Thursday, September 29, 2016

Aplikasi DOcar, Sewa Mobil Online Semudah Membalikkan Telapak Tangan

Aplikasi DOcar, Sewa Mobil Online Jogja, Solo, dan Semarang - Sering sewa mobil? Masih menggunakan cara-cara kuno, dengan menelepon atau mendatangi langsung tempat rental mobil? Wah sudah ketinggalan jaman tuh.

Buat apa repot-repot harus menggunakan cara-cara usang seperti itu. Menghabiskan waktu dan tenaga. Iya kalau dapat mobilnya, kalau gak kebagian mobil kan harus keliling kota mencari tempat rental mobil yang lain.

Sekarang ini sudah jamannya digital masbro, semua bisa dihandle dengan satu buah smartphone. Apa sih yang tidak bisa dihandle dengan sentuhan jari-jari kita saat ini?

Mau makan? Tinggal sentuh layar smartphone, datanglah makanan. Mau ojek? Tinggal sentuh layar smartphone, tukang ojek sudah jemput kita di manapun kita berada. Mau sewa mobil? Yah, tidak usah susah-susah lagi harus telepon kesana kemari. Apalagi harus datang ke tempat penyewaan mobil.

Sekarang ini sudah ada Aplikasi DOcar, meskipun jangkauan wilayahnya memang baru Jogja, Solo, dan Semarang. Aplikasi DOcar ini merupakan Aplikasi Layanan Sewa Mobil Online yang benar-benar memudahkan pelanggan rental mobil.

Dengan Aplikasi DOcar, tinggal sentuh saja jari-jari kita di layar HP, kita bisa memilih mau sewa mobil apa pun, tanpa ribet dan tanpa kusut. Hemat waktu, hemat pulsa, hemat tenaga. Praktis dan nyaman.

Buat apa punya smartphone canggih kalau tidak bisa mendukung kemudahan hidup kita bukan? Manfaatkan smartphone sebaik-baiknya untuk memudahkan segala aktivitas kita.

Profil DOcar


docar rental mobil jogja solo dan semarang
Sewa Mobil Jogja, Solo, dan Semarang menggunakan Aplikasi DOcar

DOcar sebagai jasa sewa mobil online di Jogja, Solo, dan Semarang beralamat di Jalan Dr. Soepomo Nomor 79, Punggawan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139, Indonesia. Untuk lebih jelasnya bisa lihat peta di bawah ini:



DOcar ini ternyata punya kepanjangan masbro, yaitu DO your activities with CAR. Lakukan segala kegiatan anda menggunakan mobil. Filosofis banget yah, sekaligus menegaskan keberadaan Docar sebagai e-marketplace di bidang rental mobil.

e-marketplace?


Yap, benar sekali. DOcar memang merupakan e-marketplace, yaitu pihak yang mempertemukan antara penyewa mobil (pelanggan) dengan pihak yang akan menyewakan mobil. Jadi DOcar ini bukanlah Perusahaan yang menyewakan mobil, melainkan hanya perantara yang mempertemukan di antara keduanya.

Saat ini, untuk sementara waktu, DOcar baru beroperasi di Jogja, Solo, dan Semarang. Ke depannya, DOcar juga akan membuka layanan di kota-kota besar lainnya di Indonesia, yaitu:
  1. Pulau Jawa: Jakarta, Surabaya, Bandung, Malang, Tangerang, Depok, Bekasi, Bogor, Kediri, Magelang, Madiun, Probolinggo, Pasuruan, Banjar, Sukabumi, Cirebon, Serang, Blitar, Bitung, Cimahi, Tasikmalaya, Batu.
  2. Sumatera: Medan, Palembang, Pekanbaru, Batam, Banda Aceh, Jambi, Lampung, Padang, Bangka, Belitung, Prabumulih, Lubuklinggau, Lhokseumawe, Deli Serdang, Tanjungbalai, Siborong-borong, Rengat, Nagan Raya, Tanah Merah.
  3. Sulawesi: Makassar, Manado, Palu, Kendari, Gorontalo, Wangi-wangi, Tomia
  4. Kalimantan: Balikpapan, Banjarmasin, Pontianak, Samarinda, Bontang, Palangkaraya
  5. Bali: Denpasar. 
  6. Maluku: Ambon.
  7. Papua: Jayapura, Nabire, Biak, Oksibil.

Awal mulanya tercipta DOcar, karena PT DOcar Indonesia sebagai perusahaan induk DOcar melihat adanya peluang bisnis penyewaan mobil di Jogja, Solo, dan Semarang, mengingat di ketiga kota tersebut juga banyak sekali tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi.

PT DOcar juga melihat, meskipun peluang usaha itu terbuka lebar, ternyata para pelaku jasa rental mobil kurang perhatian terhadap pelanggan. Cara melayani mereka kurang customer oriented, kemudahan pelanggan dalam menyewa mobil belum terlalu diperhatikan.

Oleh karena itu, DOcar akhirnya membuat usaha e-marketplace untuk mempermudah pelanggan dalam menyewa mobil sekaligus memasarkan usaha rental mobil di Jogja, Solo, dan Semarang, serta mempromosikan juga tempat wisata Indonesia.

Kalau kita melihat blog milik DOcar, kita akan melihat berbagai tulisan mengenai tempat wisata yang diposting oleh blog DOcar tersebut.

Mengapa Harus DOcar?


Dengan pengalamannya di bidang IT sejak tahun 2011, membuat DOcar ini menjadi salah satu e-marketplace yang sudah cukup dewasa. Oleh karena itu, sudah tidak diragukan lagi kapabilitas e-marketplace yang satu ini.

Adapun alasan mengapa kita harus menggunakan DOcar di antaranya:

1. Aplikasi Android


DOcar telah merilis Aplikasi DOcar, yaitu aplikasi berbasis android yang bisa digunakan siapa saja yang mempunyai smartphone. Aplkasi ini gratis tidak berbayar dan dapat diunduh di Playstore.

Jika tidak mempunyai smartphone, pelanggan juga bisa memesan rental mobil DOcar melalu situs DOcar di docar.co.id.

Adanya Aplikasi DOcar yang berbasis android benar-benar memudahkan pelanggan yang ingin memesan rental mobil dari mana saja, tanpa terikat tempat dan waktu.

2. Mudah dan Fleksibel


Untuk memesan rental mobil di Aplikasi DOcar caranya sangat mudah, cukup dilakukan dengan tiga langkah: Pilih, Pesan, Bayar. Pemesanan sewa mobil pun yang bisa dilakukan secara fleksibel, bisa dimana saja dan kapan saja tanpa terikat waktu dan tempat.

Enak juga kan misal wisatawan dari Jakarta, bisa memesan rental mobil dari Jakarta jauh-jauh hari, sehingga saat sampai di Jogja tinggal jalan-jalan saja ke tempat wisata tanpa memikirkan kendaraan lagi.

3. Harga Termurah


Saat memesan rental mobil menggunakan Aplikasi DOcar, kita bisa melihat harga-harga sewa mobil dari berbagai pengusaha rental mobil yang bekerja sama dengan DOcar. Dengan adanya perbandingan harga ini kita bebas untuk memilih rental mobil mana yang paling murah, atau paling cocok sesuai dengan selera kita.

4. Banyak Varian


Di Aplikasi DOcar, kita juga bisa memilih berbagai jenis mobil yang akan kita sewa; mulai dari city car, mobil mewah, hingga big bus.

Merk mobilnya pun macam-macam seperti Avansa, Xenia, Nissan March, Grand Livina, APV Arena, Grand Innova, Fortuner, Pajero, Pregio, Travello, ELF, HiAce, Alphard, Vellfire, Camry, dan merk-merk lainnya.

Kita bebas memilih mau naik mobil tipe yang mana dan merk yang mana, sehingga benar-benar nyaman dan sesuai dengan keinginan kita. Beda kalau kita datang langsung ke tempat rental mobil, biasanya jenis mobilnya terbatas.

Aplikasi DOcar telah memberikan kebebasan pelanggan untuk memilih mobil sesuai dengan selera dan menyesuaikan kantong tentunya.

5. Metode Pembayaran Bermacam-macam


Saat ini DOcar menerima pembayaran sewa mobil melalui:
  • transfer bank (BCA, Mandiri, jaringan ATM Bersama, jaringan ATM Prima),
  • i-banking (KlikBCA, Mandiri ClickPay),
  • kartu kredit (Mastercard, Visa),
  • PayPal,
  • Indomaret.

Untuk pembayaran melalui PayPal dikenakan biaya 4,1% dari total transaksi di DOcar ditambah USD 0,3 sedangkan pembayaran melalui kartu kredit dikenakan biaya tambahan 2% dari total transaksi di DOcar.

Dengan tersedianya berbagai metode pembayaran, membuat pelanggan lebih fleksibel melakukan pembayaran. Apalagi ada Indomaret juga, memudahkan bagi yang belum punya rekening bank.

Ke depannya, saya yakin metode pembayaran akan ditambahkan untuk memudahkan bertransaksi dengan aplikasi DOcar demi kenyamanan dan kepuasan pelanggan.

6. Promo


DOcar juga suka memberikan promo kepada pelanggannya. Contohnya di Bulan September 2016 ini Diskon September Ceria sebesar 9% untuk semua kota tujuan. Lumayan bukan, bisa liburan lebih hemat dengan diskon dari DOcar.

Diskon ini diberikan untuk merayakan keberhasilan Aplikasi DOcar yang telah didownload oleh lebih dari 1000 pengguna.

Cara Menggunakan Aplikasi DOcar


Untuk memesan rental mobil di Jogja, Solo, dan Semarang sebenarnya bisa menggunakan dua cara, yaitu lewat situs docar.co.id atau langsung lewat smartphone menggunakan Aplikasi Docar. Kedua cara ini sebenarnya sama-sama mudahnya.

Nah, untuk pemesanan rental mobil menggunakan Aplikasi DOcar ini, langkah-langkahnya sebagai berikut:

sewa mobil lewat aplikasi docar
cara menggunakan aplikasi Docar

  1. Download Aplikasinya di Playstore lalu install di smartphone.
  2. Login dulu menggunakan facebook atau menggunakan google. Atau bisa juga registrasi dulu setelah itu masukkan kode aktivasi.
  3. Pilih Menu "Pesan Mobil", lalu isikan lokasi rental, tujuan, tanggal mulai rental, tanggal selesai, durasi, dan fasilitas, lalu klik "Cari Mobil".
  4. Pilih mobil yang akan disewa, klik "Pesan". Harga mobil sudah termasuk driver, karena rental mobil memang harus satu paket dengan driver.
  5. Lihat detail mobilnya, nomor kendaraan, jenis mobil, dan sebagainya. jika cocok, klik "Pesan Sekarang".
  6. Isikan detail penjemputan, isikan selengkapnya agar driver bisa menemukan lokasi kita.
  7. Pilih metode pembayaran, apakah bayar semua atau uang muka dulu 25%, Lalu klik "OK".
  8. DOcar akan mengirimkan email kode verifikasi pesanan. Masukkan kode tersebut untuk verifikasi. Setelah verifikasi, bayar pesanan rental mobil yang telah dipesan. Biaya yang harus dibayar akan ditambahkan nilai unik.
  9. Setelah bayar, terakhir konfirmasi pembayaran. Selesai deh. Mudah bukan?

Sewa mobil menggunakan Aplikasi DOcar benar-benar semudah membalikkan telapak tangan. Cepat, hemat waktu, hemat tenaga, hemat uang, dan hemat pulsa juga tentunya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Aplikasi DOcar dan cara pemesanannya bisa melihat video di bawah ini:


Kesimpulan


Wisatawan dan traveler di seluruh Indonesia yang ingin berkunjung ke Jogja, Solo, atau Semarang tidak perlu repot-repot lagi memikirkan kendaraan yang akan digunakan untuk bepergian ke tempat-tempat wisata di ketiga kota tersebut.

Untuk urusan transportasi, serahkan semuanya kepada DOcar. Tinggal Download Aplikasi DOcar di Playstore, install di HP android, lalu Pilih Rental Mobil, Pesan, dan Bayar. Beres sudah urusan transportasi. Sangat mudah dan sangat cepat, tidak ribet.

Review saya saat menggunakan Aplikasi DOcar ini memang sangat mudah dipahami, tidak ada petunjuk khusus pun bisa langsung memesan rental mobil dari Aplikasi DOcar. Benar-benar user friendly.

Review Aplikasi DOcar: tampilannya familiar bagi pengguna, tidak membingungkan, mudah digunakan, cepat, hemat waktu dan biaya, serta betul-betul mempermudah urusan transportasi di tempat tujuan kita, terutama Jogja, Solo, dan Semarang.

Kita tentunya sangat berharap supaya DOcar tidak hanya beroperasi di ketiga kota tersebut. Mudah-mudahan rencana ekspansi segera bisa diwujudkan untuk memudahkan pelanggan rental mobil di seluruh Indonesia.

Tentunya, masih banyak yang belum bisa saya sampaikan pada tulisan ini mengenai DOcar. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin mengenal lebih lanjut mengenai DOcar ini bisa mengunjungi:

Terakhir, yuk jangan jadi manusia purba yang ketinggalan teknologi. Download Aplikasi DOcar sekarang juga dan rasakan kemudahan sewa mobil di Jogja, Solo, dan Semarang. Selamat jalan-jalan ya.

Seorang PNS yang sedang belajar menulis. Mohon kritik dan sarannya. Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Mohon maaf atas segala kekurangan.

6 komentar

Wah keren, sewa mobil secara online, gampang ih

terima kasih. Selamat berjuang juga ya.

Selamat juga ya mas...dapat hadiah dari DOcar....salam buat keluarga...

Terima kasih mba. Saluut buat infografisnya


EmoticonEmoticon