Thursday, July 27, 2017

Inilah Gaji TNI Per Bulan Baik Tamtama, Bintara, Perwira Pertama, Menengah, dan Tinggi

author photo
Jumanto.Com -  Gaji TNI per bulan berapa sih? Gedean mana sama gaji polisi? Tentunya banyak orang yang bertanya gaji tni per bulannya berapa dengan berbagai alasan masing-masing. Ada yang ingin anaknya jadi TNI sehingga ingin tahu besaran gaji TNI per bulan. Ada merasa bangga kalau anaknya jadi TNI karena membela negara sampai titik darah yang terakhir. Dan alasan-alasan lainnya.

Gaji atau Penghasilan TNI secara garis besar hampir sama komponennya dengan gaji atau penghasilan PNS. Hanya saja memang ada beberapa hal yang berbeda, baik jenis maupun besarannya.

Gaji dan Tunjangan Tamtama TNI,  Gaji TNI AD per bulan, Gaji TNI AU, maupun Gaji TNI AL, akan kita bahas pada artikel ini.
Baca Juga: Ini Lho besaran Gaji Polisi per Bulan....

Besaran Gaji TNI Per Bulan Baik TNI AD, AL, Maupun AU


Gaji TNI per bulan tentu saja gak sama antara anggota TNI yang satu dengan yang lain, tergantung pangkat, golongan, jabatan, dan masa kerja.

Oleh karena itu pada kesempatan ini saya hanya akan menampilkan komponen penghasilan TNI yang ujung-ujungnya akan menentukan besar kecilnya gaji TNI per bulan yang akan diterima.

Secara garis besar TNI menerima 2 macam komponen gaji/penghasilan yaitu:
  1. Gaji Pokok TNI dan Tunjangan-tunjangan yang melekat pada gaji bulanan.
  2. Tunjangan Kinerja TNI atau Remunerasi TNI

Tanpa panjang lebar mengenai gaji dan tunjangan TNI berdasarkan pangkat, berikut ini Komponen Penghasilan atau Gaji Per Bulan seorang anggota TNI:

A. Gaji Pokok TNI dan Tunjangan Yang Melekat Pada Gaji


Komponen gaji TNI per bulan yang pertama adalah gaji yang rutin diterima oleh anggota TNI tiap bulannya berupa Gaji Pokok TNI dan Tunjangan-tunjangan yang melekat pada Gaji.

1. Gaji Pokok TNI


Gaji Pokok TNI untuk tahun 2015 dan tahun 2016 diatur dengan PP Nomor 31 Tahun 2015. Adapun besaran Gaji Pokok TNI Tahun 2015, 2016, 2017, dan kemungkinan 2018 berdasarkan Golongan sebagai berikut:

Gaji Pokok Tamtama TNI

Gaji Pokok Bintara TNI

 Gaji Pokok Perwira Pertama TNI

Gaji Pokok Perwira Menengah dan Perwira Tinggi TNI
Gaji Pokok TNI Gol IV

Gaji Pokok TNI paling kecil Rp1.565.200,- dan paling besar Rp5.646.100,-.

Gaji pokok ini merupakan komponen penghasilan yang menentukan komponen perhitungan gaji lainnya seperti tunjangan istri/suami, tunjangan anak, tunjangan PPh dan juga Iuran Wajib Pegawai (IWP).

2. Tunjangan Istri/Suami TNI


Bagi Anggota TNI yang mempunyai istri/suami, kepadanya diberikan Tunjangan Istri/Suami yang besarnya adalah 10% dari Gaji Pokok.

Sebagai contoh, anggota TNI dengan Golongan IIIa Masa Kerja Golongan 1 tahun, gaji pokoknya Rp2.644.800,- maka Tunjangan Istri/Suaminya sebesar Rp264.480,- per bulan.

3. Tunjangan Anak


Tunjangan anak TNI diberikan maksimal untuk 2 orang anak dan besarannya 2% dari gaji pokok untuk masing-masing anak. Jika Gaji Pokok TNI Rp2.644.800,- per bulan maka Tunjangan Anak yang diterima tiap bulannya maksimal Rp105.792,-.

4. Tunjangan Umum/Tunjangan Jabatan Struktural/Tunjangan Jabatan Fungsional


Bagi anggota TNI yang menduduki jabatan struktural, kepadanya diberikan Tunjangan Jabatan Struktural TNI sesuai dengan Perpres Nomor 27 Tahun 2007 dengan besaran sebagai berikut:
Golongan Tunjangan Struktural
I Rp5.500.000,00
II Rp4.375.000,00
III Rp3.250.000,00
IV Rp2.025.000,00
V Rp1.260.000,00
VI Rp980.000,00
VII Rp540.000,00
VIII Rp490.000,00
IX Rp360.000,00

Kepada anggota TNI yang menduduki Jabatan Fungsional, diberikan Tunjangan Jabatan Fungsional yang besarannya berbeda-beda tergantung jabatannya.

Sedangkan kepada para anggota TNI yang tidak diberikan Tunjangan Jabatan Struktural dan Tunjangan Jabatan Fungsional, diberikan tunjangan umum TNI sesuai Perpres Nomor 14 Tahun 2006 dengan besaran Rp75.000,- per bulan.

5. Tunjangan Beras TNI


Tunjangan Beras bagi anggota TNI diberikan sebanyak 18kg per bulan untuk masing-masing anggota TNI, dan 10 kg untuk istri/suami, dan 2 orang anak. Jika TNI mempunyai istri/suami dan 2 orang anak, maka kepadanya diberikan tunjangan beras 1 x 18 kg  ditambah 3 x 10 kg= 48 kg per bulan.

Tunjangan beras ini diberikan dalam bentuk uang dan nilai beras per kg nya di atur dengan Peraturan Dirjen Perbendaharaan.

Adapun tarif Tunjangan Beras terakhir diatur dengan Perdirjen Perbendaharaan Nomor Per-3/PB/2015 dengan nilai beras per kg Rp7.242,-.

Dengan demikian, Anggota TNI dengan istri/suami dan 2 orang anak akan mendapatkan tunjangan beras per bulan sebesar 48 x Rp7.242,- = Rp347.616,-.
Terima kasih buat Pak Deedee yang sudah mengoreksi

6. Tunjangan/Uang Lauk Pauk TNI


Tunjangan Lauk Pauk (Uang Lauk Pauk) ini hanya diberikan kepada anggota TNI dan Polri, tidak diberikan kepada PNS.

Besaran uang lauk pauk TNI per harinya lebih besar dari uang makan PNS, dan perhitungannya juga beda. Uang Lauk Pauk TNI dihitung dengan rumus = Jumlah hari dalam 1 bulan x tarif uang lauk pauk per hari.

Tarif uang lauk pauk TNI besarannya Rp50.000,-  per hari. Dengan demikian, jika dalam 1 bulan ada 30 hari, maka tunjangan lauk pauk yang diterima oleh anggota TNI rata-rata sebesar Rp1.500.000,- per bulannya.

Lumayan bukan?
Seiring dengan kenaikan uang makan PNS di pertengahan tahun 2017, sepertinya Uang Lauk Pauk TNI tahun 2017/2018 juga naik 5.000 per hari, menjadi 55.000 per hari.

7. Tunjangan Operasi Pengamanan


Tunjangan Operasi Pengamanan Wilayah Pulau-Pulau Kecil Terluar dan Perbatasan diberikan kepada Prajurit TNI atau PNS yang ditugaskan secara penuh dalam operasi pengamanan pada wilayah perbatasan.

Adapun besaran Tunjangan Operasi pengamanan ditetapkan sebagai berikut:
  • 150% dari gaji pokok bagi yang bertugas dan tinggal di wilayah pulau-pulau kecil terluar tanpa penduduk;
  • 100% dari gaji pokok bagi yang bertugas dan tinggal di wilayah pulau-pulau kecil terluar berpenduduk;
  • 75% dari gaji pokok bagi yang bertugas dan tinggal di wilayah perbatasan;
  • 50% dari gaji pokok bagi yang bertugas sesaat di wilayah udara dan laut perbatasan dan pulau-pulau kecil terluar.

Tunjangan Operasi Pengamanan diberhentikan pembayarannya apabila Prajurit TNI dan PNS yang bersangkutan selesai melaksanakan operasi pengamanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

8. Tunjangan Khusus Pajak


Tunjangan Khusus Pajak ini sebenarnya tidak menambah penghasilan yang diterima oleh TNI, karena Tunjangan Khusus Pajak ini digunakan untuk membayar Pajak Penghasilan TNI tersebut. Jadi Gaji TNI dikenakan pajak tiap bulannya, tapi pajaknya dibayari oleh negara dengan Tunjangan Khusus Pajak ini. Jadinya impas.

9. Tunjangan Lainnya di Lingkungan TNI


Selain tunjangan-tunjangan tersebut di atas, kepada anggota TNI juga diberikan tunjangan yang khusus ada di lingkungan TNI seperti Tunjangan Babinsa, Tunjangan Brevet Penerjun, dan tunjangan-tunjangan lainnya.

Selain penghasilan di atas, kepada para anggota TNI juga akan dipotong IWP (Iuran Wajib Pegawai) yang besarnya 10% x (Gaji Pokok + Tunjangan Istri/Suami + Tunjangan Anak).

B. Tunjangan Kinerja/Remunerasi TNI


Selain menerima gaji bulanan beserta tunjangan-tunjangan seperti di atas, kepada para anggota TNI juga diberikan tunjangan kinerja atau remunerasi yang besarannya di atur dengan Perpres Nomor 87 Tahun 2015.

Kelas Jabatan
Besaran Tunjangan Kinerja
19
Rp35.071.200
18
Rp25.978.800
17
Rp20.965.200
16
Rp15.530.400
15
Rp11.503.400
14
Rp8.521.200
13
Rp6.554.400
12
Rp5.042.400
11
Rp3.878.400
10
Rp3.231.600
9
Rp2.694.000
8
Rp2.244.000
7
Rp1.951.200
6
Rp1.696.800
5
Rp1.476.000
4
Rp1.341.600
3
Rp1.219.200
2
Rp1.108.800
1
-

Gambaran Gaji Anggota TNI per Bulan paling Rendah


Anggaplah ada anggota TNI baru diangkat dengan golongan I a masa kerja 0 tahun (Prajurit Dua Kelasi Dua) Tamtama, belum menikah dan gak punya anak, penghasilan yang diterima per bulan kurang lebih bisa dihitung sebagai berikut:
  • Gaji Pokok Prada (lihat tabel gaji pokok TNI di poin 1): 1.565.200.
  • Tunjangan Umum TNI: 75.000.
  • Tunjangan Beras: 18 kg x 7.242 = 130.356.
  • Uang Lauk Pauk: 1.500.000.
  • Tunjangan Kinerja/Remunerasi: 1.108.800.
  • Total Gaji TNI per Bulan paling rendah: 4.379.356
Gaji tersebut belum termasuk UPD (Uang Perjalanan Dinas), honor, dan penghasilan lain yang bisa diterima oleh TNI dalam jumlah yang gak tetap.

Bisa dikira-kira kan Besaran Gaji TNI Per Bulan Berapa? Lumayan kan? Berminat jadi Anggota TNI?

This post have 82 komentar

avatar
Ramadhan Pratama delete November 12, 2016 at 10:52 AM

Boleh saya bertanya? Untuk tentara yg baru masuk bagaimana penghitungan itu semua? Apakah diberkakukan? Kemudian selama kita pendidikan selama 5 bukan di Secaba apakah digaji? Mohon pencerahan..

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete November 13, 2016 at 8:33 PM

Saat masa pendidikan biasanya belum digaji sepengetahuan saya, paling dapat uang saku. Kalau sudah diangkat baru dapat gaji seperti di atas.

Reply
avatar
joko yugiyanto delete December 10, 2016 at 10:33 AM

om ini yg bahaya uang yang lain-lain itu lho dan sering kita lihat, ah syudahlah

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete December 10, 2016 at 4:56 PM

Jangan kenceng-kenceng Mas Joko :)

Reply
avatar
Anonymous delete December 27, 2016 at 4:36 PM

Itu 5 juta perbulan pangkatnya apa? Prada apa bukan?

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete December 27, 2016 at 5:12 PM

prajurit TNI paling rendah, sudah bisa dapat 5 jutaan

Reply
avatar
Hartono Tono delete January 12, 2017 at 8:22 PM

kok bisa punya harta milyaran kl dr daftar gaji resmi plus tunjangan.....ngakak tiap hari.....wkwkkkkk pertanyaanya,....kok bisa.....!

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete January 13, 2017 at 1:56 AM

mana pak mana yang punya harta milyaran, laporin dong hehehe

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete March 26, 2017 at 6:34 PM

tinggal dihitung saja dari komponen penghasilan di atas

Reply
avatar
Laksmi Nuraningsih delete April 3, 2017 at 6:01 PM

kalau sy dr lulusan S1, pas selesai pendidikan nanti pangkatnya apa ya?perwira letnan dua kah?atau apa?makasih.

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete April 3, 2017 at 7:01 PM

Untuk kepangkatan saya kurang paham, belum baca aturannya Mba hehehe

Reply
avatar
deo aji saputra delete April 14, 2017 at 9:50 PM

jadi setelah diangkat menjadi tni kira" gajinya brapa mas jumanto?

Reply
avatar
Wahyu ND delete April 23, 2017 at 8:10 PM

prajurit TNI paling rendah, sudah bisa dapat 5 jutaan, itu sudah berkeluarga atau belum?. Terus ,Kelas Jabatan di (B. Tunjangan Kinerja ) maksudnya apa ya , hehe maaf banyak tanya,

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete April 24, 2017 at 7:14 PM

keluarga sama gak, bedanya gak jauh, cuma 200-300 ribuan paling. kelas jabatan ditentukan sama pimpinan tertinggi tni, nanti jabatan ini kelas jabatan ini, dan sampai saat ini saya belum dapat aturan kelas jabatan dari TNI.

Reply
avatar
Unknown delete May 26, 2017 at 2:59 AM

Kalo lulusan Akmil gajinya di atas 7 juta sampai?

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete May 27, 2017 at 2:59 AM

kayaknya sih gak sampai kalau 7 juta buat lulusan baru.

Reply
avatar
Unknown delete June 12, 2017 at 6:18 AM

Kalau gaji nya serka perbulan di totalkan bisa ngak mendapatkan 7 jt perbulan mohon info nya

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete June 13, 2017 at 6:15 PM

kalau cuma dari komponen di atas, sepertinya belum

Reply
avatar
Unknown delete June 18, 2017 at 11:35 PM

Pak... istilah upd di tni itu uang apa Ya pak?

Reply
avatar
yhobie delete June 23, 2017 at 1:30 AM

Sore pak,ada tetangga saya yg prajurit TNI dari zipur.sampai sekarang belum menerima uang thr atau gaji 14. Mohon penjelasannya pak

Reply
avatar
yhobie delete June 23, 2017 at 1:42 AM

Mau nanya pak,apakah uang thr tni belum dibayar.sampai sekarang tetangga saya yg prajurit TNI zipur kodam 2 prabumulih belum menerima thr. Mohon penjelasannya pak

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete June 23, 2017 at 1:58 AM

mungkin orang keuangannya belum ngajuin SPM ke KPPN Pak. Kalau kami alhamdulillah dari hari Jumat minggu lalu THR sudah cair. Kalau ngajuin pembayaran cepet, makin cepet juga cairnya

Reply
avatar
Anonymous delete July 2, 2017 at 12:08 PM

pak, kalau lettu thp nya kira2 brp ya?

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete July 3, 2017 at 12:05 AM

tergantung masa kerja. dijumlahin aja komponen penghasilan di atas pak

Reply
avatar
RRF delete July 6, 2017 at 2:03 PM

Pak kalo yg pencanangan pemerintah akan menaikan remunerasi tni polri dan 4 lembaga pemerintah lainnya itu betul gak pak ?

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete July 6, 2017 at 6:06 PM

kalau usulan kenaikan memang ada, tapi untuk persetujuan belum, tunggu ttd presiden ya

Reply
avatar
Pirda Harun delete July 9, 2017 at 3:08 AM

Pak mau bertanya klw bpk tugas brpa lama pak ningalin keluarga pak?

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete July 9, 2017 at 3:51 AM

saya bukan TNI pak tapi PNS :D

Reply
avatar
deo aji saputra delete July 26, 2017 at 8:00 AM

pak,tni tamtama pangkatnya masih baru gajinya terendah berapa ? kalau belum punya istri dan anak. mohon info nya

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete July 26, 2017 at 4:06 PM

tergantung pangkatnya apa mas. Kalau golongan 1a masa kerja nol tahun 4,5 juta per bulan juga dapat. tapi itu gaji paling rendah.

Reply
avatar
deo aji saputra delete July 27, 2017 at 2:05 AM

jadi, blum nikah gaji tamtama gol 1 terrendah bisa dapat 4,5 jt?

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete July 27, 2017 at 6:30 AM

kalau ditotal gaji + remunerasi + uang lauk pauk + komponen penghasilan lainnya bisa

Reply
avatar
haydarul haqqi delete August 14, 2017 at 2:49 AM

ya kalo udah nikah.. Kalo belum ya gak sampai 5jt.

Reply
avatar
Deedee delete August 18, 2017 at 1:38 AM

Salah tuh om tunjangan berasnya. Utk prajurit+istri+2 anak = (18+10+10+10) x 7.242 = rp. 347.616
Pangkat koptu masa kerja 18 thn tiap bln mendapat gaji 3,9jt + remun 1.219rb = 5,1jt/bln

Reply
avatar
Amir Husein delete August 19, 2017 at 10:18 PM

Pak kalo tunjangan kinerja itu diberikan tiap berapa bulan sekali? Atau bagaimana siklusnya?

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete August 20, 2017 at 7:06 PM

Tunjangan kinerja diberikan tiap bulan mas. Tapi kadang ada kementerian/lembaga yang bayar 3 bulan sekali.

Reply
avatar
deo aji saputra delete August 27, 2017 at 8:42 AM

kalau pendidikan pertama untuk catam itu kira" bulan apa pak? dan setiap tahun pasti ada rekrutmen kan pak ?

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete August 27, 2017 at 6:59 PM

untuk pendidikan saya kurang tahu mas, tapi tiap tahun ada penerimaan TNI baik AU, AL, AD

Reply
avatar
Anonymous delete August 30, 2017 at 7:52 AM

upd adalah singkatan dari uang perjalanan dinas

Reply
avatar
buyung harwento delete August 30, 2017 at 9:13 AM

Kalau dokter tentara baru masuk berapa gaji totalnya pak?

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete September 1, 2017 at 7:23 PM

untuk dokter tentara saya belum tahu masuk grade berapa di tunjangan kinerja/remunerasinya mas.

Reply
avatar
nida delete September 3, 2017 at 2:57 AM

Baru ngerti saya. Kalau gaji murninya sih lumayan kecil ya pak. Tapi ditambah tunjangan ini itu jadinya lumayan besar. Pantes banyak yang minat jadi TNI. Kalau boleh tanya, jumlah gaji di atas itu untuk semua jenis TNI (AD, AL, AU) ya pak?

Reply
avatar
Anonymous delete September 4, 2017 at 3:28 PM

Itu ada yg salah mas, gaji prada ga nyampe 4.5 tp cm 3.5 sampai 3.6 dan skrg susah naik pangkatnya. Masnya pns kog membahas instansi yg lain? jauh lebih bijak sebagai pns membahas sesama instansi sendiri aja atau instansi yg satu wilayah sm instansi mas utk menghindari kesalahpahaman

Reply
avatar
Anonymous delete September 4, 2017 at 3:35 PM

kalo soal gaji instansi kemenkeu sm MA yg paling besar

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete September 4, 2017 at 4:05 PM

oh ya maaf saya bukan pegawai kemenkeu pak :D

Kalau gaji paling besar, bukan kemenkeu, tapi Pegawai Pajak, baru BPK, pegawai Kemenkeu (selain pajak) dan MA. oh ya PNS DKI juga.

gaji tni sama instansi saya gak jauh bedanya.

terkait penghasilan tni lainnya, yang saya maksud bukan penghasilan terkait korupsi. anggota tni kenalan saya ada yang menjaga proyek dll, mereka dapat penghasilan lain dari sana.

urusan gaji memang gak bisa disamaratakan.

Mohon maaf jika banyak salah.

Reply
avatar
Anonymous delete September 4, 2017 at 4:53 PM

Ud pernah liat rumah tamtama ky gmn? Gaji 5 juta paling rendah? Mereka nyari sampingan jd pelatih satpam misalnya karena gajinya ngepas dan mereka punya keluarga. Gaji 5 juta paling rendah drmnanya? Mang mas pns instansi mana? Sy jg ada kenalan anggota polri jaga proyek dapet tambahan disana karena gajinya ya segitu2 aja sementara pajak dan harga kebutuhan tiap tahun naik

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete September 4, 2017 at 7:12 PM

udah pernah pak. Saya punya kawan tamtama, rumah bagus punya mobil juga hehehe.

Sah-sah saja nyari penghasilan sampingan, saya juga nyari penghasilan sampingan. Berat kalau gak nyari usaha sampingan.

Saya kerja di BPKP pak, bukan Kementerian Keuangan. Silakan dicek gaji saya.

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete September 8, 2017 at 6:30 AM

makasih banyak Pak atas informasinya, sudah mengoreksi

Reply
avatar
Silvia Yuli delete September 10, 2017 at 5:04 AM

Hebat bgtt pak jumanto sangat rendah hati,menjawab setiap pertanyaan dgn sabar dan tdk terpacing emosi. Good👍👍

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete September 10, 2017 at 6:58 PM

waduh gak ada hebatnya sama sekali bu :D

Saya cuma manusia biasa yang banyak salah dan khilaf, oleh karena itu pada siapa saja yang merasa tersinggung dengan tulisan saya, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Tak ada niat untuk menjelekkan saudaraku semua.

Hanya saja tangan yang mengetik terkadang gak terkontrol, mohon maaf jika ada yang tertulis ada yang menyakiti.

Terima kasih atas saran dan kritiknya.

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete September 10, 2017 at 6:59 PM

Kalau cuma gaji pokok memang kecil, tapi memang ada tunjangan dan remunerasi, sehingga take home pay lumayan juga.

Reply
avatar
Sya Rifah delete September 18, 2017 at 7:11 AM

pak gaji tni atau polri itu sama gk?
trus harus sampai pangkat apa perwira tni itu menikah??

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete September 18, 2017 at 6:06 PM

gaji tni sama polisi beda-beda tipis mas. Bisa dibaca artikel besaran gaji polisi di tulisan saya yang lain.

untuk aturan pernikahan tni saya kurang paham mas

Reply
avatar
The Blusukan delete September 26, 2017 at 5:10 AM

Pak berarti tunjangan TNI perbulan pangkat teratas sampai 30jt an ya pak? Aku jadi terpikir ingin jadi TNI hehe

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete September 26, 2017 at 6:00 AM

iya untuk level jenderal tunjangan kinerjanya aja 35jutaan, belum termasuk gaji dan tunjangan-tunjangan lain serta honor plus perjalanan dinas

Reply
avatar
Hafizh Naufal delete September 30, 2017 at 5:29 AM

Om kata orang gaji tni kecil emang bebar om mohon info

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete September 30, 2017 at 6:03 AM

besar kecil relatif gan, gambaran gaji tni per bulan bisa dilihat di atas

Reply
avatar
Chumen Edogawa delete October 8, 2017 at 2:56 AM

Kalo gaji terendah sekitar 5 jt.an bs dikatakan cukup layak lah mas2 atau mbk2,,

Coba sampean2 lihat gaji/penghasilan karyawan swasta, gaji 5jt.an termasuk besar krn kbnykan kryawan digaji UMR/UMK,,

Pertanyaan.nya adalah pemerintah menerapkan UMR/UMK apa hanya utk karyawan swasta saja kah?? Kan ya kurang etis, krna secara KHL antara UMR karyawan swasta dan PNS/TNI/POLRI sangat timpang,,

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete October 8, 2017 at 5:53 PM

berapapun penghasilan seseorang akan selalu merasa kurang selama gak bersyukur :D

Reply
avatar
Chumen Edogawa delete October 11, 2017 at 6:47 PM

Sampean statement seperti itu krn sampean sendiri PNS mas,,

Bnyk sekali statement yng menyatakan "buruh bolak/ik demo", karena mrk tdk merasakan apa yng dialami buruh atau pekerja swasta,,

Justru sampean berstatement seperti itu krn sampean sudah merasa sejahtera dibanding buruh/atau pekerja swasta yng lain,,

Pertanya.an saya adalah kira2 menurut sampean (atau siapapun yng bs njawab monggo) apa yng menjadi dasar bahwa PNS TNI Polri layak untuk diberi gaji (dlm hal ini kesejahtera.an) lbh tinggi dr karyawan swasta (patokan gaji dasarnya UMR/UMK lho mas)??
Apa krn merasa bekerja sbgai abdi negara?? Sungguh statement yng arogan,,

Monggo kalo brkenan melanjutkan diskusi, terima kasih,,

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete October 11, 2017 at 7:08 PM

Jangankan antara swasta sama PNS, sesama PNS sendiri pun saling iri pak. Saya juga merasakan sendiri di antara para PNS juga saling iri masalah penghasilan.

Saya sendiri gak mau terlalu memusingkan gaji kawan-kawan lebih besar dari saya. Saya hanya berusaha merasa cukup, mengatur pengeluaran saya, mencoba mencari tambahan di luar PNS, dan kalau mau jujur saya pun punya niat pengin keluar dari PNS.

Pegawai swasta/karyawan dengan penghasilan di atas saya juga banyak.

Saya bukan mau bersikap arogan, saya cuma mau bersyukur bahwa saya punya penghasilan seperti sekarang.

Kembali ke Teori Ekonomi: Makin Besar Penghasilan Makin Besar Kebutuhan.

Selama bersyukur dengan rizki sekarang, Insya Allah cukup.

Reply
avatar
Herman Felani delete October 13, 2017 at 5:11 AM

Gaji besar potongan angsuran dr bank juga besar... agunan oooh agunan... hahahaha tp tetap disyukuri... semua rejeki diatur oleh Tuhan YME Alloh Taala... semangat

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete October 13, 2017 at 11:34 PM

jangan nyindir saya Pak wkwkwk. Disyukuri, insya Allah cukup

Reply
avatar
Syifa Fauziah delete October 17, 2017 at 5:23 PM

Untuk golongan tamtama pangkat prada dan masih baru menjadi anggota tni,bisa nerima 4,5 perbulan pak?

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete October 18, 2017 at 6:05 PM

sesuai dengan hitung-hitungan di atas mba

Reply
avatar
deo aji saputra delete October 20, 2017 at 10:32 PM

perhitugan gaji pensiun giamana mas ? dengar" gaji pensiun itu gajinya cuman tidak ada 2jt.jebolan tamtama

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete October 21, 2017 at 12:01 AM

Untuk Pensiun, kalau PNS, nilai pensiun pokok yang diterima = masa kerja x 2,5 persen x gaji pokok terakhir, maksimal 75 % x gaji pokok terakhir.

Misal masa kerja 30 tahun, maka pensiun pokok yang diterima = 20 x 2,5% x gaji pokok terakhir = 60% x gaji pokok terakhir.

Pensiun TNI juga kayaknya sama cara ngitungnya

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete October 21, 2017 at 12:02 AM

*koreksi, misal masa kerja 20 tahun

Reply
avatar
yudha alamsyah delete October 24, 2017 at 7:03 AM

Rumernasi atau tunjangan itu berubah atau tidak bila terjadi kenaikan pangkat?

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete October 24, 2017 at 6:07 PM

Remunerasi atau Tunjangan Kinerja diberikan berdasarkan kelas jabatan. Jika kelas Jabatan naik maka tunjangan kinerja juga naik

Reply
avatar
syahrial_idham delete October 25, 2017 at 5:04 AM

kalau untuk gaji PNS dan tunjangan lain2 di lingkungan TNI gimana? apakah sama dengan PNS kementerian?

Reply
avatar
yudha alamsyah delete October 25, 2017 at 9:10 PM

Maksud kelas jabatan itu seperti apa ya pak saya belum tau masih blank (terima kasih)

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete October 26, 2017 at 3:32 PM

itu tunjangan kinerja kan besarnya dibedakan berdasarkan kelas jabatan/grade: 1-19.

Untuk panglima TNI grade 19 dengan tunjangan kinerja 35 jutaan per bulan

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete October 26, 2017 at 3:34 PM

untuk gaji PNS, penghasilan yang diterima gak beda jauh dari TNI komponennya: Gaji pokok + Tunjangan yang melekat pada gaji + Uang Makan + Tunjangan Kinerja + Honor (jika ada)

Reply
avatar
Faqih Ilmy delete October 27, 2017 at 3:38 AM

Kalau TNI Bintara baru lulus pendidikan keperawatan kemudian ditempatkan di RS Angkatan Darat sebagai perawat/asisten medis berapa yaa kira kira dapetnya ?

Reply
avatar
Nufita M delete November 9, 2017 at 6:34 AM

Masud MKG itu apa yaa? bulan atau tahun?

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete November 9, 2017 at 6:54 AM

kelas jabatan TNI belum dapat data saya Mas

Reply


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post