Wednesday, September 28, 2016

15 Tempat Wisata Keren Di Purbalingga Dengan Segudang Penghargaan

Tempat Wisata Keren di Purbalingga dapat anda jumpai di berbagai tempat di Kabupaten yang merupakan Eks Karesidenan Banyumas ini. Dan tahukah anda, bahwa Pariwisata Purbalingga ini telah meraih berbagai penghargaan lho?. Bangga kan menjadi warga Purbalingga?. Mau tau apa saja penghargaan yang diperoleh Purbalingga di Bidang Pariwisata?.

Foto Purbasari Pancuran Mas
Purbasari Pancuran Mas, salah satu Objek Wisata Unggulan Kabupaten Purbalingga

Prestasi Pariwisata Purbalingga


Berikut ini beberapa prestasi yang berhasil diraih oleh Kabupaten Purbalingga dalam bidang Pariwisata:

1. Juara The Most Improved TCTA 2013


Yap, penghargaan yang pertama adalah terpilihnya Purbalingga sebagai yang terbaik dalam memajukan sektor Pariwisata. Bukan cuma level Provinsi lho, level nasional mas bro.

Penghargaan ini berupa juara pertama untuk kategori pariwisata "The Most Improved" pada ajang Travel Club Tourism Award (TCTA) Tahun 2013 lalu. Pada ajang ini, Purbalingga menyingkirkan ratusan Kabupaten lain di seluruh Indonesia.

TCTA sendiri merupakan ajang yang diselenggarakan oleh Travel Club bekerja sama dengan Kemenko Perekonomian dan Kemenparekraf.

Sebelumnya, pada ajang TCTA Tahun 2012, Purbalingga juga memperoleh penghargaan serupa, hanya saja waktu itu cuma menduduki Second Runner Up "The Most Improved TCTA 2012".

2. The Most Improved Gold TCTA 2014


Tahun 2014 lalu, Purbalingga kembali mempertahankan posisinya sebaga juara pertama kategori "The Most Improved" pada ajang TCTA Tahun 2014. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya, kepada Bupati Purbalingga, Sukento di TMII November tahun 2014 lalu.

3. Objek Wisata Terbaik I Jawa Tengah 2014


Dua hari kemudian, setelah meraih penghargaan sebagai "The Most Improved" TCTA 2014, Pariwisata Purbalingga kembali memperoleh penghargaan. Kali ini adalah Juara I Wisata Terbaik Jawa Tengah 2014 untuk kategori Objek Wisata yang dikelola oleh Swasta.

Penghargaan tersebut diraih oleh Objek Wisata Purbasari Pancuran Mas. Luar biasa memang Pariwisata Purbalingga ini.

4. Nominator Penghargaan Kepariwisataan Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2015


Tahun 2015 lalu, masyarakat Purbalingga pantas berbangga dengan sektor Pariwisata Kabupaten Purbalingga. Taman wisata Sanggaluri Park masuk ke dalam Nominasi Penghargaan Kepariwisataan Tingkat Provinsi Jateng 2015 bersama dengan 6 objek wisata lain.

Hanya saja, dalam ajang ini Purbalingga hanya mendapatkan Juara Harapan I. Juara I diraih oleh Baturraden, dan selanjutnya juara II dan III diraih oleh Taman Kyai Langgeng Kota Magelang dan Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng Kab. Banjar Negara.

5. Peringkat I Nasional Sapta Pesona Wisata Toilet Umum Bersih 2014


Tahun 2014, Objek Wisata Air Bojongsari (Owabong) mendapatkan penghargaan ini untuk kategori Waterpark dan Theme Park yang dikelola oleh Pemerintah.

Penghargaan ini diikuti oleh taman rekreasi buatan dari 18 Provinsi di seluruh Indonesia. Purbalingga sendiri mengirimkan dua wakilnya yaitu Owabong dan Purbasari Pancuran Mas. Owabonglah yang akhirnya terpilih menjadi Juara I Nasional.

Itulah tadi beberapa penghargaan yang diperoleh oleh Purbalingga baik tingkat nasional maupun provinsi dalam bidang pariwisata.

Daftar Objek Wisata di Purbalingga


Setelah melihat prestasi Kabupaten Purbalingga dalam mengelola pariwisatanya, bagi anda yang ingin berkunjung ke Purbalingga, berikut ini daftar Tempat Wisata Menarik yang ada di Purbalingga yang wajib anda kunjungi:

1. Owabong


Keberadaan Owabong telah menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke Purbaliingga, apa lagi kini dengan kehadiran Kolam Ombak terbesar di Jawa Tengah, yaitu Kolam Ombak Sagara Owabong.

Selain kolam ombak, Owabong juga menawarkan berbagai arena permainan air dari yang khusus anak-anak sampai yang khusus untuk orang dewasa.

Letak Owabong tidak jauh, hanya sekitar 5 km saja dari Pusat Kota Purbalingga. Akses menuju Owabong sangat mudah, melewati Jalan Utama Purbalingga-Bobotsari.

2. Sanggaluri Park


Tidak jauh dari Owabong, sekitar 5-10 menit saja, ada Tempat Wisata Edukatif sekaligus Taman Bermain, yaitu Sanggaluri Park Purbalingga.

Sanggaluri Park terletak di Jalan Buper Munjuluhur, Kutasari. Perjalanan dari Pusat Kota Purbalingga dapat ditempuh dengan waktu sekitar 15-30 menit saja.

Di Sanggaluri Park pengunjung dapat berwisata sekaligus belajar berbagai hal, mulai mengenal binatang reptil dan serangga di Taman Reptil, belajar Fisika di Wahana Iptek, mengenal koleksi wayang dan artefak di Museum Wayang dan Artefak, melihat koleksi uang dari zaman kerajaan di Museum Uang, hingga belajar manasik haji.

Selain itu terdapat pula arena bermain anak mulai dari istana balon, mini train, caraousel, swinger, trampolin raksasa, taman lalu lintas, dan berbagai arena permainan anak lainnya.

3. Purbasari Pancuran Mas


Purbasari Pancuran Mas berada di Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Jaraknya dari Pusat Kota Purbalingga sekitar 5 km ke arah barat laut.

Tempat wisata ini menjadi salah satu andalah wisata Kabupaten Purbalingga dengan menempati lahan seluas 6 hektar.

Awal pendiriannya, Purbasari Pancuran Mas diberi nama Aquarium Raksasa Purbayasa dengan koleksi ikan air tawar besar yang berasal dari Amazon.

Di Purbasari Pancuran Mas ini pengunjung juga dapat berwisata sekaligus belajar mengenal berbagai jenis ikan dan burung.

Jika ingin bermain air, bisa mencoba naik bebek-bebekan atau mandi di Waterpark Purbasari Pancuran Mas ini.

4. Goa Lawa


Goa Lawa, atau ada yang mengucapkannya Gua Lawa, merupakan Tempat Wisata Purbalingga yang terletak di Kaki Gunung Slamet, tepatnya di Desa Siwarak, Kecamatan Karang Reja, Kabupaten Purbalingga.

Jarak dari pusat kota Purbalingga sekitar 27 km atau ditempuh selama kurang lebih 1 jam perjalanan.

Panjang Goa Lawa ini sekitar 1,5 km, cukup panjang bukan. Jika menelusuri seluruh Goa ini, saya yakin bakal pegel-pegel juga kaki kita.

5. Goa Lorong Kereta


Tidak jauh dari Goa Lawa ada Goa baru yang diberi nama Goa Lorong Kereta. Goa Lorong Kereta terletak di dalam Kompleks Goa Lawa, hanya berjarak beberapa meter saja dari pintu masuk Goa Lawa.

Goa ini dinaman Goa Lorong Kereta karena memang bentuknya menyerupai lorong kereta. Bagi anda yang suka tantangan silakan untuk berkunjung ke Goa ini.

Jalan masuk Goa bervariasi, dari yang lebar, sempit, sampai yang super sempit. Untuk dapat masuk ke sini anda harus ditemani oleh Pemandu yang sudah paham betul cara melewati goa ini.

6. Pancuran Ciblon Bobotsari


Jalan lagi lurus ke arah Bobotsari dari Owabong, akan anda temukan wisata air lainnya yang bernama Pancuran Ciblon. Lokasinya sangat dekat dengan Terminal Bobotsari, hanya dua ratus meter saja. Untuk mencapai lokasi Pancuran Ciblon sangat mudah, bisa menggunakan bus umum Purbalingga Bobotsari atau Purbalingga/Purwokerto-Pemalang.

Di Pancuran Ciblon ini disediakan beberapa kolam renang bagi orang dewasa dan juga khusus untuk anak-anak dengan kedalaman yang tentu saja berbeda.

Selain kolam renang, ada juga arena bermain anak-anak, panggung terbuka, mata air, pusat kuliner, kolam terapi ikan, dan juga agrowisata.

Harga tiket masuk Pancuran Ciblon sangat terjangkau bagi masyarakat Purbalingga.

7. Usman Janatin City Park (UJCP)


Taman Kota Usman Janatin ini terletak persis di tengah-tengah Kota Purbalingga, sekitar beberapa ratus meter saja sari Alun-alun Kota Purbalingga. Usman Janatin City Park dibangun di atas tanah bekas Pasar Purbalingga, yang kini telah berpindah dekat Terminal Kota.

Sempat dikelola oleh Pihak ketiga, akhirnya taman ini diambil alih oleh pemkab dan kembali dikelola oleh PD Owabong, yang telah sukses menciptakan objek wisata unggulan di Purbalingga.

Di Usman Janatin City Park ini akan anda jumpai berbagai arena permaian anak seperti bioskop mini, mini train, warma coaster, kereta luncur berbentuk ulat, dan istana balon.

8. Monumen Jenderal Soedirman


Jenderal Soedirman merupakan panglima besar, seorang pahlawan nasional yang lahir di Kota Purbalingga. Oleh karena itu, di tanah kelahirannya ini, dibuatkanlah sebuah Monumen yang diberi nama Monumen Jenderal Soedirman.

Jika anda penggemar sejarah, maka anda harus datang ke monumen ini, untuk mengetahui lebih banyak sejarah Jenderal Soedirman.

Monumen Jenderal Soedirman berada di Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga, sekitar 30 km dari pusat kota. Untuk mencapainya bisa lewat Kejobong atau juga lewat Bobotsari.

9. Air Terjun Wana Tirta (Desa Panusupan)


Air Terjun Wana Tirta atau Curug Wana Tirta berada di Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga. Saat berkunjung ke Monumen Jenderal Soedirman, anda bisa sekalian berkunjung ke Desa Wisata ini.

Di Desa Panusupan ini juga terdapat Makam Syekh Jambu Karang, atau Makam Ardi Lawet dan berbagai peninggalan situs purbakala.

Selain bermain di air terjun dan ziarah makam, pengunjung juga dapat Tracking ke Puncak Bukit Ardi Lawet, melihat prosesi pembuatan gula merah, pembuatan souvenir khas Desa Panusupan, outbond dan camping serta river trekking di sungai Desa Panusupan.

Jika anda pernah mendengar Igir Wringin, rumah pohon yang sudah mulai tenar ini, dari Desa Panusupan inilah anda mencapainya.

10. Curug Silintang dan Silawang


Tidak terlalu jauh dari Goa Lawa, ada sebuah curug yang sejuk bernama Curug Silintang dan Silawang. Curug Silintang dan Silawang kerap dikaitkan dengan adanya bidadari yang turun ke curug ini karena seringnya terlihat adanya pelangi yang muncul ke arah curug ini.

Curug Silintang dan Silawang terletak di Dusun Cumbut, Desa Tlahab, Kecamatang Karang Reja, Purbalingga, Jawa Tengah. Jika jalan kaki dari Goa Lawa, membutuhkan waktu sekitar 1 jam.

Tinggi air terjun di curug ini lumayan juga lho, 40 meter. Mantap bukan.

11. Tirta Asri Walik


Tirta Asri Walik adalah langganan saya renang pada saat masih SMA dulu. Saat ada pelajaran renang, Tirta Asri Walik ini lah yang dipilih. Di samping tiket masuknya yang murah, lokasinya pun tidak terlalu jauh dari kota Purbalingga.

Kolam Renang Tirta Asri Walik ini merupakan kolam renang tertua yang ada di Purbalingga lho. Jadi bisa juga dibilang bahwa Tirta Asri Walik merupakan legenda hidup yang masih ada sampai sekarang.

Tirta Asri Walik terletak di Desa Walik, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga. Perjalanan dari pusat Kota Purbalingga sekitar 15  menit saja.

Di tempat wisata ini bukan coma kolam renang saja, pengelola telah menyulap perbukitan yang ada menjadi tempat wisata alam yang menawan.

12. Wana Wisata Serang (Desa Serang)


Wana Wisata Serang terletak Di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, sekitar 5 km dari Goa Lawa. Pemandangannya masih dengan suasana pegunungan yang sama dengan Goa Lawa.

Di Desa Serang ini pengunjung dapat menikmati agrowisata berupa tanaman strawberry. Pengunjung dapat menikmati buah stawberry segar dengan memetik sendiri langsung di kebun para petani.

Selain Agrowisata, di tempat ini pengunjung dapat berkemah, flying fox, berkuda, hingga pendakian ke Gunung Slamet.

13. Desa Limbasari


Desa Limbasari terletak di Kecamatan Bobotsari dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit dari Kota Purbalingga. Lokasinya berada di kaki Pegunungan Plana, sekitar 17 km dari Pusat Kota Purbalingga.

Di Desa Limbasari, pengunjung dapat menikmati sensasi bermain Tubing di Sungai Gunung yang airnya betul-betul masih jernih. Sungai ini merupakan hulu yang akhirnya bermuara ke Sungai Klawing Purbalingga.

Tubing sendiri adalah kegiatan menyusuri sungai menggunakan ban, yang masing-masing ban digunakan oleh satu orang.

Selain tubing, pengunjung juga dapat bermain water sliding sambil menikmati keindahan Air Terjun Patra Wisa.

14. Desa Seribu Curug "Desa Tanalum"


Bagi anda pencinta alam, sangat cocok untuk berwisata ke Desa Tanalum yang dijuluki juga Desa Seribu Curug, karena banyak air terjun di desa ini.

Desa Tanalum sendiri terletak di Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Beberapa curug yang ada di desa ini di antaranya Curug Nagasari dengan ketinggian 72 meter, Curug Aul yang merupakan favorit untuk canyoning, Curug Panyatan, Curug Telu, Curug Sendang, Curug Gogot, Curug Lempeng, dan Curug kali Karang.

15. Masjid Jami' Laksamana Cheng Hoo


Masjid Jami' Lakmasana Cheng Hoo terletak di Desa Selaganggeng, Kecamatan Mrebet, Purbalingga. Masjid ini diprakarsai oleh Persatuan Islam Tionghoa Indonesia dan diresmkan pada tahun 2011 lalu. Masjid ini merupakan gabungan antara unsur tionghoa dan juga unsur Jawa.

Seperti bangunan-bangunan milik Tionghoa, masjid ini juga memiliki warna utama warna merah yang dominan. Masjid ini pun tak memiliki kubah layaknya masjid-masjid lainnya.

Itulah tadi Informasi Pariwisata dan Objek Wisata yang ada di Purbalingga, dan tentunya masih banyak tempat wisata lain yang belum bisa saya tuliskan di sini. Maju terus Pariwisata Purbalingga, mudah-mudahan makin banyak hadir tempat wisata menarik baru di Purbalingga.

Seorang PNS yang sedang belajar menulis. Mohon kritik dan sarannya. Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Mohon maaf atas segala kekurangan.


EmoticonEmoticon