Wednesday, September 14, 2016

Pantai Ketang, Indahnya Batu-batu Karang

Pantai Ketang Kalianda, sebuah pantai cantik, dengan batu karang berwarna hitam yang eksotis, pasir putih yang halus, dan tentunya gratis dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia, apalagi warga Lampung tercinta.

pantai ketang kalianda
Keindahan Pantai Ketang Kalianda

Batu karangnnya berjumlah puluhan, dengan berbagai ukuran dan bentuk. Semuanya berwarna hitam cantik. Apalagi dipadu dengan air laut yang berwarna biru, serta buih-buih putih ombak yang menabrak bebatuan, lalu suaranya khas yang benar-benar tidak terlukiskan.

Di kejauhan, terlihat sebuah gunung, entah itu gunung Krakatau atau Gunung Rajabasa saya juga kurang tahu. Yang jelas, pemandangan di Pantai Ketang Kalianda ini memang gila habis, tidak akan ada duanya, dan tidak akan anda temukan di tempat lain di Lampung.

Awalnya, saya pikir tidak mengapa tanpa alas kaki, saya dan Alya naik ke atas batu-batu karang. Setelah berdiri di atasnya, lalu jalan dari satu batu ke batu yang lain,  ternyata cukup tajam juga bebatuan karangnya. Kaki saya pun sedikit berdarah tergores salah satu batu karang saat akan kembali ke pinggiran pantai.

Bahaya juga kalau sampai jatuh lalu menghantam batu karang, bisa-bisa lukanya serius. Saran saya bagi pengunjung Pantai Ketang ini, jika ingin naik ke batu karang, gunakan alas kaki yang tidak licin, dan harus berhati-hati karena kalau jatuh memang sangat berbahaya.

Di atas batu-batu karang yang ramai ini, para pengunjung selalu asyik berfoto-foto. Tempatnya yang gokil abis membuat para fotografer tidak akan melewatkan keindahan pantai ini. Tidak jarang juga foto-foto prewedding diambil di Pantai Ketang Kalianda ini.

Pantai Batu Rame


Pantai Ketang Kalianda, ternyata mempunyai nama lain, yaitu Pantai Batu Rame. Kenapa dinamakan Pantai Batu Rame, karena memang saking banyaknya batu-batu karang yang ada di Pantai ini, sehingga orang pun akrab dengan nama Pantai Batu Rame.

pantai batu rame
Batu-batu karang di Pantai Batu Rame Kalianda

Jika anda datang ke Kalianda dan ingin berkunjung ke Pantai ini, anda bisa menanyakan Pantai Batu Rame, dan masyarakat Kalianda juga sudah pada tahu apa itu Pantai Batu Rame.

Pantai Ketang atau Pantai Batu Rame ini sangat mudah ditemukan kok, berjarak sekitar 1-2 km saja dari Kantor Bupati Lampung Selatan, ke arah Alau-alau Boutique Resort.

Sebelum sampai ke Alau-alau Boutique Resort, sepanjang perjalanan, kita akan menyisiri pinggir lautan dengan suara ombaknya yang terdengar jelas. Birunya lautan juga dapat kita saksikan sepanjang perjalanan.

Nah, di pertengahan jalan, di sebelah kiri, akan kita jumpai sebuah pantai cantik ini, yaitu Pantai Batu Rame yang selalu ramai pengunjung di pagi dan sore hari.

Pagi hari pukul 6 pagi, atau sore hari mulai dari pukul 4 sore, pengunjung ramai sekali yang berdatangan ke Pantai Batu Rame, selain untuk berfoto-foto dan cuaca matahari tidak terlalu panas, pengunjung juga ingin menyaksikan sunrise dan sunset di Pantai eksotis ini.

Sayangnya kami datang sudah siang, sekitar pukul 9.45 dan pengunjung sudah pada pulang. Hanya ada beberapa pengunjung yang sedang foto-foto di pantai ini.

Suatu saat kalau ke Kalianda lagi, kami ingin datang pagi-pagi benar ke pantai ini menyaksikan sunrise, atau datang sore-sore biar ramai dan bareng-bareng menyaksikan matahari tenggelam di ufuk barat.

Keindahan Pantai Ketang benar-benar nyata indahnya, sampai kami sendiri benar-benar takjub dibuatnya, ada pantai gratis di Kalianda, yang viewnya begitu menawan. Kami yang sebenarnya berniat awal ingin ke Alau-alau Boutique Resort malah akhirnya mampir di Pantai Ketang ini.

pasir putih pantai ketang
Keindahan pasir putih di pantai ketang kalianda

Kami tak kuasa menahan godaan untuk berhenti, lalu merasakan kelembutan pasirnya yang nyaman sekali di kaki telanjang, naik ke atas batu karang, foto-foto, sampai celana saya basah karena kecipratan air dari gelombang ombak yang menabrak batu karang dan airnya bertaburan ke atas.

Beberapa pengunjung yang datang bersamaan dengan kami, ada juga yang mandi di pinggiran pantainya. Alya juga langsung minta mandi, memang sudah dasarnya suka laut. Tapi sayangnya, di Pantai ini memang belum ada kamar bilasnya, mengingat pantai ini memang belum di kelola.

pantai ketang
Indahnya Pantai Ketang kalianda

Pantai ini masih merupakan pantai bebas yang masih miskin fasilitas, sebanding sih dengan tiket masuknya yang gratis. Hanya terlihat beberapa bangunan semi permanen tempat warga sekitar menggelar dagangan di Pantai Batu Rame ini.

Dan yang disayangkan lagi, ternyata cukup banyak sampah yang berserakan, entah itu dari tengah laut atau dari pengunjung yang tidak bertanggung jawab. Sungguh sangat disayangkan, keelokan pantai ini tercoreng oleh sampah-sampah yang tak terurus.

Kesimpulannya: Pantai Ketang atau Pantai Batu Rame merupakan salah satu pantai favorit saya di Kalianda Lampung Selatan. Pantainya betul-betul eksotis dan cantik dijadikan latar foto selfie. Selamat berkunjung ya.

Seorang PNS yang sedang belajar menulis. Mohon kritik dan sarannya. Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Mohon maaf atas segala kekurangan.


EmoticonEmoticon