Friday, June 24, 2016

14 Lulusan STAN Yang Masih Rajin Ngeblog

Lulusan atau Alumni STAN tersebar di seluruh penjuru tanah air, dari ujung barat sampai dengan ujung timur, dari ujung utara sampai dengan ujung selatan, dari daerah terpencil sampai dengan hiruk pikuknya kota metropolitan, dan tersebar juga di berbagai instansi pemerintah.

Para mahasiswa STAN yang telah lulus dari Kampus Ali Wardhana, langsung disebar ke berbagai kantor-kantor pemerintah seperti Kementerian Keuangan, Kementerian Perekonomian, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Tak heran jika dari seluruh penjuru tanah air dapat kita jumpai lulusan STAN yang mengabdikan dirinya pada negeri tercinta ini.

Dan ternyata, alumni STAN pun akhirnya tidak hanya berkarir di instansi pemerintah, banyak juga alumni STAN yang keluar dari PNS dan meniti karirnya sebagai artis, pengusaha, bekerja di BUMN, bekerja di swasta, dan berbagai profesi lainnya.

Salah satu profesi yang sedang digemari oleh anak-anak Indonesia adalah ngeblog, tak terkecuali dengan mahasiswa dan para alumni STAN.

Jika dihitung, sebenarnya banyak sekali mahasiswa maupun alumni STAN yang masih konsisten menulis blog sampai sekarang, dan tentunya bakal seru juga kali ya jika dipertemukan dalam suatu forum blogger Anak STAN. Ada gak ya forum tersebut?

Jadi tidak hanya bertemu di dalam dunia nyata saja, misalkan melalui pertemuan IKANAS. Tapi bisa juga bertemu dalam dunia maya, di forum Blogger Anak STAN.

Dan berdasarkan hasil jelajah saya di dunia maya sampai dengan saat ini, berikut ini daftar Alumni STAN yang masih konsisten ngeblog sampai dengan saat ini.

1. Muhammad Arif Ahsan (www.kedinasan.com)


foto muhammad arif ahsanDengan latar belakangnya yang pernah kuliah di STAN, salah satu sekolah kedinasan paling laris peminatnya, Muhammad Arif Ahsan mendirikan sebuah blog yang isinya seputar perguruan tinggi kedinasan serta dunia pendidikan.

Blog ini mulai didirikan pada tahun 2011 (mohon dikoreksi mas Arif ya jika salah hehehe).

Pada awalnya, blog milik Arif Ahsan ini memiliki alamat domain www.hiburdunia.com. Belum lama, di tahun 2016, ia merubah domain blognya menjadi www.pendidikan.web.id.

Tidak selang lama, nama domain www.pendidikan.web.id berubah lagi menjadi www.kedinasan.com.

Muhammad Arif Ahsan merupakan salah satu Alumni STAN yang cukup sukses di dunia blogging, dan sampai sekarang tetap konsisten ngeblog dan memonetize blognya dengan Google Adsense.

Pria kelahiran Bulukumba tahun 1990 ini kini bekerja di Instansi paling gede gajinya, yaitu Direktorat Jenderal Pajak. Terus semangat ngeblog ya Saudara Arif, mudah-mudahan selalu menyempatkan diri untuk berbagi di sela-sela kesibukannya.

2. Riva Eka Putra (blog.rivaekaputra.com)


riva eka putraMasih satu instansi dengan Muhammad Arif Ahsan, alumnus STAN yang satu ini juga bekerja di Direktorat Jenderal Pajak. Saat ini ia masih bekerja di sana, dan merencanakan akan resign dari PNS, mudah-mudahan kesampaian ya cita-citanya.

Pria dari Sukabumi ini merupakan pria yang menekuni dunia netpreneur. Riva Eka Putra ini juga telah sukses menuliskan sebuah buku dengan judul Introvert, dan tentunya bakalan ada karya-karya lainnya dari pegawai pajak yang satu ini.

Blog Riva Eka Putra sendiri pertama kali dibuat pada tahun 2009 lalu yang pada awalnya rivaekaputra.com, yang akhirnya semuanya dialihkan ke blog.rivaekaputra.com.

Isi blog Riva Eka Putra bermacam-macam yang bisa dicek langsung ke alamat domain di atas. Selain blog.rivaekaputra.com, Mas Riva ini juga memiliki blog lain yaitu bpg.bendahara.com. Mungkin masih ada juga blog lainnya yang tidak saya tahu.

3. Adi Wijaya


adi wijayaMenurut pengamatan saya, Adi Wijaya ini mempunyai beberapa blog di antaranya blogkeuangan.com, mahasiswabaru.com, dan bugistraveler.com. Adi Wijaya termasuk alumni STAN yang aktif dan konsisten menulis blog.

Hobinya yang suka traveling ini, telah melahirkan blog dengan nuansa traveling berupa bugistraveler.com.

Pria asal Bugis ini saat ini bekerja di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, satu instansi dengan saya, cuma beda unit kerja. Meskipun di STAN dulu ada di jurusan pajak, tapi ternyata nasib tidak menempatkannya di DJP.

4. Qori' ANR (pajakbro.com)


Qori' ANRSiapa pun yang ingin belajar pajak secara online dari sebuah blog, dapat mengunjungi blognya Qori' ANR ini di pajakbro.com. Alumni STAN yang sekarang bekerja di Direktorat Jenderal Pajak ini tentunya sudah megenal betul dunia perpajakan.

Basic pendidikan di STAN memang berasal dari Spesialiasi Perpajakan, dan sekarang bekerja pula di Ditjen Pajak. Belajar pajak dari blognya tentu akan memberikan wawasan lebih seputar perpajakan.

Kalau melihat blog-blog di atas, sepertinya anak pajak ini banyak yang hobi membuat blog ya. Mudah-mudahan adik-adik junior Pajak di STAN bisa meniru senior-seniornya nih menyebarkan ilmu seputar perpajakan.

5. Zia Ul Haq (madaaris.net)


zia ul haqZia Ul Haq adalah adik kelas saya persis. Kuliah di jurusan Akuntansi, tapi DO dari STAN 2 kali. Sebab kenapa DO saya sendiri kurang tahu pasti, tapi sebenarnya orangnya cerdas. Pernah DO dari STAN, kemudian mendaftar lagi, dan diterima lagi di STAN, kemudian DO lagi untuk kedua kalinya.

Kenal dengan Zia ini karena sama-sama ngaji bareng dalam perkumpulan organisasi IMAN STAN. Zia termasuk mahasiswa yang paling rajin ngaji, dan selepas DO dari STAN dia masuk ke Pondok Pesantren.

DO dari STAN tidak menghalangi kreativitas pemuda asal Tegal ini. Dia kini aktif di blog yang dikelolanya, yaitu madaaris.net, sebuah blog yang membahas seputar dunia pendidikan.

Sukses terus buat anak ngapak yang satu ini.

6. Arief Wijaya (belajararief.com)


Setelah berkeliling ke blognya, ternyata dia ini bekerja di BPKP juga, sama dengan saya. Dan masih tergolong adik kelas saya. Hmm, mungkin masih banyak juga kali ya Alumni STAN di BPKP yang rajin ngeblog.

Isi dari blog Arief Wijaya macem-macem, dari pengalaman pribadi sampai dengan ilmu seputar keuangan, audit, dan sebagainya.

Sayangnya, saat saya berkunjung ke blog ini tidak ada widget Searchnya, tidak ada juga halaman about me, related post, dan beberapa widget yang penting lainnya, sehingga agak susah bagi saya menelusuri blog ini.

7. Andika Rohman Prasetia (andikaprasetia.com)


andika prasetiaSiapapun yang bekerja di Sub Bagian Keuangan, dan mengelola Aplikasi SAIBA, RKAKL, SAS, dan aplikasi keuangan lainnya tentu mengenal Alumnus STAN yang satu ini. Blog andikaprasetia.com ini banyak memberikan tutorial seputar Aplikasi keuangan.

Andika Rohman Prasetia merupakan lulusan STAN Spesialisasi Akuntansi Pemerintahan, dan saat ini bekerja di Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Karena bekerja di DJPB, sudah pasti dia menguasai betul seputar aplikasi keuangan.

Sayangnya, sepertinya akhir-akhir ini dia banyak vakum dari dunia online. Postingan di blognya dan juga facebooknya terhenti, dan banyak juga yang menantikan kembali kehadirannya.

8. Muhamad Rahmat (www.fiscuswannabe.web.id)


muhammad rahmatfiscuswannabe.web.id adalah blog pribadi milik Muhammad Rahmat, seorang alumnus STAN yang sekarang bekerja di Direktorat Jenderal Pajak.

Dari nama blognya saja sebenarnya sudah kelihatan ya kalau ia adalah seorang pegawai pajak.

Jika melihat dari blog tersebut, Muhammad Rahmat mulai menulis artike di fiscuswannabe.web.id dari tahun 2010. Dengan demikian, sudah 6 tahun umur blog tersebut dan ia masih aktif menulis di blognya. Tetap konsisten ya.

9. Fitri Mayangsari (fitms.wordpress.com)


Fitri MayangsariDia adalah kawan sekelas saya saat tingkat III dulu, kelas 3C Kebendaharaan Negara. Orangnya cerdas, fasih berbahasa Inggris, senang belajar bahasa asing, mobile, aktif, lengkap pokoknya. Multi talent dan memiliki banyak kemampuan.

Saat ini ia bekerja di Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan, dan tidak menutup kemungkinan juga jadi Menteri Keuangan suatu saat nanti ^_^.

fitms.wordpress.com adalah blog pribadi yang dikelolanya, selain orangjakarta.com. Wanita aktif asal Lubuk Linggau ini sepertinya levelnya terlalu tinggi sehingga lelaki banyak yang takut menghampirinya hehehe.

10. Anggi Restiana Dewi (anggirestianadewi.blogspot.co.id)


anggi restiana dewiLagi-lagi seorang lulusan STAN dan pegawai pajak yang aktif di blog. Kali ini adalah Anggi Restiana Dewi, cewek berjilbab yang hobi traveling dan aktif di STAPALA saat di STAN dulu.

Kalau dilihat-lihat, agak sama hobinya dengan Fitri Mayangsari, yang pernah solo trip keliling Eropa. Anggi Restiana Dewi ini juga pernah solo trip ke Singapura, di tunggu episode solo trip berikutnya.

Salut untuk kedua wanita tangguh ini. Pengin juga nih jalan-jalan juga, sayangnya dana terbatas ^_^.

11. Ade Yusuf Ritonga (objeknyasar.wordpress.com)


ade yusuf ritongaAde Yusuf Ritonga, dari namanya sudah kebaca kan darimana si Ade ini. Yap, Ade Yusuf merupakan Alumnus STAN dari Rantau Prapat, Sumatera Utara, dan saat ini bekerja di Direktorat Jenderal Pajak.

Sepertinya, pria satu ini sama seperti saya, penggemar klub sepakbola asal Inggris, The Kop Liverpool. You'll Never Walk Alone Ade Yusuf Ritonga ^_^.

Beberapa kali membaca tulisan Ade Yusuf di blognya, asyik juga dengan gayanya menulis. Keren lah.

12. Bagus Rosyid (bagusrosyid.com)


Bagus RosyidBagus Rosyid satu angkatan dengan saya saat di STAN, hanya beda spesialisasi. Pertama kali kenal, saat ketemu di kegiatan Al Lughoh. Dan ketemu juga saat pengajian rutin IMAN STAN.

Bagus Rosyid, mempunyai hobi berpetualang mendaki gunung. Berbagai gunung pernah ditaklukannya. Suka dengan tantangan yah.

Bagus Rosyid juga hobi menulis puisi. Koleksi puisinya mungkin bisa dibaca di blognya atau di facebook miliknya.

Saat ini Ochid, sapaan akrab Bagus Rosyid, bekerja di Badan Kebijakan Fiskal (BKF).

13.  Ahmad Abdul Haq (www.ahmad.web.id)


alumni stan: ahmad abdul haqPegawai Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang satu ini sangat konsisten dalam dunia blogging. Tahun 2000an saja sudah aktif dengan blog lamanya yaitu http://ahmadabdulhaq.multiply.com.

Dua hari setelah Multiply menyatakan tutup, tepatnya tanggal Agustus 2012, Mas Ahmad Abdul Haq membuat blog baru bernama ahmad.web.id dan memindahkan isi-isi di blog multiply ke blog barunya.

Setelah baca-baca sekilas profil dari Mas Ahmad ini, ternyata Mas Ahmad adalah seorang webmaster. Tidak heran jika aktif benar dalam dunia blogging.

Terus berakarya yah mas Ahmad, mudah-mudahan karyanya bermanfaat bagi orang banyak. Dan lanjutkan terus menjadi Sonetawan Kementerian Keuangan :)

14. Bang Okay (theoskars.com)


alumni stan: bang okayBeberapa hari yang lalu, saya akhirnya kenal dengan Bang Okay ini, setelah Bang Okay ini tergabung dalam group WA Tapis Blogger.

Dari perkenalan singkat, akhirnya saya tahu dan kenal dengan Bang Okay.

Bang Okay merupakan pria asal Lampung, lulusan STAN tahun 2002 dari Spesialisasi Akuntansi. Saat ini doi bekerja di Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan.

Bang Okay adalah founder Ayah Asi Lampung.

Setidaknya, itulah tadi 14 Alumni STAN yang masih konsisten ngeblog sampai saat ini, berdasarkan hasil googling saya. Mohon ditambahkan blog-blog lainnya ya agar artikel ini bisa saya update lagi. Hidup blogger STAN.

Seorang PNS yang sedang belajar menulis. Mohon kritik dan sarannya. Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Mohon maaf atas segala kekurangan.

2 komentar

Saya juga masih, Mas. Bukan STAN, tapi Prodip :D

Saya tambahkan ke daftar di atas ya mas hehehe. Sekarang gak ada istilah Prodip lagi, adanya PKN STAN :). Di era saya juga gak ada istilah prodip lagi hehehe


EmoticonEmoticon