Wednesday, September 28, 2016

Cara Menghasilkan Uang dari Blog Untuk Pemula (Bisnis Online Terpercaya)

Cara Menghasilkan Uang dari Blog Untuk Pemula - Adakah blogger yang kaya yang hanya mengandalkan penghasilan dari blognya? Ada.

Blogger Indonesia dengan penghasilan di atas 100 juta per bulannya pun ada. Banyak malah kalau kita mau tahu. Salah satu contohnya Mas Eka Lesmana.

Banyak juga blogger Indonesia yang penghasilannya puluhan juta per bulan hanya dari blog. Mas Gee Jhon contohnya.

Pemilik blog portal-uang.com ini memiliki penghasilan dari blog sekitar $1.700 per bulan, atau kalau dirupiahkan dengan tarif $1=Rp13.000,- maka penghasilan Mas Gee Jhon per bulannya mencapai Rp22.100.000,-.

cara menghasilkan uang dari blog
Mendapatkan uang dari blog

Bagaimana, cukup besar bukan? Atau malah besar banget?

Itu cuma contoh dua blogger sukses di Indonesia. Kita belum membicarakan penghasilan blog Marikxon Manurung pemilik maxmanroe.com, juga ada Mba Indri dengan juragancipir.com, dan Mas Sugeng dengan sugeng.id nya, serta blogger keren Indonesia lainnya.

Mungkin kita sebagai pemula banyak yang penasaran, kok bisa ya mereka memperoleh pendapatan yang begitu banyak dari blog.

Bagaimana sih cara membuat blog yang menghasilkan uang? Apakah kita bisa seperti mereka? Hmmm, kita memang benar-benar perlu banyak belajar cara menghasilkan uang dari internet kepada mereka semua.

Menghasilkan Uang dari Blog Harus Sabar


Bisnis online bukanlah cara singkat untuk cepat kaya. Profesi blogger pun bukanlah bisnis online instan yang bisa membuat seseorang kaya mendadak.

Berdasarkan pengalaman dari Mas Gee Jhon, pada awal-awal memonetize blognya dengan mengunakan Google Adsense, Mas Gee ini baru menikmati penghasilan pertamanya setelah 8 bulan memasang iklan di blognya.

Lalu, penghasilan berikutnya baru bisa dinikmati setelah 6 bulan. Hmm, sekarang ini, Mas Gee sudah punya penghasilan 20 jutaan per bulan.

Seandainya Mas Gee waktu itu tidak sabaran, putus asa, karena blognya tidak kunjung menghasilkan uang, sudah pasti saat ini ia tidak akan mendapatkan penghasilan dari blog sebanyak sekarang ini.

Bukan cuma Mas Gee, semua blogger sukses lainnya pun sudah pasti pertama kali diuji dengan kesabaran. Awal-awal membuat blog, mereka pun baru belajar, sama seperti kita yang masih pemula.

Tidak ada orang yang membuat blog pertama kali langsung ahli dan langsung menghasilkan uang.

Semua butuh proses dan pembelajaran. Ada tahap-tahap yang sudah pasti akan dilewati oleh seorang blogger sampai akhirnya ia benar-benar menjadi blogger yang matang dan sukses.

Justru karena sabar dalam belajar, dan mau belajar dari kesalahan dan kegagalan itulah, mereka kini telah menjadi seorang blogger dengan penghasilan puluhan hingga ratusan juta per bulan.

Begitu pula dengan ceritanya Mas Sugeng yang memulai ngeblog sejak tahun 2010, namun baru menikmati penghasilan pertamanya 3 tahun kemudian.

Kalau Mas Sugeng bukanlah orang yang sabar, tidak mungkin bisa bertahan sampai saat ini dengan karya-karyanya yang sudah banyak dinikmati oleh para blogger pemula di seluruh tanah air.

Saya sendiri, masih bisa bertahan untuk ngeblog sampai saat ini tidak lain karena sabar. Awal-awal ngeblog, boro-boro dapat penghasilan, trafik blog saja tidak naik-naik.

Alhamdulillah, sekarang saya sudah bisa menghasilkan uang dari blog, meskipun nilainya sangat jauh bila dibandingkan dengan Mas Sugeng, Mas Gee Jhon, Mba Indri, ataupun Mas Eka Lesmana.

Cerita selengkapnya dapat anda baca di Cara Saya Diterima Menjadi Publisher Google Adsense.

Intinya, kesabaran adalah kunci utama jika seorang blogger pemula ingin menghasilkan uang dari blognya.

Jangan menyerah kalau baru satu bulan atau dua bulan trafik blog masih sedikit dan tidak kunjung menghasilkan uang.

Terus belajar dan belajar sampai uang yang mengejar kita, bukan kita yang mengejar-ngejar uang :)

Meningkatkan Penghasilan dari Blog? Tingkatkan Trafik


Para blogger dengan penghasilan yang besar di atas, bisa memperoleh pendapatan yang begitu menggoda dari blog karena blog mereka memiliki trafik pengunjung yang tinggi.

Trafik blog adalah faktor penting untuk meningkatkan pendapatan dari blog. Tanpa adanya trafik yang tinggi, jangan terlalu berharap mendapatkan penghasilan yang optimal dari sebuah blog.

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi blogger pemula seperti kita, yang pertama kali harus kita lakukan sebenarnya adalah meningkatkan pengunjung blog.

Ada berbagai faktor yang bisa mendukung blog kita ramai pengunjung:

1. Menguasai SEO


Search Engine Optimization atau SEO adalah ilmu yang sangat penting dan harus dikuasai oleh seorang blogger jika ingin blognya selalu muncul di halaman pertama pencarian google.

Semakin banyak halaman blog kita yang muncul di halaman pertama google, semakin ramai pula pengunjung blog kita.

Apalagi kalau halaman blog kita bisa menduduki posisi 3 teratas dalam laman pencarian google, pasti bakalan banjir pengunjung blog kita.

Orang yang mencari informasi lewat google biasanya melihat hasil pencarian di posisi 3 teratas di halaman pertama google. Jika di posisi tersebut belum mendapatkan informasi yang dibutuhkan, baru membuka blog dengan hasil pencarian di posisi bawahnya.

Oleh karena itu, menduduki posisi 3 teratas sangat penting untuk meningkatkan trafik blog. Jika tidak, maka kita pun harus bersiap-siap kehilangan pengunjung, apalagi jika informasi yang dicari merupakan informasi pasti yang tidak memiliki keunikan, seperti lirik lagu atau informasi tertentu yang nilainya sudah pasti.

Mengingat betapa pentingnya manfaat SEO ini, maka seorang blogger pemula seperti kita hendaknya lebih mengutamakan SEO dan cara menulis artikel yang baik sebelum memikirkan bagaimana kita dapat memperoleh penghasilan dari blog.

Setelah SEO kita kuasai dan artikel di blog kita menarik untuk dibaca, otomatis trafik blog kita akan meningkat drastis dan barulah uang dari blog akan mengalir ke rekening kita.

2. Konten yang Bermanfaat


Hal kedua yang harus kita perhatikan sebagai seorang blogger pemula adalah isi blog yang memberikan nilai tambah, memberikan pengetahuan, pencerahan, motivasi, pemahaman, atau hal bermanfaat lainnya bagi pembaca blog kita.

Pengunjung blog kita adalah raja, yang harus kita puaskan. Jika pengunjung merasa puas dan merasakan manfaat dari blog kita, dia pun akan kembali lagi ke blog kita suatu saat.

Bahkan, jika tulisan-tulisan kita di blog bisa benar-benar berguna bagi orang tersebut, bisa jadi dia akan menjadi pelanggan setia yang selalu membaca blog kita tanpa pernah bosan.

Saya sendiri juga merasakan menjadi pelanggan setia dari beberapa blog, karena isi blog tersebut memang benar-benar bermanfaat dan memberikan pengetahuan lebih kepada saya.

Berbeda dengan blog-blog lainnya yang isinya klise dan terkadang cuma hasil copy paste dari blog lain.

Membuat konten yang bermanfaat memang tidak mudah. Tapi intinya adalah, kita harus membuat artikel sesuai dengan apa yang benar-benar kita tahu dan kita kuasai.

Jangan sampai menuliskan sesuatu di blog hanya hasil copy paste dan kita tidak tahu apa isi artikel tersebut. Di samping hasilnya kurang memuaskan di mata pengunjung, informasi yang kita sampaikan juga dapat menyesatkan pembaca.

Menulis artikel di blog sebenarnya bukan sekadar untuk menghasilkan uang, tapi ada tujuan lain yang lebih mulia yaitu berbagi pengetahuan kepada pengunjung blog kita.

Jadi, dalam menuliskan postingan di blog, orientasi utama kita yang paling penting adalah pengunjung.

Jangan sampai kita hanya berorientasi kepada mesin pencari sehingga meskipun blog dapat menduduki posisi 3 teratas di halaman pertama mesin pencarian google, tapi isi artikel tidak memuaskan pengunjung sehingga mereka enggan berkunjung ke blog kita lagi.

3. Tampilan Blog Menarik dan Enak Dibaca


Berikutnya, selain isi blog harus bermanfaat, berguna bagi pengunjung dan memberikan nilai tambah, tampilan blog pun harus menarik, sederhana, tidak terlalu banyak widget yang tidak penting, tata letaknya tidak berantakan, serta tulisan di blog juga harus enak dibaca.

Blog akan lebih enak dibaca jika tidak terlalu berwarna warni, sederhana saja. Cara menulis pun harus pas sehingga pengunjung enak membacanya.

Jangan sampai menggunakan background putih lalu tulisan berwarna kuning ya, pasti sulit dibaca dan pengunjung malas berkunjung lagi.

Paling enak sih background putih lalu tulisan berwarna hitam.

Antara paragraf yang satu dengan paragraf yang lainnya hendaknya diberi spasi sehingga mata pengunjung tidak sulit membaca isi blog.

Paragraf juga hendaknya tidak terlalu panjang. Paragraf yang terlalu panjang membuat pengunjung malas membacanya.

Saya sendiri kalau membaca blog yang paragrafnya terlalu panjang kurang nyaman. Padahal kenyamanan pengunjung penting juga agar pengunjung betah berlama-lama di blog kita.

Jika tampilan blog menarik dan isi blog enak dibaca, maka pengunjung pun akan betah berlama-lama di blog kita dan bisa jadi membaca artikel lainnya atau suatu saat berkunjung lagi ke blog kita.

4. Promosi


Sebagus apapun produk, jika tidak dipromosikan, maka tidak akan diketahui oleh orang banyak. Promosi produk diperlukan agar suatu produk bisa laku di pasaran.

Begitu pun dengan blog kita, sebagus apa pun isi blog kita, jika kita kurang dalam melakukan promosi, maka pengunjung blog kita pun kurang optimal.

SEO bukanlah satu-satunya cara agar pengunjung blog kita ramai. Bahkan, promosi blog justru lebih baik dibandingkan dengan SEO.

Kalau kita mengandalkan pengunjung blog hanya dari mesin pencarian macam google, jika suatu saat google melakukan deindex, maka habis sudah pengunjung blog kita.

Tapi, dengan melakukan promosi yang baik, blog kita akan dapat bertahan lebih baik meskipun ada badai deindeks dari mesin pencari.

Promosi blog ini bisa dilakukan dengan cara blogwalking, membuat fanspage, share link artikel di media sosial macam facebook, twitter, google +, atau bisa juga dengan menjadi penulis tamu di blog yang sudah terkenal.

Ada banyak sekali cara promosi blog kita sehingga pengunjung blog kita pun semakin ramai. Point pentingnya, setelah optimasi SEO, membuat isi yang bermanfaat, dan mengatur tampilan serta postingan blog yang paling nyaman buat pengunjung, kita juga tidak lupa promosi blog supaya trafik blog terus meningkat.

Trafik blog yang tinggi, maka penghasilan pun makin besar.

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog


Setelah kita meningkatkan trafik blog kita, selanjutnya barulah kita memikirkan bagaimana blog kita dapat menghasilkan uang untuk kita.

Menghasilkan uang dari internet tidaklah sulit kalau kita sudah membangun blog yang mapan dengan jumlah pengunjung yang stabil banyaknya, apalagi kalau terus meningkat.

Jadi kalau trafik blog masih sedikit, belum penting bagi kita untuk memikirkan penghasilan.

Setelah trafik blog kita tinggi, tinggal kita cari metode monetize blog mana yang mau kita pilih.

Ada banyak sekali cara memonetize blog kita, dan cara kita memanfaatkan blog kita agar menghasilkan uang untuk kita.

Setidaknya, berikut ini 15 cara yang biasa digunakan oleh para blogger dalam mendapatkan uang dari blog:

1. Lomba Blog


Lomba blog jangan dipandang sebelah mata. Hadiah dari lomba blog juga lumayan lho. Biasanya hadiahnya 1 juta ke atas untuk juara pertama.

Ada juga yang memberikan hadiah berupa paket wisata, gadget, voucher belanja, service tertentu, dan berbagai hadiah lainnya.

Akhir-akhir ini saya sering blogwalking dan baru tahu kalau ternyata banyak juga pihak yang menyelenggarakan lomba blog.

Selama ini saya ke mana? Terlalu fokus pada Google Adsense sih :)

Setelah mengetahui bahwa ternyata banyak lomba blog dengan hadiah yang lumayan, saya pun mulai mengikuti beberapa lomba blog dengan berbagai tema.

Alhamdulillah, pertama kali ikut lomba blog, saya mendapatkan juara 3 untuk lomba layanan transportasi dari Bhinneka Sangkuriang dengan salah satu tulisannya mengenai Bhinneka Shuttle.

Selang tidak lama dari pengumuman lomba Bhinneka Sangkuriang, alhamdulillah saya pun kembali meraih juara 3 dari lomba blog yang diselenggarakan oleh Wiraland, dan tulisan saya kali ini berjudul "Mewujudkan Impian Rumah Murah di Medan".

Saya pun merasakan betul bahwa dari lomba blog, ternyata kita bisa juga mendapatkan tambahan uang jajan.

So, segeralah membangun blog anda, lalu ikuti juga lomba-lomba blog yang diselenggarakan oleh berbagai pihak, mari kita bersaing secara sehat.

Di samping hadiahnya yang lumayan, lomba blog juga semakin mengasah kemampuan kita dalam menulis.

2. Job Review


Sekarang ini sedang booming juga job review, dengan bayaran yang bervariatif, biasanya mulai dari 100 ribu rupiah sampai dengan jutaan rupiah per artikelnya. Kompensasi atau fee terkadang bisa juga berupa voucher belanja.

Saya juga sudah merasakan sendiri menghasilkan uang dari Job Review ini meskipun feenya  memang masih kecil karena blog saya memang masih baru dan masih terus berkembang.

Blogger-blogger besar sudah terbiasa menerima job review ini dan feenya pun sudah jutaan rupiah hanya untuk memposting 1 artikel di blognya.

Untuk traveler blogger, biasanya juga diminta oleh pihak hotel, rumah makan/restoran/cafe, atau tempat tertentu untuk mereview tempat-tempat tersebut.

Enak juga kan bisa nginap gratis, atau wisata gratis beserta kulinernya, sudah gitu dibayar lagi.

Untuk menndapatkan job review, bisa dengan mengikuti komunitas blogger, ikut group di media sosial, atau informasi lainnya.

Intinya, jangan pernah malas untuk blogwalking dan menjalin silaturahim dengan blogger lain, karena saya berkeyakinan, banyak kenalan, banyak silaturrahim, insyaAlloh banyak rejeki.

Kalau kita sudah menjadi blogger terkenal, pihak pengiklan yang akan menghubungi kita menawarkan kerja sama job review.

3. Publisher Google Adsense


Cara mendapatkan uang dari blog yang ketiga yaitu dengan menjadi publisher Google Adsense. Cara ketiga ini masih menjadi primadona bagi sebagian besar blogger di Indonesia.

Tidak heran sih, karena Google Adsense memang masih merupakan salah satu jaringan periklanan paling kredibel saat ini.

Termasuk saya pribadi pun awal-awal ngeblog dan sampai sekarang masih tergantung kepada Google Adsense ini :).

Menjadi publisher Google Adsense tidak mudah, setidaknya itulah yang saya alami. Berkali-kali berusaha mendaftar, berkali-kali juga ditolak. Sampai sempat putus asa tidak mau mencoba mendaftar Google Adsense lagi hehehe.

Tapi lagi-lagi tergoda untuk mendaftar, dan akhirnya pun membuat blog baru lalu mendaftar pakai blog itu. Alhamdulillah diterima.

Setelah diterima menjadi publisher Google Adsense, tugas yang sesungguhnya itulah yang sulit, yaitu menaikkan penghasilan.

Salah satu cara menaikkan penghasilan dari Google Adsense adalah dengan menaikkan trafik blog.

Anggap saja CTR blog kita 1%. Jika pengunjung blog kita ada 1.000 pengunjung per hari, maka akan ada 10 klik (1% x 1.000) per harinya.

Anggaplah harga per klik iklan nilainya 1000 rupiah karena blog Indonesia, maka 1 hari cuma dapat 10 x 1000 = 10 ribu rupiah.

Dengan jumlah visitor 1.000 per hari, ternyata kita cuma bisa menghasilkan uang 10 ribu rupiah per harinya. Satu bulan cuma 300 ribu rupiah.

Padahal, untuk dapat pay out, minimal penghasilan kita harus sudah mencapai $100 atau 1,3 juta. Jadi dengan visitor 1.000 per hari baru bisa menikmati penghasilan dari Google Adsense setelah memasang iklan selama 5 bulan.

Itu pun seringnya harga per klik iklan dari Google Adsense Indonesia masih di bawah 1.000 rupiah per klik, jadi bisa 6,7 bulan atau bahkan 1 tahun baru bisa menikmati pembayaran dari Google Adsense.

Lama? Iya, memang. Makanya kunci terpenting menghasilkan uang dengan bisnis online dari blog adalah trafik blog itu sendiri.

Menggantungkan penghasilan dari Google Adsense gampang-gampang susah juga lho. Susahnya harus berhati-hati dalam menulis artikel blog, jangan sampai melanggar kebijakan, jika tidak ingin di banned.

4. Joint Venture Google Adsense


Bagi blogger pemula yang ingin menikmati penghasilan dari Google Adsense tapi tidak memiliki akun Adsense, dapat mencoba cara ini.

Banyak kok pemilik akun adsense yang membuka kerja sama pemasangan iklan Google Adsense, tinggal kita pilih saja.

Joint Venture maksudnya apa sih?

Joint venture tu, pemilik akun adsense akan memasang iklan adsense miliknya di blog kita, lalu penghasilan dari adsense tersebut dibagi hasil antara kita dengan si pemilik akun dengan persentase tertentu, bisa 60:40, 75:25, 80:20, atau persentase sesuai kesepakatan.

Jadi, tidak memiliki akun adsense pun bisa mendapatkan penghasilan dari Google Adsense dengan cara joint venture dengan pemilik akun adsense.

Saya sebelum mempunyai akun adsense sendiri juga pernah Kerja Sama Google Adsense dengan mas Sugeng.

Tips kalau mau Joint Venture ini, carilah pemilik akun adsense yang jujur, dapat dipercaya, dan membayar bagi hasilnya tepat waktu.

Laporan penghasilan juga harus transparan sehingga tidak ada pihak yang dibohongi.

5. Iklan Alternatif Google Adsense


Selain mendapatkan penghasilan dari Google Adsense, kita juga bisa mendapatkan uang dari blog dengan memasang iklan alternatif Google Adsense.

Kalau kita mau membuka mata lebar-lebar, sebenarnya tidak ada alasan putus asa hanya gara-gara ditolak Google Adsense.

Kita bisa mencoba alternatif Google Adsense yang hasilnya tidak terlalu jauh dibandingkan dengan Google Adsense.

Alternatif Google Adsense ini bisa berupa iklan berbasis CPM atau CPC.

Untuk iklan berbasis CPM jumlahnya ada ratusan. Yang sudah familiar untuk blogger Indonesia ada RevenueHits, Adreactor, Adsterra, PopAds, PopCash, Yllix, dan ProppelerAds.

Sedangkan untuk iklan berbasis CPC misalnya KlikSaya, Innity, Chitika, Clicksor, Adhitz, dan masih banyak lagi.

Biasanya publisher Google Adsense juga memasang dua macam iklan dalam satu blog. Iklan satunya dari Google Adsense dan satunya lagi dari jaringan periklanan lain, misalkan RevenueHits.

Apakah aman menggabungkan Google Adsense dan RevenueHits? Pengalaman saya selama ini sudah satu tahun aman-aman saja sih.

So, tidak ada salahnya mencoba berbagai iklan alternatif Google Adsense, selama kita belum diterima menjadi publisher Google Adsense.

6. Afiliasi


Selain memasang iklan di blog, untuk mendapatkan uang dari blog kita juga bisa menggunakan metode afiliasi. Dengan menggunakan metode afiliasi ini, kita hanya dibayar jika pengunjung melakukan aksi yang diminta oleh program afiliasi (memesan, membeli, mendaftar, dan sebagainya).

Jenis afiliasi pun bermacam-macam. Untuk afiliasi belanja barang, kita bisa mengikuti afiliasi dari Lazada, Zalora, dan lain-lain. Yang paling terkenal untuk blogger Indonesia adalah Afiliasi Amazon.

Afiliasi pemesanan tiket bisa menggunakan tiket.com, pegipegi.com, dan penyedia reservasi tiket lainnya. Jika ada yang memesan tiket melalui link afiliasi kita maka kita akan mendapatkan komisi sekian persen.

Ada juga afiliasi dari penyedia hosting dan domain. Kita akan mendapatkan komisi jika ada pengunjung blog kita yang memesan hosting atau domain dari link afiliasi kita.

Jika memilih metode afiliasi, maka kita harus belajar lebih banyak mengenai pemasaran untuk program afiliasi sehingga hasilnya maksimal.

Oiya, ada satu lagi, ada juga situs jaringan periklanan khusus yang memang usahanya dalam bidang afiliasi, seperti accestrade dan ratakan. Silakan mencoba kalau mau mengikuti program afiliasi ini.

7. Iklan Mandiri/Sponsorship


Di samping memasang iklan dari jaringan periklanan macam Google Adsense, RevenueHits, Chitika, dan lain-lain, kita juga menyediakan space kosong di blog kita, bisa di header, sidebar, footer, atau di dalam postingan, untuk slot iklan mandiri.

Kelebihan dari iklan mandiri ini adalah, kita mendapatkan bayaran di awal kerja sama. Jadi tidak usah menunggu sebulan dulu baru gajian.

Selain itu, penghasilan kita pun sudah pasti besarannya, sesuai dengan nilai perjanjian kerja sama dengan si pemasang iklan.

Meskipun demikian, trafik blog tetap harus dijaga, bahkan harus ditingkatkan, untuk menaikkan nilai tawar sehingga harga slot iklannya pun kian mahal karena banyaknya pemasang iklan yang menawar untuk memasang iklan di blog kita.

Mas Sugeng pun sebelumnya menggunakan metode ini untuk memonetize blognya, dibandingkan menggunakan iklan dari Google Adsense.

Blogger lain juga banyak sekali yang menyediakan slot iklan mandiri dengan berbagai variasi harga.

Iklan mandiri di blog dapat berupa iklan baris atau iklan banner.

8. Shortlink Berbayar


Saat ini banyak situs pemendek URL yang membayar semacam adf.ly, shorte.st, dan tentunya masih banyak lagi yang lainnya. Shortlink ini cocok digunakan untuk memonetize blog dengan tema download.

Namun, satu hal yang perlu diperhatikan saat mendapatkan uang dari situs pemendek URL, jangan sampai berlebihan dalam menggunakannya hingga pengunjung merasa tidak nyaman.

Metode pembayara dari Shortlink ini biasanya dihitung per 10.000 tayang atau per 1000 tayang.

9. Menjual Ebook


Jika kita memang menguasai betul suatu tema tertentu dan kita benar-benar ahli dalam bidang itu, kita bisa membuat suatu ebook, lalu kita jual lewat blog kita.

Tentunya, menjual ebook karya kita akan lebih efektif jika tema blog kita pun sesuai dengan ebook kita dan keahlian kita.

Saat pengunjung menikmati setiap tulian di blog kita, dari berbagai ilmu dan tips yang kita berikan, maka tidak akan terlalu sulit bagi pengunjung untuk bersedia membeli ebook yang kita buat, karena kepercayaannya kepada kita setelah membaca tulisan-tulisan kita.

Salah satu blogger yang memonetize blognya dengan menjual ebook adalah Kang Herman Yudiono, pemilik blogodolar.com.

Kang Herman Yudiono ini menghimpun alamat email pengunjungnya melalui berbagi ebook gratis, lalu setelah pengunjung berlangganan via email, ia akan menawarkan ebook yang ia buat kepada para subscribernya.

Dari hasil berjualan ebook ini Kang Herman Yudiono telah meraup penghasilan yang luar biasa.

Anda pun bisa saja menjual ebook seperti ini. Misalkan anda ahli dalam microsoft Office Excel, Power Point, dan lain-lain, bisa menjual ebook tentang ilmu tersebut.

10. Menjual Produk Lewat Blog


Sama halnya dengan menjual ebook, menjual produk lewat blog pun akan lebih efektif jika niche blog kita sesuai dengan produk yang kita jual.

Misalkan kita berjualan produk buku-buku agama, saat blog kita isinya bertemakan ilmu agama, maka akan lebih efektif dalam menjaring pembeli.

Atau blog kita bertemakan bola, kita juga dapat berjualan aksesoris bola. Dengan menyelaraskan antara produk kita dengan isi postingan blog kita, kita akan mendapatkan calon pembeli yang lebih tertarget.

Calon pembeli yang lebih tertarget ini diharapkan dapat menarik pembeli yang lebih banyak, dibandingkan menarik pengunjung asal-asalan.

11. Jual Jasa


Kalau kita memang ahli dalam suatu bidang, kita pun bisa saja menjual jasa kita lewat blog yang sesuai dengan keahlian bidang kita.

Setelah pengunjung membaca isi blog kita, tentunya ia akan merasa yakin untuk memakai jasa kita, setelah ia membaca tulisan-tulisan kita yang bagus dan bermanfaat.

Contoh menjual jasa adalah dengan menjadi narasumber motivator, narasumber SEO, narasumber Power Point, narasumber parenting, dan sebagainya, sesuai dengan kehalian kita yang kita tuliskan di blog kita.

Menjual jasa ini biasanya hasilnya makah lebih besar jika dibandingkan dengan menjual produk, karena sekali menjadi narasumber bisa saja jutaan bahkan puluhan juta rupiah honornya.

Hanya saja untuk menjual jasa ini kita memerlukan waktu lebih banyak, karena harus menghadiri acara, atau mengerjakan proyek pesanan pelanggan.

12. Program Membership


Salah satu contoh blogger Indonesia yang sukses dengan program membership adalah Syamsul Alam dengan blognya di www.syamsulalam.net.

Syamsul Alam ini termasuk salah satu blogger yang anti terhadap Google Adsense dan jaringan iklan lainnya. Menurutnya, kalau ingin kaya dari blog, jangan mengandalkan Google Adsense dan lainnya, karena penghasilannya terbatas segitu-gitu saja.

Berbeda jika menjual produk atau jasa, maka penghasilannya bisa besar sesuai dengan usaha dan kemauan kita.

Melalui blognya itu, Syamsul Alam berbagi tips seputar SEO dan bisnis online.

Selain memberikan tips gratis, ia juga memberikan tips yang hanya bisa dinikmati oleh pengunjung yang sudah mendaftar dalam program membership, tentunya harus membayar dengan sejumlah uang.

Dari sinilah Syamsul Alam memperoleh pendapatan dari blognya, selain selama ini aktif menjual ebook/pdf dan menjadi narasumber pada berbagai event.

Kita bisa belajar banyak dari Syamsul Alam ini, sehingga mind set kita tidak hanya terfokus pada Google Adsense. Bahkan Syamsul Alam ini malah "mengharamkan" Google Adsense.

13. Menjual Blog


Salah satu blog saya yang sudah berumur satu tahun lebih sedikit pernah ditawar orang juga lho.

Tapi rasanya terlalu sayang untuk menjualnya karena blog itu telah memberikan penghasilan kepada saya tiap bulannya.

Nah, menjual blog ini juga termasuk salah satu cara mendapatkan penghasilan dari blog. Bisa dibilang ternak blog lah, setelah blog mapan dengan trafik yang tinggi, lalu kita jual dengan harga fantastis, misalkan 100 juta rupiah atau 200 juta rupiah.

Kira-kira gimana ya, sayang atau tidak menjual blog?

Beda orang tentu beda pandangan. Bisa jadi ada orang yang hobinya membuat dan menjual blog dan kaya dari hasil jual blog ini.

Silakan saja dicoba.

14. Menjadi Penulis Artikel


Banyak blogger yang mengisi artikel di blognya dari hasil membeli artikel kepada orang lain. Nah, di sinilah sebenarnya peluang kita.

Jika kita memang hobi menulis dan memiliki kelebihan dalam bidang itu, bisa juga kita mendapatkan uang dari hasil menjual artikel yang kita tulis.

Cara menjual artikelnya bisa langsung kepada orang yang berminat untuk membeli atau dengan cara mendaftar pada situs yang menyediakan jual beli artikel.

15. Donasi


Nah, yang terakhir, cara menghasilkan uang dari blog adalah dengan menyediakan pemberitahuan di blog kita bahwa kita menerima donasi dari pangunjung, bagi yang ingin memberikan donasi.

Memang bisa?

Bisa saja kok. Jika orang merasa terbantu dengan adanya blog kita, terkadang ia pun mau saja mendonasikan sebagain uangnya sebagai ucapan terima kasih.

Malu tidak?

Yah, sepanjang tulisan blog kita memang benar-benar mengenai hal yang bermanfaat, kenapa tidak?

Hmmm, rasanya sudah terlalu panjang saya menulis artikel ini ya. Terima kasih bagi anda yang telah membaca artikel mengenai "Cara Menghasilkan Uang dari Blog Bagi Pemula" ini. Sebagai pemula kita memang harus benar-benar belajar cara bisnis online yang tepat. Terima kasih atas saran dan kritiknya untuk perbaikan tulisan saya ini.

Seorang PNS yang sedang belajar menulis. Mohon kritik dan sarannya. Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Mohon maaf atas segala kekurangan.

6 komentar

kalau saya hampir dua tahun baru bisa menikmati hasilnya, dan kayaknya harus nunggu dua tahun lagi... soalnya jarang update :'(

Pakai Adsense ya Mas, Update dong biar gajiannya ratusan juta ^_^

Komplit abis petunjuknya :) Mau coba-coba juga ikutan lomba blog, hanya saja saingan saya lebih berat dengan teman-teman blogger lainnya, yaitu istri sendiri...hahahaha...dari pada diamuk-amuk kalo bersaing di mesin pencari Google...mending lambaikan tangan ...main recehan aja :) hihihi

Ya udah main di Adsense saja mas, sudah besar ini penghasilannya^_^

Sama-sama belajar Mas Yandigsa :)


EmoticonEmoticon