Saturday, September 24, 2016

Inilah Goa Lawa Purbalingga Yang Melegenda

Goa Lawa Purbalingga, merupakan salah satu tempat wisata unggulan di Kabupaten Purbalingga. Masyarakat Purbalingga asli dari kakek buyut saya sampai anak-anak kecil tetangga saya sudah tahu tempat wisata yang satu ini, mengingat tempat ini menjadi salah satu wisata favorit kami.

Goa Lawa, atau terkadang orang menyebutnya "Gua Lawa", merupakan sebuah goa yang panjangnya mencapai 1,5 km dan luasnya mencapai 5 km persegi, bisa dibayangkan kan betapa besarnya Goa Lawa Purbalingga ini.

goa lawa purbalingga
Pintu Masuk Goa Lawa Purbalingga

Goa Lawa konon terbentuk dari pembekuan dan pendinginan lava yang kemudian mengeras. Goa Lawa sendiri diketahui tidak mengandung kapur serta tidak ada stalagtit dan stalagmit.

Lokasi 


Goa Lawa terletak di Desa Siwarak Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga. Kalau dari Kota Purbalingga, jaraknya sekitar 25 km ke arah utara, atau kurang lebih perjalanan selama 45 menit s.d. 1 jam. Tidak terlalu jauh lah

Sebagai penanda, di Pertigaan Koramil Karangreja, ada sebuah tugu pintu masuk menuju Goa Lawa Purbalingga. Lewati tugu ini dan ikuti jalannya sesuai dengan petunjuk arah. Atau kalau bingung bisa tanya pada warga setempat, dan kalau mau lebih modern bisa tanya sama GPS/Google Maps.

Goa Lawa sendiri berada di kaki Gunung Slamet sehingga udaranya pun masih sangat sejuk. Goa Lawa berada di ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut, sudah kebayang kan betapa segar udaranya dengan ketinggian seperti ini.

Sebelum mengunjungi Goa Lawa, anda juga bisa menikmati kebun strawberry yang letaknya tidak jauh dari Goa Lawa. Di Kebun Strawberry ini anda bisa memetik sendiri buah strawberry dan langsung dimakan di tempat atau di bawa pulang.

Kontur dataran tinggi di Kecamatan Karang Reja ini menjadikan tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata alam di Kabupaten Purbalingga.

Harga Tiket Masuk


Sebelum masuk ke Goa Lawa, anda harus membeli tiket masuk di tempat penjualan tiket, yang ada di Gerbang Masuk kompleks Goa Lawa. Setelah itu parkirlah di tempat yang telah disediakan.

Adapun harga tiket masuk Gua Lawa Purbalingga sebagai berikut:
  • Hari Biasa : Rp 6.000,-
  • Hari Libur : Rp 7.500,-
  • Parkir Biasa : Rp 1.000,-
  • Parkir Libur : Rp 1.500

Dari tempat parkir kendaraan menuju lokasi Goa Lawa, pengunjung harus jalan kaki menanjak sedikit. Tidak jauh kok jalan kakinya, cuma beberapa ratus meter saja. Mungkin 300 meteran.

goa lawa
Jalan Kaki ke Goa Lawa dari tempat parkir

Yah hitung-hitung buat olah raga lah. Kalau kendaraan harus masuk ke dalam, tentunya merusak keindahan alam di kawasan Goa Lawa. Pada saat saya berkunjung ke sini, ada juga sih warga sekitar yang tetap membawa masuk motornya ke dalam, kemudian memarkir kendaraan di dekat lapangan.

Oiya, di kawasan Goa Lawa ini memang ada sebuah lapangan yang biasa dijadikan tempat bermain bola bagi warga di sekitar Goa Lawa.

Goa Lawa memang memiliki tanah lapang yang luas dengan pohon pinus di beberapa lokasi. Anak-anak bisa puas bermain di tanah lapang ini.

Ada Apa Saja sih di Gua Lawa?


Sesuai dengan namanya, Goa/Gua dan Lawa, yang pertama akan anda jumpai di sini adalah Goa, di mana anda harus menuruni tangga dari semen, lalu masuk ke perut bumi, dan melihat betapa agungnya ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa.

turun tangga goa lawa
Menuju pintu masuk Goa Lawa

Setelah menuruni tangga, akan anda dapati lobang besar sebagai pintu masuk goa. Setelahnya anda akan disambut dengan sebuah gambar kelelawar dari lampu dan dengan tulisan "Selamat Datang di Goa Lawa" di bawahnya.

selamat datang di goa lawa
Lampu kelelawar dengan tulisan Selamat Datang Di Goa Lawa

Setelah memasuki goa, anda akan menyusuri jalan yang telah dibuat oleh pengelola. Untuk penerangan cukup kok sehingga tidak perlu takut gelap di dalamnya.

Yang kedua, selain goa, anda juga akan melihat "Lawa" yang artinya kelelawar. Di Goa Lawa ini memang akan anda jumpai kelelawar yang beterbangan.

Pada saat memasuki Goa Lawa, hawa lembabnya udara pun langsung terasa. Dingin benar terasa di dalam. Apalagi ada tetesan-tetesan air. Dan di sini, ada sebuah air yang mitosnya dapat membuat awet muda. Begitu memegang air ini dan membasuh muka, rasanya langsung nyes, dingin benar.

Di dalam Goa Lawa kita juga bisa melihat Mbah Semar, yaitu bebatuan yang terbentuk secara alami tanpa melalui tahap pemahatan dan bentuknya menyerupai semar. Oleh karena itu akhirnya batu ini pun disebut Mbah Semar.

Beberapa meter dari Mbah Semar, anda akan menjumpai dinding bebatuan yang bentuknya mirip sekali dengan pohon beringin berwarna putih. Orang-orang menyebutnya dengan nama Waringin Seto.

Objek wisata lain di Goa Lawa antara lain Bale Paseban, Pancuran Slamet, Sendang Drajat, Sendang Slamet, Lobang Panembahan, dan Gangsir Bupati.

Karena saking panjangnya Goa Lawa ini, siapkan fisik anda ya sebelum berkunjung ke Goa Lawa. Anda pun diharuskan untuk menanjak dan menurun untuk dapat menikmati keindahan Goa Lawa.

Secara keseluruhan, isi dari Goa Lawa kurang lebih:
  1. Goa Batu Semar
  2. Goa Waringin Seto
  3. Goa Dada Lawa
  4. Goa Batu keris
  5. Goa Ratu ayu
  6. Pancuran Slamet / Sendang Drajat
  7. Goa Langgar
  8. Balai Pertemuan Agung
  9. Goa Angin
  10. Gua Musium Batu
  11. Goa Rahayu
  12. Goa Cepet
  13. Goa Pos
  14. Goa Danau
  15. Goa Lorong Penembahan
  16. Goa Naga

Nah, setelah keluar dari Goa, anda bisa mengajak anak-anak anda bermain di taman. Saat saya berkunjung ke sini sih bayar 2 ribu rupiah untuk tiket masuknya.

taman bermain di goa lawa
Alya dan Mbah bermain di Taman Goa Lawa

Di taman ini anak-anak bisa main berbagai arena permainan anak, dan ada juga bangkai pesawat terbang juga lho.

Untuk fasilitas Goa Lawa Purbalingga di antaranya: tempat parkir yang luas, mushola, panggung gembira, taman, dan warung-warung yang menjajakan cinderamata khas Goa Lawa serta buah-buahan khas Karangreja.

Oiya, di dekat Goa Lawa juga ada satu buah goa lagi yang belum lama dibuka, yaitu Goa Lorong Kereta. Jadi sekalian mampir ke Goa Lawa, cobain juga Goa Lorong Kereta yah.

Terakhir, Goa Lawa, adalah tempat wisata terkenal di Purbalingga yang benar-benar sudah melegenda. Terlalu sayang bagi anda kalau belum pernah berkunjung ke Goa Lawa ini. Selamat berkunjung ya.

Seorang PNS yang sedang belajar menulis. Mohon kritik dan sarannya. Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Mohon maaf atas segala kekurangan.


EmoticonEmoticon