Friday, September 30, 2016

Kampung Kurcaci Purbalingga, Wisata Ngehits Kota Perwira

Kampung Kurcaci Purbalingga - Duh, menyebut kata Purbalingga membuat saya ingin cepat-cepat mengambil cuti, lalu mudik ke rumah orang tua. Sayangnya jatah cuti sudah saya ambil awal tahun kemarin.

Di Purbalingga ada satu tempat wisata yang lagi ngetrend nih kawan, namanya "Kampung Kurcaci", layaknya perkampungan di Desa Shire yang ada di film Lord of The Ring, tempat tinggal The Hobbit.

kampung kurcaci purbaligga
Salah satu Rumah Kurcaci yang ada di Kampung Kurcaci

Pernah nonton film Lord Of The Ring kan?

Yah, bayangkan saja saat menjumpai perkampungan kurcaci di film itu. Bagus kan tempatnya?

Dan asyiknya nih, tidak usah jauh-jauh ke luar negeri, cukup datang ke Purbalingga, kita sudah bisa menikmati Kampung Kurcaci ala Indonesia.

Liburan ke Kampung Kurcaci ini sangat cocok loh buat kita yang terbiasa hidup di perkotaan, karena di Kampung Kurcaci ini suasana alamnya alamiah banget :)

Mahal Gak Sih Tiket Masuk Kampung Kurcaci?


Harga tiket masuk tempat wisata di Purbalingga berdasarkan pengalaman saya, tidak semahal harga tiket masuk di Lampung sini.

Contohnya saja Owabong, dengan fasilitas yang lengkapnya kayak gitu, harga tiket masuknya cuma 25 ribu rupiah (25 apa 23 ya, lupa hihihi).

Kalau di Lampung nih, harga tiket masuknya udah 45 ribuan untuk ukuran waterboom yang sekelas Owabong. Beda tempat beda harga ya.

Nah, harga tiket masuk Kampung Kurcaci Serang ini murah banget lho, tapi gak pakai bingitz yah :).

Untuk masuk ke Kampung Kurcaci Serang Purbalingga ini, kita cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,- per orang. Gak mahal kan?

Sementara untuk parkir sepeda motor cuma Rp 2.000,- per kendaraan. Di Lampung, parkir motor di tempat wisata sudah 3 ribu rupiah lho mas bro :).

Kampung Kurcaci Purbalingga buka setiap hari dari pukul 9 pagi sampai pukul 5 sore. Kita punya banyak waktu untuk menikmati keindahan alam di kampung ini.

So, jika kita mau wisata hemat dan badan sehat, yah cukup datang ke Kampung Kurcaci Purbalingga saja hehehe.

Lokasi dan Rute ke Kampung Kurcaci Serang


Kampung Kurcaci terletak di dusun Brobahan, Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Dari Goa Lawa Purbalingga, jaraknya tidak terlalu jauh, sekitar 7 km saja. Masih satu Kecamatan.

Adapun rute menuju ke Kampung Kurcaci Purbalingga sebagai berikut:

Rute Dari Purwokerto dan Purbalingga


Jika berkunjung ke Kampung Kurcaci dari arah Purwokerto, rute yang harus ditempuh bisa memilih salah satu di antara dua rute berikut:
  1. Sokaraja-Kalimanah-Purbalingga kota-lalu ambil arah Bobotsari, melewati Bojongsari-Mrebet lalu belok kiri di Pertigaan Serayu (ada papan petunjuk jalur pendakian gunung Slamet/wisata agro) menuju Desa Serang/Pratin (kebun strawberry). Kampung Kurcaci berada di Jl.Raya Brobahan, 1 km sebelum rest area lembah asri.
  2. Dukuhwaluh-Larangan-Padamara-Owabong lalu belok kiri ambil arah Bobotsari, nglewatin Mrebet lalu belok kiri lagi di Pertigaan Serayu sama seperti rute di atas.

Rute Dari Pemalang/Randu Dongkal/Belik


Ambil arah Belik - Gombong - Kutabawa/ Pratin lalu belok kanan ke arah Desa Serang (kebun strawberry). Kampung Kurcaci berada di Jl.Raya Brobahan, 1 km setelah rest area lembah asri.

Saya pikir untuk rute ini tidak masalah, karena jaman sekarang sebenarnya tinggal buka GPS saja dan langsung ketemu deh tuh lokasi.

Ada apa Saja di Kampung Kurcaci?


Di Kampung Kurcaci Desa Wisata Serang ini kita bisa menikmati banyak hal, terutama wisata alamnya yang masih sejuk dan rindang.

Setidaknya, 9 hal ini yang akan kita jumpai saat kita berkunjung ke Kampung Kurcaci Purbalingga:

1. Rumah Kurcaci


rumah kurcaci purbalingga
Rumah Kurcaci di Serang Purbalingga

Rumah Kurcaci, yang pada awalnya dikonsep untuk sekolah alam anak-anak setempat, untuk menarik minat warga supaya mau sekolah alam, justru menjadi viral setelah diunggah di media sosial.

Keberadaan rumah kurcaci menambah daya tarik wisatawan untuk berfoto-foto di depannya dan menjadikan tempat ini semakin terkenal.

Rumah dari bahan kayu dengan cat berwarna kuning dan merah ini berukuran mini, dengan atapnya yang pendek, sehingga cocok memang kalau disebut sebagai rumah kurcaci.

Oiya, ada kabar baru lagi ni, Kampung Kurcaci baru-baru ini menambah lagi 1 buah koleksi Rumah Kurcacinya. Ini dia Rumah Kurcaci yang baru.

rumah kurcaci baru
Rumah Kurcaci yang baru

Gimana, cantik kan? (cantikan mana rumahnya sama ceweknya? hihihihi)

2. Camping Ground Kampung Kurcaci


camping ground kampung kurcaci
Camping Ground keren

Kalau kita mau berkemah di sini, disediakan juga lho lokasi untuk camping. Camping Ground di Kampung Kurcaci cukup luas. Cocok sekali dijadikan kegiatan perkemahan anak-anak sekolah.

Tinggal bawa tenda, kita pun bisa menginap di Kampung Kurcaci, menikmati udara yang masih sejuk, dan malam-malamnya bikin api unggun untuk menghangatkan badan.

Duh seru sekali berkemah di Kampung Kurcaci Purbalingga.

3. Curug Lawang


curug lawang kampung kurcaci
Curug Lawang di Desa Wisata Serang

Sesuai dengan kontur alamnya yang berupa daerah pegunungan, karena memang terletak di kaki Gunung Slamet, di Kampung Kurcaci Purbalingga ini juga ada sebuah air terjun yang bernama Curug Lawang.

Orang Purbalingga memang biasa menyebut air terjun dengan sebutan curug.

Air di Curug Lawang ini mengalir jernih dengan ketinggian air terjun sekitar 35 meter. Berkemah dan menikmati air terjun, benar-benar wow.

4. Hutan Wisata Kampung Kurcaci


hutan wisata serang
Hutan Wisata di Kampung Kurcaci

Hutan Wisata di Kampung Kurcaci Desa Serang ini sangat mempesona, dengan kerimbunan pohon damar yang berumur ratusan tahun dan ketinggian puluhan meter.

Tidak heran kalau selama kita berjalan di hutan wisata ini, matahari nyaris tidak mengenai kita, saking rimbunnya pohon damar di sekeliling kita mengayunkan kaki.

Sensasi berjalan di Hutan Wisata ini benar-benar bisa menenangkan pikiran.

5. Sekolah Alam Kampung Kurcaci


sekolah alam kampung kurcaci
Sekolah alam di Desa Wisata Serang

Sekolah alam ini tempat bagi anak-anak warga Desa Serang mengikuti kegiatan belajar di alam yang tentunya sangat seru bagi anak-anak kecil.

Sekolah alam memang sudah banyak dilaksanakan di beberapa daerah karena metode pembelajaran ini memang membuat anak lebih rileks.

Oiya, di Kampung Kurcaci ini kita juga bisa lho foto bareng dengan burung Cleo yang cantik. Jangan sampai dilewatkan ya.

6. Rumah Pohon Kampung Kurcaci


rumah pohon kampung kurcaci
Rumah Pohon di Kampung Kurcaci

Memang tidak seperti rumah pohon yang ada di Kalibiru Jogja atau di Tahura WAR Lampung, tapi keberadaan rumah pohon di Kampung Kurcaci Purbalingga juga menambah daya tarik tersendiri.

Keberadaannya mungkin seperti rumah pohon di taman kupu-kupu Gita Persada, hanya saja rumah pohon di sini terbuat dari kayu, beda dengan rumah pohon taman kupu-kupu Gita Persada yang terbuat dari bambu.

Rasanya kurang lengkap kalau berkunjung ke Kampung Kurcaci tanpa menikmati rumah pohon ini.

7. Permainan Tradisional


arena permainan tradisional
Permainan tradisional di Kampung Kurcaci

Ada beberapa arena permainan tradisional di Kampung Kurcaci yang bisa kita nikmati. Berbagai permainan tradisional ini bakalan mengingatkan kita kepada masa kecil kita saat masih memainkan permainan tradisional ini.

Jaman sekarang permainan-permainan tersebut sudah sangat jarang dijumpai karena anak-anak sekarang lebih senang bermain dengan gadget, seiring dengan perkembangan teknologi.

Dengan mengunjungi Kampung Kurcaci, seakan-akan menyadarkan kita bahwa dengan tanpa gadget pun kita bisa berbahagia dengan menikmati berbagai permainan tradisional.

8. Giant Swing


giant swing
Rasakan sensasi Giant Swing

Kalau kita suka dengan permainan yang memacu adrenalin, maka kita harus mencoba wahana yang baru ini di Kampung Kurcaci.

Kita akan diangkat setinggi 25 meter, lalu dilepaskan untuk berayun-ayun bebas. Cukup menantang bukan? Berani mencoba?

Bagi yang punya penyakit jantung sangat tidak disarankan untuk menikmati wahana ini.

9. Perpustakaan Kurcaci


perpustakaan kampung kurcaci
Perpustakaan di Kampung Kurcaci

Bukan cuma liburan dan piknik, di kampung kurcaci kita juga bisa belajar dengan membaca buku-buku yang ada di perpustakaan.

Jadi sambil melepas lelah setelah jalan-jalan berkeliling, kita bisa bersantai sambil membaca buku di perpustakaan mini ini.

Asyik ya?

Bagaimana, seru kan bermain di Kampung Kurcaci Purbalingga ini. Kampung Kurcaci Purbalingga akan selalu menambah fasilitas dan wahana wisatanya untuk memanjakan pengunjung.

So, mari kita tunggu inovasi lainnya dari Kampung Kurcaci Purbalingga. Mudah-mudahan makin jaya.

Seorang PNS yang sedang belajar menulis. Mohon kritik dan sarannya. Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Mohon maaf atas segala kekurangan.

4 komentar

Seperti desa Hobbit di film lord of the rings ...hehehehe...keren juga :)

iya, kaya yang di lembang bandung juga :)

tiket masuknya murah juga yah,
ini seruu nih tempatnya bisa buat foto produk :D hihi

cocok untuk wisata keluarga bareng si kecil, adem banget tempatnya. Saya paling suka tempat kayak gini


EmoticonEmoticon