Friday, July 29, 2016

PIN Google Adsense Yang Tidak Kunjung Sampai Ke Alamat Rumah

Pernah punya pengalaman PIN Google Adsense Yang Tidak Kunjung Sampai ke alamat rumah? Jika iya, mungkin ini juga yang saya alami kali ini. Gak enak bener ya, menunggu itu. Akibat menunggu PIN yang tidak kunjung datang, pembayaran penghasilan saya bulan sebelumnya tidak bisa dicairkan karena belum memverifikasi alamat.
Google Adsense

Saya sendiri sudah memenuhi ambang batas Rp130.000, 3 hari setelah diterima menjadi Publisher Google Adsense, dan kurang lebih 1 minggu berikutnya Google mengirimkan PIN ke alamat rumah saya, begitu kata mbah Google.

Sayangnya sudah 6 minggu lebih dari tanggal pengiriman sesuai yang dikasih tahu Google dan PIN belum juga sampai ke alamat rumah saya.

Padahal alamat rumah sudah saya tuliskan lengkap dan jelas, sesuai dengan yang tercantum di KTP. Kode posnya pun sudah saya tuliskan sesuai dengan yang tercantum di Kartu Keluarga.

Apa sih Pentingnya PIN Google Adsense?

Menjadi Publisher Google Adsense memang betul-betul susah. Sudah susah mendaftarnya, berkali-kali ditolak dengan alasan yang kurang jelas, ribet juga urusan pembayarannya. Tidak seperti jaringan periklanan lain seperti RevenueHits, Adreactor, dan KlikSaya.

Dan salah satu masalah yang sering didapati oleh Publisher Google Adsense adalah PIN yang tidak sampai ke alamat rumah.

Beberapa blogger menyarankan agar sesekali kita aktif menanyakan ke Kantor Pos apakah ada surat dari Google kita.

PIN Google Adsense memang dikirimkan lewat Pos, dan tahu sendiri kan pelayanan pos gimana, kadang surat tidak disampaikan ke rumah, dan kalau ada nomor telepon kadang kita malah ditelepon untuk mengambil sendiri ke kantor pos? Hebat bukan?

Nah kalau gak ada nomor telepon? Otomatis kita yang harus aktif datang ke kantor pos dan menanyakan apakah surat ada yang buat kita atau tidak.

PIN Google Adsense sendiri merupakan kode 6 digit yang digunakan untuk memverifikasi alamat publisher yang tertulis di akunnya, untuk memastikan keamanan akun tersebut. PIN ini digunakan oleh Google untuk memastikan keaslian alamat rumah, bahwa alamat rumah bukan alamat palsu.

Jika kita belum memverifikasi alamat dengan memasukkan PIN, selama itu pula penghasilan kita tidak akan dibayarkan oleh Google. Repot pula kan kalau sudah kerja tapi tidak dibayar padahal apa yang kita lakukan jujur tidak ada penipuan?.

Jika Google sudah mengirimkan PIN sampai 3 kali lalu kita tidak memverifikasi PIN juga maka iklan akan dihentikan dan kita tidak bisa menjadi Publisher Google Adsense lagi.

Kirim Ulang Permintaan PIN

Jika PIN tidak kunjung sampai ke alamat rumah kita, memang kita dapat meminta agar PIN dikirimkan kembali ke alamat rumah kita.

Kita bisa meminta dikirimkan kembali sampai 2 kali. Jadi Google hanya akan mengirimkan PIN sampai 3 kali: pengiriman pertama, pengiriman kedua setelah kita meminta ulang, dan pengiriman ketiga setelah kita minta kirim ulang lagi.

Jika masing-masing pengiriman PIN kita menunggu 1 bulan, maka 3 bulan kita harus menunggu sampai permintaan pengiriman PIN yang terakhir. Nah selam 3 bulan pula penghasilan kita tidak dibayar, puasa 3 bulan dong kita.

Jika sampai pengiriman PIN yang ketiga, PIN tidak sampai juga ke alamat rumah, memang kita bisa memverifikasi alamat dengan menggunakan Scan KTP atau passport. Namun, puasa 3 bulannya itu lho yang gak tahan.

Yah, berhubung PIN tidak kunjung sampai ke alamat rumah saya, maka mau tidak mau saya harus mengajukan pengiriman PIN ulang dan terpaksa menunda gajian saya dari Adsense. Mudah-mudahan sabar yah saya ini ^_^.

Seorang PNS yang sedang belajar menulis. Mohon kritik dan sarannya. Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Mohon maaf atas segala kekurangan.


EmoticonEmoticon