Saturday, May 7, 2016

Liburan di Kolam Renang Butterfly Gisting, Perusutan dan Diguyur Ember Tumpah

Liburan hari Sabtu ini, kami, saya beserta istri dan Alya, berkunjung ke Kolam Renang yang diresmikan oleh Bupati Tanggamus pada tahun 2010 lalu, yaitu Kolam Renang Butterfly Gisting Atas. Lokasinya tidak jauh dari rumah mertua di Dusun Tegalsari, Pekon Kutadalom, Gisting, sekitar 2,5 km saja.

Butterfly Swimming Pool ini terletak di dataran tinggi Gisting, tepatnya Pekon Gisting Atas, Kecamatan Gisting, Tanggamus. Dari rumah mertua, hanya berselisih satu Desa saja, yaitu Pekon Gisting Bawah. Kutadalom-Gisting Bawah-Gisting Atas.

Oiya, jangan bingung dengan istilah pekon ini ya. Pekon adalah istilah lokal yang secara resmi dipakai untuk menyebut desa. Di Tanggamus, dan beberapa Kabupaten lain di Lampung, digunakan istilah pekon, bukan desa. Maksud keduanya sama. Pekon = Desa.

Kunjungan kami ke Butterfly ini adalah yang pertama kali, meskipun sudah lama tinggal di Gisting. Bahkan, lokasinya pun belum tahu, dengan modal pengin liburan di sana saja, kami segera berangkat sekitar pukul 10.20 pagi.

Lewat pasar Gisting, lalu lewat Pekon Gisting Atas, jalan pelan-pelan sambil melihat sebelah kiri jalan untuk melihat papan penunjuk jalan menuju lokasi.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 7 menit, akhirnya ketemu juga papan penunjuk jalan itu. Ternyata lokasinya sangat mudah ditemukan.

penunjuk jalan butterfly
Papan penunjuk jalan ke Butterfly di kiri jalan
Dari papan penunjuk jalan ini, kami harus jalan lagi masuk ke dalam sekitar 1 km. Jalan masuknya sudah bagus, dengan view pemandangan yang masih hijau nan asri. Di kiri dan kanan jalan banyak ditemukan Pohon Pala yang ditanam di depan rumah warga.

jalan menuju butterfly
Jalan menuju Kolam Renang Butterfly Gisting
Setelah masuk sekitar 1 km lebih, ketemu juga Gerbang Masuk Butterfly di sebelah kanan jalan. Sempat khawatir juga kalau jalan kejauhan dan nyasar, tapi ternyata ketemu juga lokasinya di kanan jalan.

gerbang masuk butterfly
Selamat datang di Butterfly ya
Sesampainya di lokasi kami langsung disambut dua buah patung laki laki, dengan kata-kata "Selamat Datang Taman Wisata Butterfly Swimming Pool".

Kami pun langsung masuk dan memarkir motor, dan tukang parkir langsung menyodorkan kartu parkir. Kami beli tiket masuk 3 buah, satu buat Alya dengan harga Rp10.000,- dan dua buat saya dan istri masing-masing Rp15.000,-.

Sampai di dalam, Pahlawan-pahlawan super sudah menyambut kami dengan gayanya masing-masing.

pahlawan super di butterfly
Lukisan-lukisan pahlawan super di dinding Butterfly Swimming Pool

Setelah berfoto-foto dengan pahlawan super, kami pun turun ke bawah menuju kolam renang. Di Kolam renang Butterfly ini ada 4 kolam renang dimana satu kolam renang khusus dewasa dengan kedalaman di atas 1 meter.

Kolam renang dewasa berada di tengah-tengah, berada di samping Patung Kupu-kupu Raksasa, dan di sebelahnya ada juga kolam renang untuk anak-anak dengan perusutan dari keramik di tengahnya.

kolam renang dewasa
Kolam renang dewasa, patung kupu-kupu raksasa, dan kolam anak-anak
Di sebelah paling kiri ada kolam renang anak-anak yang paling dangkal, dengan perusutan yang berjumlah ada 5 titik. Bagi anak usia 3 tahun ke bawah sangat cocok untuk mandi di sini.

kolam renang anak dengan perosotan
Kolam renang anak dengan banyak perosotan
Dan di sebelah paling kanan ada Kolam Renang Bertema Buah-buahan, dilengkapi dengan air mancur dan juga ember tumpah serta waterboom mini. Kedalamannya seleher Alya, sehinga Alya dapat main di sini.

kolam renang bertema buah
Kolam renang dengan tema buah di Butterlfly
Kolam renang bertema buah-buahan ini paling ramai pengunjung karena faslitasnya yang lebih lengkap. Pengunjung dapat meluncur di waterboom mini, mandi di bawah air mancur, dan merasakan guyuran ember tumpah.

ember tumpah
Merasakan sensasi ember tumpah di Butterfly Swimming Pool
Setelah badan mulai kedinginan, Alya minta mainan putaran di sebelah kolam renang. Di Butterfly ini ada beberapa mainan anak seperti puteran dan ayunan. Selain itu, di samping kolam renang bertema buah ini juga ada kolam bebek bagi yang ingin menyewa bebek. Kolam ini juga disediakan sebagai tempat pemancingan.

Setelah puas bermain, perut sudah mulai keroncongan. Kami pun menuju kantin, membeli popmie dan kripik singkong balado serta chitato. Tak lupa membeli minum teh botol.

Selesai makan, hujan turun, awalnya cuma gerimis kecil, lalu mulai deras dan mengurung kami di kantin dekat kolam pemancingan.

Untung saja, hujan tak lama, lalu matahari kembali panas, dan kami pun memutuskan pulang. Oiya, sebelum pulang, saya dan Alya sempat berfoto bersama patung gajah juga. Alya ketakutan melihat patung gajah ini.

foto bareng patung gajah
Patung gajah di samping kolam renang
Akhirnya, selamat tinggal Kolam Renang Butterfly. Sampai ketemu lagi di lain waktu.

Seorang PNS yang sedang belajar menulis. Mohon kritik dan sarannya. Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Mohon maaf atas segala kekurangan.


EmoticonEmoticon