Friday, September 30, 2016

Kampung Kurcaci Purbalingga, Wisata Ngehits Kota Perwira

Kampung Kurcaci Purbalingga - Duh, menyebut kata Purbalingga membuat saya ingin cepat-cepat mengambil cuti, lalu mudik ke rumah orang tua. Sayangnya jatah cuti sudah saya ambil awal tahun kemarin.

Di Purbalingga ada satu tempat wisata yang lagi ngetrend nih kawan, namanya "Kampung Kurcaci", layaknya perkampungan di Desa Shire yang ada di film Lord of The Ring, tempat tinggal The Hobbit.

kampung kurcaci purbaligga
Rumah Kurcaci, Sumber: Facebook kampungkurcaci

Pernah nonton film Lord Of The Ring kan?

Yah, bayangkan saja saat menjumpai perkampungan kurcaci di film itu. Bagus kan tempatnya?

Dan asyiknya nih, tidak usah jauh-jauh ke luar negeri, cukup datang ke Purbalingga, kita sudah bisa menikmati Kampung Kurcaci ala Indonesia.

Liburan ke Kampung Kurcaci ini sangat cocok loh buat kita yang terbiasa hidup di perkotaan, karena di Kampung Kurcaci ini suasana alamnya alamiah banget :)

Mahal Gak Sih Tiket Masuk Kampung Kurcaci?


Harga tiket masuk tempat wisata di Purbalingga berdasarkan pengalaman saya, tidak semahal harga tiket masuk di Lampung sini.

Contohnya saja Owabong, dengan fasilitas yang lengkapnya kayak gitu, harga tiket masuknya cuma 25 ribu rupiah (25 apa 23 ya, lupa hihihi).

Kalau di Lampung nih, harga tiket masuknya udah 45 ribuan untuk ukuran waterboom yang sekelas Owabong. Beda tempat beda harga ya.

Nah, harga tiket masuk Kampung Kurcaci Serang ini murah banget lho, tapi gak pakai bingitz yah :).

Untuk masuk ke Kampung Kurcaci Serang Purbalingga ini, kita cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,- per orang. Gak mahal kan?

Sementara untuk parkir sepeda motor cuma Rp 2.000,- per kendaraan. Di Lampung, parkir motor di tempat wisata sudah 3 ribu rupiah lho mas bro :).

Kampung Kurcaci Purbalingga buka setiap hari dari pukul 9 pagi sampai pukul 5 sore. Kita punya banyak waktu untuk menikmati keindahan alam di kampung ini.

So, jika kita mau wisata hemat dan badan sehat, yah cukup datang ke Kampung Kurcaci Purbalingga saja hehehe.

Lokasi dan Rute ke Kampung Kurcaci Serang


Kampung Kurcaci terletak di dusun Brobahan, Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Dari Goa Lawa Purbalingga, jaraknya tidak terlalu jauh, sekitar 7 km saja. Masih satu Kecamatan.

Adapun rute menuju ke Kampung Kurcaci Purbalingga sebagai berikut:

Rute Dari Purwokerto dan Purbalingga


Jika berkunjung ke Kampung Kurcaci dari arah Purwokerto, rute yang harus ditempuh bisa memilih salah satu di antara dua rute berikut:
  1. Sokaraja-Kalimanah-Purbalingga kota-lalu ambil arah Bobotsari, melewati Bojongsari-Mrebet lalu belok kiri di Pertigaan Serayu (ada papan petunjuk jalur pendakian gunung Slamet/wisata agro) menuju Desa Serang/Pratin (kebun strawberry). Kampung Kurcaci berada di Jl.Raya Brobahan, 1 km sebelum rest area lembah asri.
  2. Dukuhwaluh-Larangan-Padamara-Owabong lalu belok kiri ambil arah Bobotsari, nglewatin Mrebet lalu belok kiri lagi di Pertigaan Serayu sama seperti rute di atas.

Rute Dari Pemalang/Randu Dongkal/Belik


Ambil arah Belik - Gombong - Kutabawa/ Pratin lalu belok kanan ke arah Desa Serang (kebun strawberry). Kampung Kurcaci berada di Jl.Raya Brobahan, 1 km setelah rest area lembah asri.

Saya pikir untuk rute ini tidak masalah, karena jaman sekarang sebenarnya tinggal buka GPS saja dan langsung ketemu deh tuh lokasi.

Ada apa Saja di Kampung Kurcaci?


Di Kampung Kurcaci Desa Wisata Serang ini kita bisa menikmati banyak hal, terutama wisata alamnya yang masih sejuk dan rindang.

Setidaknya, 9 hal ini yang akan kita jumpai saat kita berkunjung ke Kampung Kurcaci Purbalingga:

1. Rumah Kurcaci


rumah kurcaci purbalingga
Rumah Kurcaci di Serang Purbalingga

Rumah Kurcaci, yang pada awalnya dikonsep untuk sekolah alam anak-anak setempat, untuk menarik minat warga supaya mau sekolah alam, justru menjadi viral setelah diunggah di media sosial.

Keberadaan rumah kurcaci menambah daya tarik wisatawan untuk berfoto-foto di depannya dan menjadikan tempat ini semakin terkenal.

Rumah dari bahan kayu dengan cat berwarna kuning dan merah ini berukuran mini, dengan atapnya yang pendek, sehingga cocok memang kalau disebut sebagai rumah kurcaci.

Oiya, ada kabar baru lagi ni, Kampung Kurcaci baru-baru ini menambah lagi 1 buah koleksi Rumah Kurcacinya. Ini dia Rumah Kurcaci yang baru.

rumah kurcaci baru
Rumah Kurcaci yang baru

Gimana, cantik kan? (cantikan mana rumahnya sama ceweknya? hihihihi)

2. Camping Ground Kampung Kurcaci


camping ground kampung kurcaci
Camping Ground keren

Kalau kita mau berkemah di sini, disediakan juga lho lokasi untuk camping. Camping Ground di Kampung Kurcaci cukup luas. Cocok sekali dijadikan kegiatan perkemahan anak-anak sekolah.

Tinggal bawa tenda, kita pun bisa menginap di Kampung Kurcaci, menikmati udara yang masih sejuk, dan malam-malamnya bikin api unggun untuk menghangatkan badan.

Duh seru sekali berkemah di Kampung Kurcaci Purbalingga.

3. Curug Lawang


curug lawang kampung kurcaci
Curug Lawang di Desa Wisata Serang

Sesuai dengan kontur alamnya yang berupa daerah pegunungan, karena memang terletak di kaki Gunung Slamet, di Kampung Kurcaci Purbalingga ini juga ada sebuah air terjun yang bernama Curug Lawang.

Orang Purbalingga memang biasa menyebut air terjun dengan sebutan curug.

Air di Curug Lawang ini mengalir jernih dengan ketinggian air terjun sekitar 35 meter. Berkemah dan menikmati air terjun, benar-benar wow.

4. Hutan Wisata Kampung Kurcaci


hutan wisata serang
Hutan Wisata di Kampung Kurcaci

Hutan Wisata di Kampung Kurcaci Desa Serang ini sangat mempesona, dengan kerimbunan pohon damar yang berumur ratusan tahun dan ketinggian puluhan meter.

Tidak heran kalau selama kita berjalan di hutan wisata ini, matahari nyaris tidak mengenai kita, saking rimbunnya pohon damar di sekeliling kita mengayunkan kaki.

Sensasi berjalan di Hutan Wisata ini benar-benar bisa menenangkan pikiran.

5. Sekolah Alam Kampung Kurcaci


sekolah alam kampung kurcaci
Sekolah alam di Desa Wisata Serang

Sekolah alam ini tempat bagi anak-anak warga Desa Serang mengikuti kegiatan belajar di alam yang tentunya sangat seru bagi anak-anak kecil.

Sekolah alam memang sudah banyak dilaksanakan di beberapa daerah karena metode pembelajaran ini memang membuat anak lebih rileks.

Oiya, di Kampung Kurcaci ini kita juga bisa lho foto bareng dengan burung Cleo yang cantik. Jangan sampai dilewatkan ya.

6. Rumah Pohon Kampung Kurcaci


rumah pohon kampung kurcaci
Rumah Pohon di Kampung Kurcaci

Memang tidak seperti rumah pohon yang ada di Kalibiru Jogja atau di Tahura WAR Lampung, tapi keberadaan rumah pohon di Kampung Kurcaci Purbalingga juga menambah daya tarik tersendiri.

Keberadaannya mungkin seperti rumah pohon di taman kupu-kupu Gita Persada, hanya saja rumah pohon di sini terbuat dari kayu, beda dengan rumah pohon taman kupu-kupu Gita Persada yang terbuat dari bambu.

Rasanya kurang lengkap kalau berkunjung ke Kampung Kurcaci tanpa menikmati rumah pohon ini.

7. Permainan Tradisional


arena permainan tradisional
Permainan tradisional di Kampung Kurcaci

Ada beberapa arena permainan tradisional di Kampung Kurcaci yang bisa kita nikmati. Berbagai permainan tradisional ini bakalan mengingatkan kita kepada masa kecil kita saat masih memainkan permainan tradisional ini.

Jaman sekarang permainan-permainan tersebut sudah sangat jarang dijumpai karena anak-anak sekarang lebih senang bermain dengan gadget, seiring dengan perkembangan teknologi.

Dengan mengunjungi Kampung Kurcaci, seakan-akan menyadarkan kita bahwa dengan tanpa gadget pun kita bisa berbahagia dengan menikmati berbagai permainan tradisional.

8. Giant Swing


giant swing
Rasakan sensasi Giant Swing

Kalau kita suka dengan permainan yang memacu adrenalin, maka kita harus mencoba wahana yang baru ini di Kampung Kurcaci.

Kita akan diangkat setinggi 25 meter, lalu dilepaskan untuk berayun-ayun bebas. Cukup menantang bukan? Berani mencoba?

Bagi yang punya penyakit jantung sangat tidak disarankan untuk menikmati wahana ini.

9. Perpustakaan Kurcaci


perpustakaan kampung kurcaci
Perpustakaan di Kampung Kurcaci

Bukan cuma liburan dan piknik, di kampung kurcaci kita juga bisa belajar dengan membaca buku-buku yang ada di perpustakaan.

Jadi sambil melepas lelah setelah jalan-jalan berkeliling, kita bisa bersantai sambil membaca buku di perpustakaan mini ini.

Asyik ya?

Bagaimana, seru kan bermain di Kampung Kurcaci Purbalingga ini. Kampung Kurcaci Purbalingga akan selalu menambah fasilitas dan wahana wisatanya untuk memanjakan pengunjung.

So, mari kita tunggu inovasi lainnya dari Kampung Kurcaci Purbalingga. Mudah-mudahan makin jaya.

Jogja Heritage, Warisan Pusaka Yang Masih Terjaga

Menuliskan Jogja Heritage itu bisa dikatakan seperti menuliskan cerita, yang panjangnya seperti sinetron Tersanjung jaman saya kecil dulu, tidak selesai-selesai dan butuh berepisode-episode.

Terlalu banyak yang bisa ditulis mengenai Jogja Heritage, sehingga jika dituliskan akan ada puluhan bahkan mungkin ratusan jilid buku.

Hal ini tidak lain dan tidak bukan karena kekayaan Jogja Heritage itu sendiri. Siapa sih yang tidak kenal dengan Warisan Pusaka Kota Jogja?

Banyak sekali yang bisa diceritakan dari Kota Jogja, dan semua ceritanya ternyata menarik untuk dibahas dan didengarkan.

Tak terkecuali dengan saya, saya selalu jatuh hati dengan kota ini, dan ingin sekali tinggal di kota yang penuh warisan budaya.

Sayangya, karena faktor pekerjaan, keinginan itu masih sebatas keinginan. Mudah-mudahan, suatu saat nanti, saya bisa pindah ke Jogja Kota Istimewa dan benar-benar tinggal di sana.

Apa sih Jogja Heritage?


Kita sebenarnya sering mendengar kata "heritage". Namun, terkadang cuma mendengar saja tanpa tahu definisi sebenarnya dari kata tersebut.

Kalau saya sendiri, mendengar kata heritage konotasinya langsung membayangkan bangunan peninggalan sejarah seperti candi, benteng, museum, kota tua, rumah-rumah peninggalan jaman kolonial, dan benda-benda sejarah lainnya.

Lalu, apakah cuma benda-benda sejarah saja yang dimaksud dengan heritage?


Setelah saya mencari lebih lanjut mengenai definisi heritage ini, ternyata arti kata heritage itu jauh lebih luas dari apa yang saya bayangkan.

Terlalu dangkal pengetahuan saya selama ini mengenai heritage.

Berdasarkan hasil pencarian saya, setidaknya saya menemukan definisi dari kata heritage sebagai berikut:

Definisi Heritage Menurut Kamus


Definisi Heritage menurut kamus di antaranya sebagai berikut:
  • Menurut Kamus Inggris-Indonesia yang disusun oleh John M Echols dan Hassan Shadily, heritage berarti "warisan atau pusaka"
  • Menurut Kamus Oxford halaman 202, definisi heritage yaitu sejarah, tradisi, dan nilai-nilai yang dimiliki suatu bangsa atau negara selama bertahun-tahun dan dianggap sebagai bagian penting dari karakter bangsa tersebut.

Jadi jika melihat definisi dari dua kamus di atas, arti kata heritage menurut harfiah secara singkat adalah warisan sejarah, tradisi, dan nilai-nilai penting sebagai ciri khas suatu bangsa.

Definisi Heritage Menurut Ahli


Adapun definisi heritage menurut para ahli di antaranya sebagai berikut:
  • Menurut Peter Howard dalam bukunya yang berjudul "Heritage: Management, Interpretation, Identity", heritage didefinisikan sebagai segala sesuatu yang ingin diselamatkan orang, termasuk budaya material maupun alam.
  • Menurut UNESCO, heritage diartikan sebagai warisan (budaya) masa lalu, yang seharusnya dilestarikan dari generasi ke generasi karena memiliki nilai-nilai luhur.
  • Menurut Hall & McArther (1996:5) dalam buku "Heritage Management" heritage didefinisikan sebagai warisan budaya, dapat berupa kebendaan (tangible) seperti: monumen, arsitektur bangunan, tempat peribadatan, peralatan, kerajinan tangan, dan warisan budaya yang tidak berwujud kebendaan (intangible) berupa berbagi atribut kelompok atau masyarakat, seperti cara hidup, folklore, norma dan tata nilai.

Ada kata-kata penting dalam definisi heritage tersebut, yaitu bahwa heritage memang sudah seharusnya dijaga, dilestarikan, diselamatkan, karena heritage memang sangat bernilai.

Oleh karena itu penting bagi semua pihak untuk tetap menjaga kelestarian heritage.

Kegiatan pelestarian heritage adalah upaya pengelolaan heritage melalui kegiatan penelitian, perencanaan, perlindungan, pemeliharaan, pemanfaatan, pengawasan, dan/atau pengembangan secara selektif untuk menjaga kesinambungan, keserasian, dan daya dukungnya dalam menjawab dinamika jaman untuk membangun kehidupan bangsa yang lebih berkualitas.

Definisi Heritage Berdasarkan Piagam Pelestarian Pusaka Indonesia


Selain definisi berdasarkan kamus dan beberapa ahli, ada juga definisi yang disebutkan di dalam piagam pelestarian pusaka Indonesia yang dideklarasikan di Ciloto pada tanggal 13 Desember 2003.

jenis heritage
Macam-macam Heritage (Piagam Pelestarian Pusaka Indonesia)

Dalam piagam tersebut disepakati bahwa heritage merupakan pusaka. Adapun pusaka (Heritage) Indonesia terdiri atas:
  • Natural Heritage (Pusaka Alam) yaitu bentukan alam yang istimewa.
  • Cultural Heritage (Pusaka Budaya) yaitu hasil cipta, rasa, karsa, dan karya yang istimewa dari lebih 500 suku bangsa di Tanah Air Indonesia, secara sendiri-sendiri, sebagai kesatuan bangsa Indonesia, dan dalam interaksinya dengan budaya lain sepanjang sejarah keberadaannya. Pusaka budaya mencakup pusaka berwujud benda (tangible) dan pusaka tidak berwujud benda (intangible).
  • Cultural Landscape Heritage (Pusaka Saujana) yaitu gabungan pusaka alam dan pusaka budaya dalam kesatuan ruang dan waktu.

Selanjutnya, dijelaskan lagi bahwa heritage sendiri berdasarkan kepentingan dan luas pengaruhnya dikelompokkan dalam:
  • Warisan dunia (world heritage)
  • Pusaka nasional
  • Pusaka propinsi
  • Pusaka kota/kabupaten

Jadi apa itu Jogja Heritage?


Melihat dari definisi di atas, bisa kita ambil kesimpulan bahwa Jogja Heritage merupakan pusaka warisan Daerah Istimewa Yogyakarta yang harus kita lestarikan dari generasi ke generasi mengingat hal tersebut penting dalam menunjukkan karakter Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jogja heritage pun terdiri atas natural heritage, culture heritage, dan cultural landscape heritage.

Apa Kriteria Sesuatu Disebut Heritage?


Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Jogja Heritage, saya rasa penting juga untuk mengetahui kriteria heritage. Sesuatu dapat disebut heritage atau bukan, diketahui dari ciri-cirinya.

Menurut Synder dan Catanse dalam Budiharjo (1997) ciri-ciri heritage adalah sebagai berikut:
  1. Kelangkaan, sesuatu yang langka adalah ciri heritage yang pertama.
  2. Kesejarahan, sesuatu tersebut memuat lokasi peristiwa bersejarah yang penting.
  3. Estetika, mempunyai keindahan bentuk struktur atau ornamen.
  4. Superlativitas, yaitu tertua, tertinggi, atau terpanjang. Mengandung kata "yang paling".
  5. Kejamakan, yaitu karya yang mewakili suatu jenis atau ragam bangunan tertentu.
  6. Pengaruh, yaitu keberadaanya akan meningkatkan citra lingkungan sekitarnya.

Kerr (1983) selanjutnya menambahkan tiga lagi ciri-ciri heritage, yaitu :
  1. Nilai Sosial, yaitu mempunyai makna bagi masyarakat.
  2. Nilai Komersial, yaitu berpeluang untuk dimanfaatkan sebagai kegiatan ekonomis.
  3. Nilai Ilmiah, yaitu berperan dalam bidang pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Betapa Banyaknya Jogja Heritage


Jika dibahas satu per satu macam-macam Jogja Heritage, tentunya akan sangat panjang. Kota Jogja memang kota yang betul-betul istimewa, sesuai dengan namanya Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satu keistimewaannya karena kekayaan heritage di kota ini.

Jika kita berjalan keliling Jogja, di setiap sudut kota, di manapun kita berada, akan selalu kita jumpai Jogja Heritage yang masih terjaga kelestariannya sampai sekarang.

Di Jalan Malioboro, ada sebuah benteng yang masih kokoh berdiri, dan terawat dengan baik. Namanya Benteng Vredeburg.

Benteng Vredeburg: Jogja Heritage
Warisan yang harus dijaga: Benteng Vredeburg (Pintu Belakang)

Pengalaman saya menikmati Museum Benteng Vredeburg, sangat menakjubkan, koleksinya keren-keren, bangunannya benar-benar masih terjaga, cukup lengkap, ada kantin, toilet, mushola, dan biaya masuknya pun murah.

Jika suatu saat ke Jogja lagi, salah satu tempat yang ingin saya kunjungi lagi adalah Benteng Vredeburg ini. Saat jalan-jalan ke sini kemarin, rasanya belum puas, masih banyak yang belum dieksplore.

Tidak jauh dari Benteng Vredeburg, ada Keraton Jogja, sebuah tempat yang masih menjaga budaya kerajaan. Segala aktivitas di Keraton Jogja ini adalah Jogja Heritage yang tetap harus dijaga, seperti bangsa-bangsa lain yang menjaga warisan budayanya.

Selanjutnya, masih belum jauh juga dari Benteng Vredeburg, ada Taman Budaya Yogyakarta dengan visinya "The Window of Yogyakarta".

Taman Budaya Yogyakarta adalah kompleks pusat pengembangan kebudayaan daerah Yogyakarta di bawah Dinas Kebudayaan dan pariwisata Provinsi DIY.

Di Taman Budaya Yogyakarta ini diadakan aneka kegiatan seni budaya seperti teater, musik, tari, pameran, hingga bimbingan dan pelatihan seni untuk anak dan remaja.

Masih banyak heritage lain di sekitar Keraton Jogja dan Benteng Vredeburg seperti Museum Kolong Tangga, Museum Sonobudoyo, Puro Pakualaman, Kampung Kauman, Museum Kereta Keraton Yogyakarta, Museum Sasmitaloka, Museum Batik Yogyakarta, dan Museum Dewantara Kirti Griya.

Untuk heritage berupa seni, kita masih menjumpainya sampai sekarang ini pertunjukan wayang kulit, ramayana ballet, pertunjukan gamelan, dan sendratari sugriwa subali. Ada juga Museum Affandi tempat kita bisa melihat karya-karya seni yang begitu indah.

Jika ingin melihat koleksi aneka macam keris, kita tinggal datang ke Museum Sonobudoyo. Koleksi kerisnya bukan hanya dari Jogja saja, tapi dari berbagai daerah di Indonesia.

Ada juga museum kriptografi satu-satunya di Indonesia yaitu Museum Sandi. Di museum ini kita bisa belajar sejarah ilmu persandian.

Warisan pusaka berupa candi pun banyak kita jumpai di Jogja ini. Candi-candi di Jogja di antaranya Candi Prambanan, Candi Ijo, Candi Barong, Istana Ratu Boko, Candi Plaosan, Candi Tara, Candi Pawon, Candi Mendut, dan Candi Sambisari.

Candi Borobudur yang ada di Magelang pun, orang menyangkanya ada di Kota Jogja, saking kayanya Jogja akan heritage.

Menikmati candi juga merupakan sesuatu yang menarik, dan tidak cukup dalam satu hari. Saya sendiri, rasanya kurang puas satu hari menikmati keajaiban candi-candi di Kompleks Candi Prambanan.

candi prambanan
Candi Prambanan yang menakjubkan

Kompleks candi prambanan ini sangat luas, dan koleksi candinya pun sangat banyak. Letak candinya tidak hanya di satu lokasi, sehingga jalan kaki mengelilingi kompleks pun terasa capek juga.

Tidak semua daerah memilki kekayaan heritage seperti Jogja, apalagi pusaka berupa candi ini. Beruntunglah Jogja memiliki banyak candi yang menarik wisatawan yang cinta budaya dan sejarah.

Ah, rasanya tidak mungkin semua heritage ini saya tuliskan satu per satu di tulisan ini. Terlalu banyak heritage yang ada di Jogja, dan hebatnya, Jogja masih bisa merawatnya tetap lestari sampai saat ini.

Kita belum membicarakan kerajinan batik di Jogja, sistem pemerintahan di Jogja, dan berbagai hal lainnya.

Pagelaran Jogja International Heritage Walk pun selalu ramai, dan menarik banyak sekali wisatawan asing. Sampai ada daerah khusus di Jogja yang kebanyakan isinya adalah wisatawan asing. Mereka berkumpul menginap di daerah itu, sehingga serasa kampung asing di kota Jogja.

Kesimpulan


Jogja merupakan daerah yang betul-betul istimewa, karena mampu menjaga puluhan bahkan mungkin ratusan heritage yang dimilikinya.

Jogja Heritage masih dapat kita nikmati sampai saat ini, tersebar di seluruh penjuru Jogja, semuanya masih tetap lestari.

Belum pernah saya jumpai ada kota seistimewa Jogja, yang menjunjung tinggi heritage-nya.

Dan akhirnya, kita pantas meniru bagaiamana cara Jogja merawa heritage yang dimiliki.

#Heritageku, #Heritagemu, #Heritagekitasemua

Thursday, September 29, 2016

Aplikasi DOcar, Sewa Mobil Online Semudah Membalikkan Telapak Tangan

Aplikasi DOcar, Sewa Mobil Online Jogja, Solo, dan Semarang - Sering sewa mobil? Masih menggunakan cara-cara kuno, dengan menelepon atau mendatangi langsung tempat rental mobil? Wah sudah ketinggalan jaman tuh.

Buat apa repot-repot harus menggunakan cara-cara usang seperti itu. Menghabiskan waktu dan tenaga. Iya kalau dapat mobilnya, kalau gak kebagian mobil kan harus keliling kota mencari tempat rental mobil yang lain.

Sekarang ini sudah jamannya digital masbro, semua bisa dihandle dengan satu buah smartphone. Apa sih yang tidak bisa dihandle dengan sentuhan jari-jari kita saat ini?

Mau makan? Tinggal sentuh layar smartphone, datanglah makanan. Mau ojek? Tinggal sentuh layar smartphone, tukang ojek sudah jemput kita di manapun kita berada. Mau sewa mobil? Yah, tidak usah susah-susah lagi harus telepon kesana kemari. Apalagi harus datang ke tempat penyewaan mobil.

Sekarang ini sudah ada Aplikasi DOcar, meskipun jangkauan wilayahnya memang baru Jogja, Solo, dan Semarang. Aplikasi DOcar ini merupakan Aplikasi Layanan Sewa Mobil Online yang benar-benar memudahkan pelanggan rental mobil.

Dengan Aplikasi DOcar, tinggal sentuh saja jari-jari kita di layar HP, kita bisa memilih mau sewa mobil apa pun, tanpa ribet dan tanpa kusut. Hemat waktu, hemat pulsa, hemat tenaga. Praktis dan nyaman.

Buat apa punya smartphone canggih kalau tidak bisa mendukung kemudahan hidup kita bukan? Manfaatkan smartphone sebaik-baiknya untuk memudahkan segala aktivitas kita.

Profil DOcar


docar rental mobil jogja solo dan semarang
Sewa Mobil Jogja, Solo, dan Semarang menggunakan Aplikasi DOcar

DOcar sebagai jasa sewa mobil online di Jogja, Solo, dan Semarang beralamat di Jalan Dr. Soepomo Nomor 79, Punggawan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139, Indonesia. Untuk lebih jelasnya bisa lihat peta di bawah ini:



DOcar ini ternyata punya kepanjangan masbro, yaitu DO your activities with CAR. Lakukan segala kegiatan anda menggunakan mobil. Filosofis banget yah, sekaligus menegaskan keberadaan Docar sebagai e-marketplace di bidang rental mobil.

e-marketplace?


Yap, benar sekali. DOcar memang merupakan e-marketplace, yaitu pihak yang mempertemukan antara penyewa mobil (pelanggan) dengan pihak yang akan menyewakan mobil. Jadi DOcar ini bukanlah Perusahaan yang menyewakan mobil, melainkan hanya perantara yang mempertemukan di antara keduanya.

Saat ini, untuk sementara waktu, DOcar baru beroperasi di Jogja, Solo, dan Semarang. Ke depannya, DOcar juga akan membuka layanan di kota-kota besar lainnya di Indonesia, yaitu:
  1. Pulau Jawa: Jakarta, Surabaya, Bandung, Malang, Tangerang, Depok, Bekasi, Bogor, Kediri, Magelang, Madiun, Probolinggo, Pasuruan, Banjar, Sukabumi, Cirebon, Serang, Blitar, Bitung, Cimahi, Tasikmalaya, Batu.
  2. Sumatera: Medan, Palembang, Pekanbaru, Batam, Banda Aceh, Jambi, Lampung, Padang, Bangka, Belitung, Prabumulih, Lubuklinggau, Lhokseumawe, Deli Serdang, Tanjungbalai, Siborong-borong, Rengat, Nagan Raya, Tanah Merah.
  3. Sulawesi: Makassar, Manado, Palu, Kendari, Gorontalo, Wangi-wangi, Tomia
  4. Kalimantan: Balikpapan, Banjarmasin, Pontianak, Samarinda, Bontang, Palangkaraya
  5. Bali: Denpasar. 
  6. Maluku: Ambon.
  7. Papua: Jayapura, Nabire, Biak, Oksibil.

Awal mulanya tercipta DOcar, karena PT DOcar Indonesia sebagai perusahaan induk DOcar melihat adanya peluang bisnis penyewaan mobil di Jogja, Solo, dan Semarang, mengingat di ketiga kota tersebut juga banyak sekali tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi.

PT DOcar juga melihat, meskipun peluang usaha itu terbuka lebar, ternyata para pelaku jasa rental mobil kurang perhatian terhadap pelanggan. Cara melayani mereka kurang customer oriented, kemudahan pelanggan dalam menyewa mobil belum terlalu diperhatikan.

Oleh karena itu, DOcar akhirnya membuat usaha e-marketplace untuk mempermudah pelanggan dalam menyewa mobil sekaligus memasarkan usaha rental mobil di Jogja, Solo, dan Semarang, serta mempromosikan juga tempat wisata Indonesia.

Kalau kita melihat blog milik DOcar, kita akan melihat berbagai tulisan mengenai tempat wisata yang diposting oleh blog DOcar tersebut.

Mengapa Harus DOcar?


Dengan pengalamannya di bidang IT sejak tahun 2011, membuat DOcar ini menjadi salah satu e-marketplace yang sudah cukup dewasa. Oleh karena itu, sudah tidak diragukan lagi kapabilitas e-marketplace yang satu ini.

Adapun alasan mengapa kita harus menggunakan DOcar di antaranya:

1. Aplikasi Android


DOcar telah merilis Aplikasi DOcar, yaitu aplikasi berbasis android yang bisa digunakan siapa saja yang mempunyai smartphone. Aplkasi ini gratis tidak berbayar dan dapat diunduh di Playstore.

Jika tidak mempunyai smartphone, pelanggan juga bisa memesan rental mobil DOcar melalu situs DOcar di docar.co.id.

Adanya Aplikasi DOcar yang berbasis android benar-benar memudahkan pelanggan yang ingin memesan rental mobil dari mana saja, tanpa terikat tempat dan waktu.

2. Mudah dan Fleksibel


Untuk memesan rental mobil di Aplikasi DOcar caranya sangat mudah, cukup dilakukan dengan tiga langkah: Pilih, Pesan, Bayar. Pemesanan sewa mobil pun yang bisa dilakukan secara fleksibel, bisa dimana saja dan kapan saja tanpa terikat waktu dan tempat.

Enak juga kan misal wisatawan dari Jakarta, bisa memesan rental mobil dari Jakarta jauh-jauh hari, sehingga saat sampai di Jogja tinggal jalan-jalan saja ke tempat wisata tanpa memikirkan kendaraan lagi.

3. Harga Termurah


Saat memesan rental mobil menggunakan Aplikasi DOcar, kita bisa melihat harga-harga sewa mobil dari berbagai pengusaha rental mobil yang bekerja sama dengan DOcar. Dengan adanya perbandingan harga ini kita bebas untuk memilih rental mobil mana yang paling murah, atau paling cocok sesuai dengan selera kita.

4. Banyak Varian


Di Aplikasi DOcar, kita juga bisa memilih berbagai jenis mobil yang akan kita sewa; mulai dari city car, mobil mewah, hingga big bus.

Merk mobilnya pun macam-macam seperti Avansa, Xenia, Nissan March, Grand Livina, APV Arena, Grand Innova, Fortuner, Pajero, Pregio, Travello, ELF, HiAce, Alphard, Vellfire, Camry, dan merk-merk lainnya.

Kita bebas memilih mau naik mobil tipe yang mana dan merk yang mana, sehingga benar-benar nyaman dan sesuai dengan keinginan kita. Beda kalau kita datang langsung ke tempat rental mobil, biasanya jenis mobilnya terbatas.

Aplikasi DOcar telah memberikan kebebasan pelanggan untuk memilih mobil sesuai dengan selera dan menyesuaikan kantong tentunya.

5. Metode Pembayaran Bermacam-macam


Saat ini DOcar menerima pembayaran sewa mobil melalui:
  • transfer bank (BCA, Mandiri, jaringan ATM Bersama, jaringan ATM Prima),
  • i-banking (KlikBCA, Mandiri ClickPay),
  • kartu kredit (Mastercard, Visa),
  • PayPal,
  • Indomaret.

Untuk pembayaran melalui PayPal dikenakan biaya 4,1% dari total transaksi di DOcar ditambah USD 0,3 sedangkan pembayaran melalui kartu kredit dikenakan biaya tambahan 2% dari total transaksi di DOcar.

Dengan tersedianya berbagai metode pembayaran, membuat pelanggan lebih fleksibel melakukan pembayaran. Apalagi ada Indomaret juga, memudahkan bagi yang belum punya rekening bank.

Ke depannya, saya yakin metode pembayaran akan ditambahkan untuk memudahkan bertransaksi dengan aplikasi DOcar demi kenyamanan dan kepuasan pelanggan.

6. Promo


DOcar juga suka memberikan promo kepada pelanggannya. Contohnya di Bulan September 2016 ini Diskon September Ceria sebesar 9% untuk semua kota tujuan. Lumayan bukan, bisa liburan lebih hemat dengan diskon dari DOcar.

Diskon ini diberikan untuk merayakan keberhasilan Aplikasi DOcar yang telah didownload oleh lebih dari 1000 pengguna.

Cara Menggunakan Aplikasi DOcar


Untuk memesan rental mobil di Jogja, Solo, dan Semarang sebenarnya bisa menggunakan dua cara, yaitu lewat situs docar.co.id atau langsung lewat smartphone menggunakan Aplikasi Docar. Kedua cara ini sebenarnya sama-sama mudahnya.

Nah, untuk pemesanan rental mobil menggunakan Aplikasi DOcar ini, langkah-langkahnya sebagai berikut:

sewa mobil lewat aplikasi docar
cara menggunakan aplikasi Docar

  1. Download Aplikasinya di Playstore lalu install di smartphone.
  2. Login dulu menggunakan facebook atau menggunakan google. Atau bisa juga registrasi dulu setelah itu masukkan kode aktivasi.
  3. Pilih Menu "Pesan Mobil", lalu isikan lokasi rental, tujuan, tanggal mulai rental, tanggal selesai, durasi, dan fasilitas, lalu klik "Cari Mobil".
  4. Pilih mobil yang akan disewa, klik "Pesan". Harga mobil sudah termasuk driver, karena rental mobil memang harus satu paket dengan driver.
  5. Lihat detail mobilnya, nomor kendaraan, jenis mobil, dan sebagainya. jika cocok, klik "Pesan Sekarang".
  6. Isikan detail penjemputan, isikan selengkapnya agar driver bisa menemukan lokasi kita.
  7. Pilih metode pembayaran, apakah bayar semua atau uang muka dulu 25%, Lalu klik "OK".
  8. DOcar akan mengirimkan email kode verifikasi pesanan. Masukkan kode tersebut untuk verifikasi. Setelah verifikasi, bayar pesanan rental mobil yang telah dipesan. Biaya yang harus dibayar akan ditambahkan nilai unik.
  9. Setelah bayar, terakhir konfirmasi pembayaran. Selesai deh. Mudah bukan?

Sewa mobil menggunakan Aplikasi DOcar benar-benar semudah membalikkan telapak tangan. Cepat, hemat waktu, hemat tenaga, hemat uang, dan hemat pulsa juga tentunya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Aplikasi DOcar dan cara pemesanannya bisa melihat video di bawah ini:


Kesimpulan


Wisatawan dan traveler di seluruh Indonesia yang ingin berkunjung ke Jogja, Solo, atau Semarang tidak perlu repot-repot lagi memikirkan kendaraan yang akan digunakan untuk bepergian ke tempat-tempat wisata di ketiga kota tersebut.

Untuk urusan transportasi, serahkan semuanya kepada DOcar. Tinggal Download Aplikasi DOcar di Playstore, install di HP android, lalu Pilih Rental Mobil, Pesan, dan Bayar. Beres sudah urusan transportasi. Sangat mudah dan sangat cepat, tidak ribet.

Review saya saat menggunakan Aplikasi DOcar ini memang sangat mudah dipahami, tidak ada petunjuk khusus pun bisa langsung memesan rental mobil dari Aplikasi DOcar. Benar-benar user friendly.

Review Aplikasi DOcar: tampilannya familiar bagi pengguna, tidak membingungkan, mudah digunakan, cepat, hemat waktu dan biaya, serta betul-betul mempermudah urusan transportasi di tempat tujuan kita, terutama Jogja, Solo, dan Semarang.

Kita tentunya sangat berharap supaya DOcar tidak hanya beroperasi di ketiga kota tersebut. Mudah-mudahan rencana ekspansi segera bisa diwujudkan untuk memudahkan pelanggan rental mobil di seluruh Indonesia.

Tentunya, masih banyak yang belum bisa saya sampaikan pada tulisan ini mengenai DOcar. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin mengenal lebih lanjut mengenai DOcar ini bisa mengunjungi:

Terakhir, yuk jangan jadi manusia purba yang ketinggalan teknologi. Download Aplikasi DOcar sekarang juga dan rasakan kemudahan sewa mobil di Jogja, Solo, dan Semarang. Selamat jalan-jalan ya.

Wednesday, September 28, 2016

Cara Menghasilkan Uang dari Blog Untuk Pemula (Bisnis Online Terpercaya)

Cara Menghasilkan Uang dari Blog Untuk Pemula - Adakah blogger yang kaya yang hanya mengandalkan penghasilan dari blognya? Ada.

Blogger Indonesia dengan penghasilan di atas 100 juta per bulannya pun ada. Banyak malah kalau kita mau tahu. Salah satu contohnya Mas Eka Lesmana.

Banyak juga blogger Indonesia yang penghasilannya puluhan juta per bulan hanya dari blog. Mas Gee Jhon contohnya.

Pemilik blog portal-uang.com ini memiliki penghasilan dari blog sekitar $1.700 per bulan, atau kalau dirupiahkan dengan tarif $1=Rp13.000,- maka penghasilan Mas Gee Jhon per bulannya mencapai Rp22.100.000,-.

cara menghasilkan uang dari blog
Mendapatkan uang dari blog

Bagaimana, cukup besar bukan? Atau malah besar banget?

Itu cuma contoh dua blogger sukses di Indonesia. Kita belum membicarakan penghasilan blog Marikxon Manurung pemilik maxmanroe.com, juga ada Mba Indri dengan juragancipir.com, dan Mas Sugeng dengan sugeng.id nya, serta blogger keren Indonesia lainnya.

Mungkin kita sebagai pemula banyak yang penasaran, kok bisa ya mereka memperoleh pendapatan yang begitu banyak dari blog.

Bagaimana sih cara membuat blog yang menghasilkan uang? Apakah kita bisa seperti mereka? Hmmm, kita memang benar-benar perlu banyak belajar cara menghasilkan uang dari internet kepada mereka semua.

Menghasilkan Uang dari Blog Harus Sabar


Bisnis online bukanlah cara singkat untuk cepat kaya. Profesi blogger pun bukanlah bisnis online instan yang bisa membuat seseorang kaya mendadak.

Berdasarkan pengalaman dari Mas Gee Jhon, pada awal-awal memonetize blognya dengan mengunakan Google Adsense, Mas Gee ini baru menikmati penghasilan pertamanya setelah 8 bulan memasang iklan di blognya.

Lalu, penghasilan berikutnya baru bisa dinikmati setelah 6 bulan. Hmm, sekarang ini, Mas Gee sudah punya penghasilan 20 jutaan per bulan.

Seandainya Mas Gee waktu itu tidak sabaran, putus asa, karena blognya tidak kunjung menghasilkan uang, sudah pasti saat ini ia tidak akan mendapatkan penghasilan dari blog sebanyak sekarang ini.

Bukan cuma Mas Gee, semua blogger sukses lainnya pun sudah pasti pertama kali diuji dengan kesabaran. Awal-awal membuat blog, mereka pun baru belajar, sama seperti kita yang masih pemula.

Tidak ada orang yang membuat blog pertama kali langsung ahli dan langsung menghasilkan uang.

Semua butuh proses dan pembelajaran. Ada tahap-tahap yang sudah pasti akan dilewati oleh seorang blogger sampai akhirnya ia benar-benar menjadi blogger yang matang dan sukses.

Justru karena sabar dalam belajar, dan mau belajar dari kesalahan dan kegagalan itulah, mereka kini telah menjadi seorang blogger dengan penghasilan puluhan hingga ratusan juta per bulan.

Begitu pula dengan ceritanya Mas Sugeng yang memulai ngeblog sejak tahun 2010, namun baru menikmati penghasilan pertamanya 3 tahun kemudian.

Kalau Mas Sugeng bukanlah orang yang sabar, tidak mungkin bisa bertahan sampai saat ini dengan karya-karyanya yang sudah banyak dinikmati oleh para blogger pemula di seluruh tanah air.

Saya sendiri, masih bisa bertahan untuk ngeblog sampai saat ini tidak lain karena sabar. Awal-awal ngeblog, boro-boro dapat penghasilan, trafik blog saja tidak naik-naik.

Alhamdulillah, sekarang saya sudah bisa menghasilkan uang dari blog, meskipun nilainya sangat jauh bila dibandingkan dengan Mas Sugeng, Mas Gee Jhon, Mba Indri, ataupun Mas Eka Lesmana.

Cerita selengkapnya dapat anda baca di Cara Saya Diterima Menjadi Publisher Google Adsense.

Intinya, kesabaran adalah kunci utama jika seorang blogger pemula ingin menghasilkan uang dari blognya.

Jangan menyerah kalau baru satu bulan atau dua bulan trafik blog masih sedikit dan tidak kunjung menghasilkan uang.

Terus belajar dan belajar sampai uang yang mengejar kita, bukan kita yang mengejar-ngejar uang :)

Meningkatkan Penghasilan dari Blog? Tingkatkan Trafik


Para blogger dengan penghasilan yang besar di atas, bisa memperoleh pendapatan yang begitu menggoda dari blog karena blog mereka memiliki trafik pengunjung yang tinggi.

Trafik blog adalah faktor penting untuk meningkatkan pendapatan dari blog. Tanpa adanya trafik yang tinggi, jangan terlalu berharap mendapatkan penghasilan yang optimal dari sebuah blog.

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi blogger pemula seperti kita, yang pertama kali harus kita lakukan sebenarnya adalah meningkatkan pengunjung blog.

Ada berbagai faktor yang bisa mendukung blog kita ramai pengunjung:

1. Menguasai SEO


Search Engine Optimization atau SEO adalah ilmu yang sangat penting dan harus dikuasai oleh seorang blogger jika ingin blognya selalu muncul di halaman pertama pencarian google.

Semakin banyak halaman blog kita yang muncul di halaman pertama google, semakin ramai pula pengunjung blog kita.

Apalagi kalau halaman blog kita bisa menduduki posisi 3 teratas dalam laman pencarian google, pasti bakalan banjir pengunjung blog kita.

Orang yang mencari informasi lewat google biasanya melihat hasil pencarian di posisi 3 teratas di halaman pertama google. Jika di posisi tersebut belum mendapatkan informasi yang dibutuhkan, baru membuka blog dengan hasil pencarian di posisi bawahnya.

Oleh karena itu, menduduki posisi 3 teratas sangat penting untuk meningkatkan trafik blog. Jika tidak, maka kita pun harus bersiap-siap kehilangan pengunjung, apalagi jika informasi yang dicari merupakan informasi pasti yang tidak memiliki keunikan, seperti lirik lagu atau informasi tertentu yang nilainya sudah pasti.

Mengingat betapa pentingnya manfaat SEO ini, maka seorang blogger pemula seperti kita hendaknya lebih mengutamakan SEO dan cara menulis artikel yang baik sebelum memikirkan bagaimana kita dapat memperoleh penghasilan dari blog.

Setelah SEO kita kuasai dan artikel di blog kita menarik untuk dibaca, otomatis trafik blog kita akan meningkat drastis dan barulah uang dari blog akan mengalir ke rekening kita.

2. Konten yang Bermanfaat


Hal kedua yang harus kita perhatikan sebagai seorang blogger pemula adalah isi blog yang memberikan nilai tambah, memberikan pengetahuan, pencerahan, motivasi, pemahaman, atau hal bermanfaat lainnya bagi pembaca blog kita.

Pengunjung blog kita adalah raja, yang harus kita puaskan. Jika pengunjung merasa puas dan merasakan manfaat dari blog kita, dia pun akan kembali lagi ke blog kita suatu saat.

Bahkan, jika tulisan-tulisan kita di blog bisa benar-benar berguna bagi orang tersebut, bisa jadi dia akan menjadi pelanggan setia yang selalu membaca blog kita tanpa pernah bosan.

Saya sendiri juga merasakan menjadi pelanggan setia dari beberapa blog, karena isi blog tersebut memang benar-benar bermanfaat dan memberikan pengetahuan lebih kepada saya.

Berbeda dengan blog-blog lainnya yang isinya klise dan terkadang cuma hasil copy paste dari blog lain.

Membuat konten yang bermanfaat memang tidak mudah. Tapi intinya adalah, kita harus membuat artikel sesuai dengan apa yang benar-benar kita tahu dan kita kuasai.

Jangan sampai menuliskan sesuatu di blog hanya hasil copy paste dan kita tidak tahu apa isi artikel tersebut. Di samping hasilnya kurang memuaskan di mata pengunjung, informasi yang kita sampaikan juga dapat menyesatkan pembaca.

Menulis artikel di blog sebenarnya bukan sekadar untuk menghasilkan uang, tapi ada tujuan lain yang lebih mulia yaitu berbagi pengetahuan kepada pengunjung blog kita.

Jadi, dalam menuliskan postingan di blog, orientasi utama kita yang paling penting adalah pengunjung.

Jangan sampai kita hanya berorientasi kepada mesin pencari sehingga meskipun blog dapat menduduki posisi 3 teratas di halaman pertama mesin pencarian google, tapi isi artikel tidak memuaskan pengunjung sehingga mereka enggan berkunjung ke blog kita lagi.

3. Tampilan Blog Menarik dan Enak Dibaca


Berikutnya, selain isi blog harus bermanfaat, berguna bagi pengunjung dan memberikan nilai tambah, tampilan blog pun harus menarik, sederhana, tidak terlalu banyak widget yang tidak penting, tata letaknya tidak berantakan, serta tulisan di blog juga harus enak dibaca.

Blog akan lebih enak dibaca jika tidak terlalu berwarna warni, sederhana saja. Cara menulis pun harus pas sehingga pengunjung enak membacanya.

Jangan sampai menggunakan background putih lalu tulisan berwarna kuning ya, pasti sulit dibaca dan pengunjung malas berkunjung lagi.

Paling enak sih background putih lalu tulisan berwarna hitam.

Antara paragraf yang satu dengan paragraf yang lainnya hendaknya diberi spasi sehingga mata pengunjung tidak sulit membaca isi blog.

Paragraf juga hendaknya tidak terlalu panjang. Paragraf yang terlalu panjang membuat pengunjung malas membacanya.

Saya sendiri kalau membaca blog yang paragrafnya terlalu panjang kurang nyaman. Padahal kenyamanan pengunjung penting juga agar pengunjung betah berlama-lama di blog kita.

Jika tampilan blog menarik dan isi blog enak dibaca, maka pengunjung pun akan betah berlama-lama di blog kita dan bisa jadi membaca artikel lainnya atau suatu saat berkunjung lagi ke blog kita.

4. Promosi


Sebagus apapun produk, jika tidak dipromosikan, maka tidak akan diketahui oleh orang banyak. Promosi produk diperlukan agar suatu produk bisa laku di pasaran.

Begitu pun dengan blog kita, sebagus apa pun isi blog kita, jika kita kurang dalam melakukan promosi, maka pengunjung blog kita pun kurang optimal.

SEO bukanlah satu-satunya cara agar pengunjung blog kita ramai. Bahkan, promosi blog justru lebih baik dibandingkan dengan SEO.

Kalau kita mengandalkan pengunjung blog hanya dari mesin pencarian macam google, jika suatu saat google melakukan deindex, maka habis sudah pengunjung blog kita.

Tapi, dengan melakukan promosi yang baik, blog kita akan dapat bertahan lebih baik meskipun ada badai deindeks dari mesin pencari.

Promosi blog ini bisa dilakukan dengan cara blogwalking, membuat fanspage, share link artikel di media sosial macam facebook, twitter, google +, atau bisa juga dengan menjadi penulis tamu di blog yang sudah terkenal.

Ada banyak sekali cara promosi blog kita sehingga pengunjung blog kita pun semakin ramai. Point pentingnya, setelah optimasi SEO, membuat isi yang bermanfaat, dan mengatur tampilan serta postingan blog yang paling nyaman buat pengunjung, kita juga tidak lupa promosi blog supaya trafik blog terus meningkat.

Trafik blog yang tinggi, maka penghasilan pun makin besar.

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog


Setelah kita meningkatkan trafik blog kita, selanjutnya barulah kita memikirkan bagaimana blog kita dapat menghasilkan uang untuk kita.

Menghasilkan uang dari internet tidaklah sulit kalau kita sudah membangun blog yang mapan dengan jumlah pengunjung yang stabil banyaknya, apalagi kalau terus meningkat.

Jadi kalau trafik blog masih sedikit, belum penting bagi kita untuk memikirkan penghasilan.

Setelah trafik blog kita tinggi, tinggal kita cari metode monetize blog mana yang mau kita pilih.

Ada banyak sekali cara memonetize blog kita, dan cara kita memanfaatkan blog kita agar menghasilkan uang untuk kita.

Setidaknya, berikut ini 15 cara yang biasa digunakan oleh para blogger dalam mendapatkan uang dari blog:

1. Lomba Blog


Lomba blog jangan dipandang sebelah mata. Hadiah dari lomba blog juga lumayan lho. Biasanya hadiahnya 1 juta ke atas untuk juara pertama.

Ada juga yang memberikan hadiah berupa paket wisata, gadget, voucher belanja, service tertentu, dan berbagai hadiah lainnya.

Akhir-akhir ini saya sering blogwalking dan baru tahu kalau ternyata banyak juga pihak yang menyelenggarakan lomba blog.

Selama ini saya ke mana? Terlalu fokus pada Google Adsense sih :)

Setelah mengetahui bahwa ternyata banyak lomba blog dengan hadiah yang lumayan, saya pun mulai mengikuti beberapa lomba blog dengan berbagai tema.

Alhamdulillah, pertama kali ikut lomba blog, saya mendapatkan juara 3 untuk lomba layanan transportasi dari Bhinneka Sangkuriang dengan salah satu tulisannya mengenai Bhinneka Shuttle.

Selang tidak lama dari pengumuman lomba Bhinneka Sangkuriang, alhamdulillah saya pun kembali meraih juara 3 dari lomba blog yang diselenggarakan oleh Wiraland, dan tulisan saya kali ini berjudul "Mewujudkan Impian Rumah Murah di Medan".

Saya pun merasakan betul bahwa dari lomba blog, ternyata kita bisa juga mendapatkan tambahan uang jajan.

So, segeralah membangun blog anda, lalu ikuti juga lomba-lomba blog yang diselenggarakan oleh berbagai pihak, mari kita bersaing secara sehat.

Di samping hadiahnya yang lumayan, lomba blog juga semakin mengasah kemampuan kita dalam menulis.

2. Job Review


Sekarang ini sedang booming juga job review, dengan bayaran yang bervariatif, biasanya mulai dari 100 ribu rupiah sampai dengan jutaan rupiah per artikelnya. Kompensasi atau fee terkadang bisa juga berupa voucher belanja.

Saya juga sudah merasakan sendiri menghasilkan uang dari Job Review ini meskipun feenya  memang masih kecil karena blog saya memang masih baru dan masih terus berkembang.

Blogger-blogger besar sudah terbiasa menerima job review ini dan feenya pun sudah jutaan rupiah hanya untuk memposting 1 artikel di blognya.

Untuk traveler blogger, biasanya juga diminta oleh pihak hotel, rumah makan/restoran/cafe, atau tempat tertentu untuk mereview tempat-tempat tersebut.

Enak juga kan bisa nginap gratis, atau wisata gratis beserta kulinernya, sudah gitu dibayar lagi.

Untuk menndapatkan job review, bisa dengan mengikuti komunitas blogger, ikut group di media sosial, atau informasi lainnya.

Intinya, jangan pernah malas untuk blogwalking dan menjalin silaturahim dengan blogger lain, karena saya berkeyakinan, banyak kenalan, banyak silaturrahim, insyaAlloh banyak rejeki.

Kalau kita sudah menjadi blogger terkenal, pihak pengiklan yang akan menghubungi kita menawarkan kerja sama job review.

3. Publisher Google Adsense


Cara mendapatkan uang dari blog yang ketiga yaitu dengan menjadi publisher Google Adsense. Cara ketiga ini masih menjadi primadona bagi sebagian besar blogger di Indonesia.

Tidak heran sih, karena Google Adsense memang masih merupakan salah satu jaringan periklanan paling kredibel saat ini.

Termasuk saya pribadi pun awal-awal ngeblog dan sampai sekarang masih tergantung kepada Google Adsense ini :).

Menjadi publisher Google Adsense tidak mudah, setidaknya itulah yang saya alami. Berkali-kali berusaha mendaftar, berkali-kali juga ditolak. Sampai sempat putus asa tidak mau mencoba mendaftar Google Adsense lagi hehehe.

Tapi lagi-lagi tergoda untuk mendaftar, dan akhirnya pun membuat blog baru lalu mendaftar pakai blog itu. Alhamdulillah diterima.

Setelah diterima menjadi publisher Google Adsense, tugas yang sesungguhnya itulah yang sulit, yaitu menaikkan penghasilan.

Salah satu cara menaikkan penghasilan dari Google Adsense adalah dengan menaikkan trafik blog.

Anggap saja CTR blog kita 1%. Jika pengunjung blog kita ada 1.000 pengunjung per hari, maka akan ada 10 klik (1% x 1.000) per harinya.

Anggaplah harga per klik iklan nilainya 1000 rupiah karena blog Indonesia, maka 1 hari cuma dapat 10 x 1000 = 10 ribu rupiah.

Dengan jumlah visitor 1.000 per hari, ternyata kita cuma bisa menghasilkan uang 10 ribu rupiah per harinya. Satu bulan cuma 300 ribu rupiah.

Padahal, untuk dapat pay out, minimal penghasilan kita harus sudah mencapai $100 atau 1,3 juta. Jadi dengan visitor 1.000 per hari baru bisa menikmati penghasilan dari Google Adsense setelah memasang iklan selama 5 bulan.

Itu pun seringnya harga per klik iklan dari Google Adsense Indonesia masih di bawah 1.000 rupiah per klik, jadi bisa 6,7 bulan atau bahkan 1 tahun baru bisa menikmati pembayaran dari Google Adsense.

Lama? Iya, memang. Makanya kunci terpenting menghasilkan uang dengan bisnis online dari blog adalah trafik blog itu sendiri.

Menggantungkan penghasilan dari Google Adsense gampang-gampang susah juga lho. Susahnya harus berhati-hati dalam menulis artikel blog, jangan sampai melanggar kebijakan, jika tidak ingin di banned.

4. Joint Venture Google Adsense


Bagi blogger pemula yang ingin menikmati penghasilan dari Google Adsense tapi tidak memiliki akun Adsense, dapat mencoba cara ini.

Banyak kok pemilik akun adsense yang membuka kerja sama pemasangan iklan Google Adsense, tinggal kita pilih saja.

Joint Venture maksudnya apa sih?

Joint venture tu, pemilik akun adsense akan memasang iklan adsense miliknya di blog kita, lalu penghasilan dari adsense tersebut dibagi hasil antara kita dengan si pemilik akun dengan persentase tertentu, bisa 60:40, 75:25, 80:20, atau persentase sesuai kesepakatan.

Jadi, tidak memiliki akun adsense pun bisa mendapatkan penghasilan dari Google Adsense dengan cara joint venture dengan pemilik akun adsense.

Saya sebelum mempunyai akun adsense sendiri juga pernah Kerja Sama Google Adsense dengan mas Sugeng.

Tips kalau mau Joint Venture ini, carilah pemilik akun adsense yang jujur, dapat dipercaya, dan membayar bagi hasilnya tepat waktu.

Laporan penghasilan juga harus transparan sehingga tidak ada pihak yang dibohongi.

5. Iklan Alternatif Google Adsense


Selain mendapatkan penghasilan dari Google Adsense, kita juga bisa mendapatkan uang dari blog dengan memasang iklan alternatif Google Adsense.

Kalau kita mau membuka mata lebar-lebar, sebenarnya tidak ada alasan putus asa hanya gara-gara ditolak Google Adsense.

Kita bisa mencoba alternatif Google Adsense yang hasilnya tidak terlalu jauh dibandingkan dengan Google Adsense.

Alternatif Google Adsense ini bisa berupa iklan berbasis CPM atau CPC.

Untuk iklan berbasis CPM jumlahnya ada ratusan. Yang sudah familiar untuk blogger Indonesia ada RevenueHits, Adreactor, Adsterra, PopAds, PopCash, Yllix, dan ProppelerAds.

Sedangkan untuk iklan berbasis CPC misalnya KlikSaya, Innity, Chitika, Clicksor, Adhitz, dan masih banyak lagi.

Biasanya publisher Google Adsense juga memasang dua macam iklan dalam satu blog. Iklan satunya dari Google Adsense dan satunya lagi dari jaringan periklanan lain, misalkan RevenueHits.

Apakah aman menggabungkan Google Adsense dan RevenueHits? Pengalaman saya selama ini sudah satu tahun aman-aman saja sih.

So, tidak ada salahnya mencoba berbagai iklan alternatif Google Adsense, selama kita belum diterima menjadi publisher Google Adsense.

6. Afiliasi


Selain memasang iklan di blog, untuk mendapatkan uang dari blog kita juga bisa menggunakan metode afiliasi. Dengan menggunakan metode afiliasi ini, kita hanya dibayar jika pengunjung melakukan aksi yang diminta oleh program afiliasi (memesan, membeli, mendaftar, dan sebagainya).

Jenis afiliasi pun bermacam-macam. Untuk afiliasi belanja barang, kita bisa mengikuti afiliasi dari Lazada, Zalora, dan lain-lain. Yang paling terkenal untuk blogger Indonesia adalah Afiliasi Amazon.

Afiliasi pemesanan tiket bisa menggunakan tiket.com, pegipegi.com, dan penyedia reservasi tiket lainnya. Jika ada yang memesan tiket melalui link afiliasi kita maka kita akan mendapatkan komisi sekian persen.

Ada juga afiliasi dari penyedia hosting dan domain. Kita akan mendapatkan komisi jika ada pengunjung blog kita yang memesan hosting atau domain dari link afiliasi kita.

Jika memilih metode afiliasi, maka kita harus belajar lebih banyak mengenai pemasaran untuk program afiliasi sehingga hasilnya maksimal.

Oiya, ada satu lagi, ada juga situs jaringan periklanan khusus yang memang usahanya dalam bidang afiliasi, seperti accestrade dan ratakan. Silakan mencoba kalau mau mengikuti program afiliasi ini.

7. Iklan Mandiri/Sponsorship


Di samping memasang iklan dari jaringan periklanan macam Google Adsense, RevenueHits, Chitika, dan lain-lain, kita juga menyediakan space kosong di blog kita, bisa di header, sidebar, footer, atau di dalam postingan, untuk slot iklan mandiri.

Kelebihan dari iklan mandiri ini adalah, kita mendapatkan bayaran di awal kerja sama. Jadi tidak usah menunggu sebulan dulu baru gajian.

Selain itu, penghasilan kita pun sudah pasti besarannya, sesuai dengan nilai perjanjian kerja sama dengan si pemasang iklan.

Meskipun demikian, trafik blog tetap harus dijaga, bahkan harus ditingkatkan, untuk menaikkan nilai tawar sehingga harga slot iklannya pun kian mahal karena banyaknya pemasang iklan yang menawar untuk memasang iklan di blog kita.

Mas Sugeng pun sebelumnya menggunakan metode ini untuk memonetize blognya, dibandingkan menggunakan iklan dari Google Adsense.

Blogger lain juga banyak sekali yang menyediakan slot iklan mandiri dengan berbagai variasi harga.

Iklan mandiri di blog dapat berupa iklan baris atau iklan banner.

8. Shortlink Berbayar


Saat ini banyak situs pemendek URL yang membayar semacam adf.ly, shorte.st, dan tentunya masih banyak lagi yang lainnya. Shortlink ini cocok digunakan untuk memonetize blog dengan tema download.

Namun, satu hal yang perlu diperhatikan saat mendapatkan uang dari situs pemendek URL, jangan sampai berlebihan dalam menggunakannya hingga pengunjung merasa tidak nyaman.

Metode pembayara dari Shortlink ini biasanya dihitung per 10.000 tayang atau per 1000 tayang.

9. Menjual Ebook


Jika kita memang menguasai betul suatu tema tertentu dan kita benar-benar ahli dalam bidang itu, kita bisa membuat suatu ebook, lalu kita jual lewat blog kita.

Tentunya, menjual ebook karya kita akan lebih efektif jika tema blog kita pun sesuai dengan ebook kita dan keahlian kita.

Saat pengunjung menikmati setiap tulian di blog kita, dari berbagai ilmu dan tips yang kita berikan, maka tidak akan terlalu sulit bagi pengunjung untuk bersedia membeli ebook yang kita buat, karena kepercayaannya kepada kita setelah membaca tulisan-tulisan kita.

Salah satu blogger yang memonetize blognya dengan menjual ebook adalah Kang Herman Yudiono, pemilik blogodolar.com.

Kang Herman Yudiono ini menghimpun alamat email pengunjungnya melalui berbagi ebook gratis, lalu setelah pengunjung berlangganan via email, ia akan menawarkan ebook yang ia buat kepada para subscribernya.

Dari hasil berjualan ebook ini Kang Herman Yudiono telah meraup penghasilan yang luar biasa.

Anda pun bisa saja menjual ebook seperti ini. Misalkan anda ahli dalam microsoft Office Excel, Power Point, dan lain-lain, bisa menjual ebook tentang ilmu tersebut.

10. Menjual Produk Lewat Blog


Sama halnya dengan menjual ebook, menjual produk lewat blog pun akan lebih efektif jika niche blog kita sesuai dengan produk yang kita jual.

Misalkan kita berjualan produk buku-buku agama, saat blog kita isinya bertemakan ilmu agama, maka akan lebih efektif dalam menjaring pembeli.

Atau blog kita bertemakan bola, kita juga dapat berjualan aksesoris bola. Dengan menyelaraskan antara produk kita dengan isi postingan blog kita, kita akan mendapatkan calon pembeli yang lebih tertarget.

Calon pembeli yang lebih tertarget ini diharapkan dapat menarik pembeli yang lebih banyak, dibandingkan menarik pengunjung asal-asalan.

11. Jual Jasa


Kalau kita memang ahli dalam suatu bidang, kita pun bisa saja menjual jasa kita lewat blog yang sesuai dengan keahlian bidang kita.

Setelah pengunjung membaca isi blog kita, tentunya ia akan merasa yakin untuk memakai jasa kita, setelah ia membaca tulisan-tulisan kita yang bagus dan bermanfaat.

Contoh menjual jasa adalah dengan menjadi narasumber motivator, narasumber SEO, narasumber Power Point, narasumber parenting, dan sebagainya, sesuai dengan kehalian kita yang kita tuliskan di blog kita.

Menjual jasa ini biasanya hasilnya makah lebih besar jika dibandingkan dengan menjual produk, karena sekali menjadi narasumber bisa saja jutaan bahkan puluhan juta rupiah honornya.

Hanya saja untuk menjual jasa ini kita memerlukan waktu lebih banyak, karena harus menghadiri acara, atau mengerjakan proyek pesanan pelanggan.

12. Program Membership


Salah satu contoh blogger Indonesia yang sukses dengan program membership adalah Syamsul Alam dengan blognya di www.syamsulalam.net.

Syamsul Alam ini termasuk salah satu blogger yang anti terhadap Google Adsense dan jaringan iklan lainnya. Menurutnya, kalau ingin kaya dari blog, jangan mengandalkan Google Adsense dan lainnya, karena penghasilannya terbatas segitu-gitu saja.

Berbeda jika menjual produk atau jasa, maka penghasilannya bisa besar sesuai dengan usaha dan kemauan kita.

Melalui blognya itu, Syamsul Alam berbagi tips seputar SEO dan bisnis online.

Selain memberikan tips gratis, ia juga memberikan tips yang hanya bisa dinikmati oleh pengunjung yang sudah mendaftar dalam program membership, tentunya harus membayar dengan sejumlah uang.

Dari sinilah Syamsul Alam memperoleh pendapatan dari blognya, selain selama ini aktif menjual ebook/pdf dan menjadi narasumber pada berbagai event.

Kita bisa belajar banyak dari Syamsul Alam ini, sehingga mind set kita tidak hanya terfokus pada Google Adsense. Bahkan Syamsul Alam ini malah "mengharamkan" Google Adsense.

13. Menjual Blog


Salah satu blog saya yang sudah berumur satu tahun lebih sedikit pernah ditawar orang juga lho.

Tapi rasanya terlalu sayang untuk menjualnya karena blog itu telah memberikan penghasilan kepada saya tiap bulannya.

Nah, menjual blog ini juga termasuk salah satu cara mendapatkan penghasilan dari blog. Bisa dibilang ternak blog lah, setelah blog mapan dengan trafik yang tinggi, lalu kita jual dengan harga fantastis, misalkan 100 juta rupiah atau 200 juta rupiah.

Kira-kira gimana ya, sayang atau tidak menjual blog?

Beda orang tentu beda pandangan. Bisa jadi ada orang yang hobinya membuat dan menjual blog dan kaya dari hasil jual blog ini.

Silakan saja dicoba.

14. Menjadi Penulis Artikel


Banyak blogger yang mengisi artikel di blognya dari hasil membeli artikel kepada orang lain. Nah, di sinilah sebenarnya peluang kita.

Jika kita memang hobi menulis dan memiliki kelebihan dalam bidang itu, bisa juga kita mendapatkan uang dari hasil menjual artikel yang kita tulis.

Cara menjual artikelnya bisa langsung kepada orang yang berminat untuk membeli atau dengan cara mendaftar pada situs yang menyediakan jual beli artikel.

15. Donasi


Nah, yang terakhir, cara menghasilkan uang dari blog adalah dengan menyediakan pemberitahuan di blog kita bahwa kita menerima donasi dari pangunjung, bagi yang ingin memberikan donasi.

Memang bisa?

Bisa saja kok. Jika orang merasa terbantu dengan adanya blog kita, terkadang ia pun mau saja mendonasikan sebagain uangnya sebagai ucapan terima kasih.

Malu tidak?

Yah, sepanjang tulisan blog kita memang benar-benar mengenai hal yang bermanfaat, kenapa tidak?

Hmmm, rasanya sudah terlalu panjang saya menulis artikel ini ya. Terima kasih bagi anda yang telah membaca artikel mengenai "Cara Menghasilkan Uang dari Blog Bagi Pemula" ini. Sebagai pemula kita memang harus benar-benar belajar cara bisnis online yang tepat. Terima kasih atas saran dan kritiknya untuk perbaikan tulisan saya ini.

Air Terjun Lembah Pelangi Yang Bikin Happy

Air Terjun Lembah Pelangi - Setelah sekian lama memendam hasrat untuk traveling ke Air Terjun paling keren di Tanggamus ini, akhirnya hasrat kami pun terpuaskan, setelah hari Sabtu 30 Juli 2016 kemarin, akhirnya kami jalan-jalan juga ke Air Terjun Lembah Pelangi di Pekon Sukamaju, Kecamatan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Awalnya, mama sempat ragu dan enggan berangkat menuju Curup Lembah Pelangi ini, setelah dapat pesan dari temannya, katanya masuknya jauh banget. Dibilang juga mestinya berangkatnya pagi-pagi, sedangkan kami habis dzuhur baru mau berangkat.

Karena hasrat saya yang sudah memuncak, dan kebiasaan saya yang suka nekad, mama akhirnya ngikut saja kemana saya akan membawa motor.

Sayang juga, lama tinggal di Lampung, tapi kurang mengenal daerah-daerah di Lampung. Yah, meskipun ada sedikit ketakutan juga mengingat banyak daerah di Lampung yang rawan kejahatan seperti begal, kami tetap memutuskan untuk berangkat menuju Ulu Belu untuk pertama kalinya sepanjang kami tinggal di Lampung.

Rute ke Curup Lembah Pelangi yang Kami Ambil


Sekitar pukul 12.40 siang, setelah sholat dzuhur, kami berangkat dari rumah orang tua di Gisting, menggunakan motor Jupiter Z warna hijau produksi tahun 2010. Motor ini sudah menemani kami kemana pun kami pergi, dan mudah-mudahan masih bertenaga.

Saya pribadi jujur merasakan kenikmatan tersendiri traveling menggunakan motor. Di samping lebih fleksibel, menggunakan motor juga kita bisa menikmati pemandangan sekitar dengan lebih puas. Seringkali, saat naik mobil kita malah ketiduran.

Selain itu, mumpung anak masih satu dan masih kecil juga sehingga masih muat naik motor bertiga. Jika sudah nambah anak lagi mungkin bakalan susah jalan-jalan naik motor lagi.

Di Pom Bensin Gisting, kami berhenti sebentar untuk mengisi amunisi, untuk bekal perjalanan menuju Curup Lembah Pelangi di Ulubelu. Cukup isi premium 15 ribu saja, dan ternyata pas untuk perjalanan PP dari Gisting-Ulu Belu.

Rute perjalanan menuju UBL (singkatan dari Ulu Belu) kali ini kami ambil jalan lewat Talang Padang. Jadi dari Gisting kami jalan dulu menuju Pasar Talang Padang, dan berhenti sebentar untuk membeli tongsis.

Dari Pasar Talang Padang, kami ambil belok kiri, lalu jalan lurus terus mengikuti jalan utama, sampai ketemu simpang yang kalau ke kanan menuju Bendungan Batutegi/Kecamatan Air Naningan dan kalau lurus menuju Ulubelu.

Kami ambil jalan lurus menuju daerah UBL. Jalan menuju UBL ini relatif bagus, hanya ada beberapa jalan berlubang saja, tapi tidak terlalu mengganggu perjalanan. Kami pun merasa nyaman melewati jalan ini. Dan konon jalan menuju UBL juga relatif aman dari begal.

Jalan menuju Air Terjun Lembah Pelangi tinggal lurus terus mengikuti jalan utama Talang Padang-Ulu Belu, sampai ketemu Pekon Ngarip. Sebelum ketemu Pekon Ngarip kami melewati dulu PGE dan Danau Hijau. Di kompleks PGE ini kami jumpai pipa-pipa panjang yang dari kejauhan terlihat mengkilap panjang.

Danau Hijau Ulubelu
Danau Hijau di sebelah kiri jalan

Setelah sampai di Pekon Ngarip, sampai jalan mentok, ada jalan yang ke kanan dan ada yang kiri. Ambil yang ke kiri, lalu ke kanan, dan ke kanan lagi. Ada papan penunjuk jalanannya juga kok menuju Curup, tidak seperti Air Terjun Talang Ogan.

Kalau bingung, di pekon Ngarip ini bisa bertanya warga sekitar.

Hanya saja saya punya pengalaman kurang enak, saat mampir di warung di Pekon Ngarip ini. Karena haus, kami mampir sebentar ke sebuah warung yang cukup besar di kiri jalan di Ngarip ini.

Sekalian beli minuman dan makanan, kami sekalian tanya menuju lokasi air terjun. Si pemilik warung ini ternyata orangnya kurang ramah, mukanya cemberut saja. Jawab pertanyaan pun sambil memalingkan muka. Saat kami membeli di situ pun, sikapnya seolah-olah tidak suka kami membeli makanan di situ.

Hmmm, ya sudah lah, kami tidak ambil pusing. Kami lanjutkan perjalanan menuju Pekon Sukamaju. Dari Ngarip ini, jarak air terjun sekitar 3 km lagi.

Di pertengahan jalan, kami jumpai papan penunjuk jalan menuju lokasi. Ada dua jalan yang bisa kami lewati, ke kiri 1 km, atau lurus 1 km. Kami pilih jalan yang lurus 1 km saja karena jalanannya masih aspal.

Sesampai di akhir jalan aspal, kami kembali bertanya kepada warga, dan kali ini berbeda 180 derajat. Orang yang kami tanya menjawabnya sangat ramah, dan dari logatnya kami tahu beliau ini orang Jawa.

Dari beliu ini kami disuruh jalan lurus lagi, melewati jalan Onderlagh dan akhirnnya lewat jalan tanah. Untung tidak hujan dan semalamnya juga tidak hujan sehingga jalanan yang kami lewati lancar tidak ada masalah.

Akhirnya kami pun sampai di lokasi parkir tempat kami menaruh motor. Mobil juga bisa lewat ke dalam, sampai ke lokasi parkir yang disediakan oleh warga.

Sebelum masuk ke tempat parkir, kami harus membayar tiket masuk. 1 orangnya 3.500 rupiah dan motor 5.000 rupiah, sehingga total kami harus membayar 13.000 rupiah saja.

Tukang parkir dan penjaga tiketnya pun ramah, dan ternyata beliau juga sering turun ke bawah ke air terjun untuk membersihkan sampah-sampah yang berserakan.

Bukan cuma tukang parkir dan penjaga tiket, penjual di kantin yang ada di lokasi air terjun pun ternyata ramah-ramah sekali. Nyaman sekali wisata di Air Terjun Lembah Pelangi ini. Berbeda dengan tempat lain.

Rute Lembah Pelangi Lebih Dekat Jika dari Gisting


Di tengah perjalanan menuju Ulubelu, saat masih di Kecamatan Pulau Panggung, mendekati perbatasan dengan Ulu Belu, saya lihat di kiri jalan ada papan nama bertuliskan "Talang Jawa". Melihat nama Talang Jawa, pikiran saya kembali teringat pada saat nyasar jalan-jalan ke Air Terjun Talang Ogan beberapa pekan lalu.

Dan ternyata benar, tidak lama dari situ, saya dapati warung tempat saya pernah bertanya menuju lokasi Air Terjun Talang Ogan. Dan si sebelah kiri jalan saya lihat pula jalan menuju lokasi Air Terjun Talang Ogan.

Dalam hati saya langsung menyesal, kenapa tadi tidak lewat Gisting-Sumberejo-Gunung Batu-Talang Beringin saja. Lalu tembus ke jalan lintas Talang Padang - Ulubelu yang sedang kami lewati ini.

Kalau lewat Talang Padang, ternyata kami harus memutar cukup jauh, dan ujung-ujungnya ketemu jalan tembusan dari Air Terjun Talang Ogan ini.

Hmmm, tapi yah memang sebelumnya kami belum tahu kalau ternyata jalan lewat Sumberejo ini lebih dekat, jadi kami lewat Talang Padang.

Bagi anda yang ingin ke Ulubelu dari arah Kota Agung atau Gisting, saya sarankan lewat Sumberejo-Gunung Batu saja, karena rutenya lebih dekat.

Lumayan juga bisa menghemat waktu, mungkin sekitar 30 menitan, atau bisa lebih.

Pemandangan Menuju Ulubelu: Keren


Selepas dari Pulau Panggung, kami langsung mendapati sebuah tanjakan tajam, dengan lekak-lekuk yang tajam juga. Di Tanjakan lintasan Cacing ini, saya harus pasang Gigi 1 supaya motor tua saya bisa menanjak. Tanjakannya mungkin securam tanjakan di Sedayu, jalan menuju Bengkunat dan Krui.

Di sebelah kiri jalan, ada jurang yang sangat dalam dan di kejauhan terlihat pemandangan gunung yang begitu indah. Sepanjang mata memandang, warna hijau pepohonan menghiasi perjalanan kami.

Di tanjakan tajam ini kami benar-benar harus berhati-hati. Di samping harus waspada saat ada kendaraan yang turun dari atas, kami juga khawatir motor yang kami naiki tidak kuat menanjak. Trauma saat motor mati di Air Terjun Talang Ogan rasanya masih menghantui kami.

Dan ternyata benar, di tanjakan tajam ini, suara motor sudah mulai berubah lemah. Tarikan tenaganya pun tidak sekuat tadi. Duh khawatir juga.

Untungnya, dengan memainkan tarikan gas, akhirnya motor tetap bisa menanjak dan alhamdulillah motor tidak juga mati.

Mendekati akhir dari tanjakan cacing letter S ini, kami memutuskan berhenti, dan kami lihat ada 2 orang juga sedang berhenti dan asyik mengambil foto-foto keindahan alam di kiri jalan.

Dari tempat kami berhenti ini, pemandangannya benar-benar indah. Di kejauhan terlihat pemandangan gunung yang memukau, serta terlihat juga beberapa rumah di bawah sana.

pemandangan indah ulubelu
terlihat ada dua gunung di belakang sana

Kami pun meminta bantuan kepada salah seorang dari 2 orang tadi, untuk memfoto kami. Dan kami sempat berbincang-bincang sebentar, ternyata mereka berdua asli dari UBL. Mereka habis dari Pringsewu untuk membeli smartphone.

Dari cerita mereka berdua, kami tahu juga bahwa di tempat kami berhenti ini pernah ada truk fuso dan mobil L300 terjun ke bawah. Padahal curam benar jurangnya, melihat ke bawah saja jantung langsung berdesir ngeri.

Saat anda akan berkunjung ke UBL, pesan saya untuk berhati-hati di tanjakan ini karena tanjakan ini merupakan tanjakan paling curam dari jalanan menuju Air Terjun Lembah Pelangi UBL.

Setelah puas berfoto-foto, kami pun melanjutkan perjalanan. Dan motor masih kurang bertenaga, efek tanjakan tajam tadi. Jalan kami pun terpaksa pelan-pelan. Tidak berapa lama, 2 orang yang bersama kami tadi menyalip kami dan melesat cepat meninggalkan kami yang jalan tersendat-sendat.

Dan ndilalahnya, kami masih harus menanjak, meskipun tidak tajam seperti sebelumnya. Biar pelan asal selamat, kami bersyukur sekali motor tetap jalan dengan lancar dan aman.

Sepanjang perjalanan, pemandangan memang betul-betul memukau, dengan jalanan yang berkelok-kelok naik dan turun. Ciri khas jalanan pegunungan.

Aroma bunga-bunga kopi tercium harum menggoda hidung. Baunya mirip dengan aroma melati, enak sekali baunya. Segarnya jalanan menuju UBL dengan udara yang sejuk pula. Cocok sekali untuk menenangkan pikiran.

Beberapa kali kami pun harus melewati turunan cukup tajam. Saat melewat turunan, pikiran kami cuma terlintas 1 hal, Gimana nanti pulangnya, kuat nanjak lewat jalan ini atau tidak?

Padahal banyak sekalai turunan yang kami lewati sepanjang jalan. Bismillah saja, mudah-mudahan kuat.

Danau Hitam


danau hitam ulubelu
Terlihat sebuah danau dari jalan

Di pertengahan jalan, saat turunan letter S sebelum sampai ke pemukiman penduduk dan Pasar UBL, di sebelah kanan jalan kami jumpai ada sebuah danau yang tidak sengaja kami lihat.

Awalnya saya pun tidak melihat ada genangan air di bawah karena memang tidak terlalu jelas kalau dilihat dari jalanan. Apalagi saya fokus melihat jalan, dan meliuk-liuk di tikungan.

Namun, mama ternyata melihat ada genangan air di bawah, yang pertama kali dilihat dikiranya sungai. Kalau itu sungai, yang saya heran tidak ada jembatan di jalan yang kami lewati tadi.

Karena tidak sempat melihat detailnya saat kami berangkat, pulangnya kami mampir sebentar ke pinggir jalan, dan kami lihat kalau itu bukanlah sungai, melainkan sebuah danau kecil, dan airnya berwarna coklat kehitaman.

Kami tidak tahu apa nama danau ini, dan saat bertanya kepada penjual kantin di Air terjun Lembah Pelangi juga mereka tidak tahu, maka kami tuliskan saja di sini "Danau Hitam".

Setelah kami lihat lebih lanjut, ternyata ada jalan masuk ke bawahnya. Tapi berhubung waktunya sudah sore dan takut kemalaman, kami pun memutuskan untuk lewat saja.

Padahal, pemandangan di danau ini ternyata indah juga lho. Mungkin kapan-kapan bisa mampir ke sini, atau anda jika sedang jalan-jalan ke Ulubelu bisa juga main ke danau ini.

Jalan Menuju Curup Lembah Pelangi


Setelah sampai di parkiran, kami langsung memarkir kendaraan dan foto-foto sebentar, lalu jalan turun menuju air terjun.

Jalanan masih terbuat dari tanah, melewati kebun-kebun kopi. Ternyata warga sekitar sudah membuatkan jalan, dan cukup nyaman juga sih jalannya. Undak-undakannya pun beberapa ada yang dikuatkan dengan bambu agar tidak longsor.

Berhubung kami berkunjung saat cuaca panas tidak hujan, jalanan sangat enak tidak licin. Kalau habis hujan mungkin licin juga karena jalan berupa tanah.

Karena berkunjung di hari Sabtu, maka air terjun tidak terlalu ramai, tapi justru itulah enaknya. Kalau terlalu ramai kurang enak juga.

Jalan menuju air terjun sebenarnya cukup dekat, tidak sampai 10 menit sudah bisa sampai di lokasi. Hanya saja jalanan memang turun, dan harus hati-hati juga.

Yang agak lama justru pas pulang itu, karena jalannya menanjak dan cukup capek juga. Benar-benar harus siapkan fisik untuk menuju ke sana.

Di tengah-tengah jalan turun, ada sebuah gubuk, dan di depannya disediakan tempat sampah. Pengunjung mohon untuk tidak membuang sampah sembarangan, dan buang sampah pada tempatnya, atau sampah di bawa pulang.

gubug air terjun lembah pelangi
Gubug di pertengahan perjalanan

Gubuk ini sepertinya digunakan sebagai kantin kalau pengunjung sedang ramai. Saat kami berkunjung, gubug ini kosong.

Gubug ini juga tentunya dapat digunakan untuk berteduh saat turun hujan.

Di belakang Gubug, ternyata ada bangunan semi permanen lain, dan saat saya lihat ternyata itu adalah toilet. Ada airnya juga toilet ini yang dialirkan menggunakan selang dari parkiran di atas sana.

Air Terjun Kembar


air terjun kembar lembah pelangi ulubelu
Dua buah aliran air terjun yang indah

Tidak jauh dari Gubug, jalan sebentar turun ke bawah, kami jumpai simpang, kalau lurus menuju air terjun yang tinggi, dan kalau ke turun ke kanan menuju Air Terjun Kembar.

Kami pun ambil jalan menuju Air Terjun Kembar ini, dan jalannya sangat curam, tapi cukup aman. Alya pun harus saya gendong, karena takut kesulitan saat turun ke bawah.

Turunan ke air terjun kembar ini tidak jauh, sekitar 30 meter saja. Cuma karena turunannya tajam jadi harus ekstra hati-hati.

Setengah perjalanan, kami berhenti, karena kecapekan. Di sini disediakan sebuah papan untuk duduk-duduk. Dari sini sebenarnya air terjun juga sudah kelihatan sangat jelas dengan dua aliran air terjun. Itulah mungkin disebut Air Terjun kembar, karena memang ada dua aliran air terjun, meskipun tidak mirip sih.

Mama dan Alya pun cuma sampai di pertengahan jalan saja, karena saya tidak berani membawa Alya ke bawah lagi. Jalanannya bertambah curam, dengan jalanan berupa batu-batu semua. Tapi cukup kokoh juga.

Traveler harus ekstra hati-hati saat jalan menuju Air Terjun Kembar ini.

Sesampainya di bawah, rasa lelah langsung terbayarkan dengan pemandangan air terjun yang begitu memukai. Dua aliran air terjun yang cantik langsung menghiasi mata kita.

Di Air Terjun Kembar ini ternyata ada air panasnya juga, sayangnya saya belum sempat merasakan. Mungkin lain kali saat ke sini lagi.

Air Terjun Yang Lebih Tinggi


air terjun lembah pelangi
Air terjun Lembah Pelangi yang tinggi

Setelah puas mengambil gambar di Air Terjun Kembar, saya pun segera naik ke atas. Setelah sampai di tempat mama dan Alya duduk-duduk menikmati makanan, kaki saya langsung gemetar. Maklum, sudah jarang olah raga dan jarang juga naik turun.

Ternyata capek juga menanjak meskipun cuma beberapa meter. Haus juga, sehingga saya langsung menenggak air mineral yang kami bawah.

Kemudian kami melanjutkan perjalanan kami, kembali menanjak, menuju air terjun yang kedua. Air terjun yang kedua ini lebih mudah dijangkau karena jalannya datar.

Air Terjun yang kedua ini saya tidak tahu namanya, sebut saja lah Air Terjun Lembah Pelangi kedua. Ketinggiannya memang benar-benar tinggi, mungkin sampai kali ya 100 meter.

Melihat air terjun, Alya langsung saja minta mandi. Yah, langsung saja saya bukain baju dan celananya. Lalu saja bawa Alya untuk mandi di tempat yang cetek saja.

air terjun lembah pelangi ulubelu
Alya sudah minta mandi

Beberapa pengunjung asyik berfoto-foto di atas batu. Saya sendiri karena membawa Alya, dan menemani Alya mandi, jadi belum sempat naik ke batu-batu dan mandi di bawah air terjun. Lain kali saja.

Air Terjun Lembah Pelangi ini recommended sekali bagi traveler yang suka keindahan alam. Tempatnya mudah dijangkau, dan jalan menuju lokasi pun relatif bagus. Aman dan Nyaman deh pokoknya.

Pulang Kehujanan


Pukul 5 sore lewat, kami memutuskan untuk pulang. Jika berangkatnya kami tinggal jalan kaki turun menuju air terjun, pulangnya kami harus menanjak.

Dan rasanya memang luar biasa. Keringat langsung banjir dan baju langsung basah. Seperti mau pingsan rasanya, padahal tanjakannya tidak terlalu tinggi.

Yah, gara-gara kekurangan olah raga jadi begini. Kalah sama Alya yang tetap semangat naik, meskipun beberapa kali minta gendong.

Akhirnya, setelah 15-20 menit menanjak, sampai juga kami di atas. Kami pun langsung menuju warung di dekat parkiran dan saya memesan es kopi dan mama memesan kopi panas.

Kami pesan juga 1 popmie karena perut jadi lapar juga setelah naik turun tadi.

Setelah selesai makan, kami pun membayar minuman dan pop mie yang kami pesan. Warung di sini tidak memberikan harga yang mahal-mahal. Kopi cuma dihargai 3 ribu rupiah saja dan pop mie 7 ribu rupiah.

Di samping harganya yang murah, penjualnya juga ramah-ramah, bikin plesiran di Air Terjun Lembah Pelangi makin betah.

Saat kami naik motor dari Air Terjun Lembah Pelangi, cuaca masih cerah. Kami pun sama sekali tidak menyangka akan hujan. Sampai Ngarip, PGE, dan jalan terus melewati perkampungan, cuaca masih cerah tidak ada tanda-tanda mau hujan.

Saat kami tiba di tikungan di "Danau Hitam", cuaca sudah mulai mendung. Namun belum turun hujan.

Sepanjang perjalanann, cuaca makin gelap, di samping makin sore, juga awan makin menutupi langit.

Apesnya, saat akan memasuki perkebunan yang tidak ada penduduk, di akhir dari perkampungan, hujan mulai turun.

Kami berhenti sebentar, memakai mantel hujan, melanjutkan perjalanan, dan hujan mulai turun cukup deras.

Jalanan yang kami lewati gelap, tidak ada lampu jalan karena kiri kanan hanya ada perkebunan kopi, dan jalanan juga sepi. Hanya sesekali ada motor melewati kami, dan itu pun kami takut kalau itu begal.

Kami jalan pelan-pelan karena takut jalanan licin. Bismillah, jalan sendirian di jalanan yang sepi, hanya Tuhan yang bisa menolong.

Perjalanan terasa lama, dengan hujan yang belum juga berhenti, melewati turunan dan tanjakan berkelok-kelok, dan untungnya motor saya cukup kuat mengantarkan kami pulang.

Lalu sampailah kami di tanjakan yang tajam tempat kami foto-foto saat berangkat. Kali ini kami tinggal turun tajam, dan harus jalan pelan-pelan, khawatir dari bawah ada mobil lewat.

Alhamdulillah, tidak lama dari turunan ini, sampailah kembali kami di perkampungan penduduk, dan kami cari masjid di kiri jalan, lalu mampir sebentar untuk sholat Maghrib.

Selepas dari masjid, sampai Pulau Panggung tinggal gerimis kecil saja. Di Talang Padang, terlihat hanya sisa-sisa air hujan. Lalu di MTSN Talang Padang, hujan kembali turun deras. Untungnya kami tetap memakai mantel sehingga kami pun terus jalan menuju rumah.

Tepat adzan sholat Isya, kami sampai di rumah dengan selamat. Alhamdulillah.

Potensi Wisata Ulubelu


Air Terjun Lembah Pelangi di Ulubelu ini memiliki potensi wisata yang sangat menjanjikan, sayangnya saya melihat masih kurang seriusnya pemerintah menggarap sektor pariwisata. Jalanan dan fasilitas masih banyak yang perlu dibenahi.

Kalau saya membayangkan, Air Terjun Ulubelu ini bisa dikembangkan menjadi tempat wisata seperti Baturaden di Purwokerto, Banyumas.

Persoalan Lahan tidak masalah, masih banyak lahan-lahan kebun kopi yang bisa disulap menjadi tempat wisata alam. Bisa juga ditambahkan taman, dan tempat permainan anak-anak seperti ayunan, perosotan, dan lain-lain.

Jika dikelola dengan lebih serius, dan keamanan dijaga serta sarana prasarana dipenuhi, bukan tidak mungkin Ulubelu menjadi Baturaden atau Diengnya Tanggamus, lalu berdiri penginapan, dan ada transportasi umum menuju Ulubelu.

Akhir kata, itu hanya harapan dari salah satu masyarakat Lampung yang cinta wisata seperti saya. Mudah-mudahan, Air Terjun Lembah Pelangi di Ulubelu Tanggamus kian maju, kian lengkap fasilitasnya, dan kian terjaga kealamian dan kebersihannya. Happy Traveling.