Tuesday, November 22, 2016

33 Tempat Wisata Di Lampung Yang Pernah Saya Kunjungi (Part I)

jumanto.com - Tempat Wisata di Lampung Yang Pernah Saya Kunjungi. Di Lampung sudah pernah ke jalan-jalan mana saja? Hey, jangan bilang gak pernah ke mana-mana yah. Masa orang Lampung hobinya cuma plesiran ke Bali, Bandung, Jogja, atau tempat-tempat lainnya, tapi gak kenal sama daerah sendiri.

Hmmm, kalau anda tipe orang seperti itu, sepertinya perlu dipertanyakan deh status ke-Lampung-an anda :).

Lihat tuh Om Yopie yang sudah melalanglang buana Keliling Lampung menjelajahi setiap jengkal tanah yang ada di Sai Bumi Ruwa Jurai.

Berkat keliling lampungnya itu, Om Yopie juga telah menjadi selebritis lho di kalangan para travelers. Siapa sih traveler yang belum kenal sapa Om Yopie ini?

Anda belum kenal? Hmmm, berarti anda kurang piknik :).

Nah, terkait dengan "tempat wisata di Lampung", sebenarnya destinasi wisata di Lampung ini cukup lengkap lho, mulai dari Pantai, Waterboom, Naik Gunung, Air Terjun, Wisata Alam, Taman, Rumah Pohon, Kebun Binatang, Taman Nasional, Museum, Sejarah, dan berbagai wisata lainnya.

Kontur geografis Lampung berupa pegunungan, dataran rendah, dan pesisir laut membuat "objek wisata yang ada di Lampung" cukup beragam.

Dari sekian banyak Objek Wisata di Lampung, berikut ini tempat-tempat wisata yang pernah saya kunjungi selama saya tinggal di  Lampung dari Desember 2010:

# Tempat Wisata di Lampung 1: Pantai Klara


Tempat Wisata di Lampung yang pertama adalah Pantai Klara. Pantai Klara atau Pantai Klapa Rapat merupakan pantai yang pertama kali saya kunjungi selama saya ada di Lampung.

Awal-awal datang ke Lampung, kakak kelas saya yang sama-sama penempatan di BPKP, mengajak jalan-jalan ke Pantai Klara ini, lalu kami pun membawa ikan untuk bakar-bakar di sana.

Waktu itu terasa nikmat sekali, ramai-ramai bakar-bakar ikan, setelah matang makan bareng sambil menikmati semilir angin di tepian pantai.

pantai klara
Mba Qonit, Lina, Sofi, dan Arki di Pantai Klara

Beberapa orang di antara kami ada yang mandi, sedangkan saya, karena tidak membawa ganti, jadi cuma bisa menyaksikan dari pinggiran pantai.

Sebenarnya, sudah beberapa kali saya berkunjung ke Pantai Klara, mungkin sudah 4 kali. Pernah berkunjung bersama teman kos, pernah juga bareng istri.

Tempatnya yang tidak terlalu jauh dari Bandar Lampung membuat tempat ini sangat mudah dikunjungi.

# Tempat Wisata di Lampung 2: Lembah Hijau


lembah hijau lampung
Bersama orang tua, mertua, dan keluarga ke Lembah Hijau

Sudah tidak terhitung, berapa kali saya main ke Lembah Hijau ini, baik bersama orang-orang kantor maupun bersama keluarga.

Pertama kali berkunjung ke Lembah Hijau sih saat ada acara Family Gathering kantor, di akhir tahun 2010 lalu.

Beberapa alasan mengapa saya sering mengunjungi Lembah Hijau adalah karena saya suka dengan alam, dan suka sekali mengajak anak bermain di alam dengan tanah lapang yang lebar.

Anak bisa lari-lari bebas, menikmati udara sejuk, bermain perosotan, dan pokoknya penuh dengan keceriaan.

Selain itu, di Lembah Hijau ini juga memiliki berbagai koleksi hewan, yang bisa dijadikan tempat pembelajaran anak mengenal flora dan fauna.

Apalagi sekarang sudah ada Taman Satwa, dengan koleksi burungnya yang luar biasa banyaknya di Taman Burung.

Tidak hanya menikmati wisata alam, di Lembah Hijau kita juga bisa berkunjung ke Waterboomnya, bisa juga bermain flying fox, atau menguji keberanian dengan masuk ke wahana "Rumah Hantu".

Lembah Hijau merupakan tempat wisata alam dan tempat bermain anak di Bandar Lampung yang harus anda kunjungi.

# Tempat Wisata di Lampung 3: Pantai Terbaya


pantai terbaya
Ombak pantai terbaya

Karena mertua tinggal di Gisting, jadi main-main ke Kota Agung juga bukan hal yang jarang bagi saya. Pada saat main ke Kota Agung, beberapa kali juga saya mampir ke Pantai Terbaya yang terletak di pusat Kota Agung ini.

Pantai Terbaya yang letaknya sangat dekat dengan jalan raya membuat tempat ini sangat mudah dijangkau. Tempatnya juga asyik buat mandi.

Ombaknya lumayan, tidak setenang ombak pantai Teluk Lampung. Dan yang paling membedakan dengan pantai lainnya, Pantai Terbaya ini tidak berpasir, tapi berkerikil, batu-batu kecil dengan warna coklat kehitaman.

Pasirnya hanya dapat dirasakan setelah kita menginjakan kaki kita saat berenang agak ke tengah.

# Tempat Wisata di Lampung 4: Taman Kota Agung


taman kota agung
Ngadem di Taman Kota Agung

Taman yang berada di tengah-tengah Ibu Kota Kabupaten Tanggamus ini merupakan tempat bermain anak yang cukup asyik. Tanahnya lapang, banyak pohon yang teduh juga, dan tentunya memang disediakan arena bermain anak.

Menunggu buka puasa di Taman ini terasa cukup asyik, dan taman ini juga biasa dijadikan tempat menggelar acara-acara tertentu.

Taman Kota Agung merupakan salah satu jantung kota, dengan menyediakan ruang terbuka hijau, yang tentunya harus terus dipelihara oleh pemerintah dan masyarakat.

# Tempat Wisata di Lampung 5: Air Terjun Way Lalaan


way lalaan
Air Terjun Way Lalaan ramai saat liburan

Masih di daerah Kota Agung, ada tempat wisata yang sudah cukup terkenal dari jaman orang-orang tua kita, yaitu Air Terjun Way Lalaan, yang berada di Kota Agung Timur, tidak terlalu jauh dari Kompleks Pemda Tanggamus.

Sama dengan Pantai Terbaya, Air Terjun Way Lalaan juga sangat mudah diakses karena lokasinya yang tidak jauh dari jalan raya.

Air Terjun Way Lalaan sangat cocok dijadikan tempat wisata keluarga, friendly buat anak-anak, dan tiket masuknya pun tidak mahal.

# Tempat Wisata di Lampung 6: Air Terjun Talang Ogan


air terjun talang ogan
Piknik ke Air Terjun Talang Ogan

Sempat nyasar-nyasar saat mencari Air Terjun Talang Ogan, sampai motor mati di tengah jalan, tapi akhirnya sampai juga saya di Air Terjun yang indah ini.

Begitu sampai di bawah air terjun, dinginnya langsung brrrr. Sejuk sekali, dan air terjunnya cantik.

Sama sekali gak nyesel nyasar-nyasar mencari air terjun Talang Ogan, terbayar saat merasakan uap air yang terbawa angin menyapa tubuh kita.

Tips untuk piknik ke Air Terjun Talang Ogan: rajin-rajin bertanya dan datanglah ramai-ramai, jangan sendirian.

# Tempat Wisata di Lampung 7: Air Terjun Lembah Pelangi


air terjun lembah pelangi ulubelu
Pesona Air Terjun Lembah Pelangi Tanggamus

Pengalaman pertama kali ke Ulubelu, sangat berkesan. Tidak pernah menyangka, kalau Ulu Belu itu ternyata begitu indah, masih alami, dan pemandangan alamnya begitu asri.

Sepanjang perjalanan kami ditemani dengan bau harum dari bunga-bunga kopi yang sedang bermekaran. Ulubelu memang terkenal sebagai penghasil kopi sehingga tidak heran pohon-pohon kopi tumbuh ratusan bahkan mungkin ribuan hektar di kecamatan ini.

Rute menuju Air Terjun Lembah Pelangi di Ulubelu pun ternyata sangat mudah, jalannya lurus terus dari Talang padang lewat jalan utama, dan setelah sambai di Pekon Ngarip jangan sungkan untuk bertanya.

Air Terjunnya ada dua, yang satu tingginya katanya sekitar 100 meter. Sedangkan air terjun di bawahnya, tidak kalah cantiknya, berbentuk dua buah aliran air terjun yang terpisah, sehingga orang menyebutnya air terjun kembar.

# Tempat Wisata di Lampung 8: Danau Hijau Tanggamus


danau hijau ulubelu
Danau Hijau di Ulubelu Tanggamus

Sebelum mencapai Air Terjun Lembah Pelangi, setelah PGE Ulubelu, kami juga mampir dulu ke Danau Hijau yang ada di Kecamatan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus.

Beberapa orang juga terlihat sedang duduk-duduk di pinggiran danau, di dalam pondokan bersama kawan-kawannya.

Air di danau ini memang terlihat berwarna hijau, sehingga wajar kalau dinamakan Danau Hijau.

Di danau ini saya berjumpa dengan dua orang pengunjung dari Pringsewu, mereka sengaja datang ke Ulubelu cuma untuk melihat Danau Tanggamus lho.

# Tempat Wisata di Lampung 9: Dam Gisting Bawah


dam gisting bawah
Mas Zaki naik Bebek Air di Dam Gisting Bawah

Masyarakat Gisting pasti sudah sangat familiar dengan Dam peninggalan jaman Belanda yang satu ini. Tempat ini memang merupakan wahana bermain anak yang cukup murah, cuma bayar 10 ribu bisa naik bebek-bebekan air sepuasnya.

Tapi itu kalau lagi sepi, kalau lagi ramai cuma dua putaran saja.

Alya dan sepupunya, Mas Zaki, suka banget main bebek air di Dam Gisting Bawah ini. Kalau sudah denger dam, pasti langsung mengajak main ke sana.

Selain dijadikan tempat wisata air, Dam ini juga biasa digunakan warga sekitar untuk mandi dan juga mencuci pakaian.

Ada satu buah kolam renang anak-anak di samping dam.

# Tempat Wisata di Lampung 10: Kolam Renang Butterfly


butterfly gisting
Kolam rengan Butterfly Gisting

Kolam renang Butterfly merupakan kolam renang terbesar yang ada di Kabupaten Tanggamus. Letaknya ada di Pekon Gisting Atas.

Dari jalan raya masuk sekitar 1 km, sehingga harus naik kendaraan pribadi atau naik ojek.

Kolam renang yang diresmikan oleh Bupati Tanggamus ini sangat cocok dijadikan tempat bermain anak terutama daerah Gisting dan sekitarnya.

Ada waterboom mini yang sangat bersahabat untuk anak-anak, dan ada juga kolam renang khusus anak sekitar umur 4 tahunan.

Sayangnya, saat saya berkunjung ke kolam renang ini sepertinya kolam renang ini kurang terpelihara, banyak cat-cat yang sudah kumuh sehingga kurang menarik di mata pengunjung.

# Tempat Wisata di Lampung 11: Talang Air Pringsewu


talang air pringsewu
Jalan-jalan ke Talang Air Pringsewu

Bangunan irigasi peninggalan Belanda ini masih kokoh berdiri sampai sekarang. Tidak hanya berfungsi sebagai saluran irigasi, tempat ini pun telah menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi masyarakata Lampung.

Apalagi pengunjung yang hobi dengan fotografi, tempat ini sangat cocok dijadikan bahan foto prewedding maupun foto lainnya.

Pemandangan alamnya masih didominasi dengan pohon-pohonan bambu, sebuah sungai yang mengalir di bawah talang air, serta sawah-sawah yang membentang lebar.

Pemerintah Kabupaten Pringsewu juga beberapa kali menggelar kegiatan di Talang Air ini karena ada sebuah lapangan di samping Talang Air yang dapat menampung banyak sekali orang.

# Tempat Wisata di Lampung 12: Taman Kupu-kupu Gita Persada


taman kupu gita persada
Rumah Pohon di Taman Kupu-kupu Gita Persada

Taman penangkaran Kupu-kupu di Kelurahan Sumber Agung Kemiling ini sangat asyik buat dijadikan tempat bermain anak.

Selain bisa menyaksikan penangkaran kupu-kupu, kita juga bisa naik rumah pohon dari bambu yang jumlahnya lebih dari 5.

Pengunjungnya ternyata buka cuma anak-anak kecil lho, malahan banyak anak-anak muda yang suka foto-foto selfie di taman ini.

Tidak jarang juga pasangan muda-mudi yang datang ke sini sekedar untuk duduk-duduk ngobrol bersama pasangan di rumah pohon.

Kita juga bisa mengunjungi museum kupu-kupu di sebelah kiri tempat parkir motor.

Orang Lampung, kalau belum pernah datang ke Taman Kupu-kupu Gita Persada, kayaknya gimana gitu, makanya segera berkunjung ya.

# Tempat Wisata di Lampung 13: Alam Wawai


alam wawai lampung
tenda-tenda kemah di Alam Wawai Lampung

Dari Alam Wawai ini, kita bisa melihat pemandangan kota Bandar Lampung dari ketinggian. Jika cuaca sedang cerah, terlihat dengan jelas birunya laut di Teluk Lampung, dan benar-benar indah/

Di Alam Wawai ini juga ada amphitheatre yang biasa digunakan untuk acara pertunjukan seperti pertunjukan musik pada saat perayaan tahun baru.

Fotografer juga banyak yang datang ke Alam Wawai karena memang alamnya yang indah sehingga tidak jarang pula pasangan yang akan menikah mengambil foto Prewedding di Alam Wawai ini.

Pengunjung yang ingin camping, disediakan tenda-tenda camping. Tapi Camping di sini harus rombongan, tidak bisa cuma beberapa orang.

Letak alam Wawai ada di seberang Summit Bistro, tidak jauh dari Lembah Hijau Lampung di Sukadanaham. Pada saat perayaan tahun baru, tempat ini sangat ramai.

# Tempat Wisata di Lampung 14: Bumi Kedaton Resort


bumi kedaton
Gajah di Bumi Kedaton Resort

Saat pertama kali datang ke Bumi Kedaton Resort, fasilitasnya masih lumayan lengkap, masih ada kano, masih ada gajah, masih ada arena permainan lainnya, masih ada buaya, kuda, dan berbagai jenis binatang lainnya di kebun binatang mininya.

Sayangnya, pada saat kunjungan saya yang kedua, suasananya sudah jauh berbeda. Koleksi hewan di kebun binatangnya juga jauh berkurang, konon karena kurang terurus.

Kita juga sudah tidak bisa melihat gajah lagi, buaya juga sudah tidak ada.

Beberapa wahana wisata sudah rusak tidak terurus, sangat disayangkan. Padahal, kompleks Bumi Kedaton Resort ini cukup luas dan kalau dikelola lebih bagus lagi sebenarnya cukup menarik.

Saya berharap, ke depannya, akan ada perbaikan pengelolaan tempat wisata di Batu Putu ini.

# Tempat Wisata di Lampung 15: Wira Garden


wira garden
Goa Topi Raja Wira Garden

Wira Garden yang tidak jauh dari Bumi Kedaton Resort, tempatnya mirip-mirip dengan Bumi Kedaton Resort, hanya saja di sini pondokannya lebih banyak.

Wira Garden merupakan sebuah tempat wisata alam buatan, yang menyediakan juga penginapan seperti halnya Lembah Hijau dan Bumi Kedaton Resort.

Lebih cocok datang ke sini bersama keluarga, lalu duduk-duduk di pinggiran sungai, menggelar tikar, dan makan bareng-bareng.

Wira Garden juga sering dijadikan tempat untuk berkemah anak-anak sekolah. Ada lokasi tersendiri yang disewakan untuk berkemah, di seberang sungai Wira Garden.

# Tempat Wisata di Lampung 16: Bendungan Batu Tegi


bendungan batu tegi
View Pemandangan Dermaga Jetty Bendungan Batu Tegi Tanggamus

Bendungan yang katanya merupakan Bendungan Terbesar di Asia Tenggara ini benar-benar memukau. Bangunannya masih kokoh, luas, dan saat saya berkunjung airnya bersih dari enceng gondok.

Di Bendungan Batutegi ini, saya paling suka di Dermaga Jettinya. Tempat ini asyik buat berkumpul bersama keluarga, duduk-duduk ngobrol-ngobrol sambil melihat pamandangan air yang begitu luas. Kita juga bisa menyewa perahu untuk menjelajah perairan bendungan.

Kalau Anda berada di Lampung, harus berkunjung nih ke bendungan yang satu ini.

# Tempat Wisata di Lampung 17: Slanik Waterpark


slanik waterpark
Slanik Waterpark Karang Anyar, Jatiagung, Lamsel

Waterpark terbesar di Lampung, dengan fasilitas yang cukup lengkap, dan lokasinya tidak begitu jauh dari Kota Bandar Lampung.

Seru banget liburan di Waterpark ini, bisa merasakan sensasi naik waterboom atau slide dengan ketinggian yang memacu adrenalin.

Untuk wisata bareng anak-anak, Slanik Waterpark merupakan pilihan pertama saya dibandingkan waterpark lainnya yang ada di Lampung.

18. Pulau Pahawang


pulau pahawang
Pulau Pahawang Lampung


Pulau Pahawang Lampung masuk dalam nominasi The Hidden Paradise untuk anugerah pariwisata tingkat nasional. Pulau ini menyimpan potensi wisata yang sangat indah untuk dinikmati.

Seharian berada di Pulau Pahawang saja rasanya kurang puas.

Saat berkunjung ke Pulau Pahawang, bukan Pulau Pahawang saja yang dapat kita kunjungi. Ada beberapa pulau lain yang tidak kalah cantik seperti Pulau Kelagian, Pulau Mahitam, Pulau Balak, Pulau Tanjung Putus, dan Cukuh Bedil.

Itulah tadi beberapa tempat wisata di Lampung yang pernah saya kunjungi. InsyaAlloh akan kita lanjutkan pada postingan selanjutnya, Tempat Wisata di Lampung yang pernah saja kunjungi Part II.

Seorang PNS yang sedang belajar menulis. Mohon kritik dan sarannya. Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Mohon maaf atas segala kekurangan.

6 komentar

Waah.. keren. Jadi pengen meluncur ke semua tempat. Thanks infonya, Mas Ju... 😊

Kapan2 mesti jalan2 bareng nih :)

Siap om, nunggu ajakan Om Yopie aja :)

Ah, keluarga yang bahagia, semoga SAMAWA...eh...kaya pesan nikahan....sukses ya mas Jum...

Aamiin makasih doanya mba. Sukses juga buat blogger sukses seperti Jeng Yuni ini :)


EmoticonEmoticon