Friday, May 6, 2016

Sanggaluri Park Purbalingga, Wisata Bermain dan Belajar Anak Paling Asyik di Jawa Tengah

Sanggaluri Park, yang pada awal didirikannya bernama Taman Reptil, merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata yang ada di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Sesuai dengan namanya yang berarti "Tempat Belajar", Sanggaluri Park ini telah menjadi Taman Bermain Anak sekaligus Wisata Edukatif bagi masyakarat Purbalingga.

Luas lahan yang digunakan oleh Sanggaluri Park tidak tanggung-tanggung, sekitar 3,5 hektar yang dibeli dari masyarakat oleh Pemerintah setempat.

Pihak pengelola Sanggaluri Park masih satu pengelola dengan Waterpark terbesar di Purbalingga, yaitu Owabong (Objek Wisata Air Bojongsari).

Lokasi Sanggaluri Park


Lokasi Sanggaluri Park Purbalingga terletak di Jalan Bumi Perkemahan Munjuluhur, Desa Kutasari, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Dari Pusat Kota Purbalingga, jaraknya sekitar 7 km saja dan lokasinya juga tidak jauh dari Owabong, sekitar perjalanan 5-10 menit.

Rute Menuju Sanggaluri Park, dari arah Kota Purbalingga, dari Alun-alun Purbalingga jalan ke Arah Padamara. Lewat Saja SMA 1 Purbalingga, Karang Sentul. Lalu lurus lagi akan anda jumpai lampu merah. Dari Lampu merah, ambil jalan belok ke kanan.

Setelah itu jalan, akan ketemu lagi lampu merah lagi, ambil jalan belok ke kiri. Jalan lagi lurus terus sekitar 3km, maka akan anda jumpai Gerbang Masuk Sanggaluri Park di sebelah kanan jalan. Jangan khawatir, Gapura masuknya terlihat jelas dari jalan.

Jika tidak ketemu juga, jangan segan-segan untuk bertanya kepada warga sekitar ya. Malu bertanya sesat di jalan.

Harga Tiket Masuk Taman Sanggaluri


Harga tiket masuk Sanggaluri Park cukup murah, hanya Rp10.000,- saja di Weekday dan Rp12.000,- saat Weekend atau hari libur. (Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu).

Harga tiket masuk ini belum termasuk arena permaian anak. Untuk dapat menikmati arena permainan akan dikenakan tiket lagi yang tarifnya berbeda-beda.

Untuk masuk berbagai museum, taman reptil dan serangga, wahana iptek, dan beberapa wahan lainnya tidak dikenakan tiket tambahan.

Tempat Bermain Anak di Sanggaluri Park Purbalingga


Sanggaluri Park merupakan wahana wisata di Purbalingga yang perkembangannya pesat luar biasa, sama seperti "saudaranya", Owabong. Sama-sama dikelola oleh pihak yang sama, dua-duanya sama-sama telah berkembang menjadi andalan wisata Kota Perwira.

Sanggaluri Park yang awalnya hanya berupa Taman Reptil kini telah menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi masyarakat Purbalingga. Sebenarnya bukan hanya masyarakat Purbalingga, pendatang dari luar Kabupaten Purbalingga pun banyak juga yang berkunjung ke Taman Wisata di Purbalingga ini.

Saya sendiri terakhir kali berkunjung ke sini pada tahun 2015 lalu, tepatnya pada tanggal 20 September 2015.

Pertama kali sampai ke lokasi, anda akan disambut dengan Pintu masuk yang keren berupa patung semar raksasa (beneran semar bukan ya, kurang paham soal wayang soalnya, hehehe).

pintu masuk Sanggaluri Park
Pintu Masuk Sanggaluri Park berupa patung raksasa tokoh wayang

Sesampainya di dalam, anda akan disuguhi hamparan taman yang hijau dengan berbagai mainan anak yang cukup menarik.

Di Sanggaluri Park ini anak-anak dapat menikmati berbagai macam permainan dari yang gratis sampai dengan yang berbayar.

Beberapa arena permainan yang ada di Sanggaluri Park Purbalingga adalah:

1. Istana Balon

istana balon sanggaluri park
Istana balon di Sanggaluri Park Lampung

Jika anda sering mengunjungi pasar malam, anda pasti sering menjumpai istana balon. Istana Balon ini juga saya jumpai saat saya berkunjung ke Play Land Mall Boemi Kedaton Lampung, sebagai salah satu arena bermain yang ada di dalamnya.

Di Sanggaluri Park ini, anak-anak dapat bermain ceria di Istana Balon. Pertama kali masuk Sanggaluri Park, anak saya dan juga keponakan saya langsung minta masuk ke Istana Balon ini.

Anak-anak dapat bermain perosotan di Istana Balon. Selain itu anak-anak dapat loncat-loncat dan lari-lari di dalamnya sambil kejar-kejaran.

Istana balon merupakan salah satu favorit anak-anak untuk bermain di Sanggaluri Park Purbalingga.

2. Mobil Mini Taman Lalu Lintas

mobil mini taman lalu lintas sanggaluri park
Naik mobil-mobilan di Taman Lalu Lintas Sanggaluri Park Purbalingga

Puas bermain di Istana Balon, anak dan keponakan saya langsung merengek minta naik mobil-mobilan saat melihat anak-anak lainnya sedang bermain mobil mini di Taman Lalu Lintas Sanggaluri Park.

Taman Lalu Lintas ini dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai jalanan persis, dilengkapi dengan berbagai rambu-rambu lalu lintas dan juga sebuah halte. Benar-benar kreatif.

Satu mobil ini jika diisi anak-anak kecil, bisa diisi 2 orang. Bagi anak-anak umur 3 tahunan ke bawah, saya yakin belum dapat mengendalikan mobil ini, jadi disarankan untuk naik berdua bersama dengan anak umur 5 tahunan ke atas.

Lintasan jalan di Taman Lalu Lintas ini cukup panjang, berjalan memutar, dilengkapi dengan perempatan jalan dan juga rambu-rambu lalu lintas dan juga lampu merah. Pengenalan arti tanda rambu-rambu lalu lintas juga ada di Taman ini, cocok untuk belajar anak mengenal lalu lintas.

3. Kereta Mini (Mini Train)

mini train sanggaluri park
Naik kereta mini di Sanggaluri Park

Belum puas bermain di Istana Balon dan Taman Lalu Lintas, anak-anak kembali merengek minta naik Kereta Mini yang berada persis di samping Taman Lalu Lintas. Padahal beberapa hari sebelumnya, pada saat bermain di Prambanan, Jogja, sudah naik mini train juga sepuasnya.

Jadilah harus membeli tiket lagi untuk naik mini train ini. Satu tiket dipakai untuk naik mini train sebanyak 3 putaran. Begitu naik mini train, tangis si kecil langsung berhenti, sambil senyum-senyum kegirangan.

4. Trampolin Raksasa

Di Sanggaluri Park juga disediakan trampolin raksasa. Trampolin ini bukan hanya untuk anak-anak, orang dewasa pun dapat juga masuk ke dalamnya.

Di trampolin ini pengunjung dapat melompat-lompat dengan tinggi karena alasnya terbuat dari bahan yang sangat elastis.

5. Flying Fox

Bagi pengunjung yang ingin bermain flying fox, juga disediakan arena khusus untuk bermain flying fox. Di sebelah flying fox disediakan juga peralatan outbond yang dapat digunakan oleh anak-anak secara gratis. Di arena outbond ini anak-anak dapat berjalan di atas jembatan kayu, lalu bermain perosotan, dan juga ayunan.

6. Carausel

Carausel merupakan wahana bermain anak yang sudah sangat familiar karena carausel ini juga sering dijumpai di pasar malam. Di Sanggaluri Park juga disediakan sebuah wahana Carausel bagi anak-anak yang ingin berputar-putar naik carausel.

7. Jet Coaster

Tidak usah jauh-jauh datang ke Dufan, di Purbalingga juga bisa menikmat Jet Coaster, yaitu di Sanggaluri Park ini. Silakan rasakan sensasi naik Jet Coaster yang akan membuat liburan anda di Purbalingga semakin menyenangkan.

8. Swinger

Swinger merupakan ayunan yang bergerak dengan arah gelombang, dengan bergerak melingkar. Anda pasti sering menjumpainya di pasar malam-pasar malam.

9. Kuda Tunggang

Bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi berkelilling Sanggaluri Park naik kuda, juga disewakan kuda untuk dinaiki. Pengunjung akan ditemani seorang pawang kuda untuk membawa anda berkeliling taman.

10. Rumah Kelinci

Wahana bermain yang satu ini merupakan wahana baru di tahun 2016 ini. Di rumah kelinci ini pengunjung dapat bermain-main dengan binatang yang lucu dengan telinga panjang dan bulu halus ini. Kelinci adalah binatang yang imut dan sangat cocok dijadikan teman bermain anak.

Wahana Wisata Sanggaluri Park


Selain Arena Bermain anak, masih ada banyak sekali wahana-wahana yang disediakan oleh Sanggaluri Park yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung untuk bermain dan belajar.

Wahana-wahana tersebut di antaranya adalah:

1. Taman Reptil dan Serangga

Wahana wisata ini adalah wahana tertua di Sanggaluri Park, karena wahana ini yang pertama kali dibangun pada saat tempat ini masih bernama Taman Reptil.

Di Taman Reptil dan Serangga ini, sesuai dengan namanya, akan anda jumpai berbagai macam binatang reptil dan serangga.

Binatang reptil yang ada di Sanggaluri Park di antaranya buaya, kadal, ular, dan berbagai jenis binatang reptil lainnya dengan berbagai jenis dan juga berbagai ukuran.

Di Taman Reptil dan Serangga ini anda dapat berfoto dengan ular besar yang ada di sana, dengan ditemani pawangnya tentunya.

Koleksi serangganya pun cukup banyak dan disusun begitu cantiknya. Ada berbagai jenis kupu-kupu, berbagai jenis kumbang, dan berbagai jenis serangga lainnya.

2. Wahana Iptek

Wahana Iptek ini cukup menarik bagi para pelajar yang ingin membuktikan teori yang selama ini dipelajari di sekolah, terutama terkait dengan pelajaran Fisika.

Wahana Iptek ini mirip sekali dengan keberadaan Taman Pintar Jogjakarta, hanya saja Wahana Iptek di Sanggaluri Park lebih kecil dan juga koleksi peralatannya tidak sebanyak Taman Pintar Jogjakarta.

Di Wahana Iptek ini juga dipajang berbagai penghargaan yang diterima oleh Kabupaten Purbalingga, baik tingkat Provinsi, Nasional, maupun penghargaan dari MURI dan Prestasi-prestasi Purbalingga lainnya, termasuk penghargaan Kota Adipura.

3. Museum Uang

Untuk melihat koleksi uang dari dari berbagai zaman, anda tidak harus datang ke Museum BI di Kota Tua Jakarta. Di Purbalingga ini juga anda dapat melihat koleksi berbagai mata uang dari zaman Hindia Belanda, yaitu di Museum Uang Sanggaluri Park.

Koleksi Uang di Museum Uang ini cukup lengkap dan sangat bagus untuk pembelajaran anak-anak anda. Jangan lewatkan untuk berkunjung ke sini ya karena tiket masuknya gratis kok.

4. Museum Wayang dan Artefak

Menyeberang dari Museum Uang, akan anda temukan Museum Wayang dan Artefak, persis ada di sebelah Taman Sesat.

Seperti namanya, Museum ini memiliki koleksi berbagai jenis wayang dengan berbagai tokoh, dan juga berbagai jenis artefak kuno.

5. Taman Sesat

Taman sesat merupakan wahana wisata berupa labirin dari "tanaman tetean" dengan tinggi sekitar 1 meter. Tanaman tetean adalah adalah tanaman yang biasa dijadikan sebagai pagar hidup atau pembatas pekarangan milik satu orang dengan yang lainnya, atau pagar di depan rumah.

Saat memasuki labirin ini, mungkin banyak juga yang tersesat dan tidak bisa keluar mengingat labirin ini memang dibuat untuk memusingkan pengunjung untuk menemukan jalar keluar saat ingin keluar.

6. Taman Batu

Capek berkeliling Sanggaluri Park yang cukup luas, anda dapat beristirahat di Taman Batu. Di taman batu ini disediakan batu-batu yang memang khusus disediakan untuk istirahat para pengunjung.

7. Labirin Kaca

Dibuat seperti rumah kaca yang ada di Dufan, pengunjung dapat merasakan sensasi masuk ke labirin kaca cermin untuk meneukan jalar keluar dari labirin kaca ini.

8. Taman Burung

Berbagai koleksi burung cantik ada di Taman Burung Sanggaluri Park. Ajaklah anak-anak anda ke Taman Burung ini untuk lebih mengenal binatang di sekitar anda.

9. Rumah Gempa

Ingin merasakan rasanya gempa bumi? Silakan berkunjung ke Rumah Gempa yang ada di Sanggaluri Park Purbalingga. Ruma Gempa ini juga mirip dengan Rumah Gempa yang ada di Taman Pintar Jogjakarta.

10. Pijit Ikan Khusus Kaki

Sama seperti pijat ikan yang ada di Purbasari Pancuran Mas, di Sanggaluri Park juga ada sebuah kolam ikan yang bisa dinikmati oleh pengunjung untuk merasakan nikmatnya pijat ikan khusus kaki. Lokasinya dekat dengan lokasi Flying Fox.

11. Ka'bah (Miniatur Haji)

Jika anda ingin melihat miniatur Ka'bah dan juga manasik haji, bisa anda jumpai di Sanggaluri Park Purbalingga. Di tempat latihan manasik haji ini anda akan menemukan gambaran pelaksanaan ibadah haji dengan jelas.

Miniatur Haji ini digunakan sebagai tempat pelatihan manasik haji bagi yang ingin mengikuti pelatihan manasik haji. Semua kalangan dari berbagai umur dapat mengikuti pelatihan manasik haji ini. Benar-benar merupakan tempat wisata edukatif kan Sanggaluri Park ini?

Fasilitas-fasilitas Lainnya


Untuk kelengkapan-kelengkapan lainnya, di Sanggaluri Park ini disediakan juga Gazebo-gazebo untuk istrirahat para pengunjung.

Bagi pengunjung yang beragama islam, disediakan mushola juga dilengkapi dengan toilet gratis. Selain itu, kantin-kantin siap melayani pengunjung yang belum sempat makan, atau mungkin kehausan dan kelaparan.

Lahan parkir disediakan cukup luas dengan tarif parkir yang masih wajar.

Bagaimana, apakah anda tertarik berkunjung ke Sanggaluri Park Purbalingga? Saya jamin tidak akan menyesal untuk berkunjung ke Tempat Wisata Edukatif di Purbalingga ini. Selamat berkunjung ke Taman Sanggaluri ya.

Seorang PNS yang sedang belajar menulis. Mohon kritik dan sarannya. Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Mohon maaf atas segala kekurangan.


EmoticonEmoticon