Tuesday, August 30, 2016

SMSBunda, Penting Bagi Yang Peduli Keselamatan Ibu dan Bayinya

Tahukah anda, bahwa menurut WHO dan UNICEF, Indonesia merupakan negara dengan tingkat kematian ibu tertinggi di Asia Pasifik? Ada sekitar 9.600 perempuan meninggal dunia setiap tahunnya disebabkan komplikasi selama masa kehamilan dan kelahiran. Begitu halnya dengan tingkat kematian bayi yang baru lahir, yang tidak mengalami penurunan sejak tahun 2002.

fakta kematian ibu anak baru lahir

Selain itu, berdasarkan data kajian dari UNICEF Indonesia pada bulan Oktober 2012, setiap tiga menit, satu anak balita meninggal dunia di Indonesia. Dan setiap satu jam, satu perempuan meninggal dunia karena melahirkan atau karena sebab-sebab yang berhubungan dengan kehamilan.

Tingkat kematian ibu dan anak yang masih tinggi ini diakibatkan karena kekurangtahuan keluarga mengenai berbagai hal yang harus dilakukan pada saat kehamilan, kelahiran, dan pasca kelahiran. Padahal informasi mengenai semua itu sangat diperlukan bagi kesehatan dan keselamatan ibu dan si bayi.

Oleh karena itu, Jhpiego dengan dukungan dari GE Foundation telah mengembangkan sebuah program yang disebut dengan SMSBunda, sebagai upaya untuk menekan Angka Kematian Ibu dan Bayi Baru Lahir.

Apa Itu SMSBunda?


SMSBunda

Sesuai dengan namanya, SMSBunda merupakan SMS yang dikirimkan langsung kepada HP Bunda yang sedang hamil, melahirkan, dan pasca melahirkan, setelah Bunda mendaftarkan nomor HPnya ke Nomor SMSBunda.

Dengan adanya SMSBunda, wanita hamil dan perempuan yang baru menjadi ibu kini dapat mengetahui cara memastikan mereka dan bayinya tetap sehat melalui ponsel mereka.

Semua SMS yang disampaikan kepada bunda merupakan pengetahuan ilmiah yang isinya sangat berguna bagi bunda dalam menjaga kehamilan, sehingga tidak panik saat terjadi komplikasi, serta mengetahui informasi seputar melahirkan dan pasca melahirkan (merawat bayi, menyusui, memberi makan bayi, dan lain-lain).

SMSBunda ini merupakan program gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun, dan setiap Warga Negara Indonesia dapat mendaftar SMSBunda. Meskipun gratis, untuk biaya pendaftaran/registrasi tetap akan dikenakan pulsa, tapi tidak mahal kok, sekitar 300 rupiah saja.

SMSBunda banyak memberikan informasi tentang penanganan yang cepat dan tepat selama kehamilan dan sesudah kelahiran serta informasi mengenai masa kehamilan dan nifas. Isi dari SMS ini misalnya tanda bahaya pada ibu dan bayi yang baru lahir serta perawatan dasar bayi yang baru lahir.

Pesan dalam SMSBunda setidaknya berisi 9 informasi terkait persiapan sebelum dan sesudah melahirkan. Isi pesan bisa berupa pentingnya menerima perawatan dari tenaga terampil selama kehamilan, saat melahirkan dan setelah melahirkan, tanda-tanda komplikasi kehamilan deteksi sejak awal, persiapan melahirkan, dan tanda-tanda penyakit pada bayi baru lahir.

Contoh isi SMSBunda


Adapun contoh isi SMSBunda yang akan bunda terima setelah melakukan registrasi seperti:
Bunda, makanlah dengan pola gizi seimbang. Nasi/ubi/kentang, lauk-pauk, sayur, dan buah dengan porsi lebih banyak dari sebelum hamil. Tidak ada pantangan makanan.
SMS tersebut di atas tentu sangat berguna bagi bunda, karena selama ini ada yang menganggap kalau sedang hamil ada pantangan makanan yang tidak boleh dimakan. Misalkan, ada anggapan orang hamil tidak boleh makan pedas, nanti bayinya kepedasan juga.

Bagi bunda yang tidak ikut program SMSBunda tentu masih mempercayai mitos itu. Tapi setelah menerima SMSBunda, bunda jadi tahu dan berusaha untuk menambah porsi makannya tanpa takut untuk makan makanan tertentu.

Contoh SMSBunda selanjutnya adalah:
Bunda segera ke rumah sakit/puskesmas jika bunda mengalami: demam, muntah-muntah, sesak nafas, perdarahan, keluar air ketuban, janin tidak bergerak.
SMS di atas sangat penting untuk diketahui setiap bunda yang sedang hamil demi keselamatan si ibu dan bayi.

Contoh isi SMSBunda lainnya:
Begitu juga jika bunda mengalami: bengkak di kaki, tangan, atau wajah disertai sakit kepala atau kejang, segeralah ke puskesmas/rumah sakit.
Intinya, semua informasi tersebut benar-benar bermanfaat buat bunda berdasarkan penelitian ilmiah dan semuanya gratis.

Untuk tips dan info lainnya, bunda juga dapat membaca info-info penting seputar kehamilan, melahirkan, dan pasca melahirkan di media sosial SMSBunda:

Like dan follow ketiga media sosial di atas dan bunda akan benar-benar mendapatkan informasi yang super bermanfaat.

Cara Mendaftar SMSBunda


Cara pendaftaran SMSBunda cukup mudah. Untuk mendaftar SMSBunda bisa mengikuti salah satu dari beberapa cara berikut:
  1. Ketik REG (SPASI) Perkiraan Tanggal Lahir (SPASI) Kab/Kota. Contoh: REG 30/12/2016 Kota Bandar Lampung. Lalu kirim ke nomor 0811 8469 468, atau
  2. Ketik SMSBunda lalu kirim ke 0811 8469 468 dan selanjutnya ikuti instruksi dari SMS balasan, atau
  3. Jika kita ingin mendaftarkan orang lain, bisa dilakukan dengan cara ketik UNDANG (SPASI) No HP Ibu yang akan diundang (SPASI) Perkiraan Tanggal Lahir (SPASI) Kab/Kota. Contohnya: UNDANG 089689899999 30/12/2016 Kota Bandar Lampung. Lalu kirim ke 0811 8469 468.
  4. Pendaftaran kolektif melalui posyandu, bidan, atau puskesmas dengan mengisi formulir. Lalu pihak posyandu, bidan, atau puskesmas yang akan menyerahkan formulir ke Koordinator SMSBunda.

Pendaftaran SMSBunda dapat dilakukan dengan semua kartu seluler baik Telkomsel, Indosat, 3, Smartfren, Axis, dan kartu seluler lainnya.

Apa Kaitannya SMSBunda dengan Angka Kematian Ibu dan Bayi Baru Lahir?


Berdasarkan Hasil Kajian dari UNICEF Indonesia, anak-anak dari ibu yang kurang berpendidikan umumnya memiliki angka kematian yang lebih tinggi daripada mereka yang lahir dari ibu berpendidikan.

Selama kurun waktu 1998-2007, angka kematian bayi pada anak-anak dari ibu yang tidak berpendidikan adalah 73 per 1.000 kelahiran hidup, sedangkan angka kematian bayi pada anak-anak dari ibu yang berpendidikan menengah atau lebih tinggi adalah 24 per 1.000 kelahiran hidup.

Sangat jauh bukan perbandingannya? Sekitar 1:3. Perbandingan yang sangat mencolok ini disebabkan oleh perilaku dan pengetahuan tentang kesehatan yang lebih baik bagi perempuan-perempuan yang berpendidikan.

Untuk memberikan pengetahuan tentang kesehatan yang lebih baik itulah, makanya SMSBunda lahir demi mengedukasi masyarakat agar lebih peduli dengan keselematan ibu dan bayi baru lahir.

Semakin terdidik suatu masyarakat, maka diharapkan akan semakin menekan Angka Kematian Ibu dan Bayi Baru Lahir.

Di Era Internet Seperti Sekarang, Masih Perlukah SMSBunda?


Mungkin ada yang bertanya, sekarang ini sudah eranya internet, semua data dan informasi ada di internet, dapat diperoleh dengan mudah. Ada WA, ada blog, dan ada berbagai situs resmi institusi kesehatan. Lalu buat apa SMSBunda? Sudah bukan jamannya lagi SMSan.

Bagi anda yang berpikiran seperti itu, menurut saya pemikiran itu terlalu sempit. Perlu anda ketahui juga, belum semua daerah di Indonesia terjangkau internet. Banyak juga daerah di Indonesai yang belum mendapatkan sinyal internet.

Di kampung saya di daerah Purbalingga, saat saya mudik, saya kesulitan mendapatkan sinyal internet, meskipun menggunakan kartu telkomsel sekalipun. Padahal kampung saya bukanlah kampung plosok, tapi belum dapat sinyal internet.

Jika di suatu daerah belum ada sinyal internet, lalu informasi dari mana lagi kalau bukan dari SMSBunda ini? Selain itu, informasi di internet juga terlalu banyak, dan banyak juga yang mungkin asal tulis, bukan dari penelitian ilmiah.

Berbeda dengan informasi dari SMSBunda yang benar-benar berdasarkan kaidah keilmuan dan telah dipraktikkan dalam bidang kesehatan.

SMSBunda Hanya untuk Perempuan?


Pesan-pesan yang ada di dalam SMSBunda seharusnya diketahui juga oleh para lelaki calon Bapak. Mereka harus tahu juga berbagai informasi seputar kehamilan, melahirkan, dan pasca melahirkan dalam rangka menekan angka kematian ibu dan bayi yang baru lahir.

Dengan mengetahui informasi tersebut, diharapkan seroang lelaki dapat menjadi suami siaga, yang siap kapan saja dan di mana saja melakukan perawatan mandiri terhadap ibu dan anak, untuk kemudian mengantarkan ibu dan bayi ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan perawatan.

SMSBunda merupakan upaya preventif, yang berisi pengarahan untuk mengingatkan lelaki apa yang seharusnya diterima oleh ibu dan anak, serta apa yang harus dilakukan oleh orang tua terhadap anaknya, demi kelangsungan hidup ibu dan si bayi.

SMSBunda merupakan salah satu upaya pemerintah menekan Angka Kematian Ibu dan Bayi. So, masih ragu dengan SMSBunda? Mendaftarlah sekarang atau anda menyesal nanti.

Seorang PNS yang sedang belajar menulis. Mohon kritik dan sarannya. Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Mohon maaf atas segala kekurangan.


EmoticonEmoticon