Friday, July 29, 2016

Tertipu Warung Makan Serba Sepuluh Ribu

Pernah lihat kan warung makan atau toko-toko dengan embel-embel Serba sekian ribu? Misal dulu di Bintaro Plaza saat saya masih kuliah, ada toko souvenir dengan nama Serba 5ribu, dan harganya memang benar-benar 5ribu rupiah per itemnya. Dan saya yakin anda pun pernah menjumpai warung atau toko seperti itu.

Terkait dengan Warung sekian ribu, saya punya pengalaman pahit yang ingin saya bagikan kepada anda. Saya ingin berbagi karena tidak ingin anda juga tertipu seperti saya.

Gak enak banget kan ditipu sama orang, udah dongkol, tapi gak bisa ngomong hehehe. Padahal saya gak pernah menipu orang lho, tapi kok beberapa kali ditipu orang ya. Atau muka saya ini muka korban yang gampang ditipu atau gimana, sehingga penipu yang lihat muka saya langsung jatuh hati pada saya. Hmmm, kayaknya perlu ngaca lagi nih.

Terkait tipu menipu ini, kejadiannya saat saya balik setelah lebaran di rumah mertua kemarin di Gisting. Kami memang biasa pulang dari Gisting ke rumah kami di Pesawaran pada sore hari, dan biasanya karena berangkatnya nanggung, kami tidak makan dulu di rumah.

Di jalanan, biasa lah kami berhenti di warung makan, untuk mengganjal perut yang keroncongan. Biasanya sih beli bakso atau mie ayam bakso, jarang sekali berhenti untuk membeli nasi.

Kebetulan, saat itu, karena kami sedang kelaparan, dan kami sudah sampai di Pesawaran, dan warung bakso kebanyakan ada di kanan jalan.

Arus balik saat itu sedang ramai sekali dan saya pun malas untuk nyeberang ke kanan jalan, sehingga kami mencari rumah makan di sebelah kiri jalan.

Berhubung kami tidak menemukan warung bakso yang cocok, dan akhirnya kami menemukan sebuah warung makan di dekat Masjid Agung Pesawaran. Warung makan tersebut adalah Pondok Santap Raja Gurame Khas Minang.

pondok santap raja gurame pesawaran
Rumah Makan serba sepuluh Ribu di depan Masjid Agung Pesawaran

Di atas pintu masuk Pondok Makan tersebut ada spanduk cukup besar bertuliskan Paket Serbu, yaitu paket makanan padang seharga Rp10.000,- untuk berbagai jenis menu sudah termasuk nasi dan lauknya.

Kami pun penasaran, ada warung makan murah, dengan 10 ribu rupiah sudah bisa makan kenyang dengan lauk ikan atau ayam.

Yah, dasar orang Indonesia, sukanya yang murah-murah, berhubung ada warung makan murah, kami pun memutuskan berhenti di depan warung makan tersebut dan segera memarkir motor di depannya.

Harga Makanan Mahal

Setelah memarkir kendaraan, kami pun langsung masuk ke warung makan dan memilih tempat duduk lesehan. Ada dua pilihan tempat duduk, duduk lesehan atau duduk di kursi.

Saat kami masuk ke warung makan, pengunjung warung makan ini terlihat sepi, sepertinya memang kurang laku dibandingkan dengan warung makan yang lain.

Hanya ada beberapa orang yang terlihat sedang memesan makanan.

Setelah kami duduk, entah itu pemilik warung, atau pegawai warung, datang menghampiri kami dan menyerahkan daftar menu dari warung makan ini.

Dan memang sudah watak pebisnis, kami langsung ditawari makanan yang mahal-mahal, sama sekali tidak menyinggung Paket Seribu yang tertulis besar di depan warung makan.

Bahkan saat saya lihat daftar menu yang diberikan kepada kami, tidak ada satu pun tertulis paket Serbu. Wah, penipuan ini. Daftar menunya pun terlihat ala kadarnya, berupa selembar kertas F4 bergaris dengan daftar menu dengan tulisan tangan.

daftar menu raja gurame pesawaran
Daftar menu ala kadarnya
Kami langsung ditawari Gurame seharga Rp70.000, dan Nasi Rp6.000. Karena yang ditawarkan berupa gurame, saya pun langsung lihat harga menu gurame.

Setelah saya lihat dengan lebih teliti, dan memang sama sekali tidak ada paket serba sepuluh ribu. Yang tertulis hanya ada masakan padang serba 12ribu. Ini penipuan lagi, tidak ada paket 10 ribu.

Akhirnya mama pun pesan ayam bakar kampung dan saya pesan saja Paket masakan padang yang harganya katanya Rp12ribu.

Nasi padang yang saya pesan cepat datangnya, dan saya pun langsung memakannya, karena perut sudah keroncongan. Rasanya? kurang enak. Meskipun makanan padang, rasanya beda sekali dengan masakan padang lain yang nikmat.

Pesanan mama karena pesan ayam bakar, cukup lama datangnya. Setelah pesanan ayam bakar datang, kami langsung melahapnya juga karena kelaperan.

Setelah selesai makan, kami pun bergegas pulang dan membayar makanan kami. Di sini kami kembali terkejut, ternyata Nasi Padang yang saya beli harganya 18 ribu rupiah satu porsi. Dan itu pun masih dikenakan pajak 10%.

Kami pun benar-benar tertipu. Pertama, katanya paketnya serba 10 ribu, ternyata tidak ada. Selanjutnya dibilang harganya 12 ribu, dan ternyata 18 ribu. Dan penipuan selanjutnya, harga ternyata dikenakan lagi pajak 10% dan itu tidak tertuls di daftar menu yang diberikan kepada kami.

Kami benar-benar kapok makan di Pondok Santap ini. Pemilik warungnya kurang jujur dan tidak menyampaikan harga sesuai dengan yang seharusnya.

Saya berharap, mudah-mudahan warung makan Raja Gurame Pesawaran ini dapat lebih jujur kepada pelanggan dengan mencantumkan harga yang seharusnya. Jika tidak ada lagi paket serbu, tidak usah dipajang dengan spanduk besar kalau ada Paket Serbu.

Jika harga dikenakan pajak mohon disampaikan atau dituliskan di daftar menu yang dikasih kepada pelanggan.

Tulisan saya ini tidak bermaksud untuk menjelekkan, tapi untuk berbagi agar pembaca blog ini tidak tertipu seperti saya, dan agar warung makan ini bisa berbenah sehingga pelanggan tidak kecewa dan bisa menjadi pelanggan setia.

Mudah-mudahan kisah tertipunya saja dengan Warung Makan Serba Sepuluh Ribu ini bisa menjadi pembelajaran bagi pelaku bisnis dan juga calon pembeli.

Seorang PNS yang sedang belajar menulis. Mohon kritik dan sarannya. Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Mohon maaf atas segala kekurangan.

2 komentar

Inih sih warung keterlaluan Pak, nggak niat jualan tapi mau untung besar ya

Kalau mau untung besar tapi jujur masih mending, dari awal di kasih tahu harganya berapa, ada pajaknya apa gak, hehehe


EmoticonEmoticon