Tapusan Lamuran, dua air terjun di tanggamus yang berdekatan dan spesial



Tanggamus merupakan salah satu kabupaten yang kaya akan tempat wisata berupa air terjun. Salah satu air terjun yang tidak terlalu susah dijangkau di Kota Agung, selain Air Terjun Way Lalaan, adalah Air Terjun Tapusan Lamuran.

Air terjun di Lamuran ini sedang dikembangkan oleh pemuda Karang Taruna setempat dengan cara gotong royong. Saya yakin, ke depannya tempat ini akan menjadi salah satu tempat wisata unggulan di Lampung.

35. Muncak Tirtayasa atau Muncak Teropong Laut, view Teluk Lampung indah banget dari tempat wisata ini




Sebelum datang ke Muncak Tirtayasa atau Muncak Teropong Laut, saya pikir tempat ini biasa aja gak ada istimewanya.

Tapi, setelah saya datang ke sana, saya terkesima dengan keindahan view pemandangan laut Teluk Lampung yang begitu memukau, apalagai kalau cuaca sedang cerah, birunya lautan benar-benar indah tiada tara.

36. Pantai Dewi Mandapa, paling cocok buat hunting foto di Lampung



Pantai Dewi Mandapa merupakan tempat wisata di Lampung yang ngehits banget di kalangan pengguna instagram. Pantai ini memang lebih cocok dijadikan tempat berfoto-foto, termasuk foto prewedding.

Dari awal kemunculannya, Pantai Dewi Mandapa ini telah banyak berbenah sehingga tempat ini tetap dapat menyedot pengunjung di kalangan anak muda Bandar Lampung.

37. D'Mermaid Tirtayasa Waterpark, kolam renang di tengah perumahan


Waterpark di Lampung memang tidak terlalu banyak. Pilihannya ada Citra Garden Waterpark, Waterboom Lembah Hijau, Slanik Waterpark, Lampung Walk, dan D'Mermaid Tirtayasa Waterpark.

Saat saya jalan-jalan ke D'Mermaid Tirtayasa Waterpark, tempat wisata di Lampung ini ramai dengan anak-anak sekolah. Sama dengan kolam renang di Lampung lainnya kali ya, paling ramai pengunjungnya adalah anak-anak sekolah.

38. Penangkaran Rusa Tahura WAR, tempat bermain anak yang asyik di Bandar Lampung



Kalau pengin melihat rusa yang cukup banyak di Lampung, kalian bisa datang ke Penangkaran Rusa Tahura WAR di Kelurahan Sumber Agung Kemiling. Di sini kalian bisa ngasih makan rusa-rusa timor secara langsung, berdekatan dengan hewan bertanduk unik ini.

Selain ngasih makan rusa, tempat wisata di Lampung ini juga asyik buat nongkrong bareng keluarga, sambil bermain sama si kecil, makan siang bareng. Duh asyiknya.

39. Taman Pemandian Way Bekhak, tempat wisata dengan air jernih alami yang bikin takjub



Air sejuk yang keluar dari akar pohon membentuk air terjun mini merupakan favorit saya di tempat wisata ini. Keberadaannya benar-benar menakjubkan dan patut dijaga.

Taman Pemandian Way Bekhak merupakan tempat wisata yang recommended banget buat kalian kunjungi. Air yang sejuk alami itulah keistimewaannya.

40. Pantai Mutun, salah satu tempat wisata di Lampung yang paling populer


Pantai kedua yang saya kunjungi setelah saya tinggal di Lampung adalah Pantai Mutun setelah Pantai Klara. Dulu awal-awal tinggal di Lampung, saya cuma tahu ada dua pantai, Pantai Mutun dan Pantai Klara.

Ternyata, masih ada puluhan bahkan mungkin ratusan pantai lain di Lampung yang cantik-cantik dan eksotis untuk dieksplore.

41. Pantai Sari Ringgung Lampung, tempat wisata di Lampung yang selalu ramai pengunjung


Pantai di Lampung yang paling ramai pengunjung saat ini adalah Pantai Sari Ringgung. Pantai ini selalu dipadati pengunjung dari berbagai penjuru masyarakat Lampung.

Kalau lagi musim liburan, bus-bus pariwisata ramai sekali berdatangan ke tempat wisata di Lampung yang satu ini.

42. Kolam Renang Paris Pringsewu, salah satu Waterpark yang ada di Lampung

 


Kolam renang Paris ini di awal-awal berdiri, terlihat begitu ramai. Namun, saat saya berkunjung ke kolam renang ini meskipun di hari libur, terlihat cukup sepi, seperti bermain di kolam pribadi.

Mungkin karena tiket masuknya yang cukup mahal kali ya (25 ribu per orang, anak kecil sama), sehingga tempat ini kurang diminati warga Pringsewu Lampung.

43. Bukit Pangonan, tempat wisata di Pringsewu yang ada rumah hobbitnya



Tempat wisata di Lampung yang satu ini makin ramai pengunjung, karena pengelolanya cukup kreatif dalam menghias bukit yang berada di seberang Talang Air Pringsewu ini.

Tiket masuk Bukit Pangonan yang murah, pendakian bukit yang tidak terlalu tinggi, dan lokasinya yang mudah dijangkau membuat tempat wisata yang satu ini menjadi favorit warga Pringsewu Lampung.

44. Taman Nasional Way Kambas, menyaksikan atraksi gajah dan kandang gajah



Siapa sih yang kenal sama Way Kambas? Karena keberadaan Way Kambas inilah, jika orang mendengar Lampung konotasinya langsung ke gajah.

Saat ini, wisata ke Taman Nasional Way Kambas makin mudah dengan keberadaan Damri dari Rajabasa ke Way Kambas.

45. Dam Raman Kota Metro, tempat wisata di Metro Lampung yang terabaikan



Dam Raman merupakan sebuah bendungan yang cukup besar di Kota Metro Lampung. Sayangnya, tempat ini kurang terurus, banyak enceng gondok yang gak pernah dibersihkan, dan miskin fasilitas wisata. Tempat wisata di Metro Lampung ini memang belum mendapat perhatian pemerintah setempat.

46. Dermaga Bom Kalianda, wisata kuliner lampung di Pesisir Kalianda


Pusat kuliner di Kalianda Lampung Selatan, begitu tulisannya. Di sini ada tempat pelelangan ikan, panggung pertunjukan, tempat nongkrong, dan tentu saja kapal-kapal nelayan yang tertambat di pinggiran pantai.

Saat berkunjung ke Dermaga Bom Kalianda, di sana sedang dibangun juga tempat permainan anak sebagai sarana wisata baru di Lampung Selatan. Entah sudah jadi atau belum, saya belum dapat kabarnya.

47. Lampung Horti Park, tempat wisata sekaligus belajar di Lampung



Lampung Horti Park merupakan sebuah lahan seluas 7 hektar lebih milik Pemerintah Provinsi Lampung yang telah dijadikan sebagai tempat wisata pendidikan di Lampung.

Tempat ini sangat recommended buat dikunjungi anak-anak sekolah untuk belajar lebih jauh seputar dunia pertanian.

48. Taman Hutan Kera, tempat wisata Lampung di pusat Kota



Taman Hutan Kera Bandar Lampung merupakan sebuah tempat untuk melindungi kera-kera dari kepunahan. Letaknya persis ada di tengah-tengah kota Bandar Lampung.

Jika ingin berkunjung ke tempat wisata di Lampung ini, kalian harus bawa pisang, buah-buahan, atau kacang ya, karena biasanya kera-kera di sini kalau melihat manusia dikiranya mau ngasih makan mereka ^_^

49. Little Europe, tempat nongkrong asyik di Lampung


Salah satu tempat nongkrong yang asyik di Bandar Lampung adalah Little Europe ini. Sambil mengawasi anak bermain-main di tribute, kita bisa mendengarkan alunan musik live yang kece badai.

Selain sebagai tempat nongkrong, Little Europe Citra Garden Lampung juga merupakan salah satu pusat kuliner di Lampung.

50. Taman Kain inuh dan Taman Hijau Kalianda


Kalau mau menikmati tempat wisata di Kalianda, Taman Kain Inuh dan Taman Hijau bisa menjadi salah satu destinasi yang bisa anda kunjungi.

Sekedar nongkrong di sore hari, atau main bersama si kecil, cocok banget dilakukan di tempat ini.

51. Taman Merdeka, alun-alun kota Metro yang mirip alun-alun kidul Jogja


Tempat wisata di Metro Lampung memang gak banyak. Salah satu tempat kece di Metro Lampung adalah Taman Merdeka ini. Tempat ini asyik banget lho buat dijadikan tempat nongkrong di Lampung.

Lokasinya dekat dengan masjid Agung Metro, sehingga mudah banget kalau mau beribadah. Permainan anak juga banyak, bisa naik odong-odong seperti di alun-alun Kidul Jogja.

Kalau laper, tinggal makan saya di taman ini, berjejer-jejer penjual makanan di pinggiran taman dengan berbagai pilihan kulinernya.

52. Kolam Renang Wiyono, murah tapi gak murahan


Di Gedong Tataan, setelah pasar Wiyono dari Bandar Lampung, ada kolam renang di tengah-tengah perkampungan warga. Kolam renang Wiyono ini ternyata cukup asyik juga buat dikunjungi, tiketnya murah, cuma 7 ribu rupiah.

Recommended deh buat dijadikan salah satu tempat wisata murah di Lampung.

53. Museum Lampung, tempat wisata sejarah dan budaya di Lampung


Pengunjung Museum Lampung kebanyakan adalah anak-anak sekolah. Museum Lampung memang merupakan tempat wisata pendidikan di Lampung yang cocok banget dijadikan bahan pembelajaran untuk mengenal sejarah dan budaya Lampung lebih dekat.

54. Taman Palem Indah Metro Lampung


Salah satu tempat wisata yang paling populer di kota Metro Lampung, dengan 4 buah kolam renangnya yang friendly buat anak-anak.

Ada satu buah waterboom dan satu buah slide yang seru banget buat dicoba.

Taman Palem Indah lebih cocok buat wisata anak-anak.

55. Puncak Mas Lampung, tempat wisata yang lagi ngehits


Puncak Mas Lampung telah menjadi tempat wisata kekinian dan tempat hunting di Bandar Lampung. Pengunjungnya berdatangan dari segala penjuru, termasuk saya pun akhirnya tergoda untuk berkunjung ke Puncak Mas ini.

Kalau buat saya, keistimewaannya bukan tempat hunting fotonya, tapi suasananya yang friendly banget buat wisata keluarga sekaligus menikmati wisata kuliner di Bandar Lampung. Asyik deh pokoknya nongkrong, duduk-duduk, bermain bersama anak sambil menikmati live music di Puncak Mas Lampung ini.

Tempat Wisata Menarik di Lampung Lainnya


Masih banyak banget tempat wisata di Lampung yang belum saya kunjungi, terutama tempat wisata di Lampung Tengah, Way Kanan, Lampung Utara, Lampung Barat, Pesisir Barat, Tulang Bawang dan yang searah dengannya.

Itulah tadi beberapa tempat wisata di Lampung yang bagus dan pernah saya kunjungi. InsyaAlloh akan saya lengkapi artikel ini saat ada waktu senggang dan saat saya mengunjungi tempat wisata di Lampung lainnya. Selamat berburu tempat wisata cantik di Lampung.

This post have 10 komentar

avatar
fifi nusantara delete September 28, 2016 at 3:16 PM

Waah.. keren. Jadi pengen meluncur ke semua tempat. Thanks infonya, Mas Ju... 😊

Reply
avatar
Yopie Pangkey delete October 3, 2016 at 8:20 AM

Kapan2 mesti jalan2 bareng nih :)

Reply
avatar
Jumanto delete October 3, 2016 at 3:35 PM

Siap om, nunggu ajakan Om Yopie aja :)

Reply
avatar
love from Jogja delete November 24, 2016 at 6:46 AM

Ah, keluarga yang bahagia, semoga SAMAWA...eh...kaya pesan nikahan....sukses ya mas Jum...

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete November 24, 2016 at 2:36 PM

Aamiin makasih doanya mba. Sukses juga buat blogger sukses seperti Jeng Yuni ini :)

Reply
avatar
angkisland delete April 22, 2017 at 5:52 AM

yang banyak begal di sebelah mana mas???

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete April 24, 2017 at 7:17 PM

seluruh lampung ada begal mas, di kota bandar lampung aja ada, gak kenal waktu. tapi paling rawan lampung timur, lampung utara :)

Reply
avatar
Sigit Surastyono delete July 26, 2017 at 10:22 PM

Kalau obyek wisata yang bagus untuk anak-anak di Lampung, yang paling direkomendasikan sama mas Jum yg mana?

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete July 27, 2017 at 1:56 AM

kalau buat main sama anak, saya paling suka Taman Kupu-kupu Gita Persada, Puncak Mas, Taman Satwa Lembah Hijau, Lampung Horti Park, sama Penangkaran Rusa.

Semua Waterpark di Lampung asyik buat main sama anak.

Pantai-pantai juga pastinya anak seneng banget.

Reply


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post